Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Rumah Impian

9 min read

Rumah Idaman 2 Lantai Mewah

Desain Rumah Impian – Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia dalam menjalani kehidupan. Bentuk dan desain rumah tentu harus disesuaikan dengan keinginan masing-masing, karena rumah adalah bagian dari sebuah impian setiap keluarga.

Rumah impian setiap orang pasti memiliki keunikan tersendiri yang menggambarkan karakteristik sang pemilik.

Terdapat banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membangun sebuah rumah mulai dari luas tanah, biaya hingga desainnya.

Rumah yang menjadi impian bisa pula berdesain sederhana, klasik hingga mewah. Berikut beberapa desain rumah impian yang unik dan menakjubkan yang bisa menjadi referensi kamu.

Simak yuk !

1. Rumah Mewah 3 Lantai Nuansa Pink

Rumah Impian

Bagi kamu yang memiliki lahan yang luas, kamu bisa membangun sebuah rumah mewah dengan fasilitas yang lengkap.

Gambar desain rumah di atas menggambarkan sebuah rumah mewah bergaya modern bertingkat 3 dengan kolam renang yang luas. Rumah semacam ini sangat cocok untuk keluarga yang memiliki anggota banyak.

Nuansa putih dan pink akan memberikan kesan yang ceria, hangat dan akrab sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat kumpul keluarga.

Kamu juga bisa menambahkan perosotan di kolam renang, sehingga anak-anak bisa bermain dan berenang dengan menyenangkan.

2. Rumah Gaya Belanda Unsur Bebatuan

Gambar Rumah Impian

Rumah berdesain ala Belanda bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai model klasik atau vintage.

Rumah seperti contoh gambar di atas sangat cocok jika dibangun di wilayah pedesaan dengan lingkungan sekitar yang masih hijau dan ditumbuhi banyak pohon. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kamu membangunnya di tengah kota asalkan lahannya cukup luas.

Rumah Belanda dengan unsur bebatuan tampak sangat alami dan menyejukkan jiwa. Kamu bisa menambahkan ruang tamu kecil di bagian depan dengan kursi kayu dan payung peneduh.

Tak lengkap jika kamu tidak menambahkan cerobong asap layaknya rumah Belanda jaman dahulu.

Apakah kamu menyukai desain ini?

3. Rumah Klasik Belanda 1 Lantai

Rumah Idaman 1 Lantai

Rumah Klasik ala Belanda bisa menjadi referensi utama kamu saat membangun sebuah rumah idaman.

Gambar di atas sangat cocok untuk kamu yang hendak membangun rumah dengan nuansa alam yang tenang, nyaman dan tentunya berkarakter.

Rumah ala Belanda seperti gambar di atas, pada bagian sampingnya berupa rumput hijau dan bagian depan berupa paving yang melingkar, serta di bagian tengahnya diletakkan air manjur. Ornamen seluruh dinding depan bisa menggunakan batu atau keramik motif batu kasar.

4. Rumah Putih Coklat Pagar Kayu

Rumah Idaman Kayu

Bagi kamu yang menyukai rumah gaya Amerika, contoh desain di atas bisa menjadi referensi yang tepat untuk dijadikan sebuah rumah idaman.

Perpaduan warna putih dan coklat kayu membuat tampilan yang elegan, simpel namun indah secara visual. Bagian depan juga ditambahkan rerumputan hijau dan pepohonan sehingga suasana lebih rindang.

Keistimewaan lain yang tampak dari desain ini adalah penggunaan pagar kayu berwarna putih dengan ketinggian sekitar 1 meter saja. Pagar kayu ini menampakkan sisi kesederhanaan tetapi tetap rapi dan cantik.

5. Rumah Megah Khusus Ala Sultan

Rumah Impian Bali

Memiliki tanah yang luas bisa kamu manfaatkan dengan maksimal saat membuat sebuah rumah impian. Contoh gambar di atas menjadi salah satu desain terbaik untuk membangun sebuah rumah megah ala sultan. Mengapa demikian?

Tentu karena segala fasilitas yang ada pada rumah ini seperti kolam renang yang sangat besar dan luas.

Tidak hanya menonjolkan kolam renangnya saja, rumah super megah ini juga menyediakan ruang tamu khusus di dekat kolam renang yang diperuntukkan hanya orang-orang tertentu dan keluarga saja.

Agar tidak terlalu panas, kamu bisa menambahkan rerumputan di sekeliling rumah dan aneka jenis pepohonan misalnya pohon palem.

6. Rumah Minimalis Go-Green

Rumah Impian Modern

Gaya rumah minimalis menjadi trend yang saat ini banyak digandrungi oleh banyak orang khususnya anak muda.

Desain ini memiliki keunggulan tak pernah lekang oleh waktu sehingga desainnya tidak akan basi meski berubah zaman. Hal ini dikarenakan desain minimalis lebih simpel, multifungsi, terlihat rapi dan biaya perawatannya lebih mudah.

Kesan yang sudah cantik ini akan lebih sempurna lagi jika kamu menambahkan unsur-unsur alam seperti rerumputan dan pepohonan yang cukup banyak sehingga nampak rindang.

Kamu bisa menggunakan taman landscape agar lebih kekinian. Tambahkan juga kolam renang yang cukup besar agar nuansa lebih segar.

7. Rumah Rumah Industrial Milenial

Rumah Impian Minimalis Sederhana

Para kaum milenial biasanya lebih menyukai hal yang mudah, cepat, simpel. Salah satu desain rumah yang cocok untuk kaum muda ini adalah industrial.

Kamu pasti suka bukan?

Desain ini cukup membutuhkan perpaduan warna hitam, coklat kayu, putih atau abu-abu tua. Untuk nuansa industrial yang lebih kental, sebaiknya gunakan lampu warna kuning agar lebih warm.

Pada bagian belakang rumah, kamu bisa menambahkan kolam renang dan buatlah mini ruang tamu yang dibuat agak tinggi sehingga layaknya tempat nongkrong ala café. Gunakan ornamen kaca di beberapa titik untuk membuat kesan luas dan terbuka.

8. Rumah Nuansa Putih Elegan

Rumah Idaman 2 Lantai Terbaru

Rumah berwarna putih masih menjadi favorit para keluarga karena menampakkan kebersihan dan kerapian.

Contoh gambar di atas bisa kamu jadikan referensi untuk membangun rumah nuansa putih tetapi menonjolkan sisi elegan yang tinggi. Desain ini cukup simpel tetapi mengagumkan.

Bagian atap menggunakan genteng warna abu-abu tua dengan aksen depan segitiga beberapa bagian.

Selain itu, adanya pilar di setiap sisi juga menampakkan sisi formal dari sebuah rumah. Kamu bisa menambahkan taman kecil dan jalan setapak yang menghubungkan pintu utama dan pagar rumah.

9. Rumah Megah Milenial Tanpa Atap Genteng

Rumah Idaman 2 Lantai Mewah

Ketika kamu memiliki budget yang cukup banyak dan tanah yang luas, kamu bisa membangun rumah dengan desain seperti gambar di atas.

Model desain ini sangat kekinian dan cocok untuk kaum milenial yang baru menikah dan merencanakan punya anak dengan jumlah sedikit.

Desain ini juga terkesan luas karena dipenuhi aksen kaca dan warnanya putih atau soft abu-abu.

Bagian belakang rumah juga dilengkapi dengan kolam renang cukup luas. Uniknya lagi adalah bagian atapnya tidak menggunakan atap genteng, sehingga bentuk rumahnya terlihat lebih simpel namun megah.

10. Rumah Megah Ala Villa Pegunungan

Villa Rumah Impian

Apakah kamu pernah menyewa villa saat berlibur ke daerah yang dingin? Dan apakah kamu bercita-cita untuk mempunyai rumah idaman disana?

Jika iya, contoh desain rumah di atas bisa menjadi rekomendasi paling keren untuk Kamu. Rumah megah ala villa pegunungan dibangun luas dan besar namun tetapi menyatu dengan alam.

Rumah ini dibuat 3 lantai dengan lantai bawah dijadikan garasi, sehingga ruang utamanya ada di lantai 2.

Desain rumah dibuat simpel dengan unsur bebatuan dan ditambahkan beberapa tanaman di bagian depan dan samping. Halaman rumah juga dibuat cukup luas sehingga bisa dijadikan tempat parkir beberapa mobil.

11. Rumah Rindang Unsur Batu

Rumah Impian Yang Sederhana

Rumah yang ramah lingkungan sangat disukai oleh orang-orang yang peduli pada lingkungan dan alam sekitar.

Desain rumah rindang berunsur batu layaknya gambar di atas bisa menjadi referensi terbaik untuk kamu. Bagian jalan setapak depan rumah juga menggunakan batu sehingga tampak lebih artistik.

Selain itu, penggunaan tirai gulung juga menambah kesan lucu dan unik.

12. Rumah Bergaya Simpel Ala Negeri Dongeng

Rumah Impian Sederhana Tapi Mewah

Jika kamu menyukai hal-hal yang unik, kamu bisa memilih desain rumah ala negeri dongeng layaknya rumah para kurcaci. Bukan berarti ukuran rumahnya kecil ya?

Kamu cukup mencontoh desainnya seperti gambar di atas. Desain ini sangat simpel namun tampak asri karena banyaknya pepohonan dan tambahan kolam ikan.

13. Rumah Megah Pinggir Pantai

Rumah Megah Pinggir Pantai

Ketika berkunjung ke Bali pasti banyak ditemukan penginapan, hotel hingga villa yang sangat dekat dengan pantai. Apakah hal ini menjadi salah satu idaman kamu?

Tentu saja kamu bisa membangun rumah megah di pinggir pantai untuk mendapatkan view yang cantik. Kamu bisa menambahkan kolam renang di bagian belakang sehingga panorama akan semakin eksotis.

14. Rumah Klasik Gaya Amerika

Foto Rumah Impian Minimalis

Rumah sederhana dari kayu seperti gambar di atas bisa menjadi pilihan untuk kamu saat membangun rumah idaman.

Rumah gaya klasik Amerika ini cocok untuk kamu yang simpel. Dinding rumah menggunakan unsur kayu berwarna coklat tua dengan paduan pintu dan jendela warna putih.

Pada bagian teras juga ditambahkan pagar 50 cm berwarna abu-abu sehingga tampak lebih cantik.

15. Rumah 2 Lantai Tanpa Atap

Rumah Impian 2 Lantai Tanpa Atap

Apakah memiliki rumah idaman yang besar, asri dan kekinian? Contoh gambar desain rumah di atas bisa menjadi jawaban yang tepat untuk kamu.

Desain ini dibuat lebih kekinian karena pada bagian atasnya tidak menggunakan atap genteng melainkan beton.

Lantai 2 dibuat agak menjorok karena difungsikan sebagai ruang santai. Sekitar rumah juga ditanami rumput dan pepohonan.

16. Rumah Ala Villa dengan Rooftop

Rumah Impian Ala Villa dengan Rooftop

Desain rumah ala villa memang menjadi trend di kalangan masyarakat. Hal ini karena desainnya yang unik, lucu, simpel dan indah dipandang mata.

Contoh desain di atas bisa menjadi referensi kamu untuk sebuah rumah idaman. Untuk menambah sisi manis desainnya, kamu bisa menambahkan rooftop di bagian samping lantai 2 atau 3.

17. Rumah Gaya Amerika dengan Joglo

Rumah Impian Sederhana Minimalis

Rumah gaya Amerika masih menjadi pilihan banyak orang sebagai rumah impian. Ornamen jendela yang banyak menjadi syarat utama desain ini.

Agar tidak membosankan dan terlihat unik, kamu bisa menambahkan joglo di bagian belakang. tambahkan pula kolam renang dengan beberapa kursi matras untuk sekedar bersantai dan berjemur.

Perpaduan yang pas bukan?

18. Rumah Kaca Milenial

Foto Rumah Impian Sederhana

Desain rumah dengan memperbanyak interior kaca menjadi salah satu pilihan untuk lahan yang sempit.

Namun tidak menutup kemungkinan jika lahan kamu luas dan menginginkan rumah kaca seperti gambar di atas.

Kamu cukup membuat desain yang simpel dengan perpaduan ornamen kayu.gunakan lampu warna kuning untuk memberikan kesan hangat dan nyaman.

19. Rumah Klasik Pinggir Danau

Gambar Rumah Impian Minimalis

Kamu tak perlu khawatir jika memiliki lahan di pinggir danau. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membangun sebuah rumah yang cantik seperti gambar di atas.

Sebaiknya sebagian besar materialnya berunsur kayu dan batu sehingga lebih menyatu dengan lingkungan. Buatlah ruang tamu depan lebih lebar sehingga bisa digunakan untuk bersantai dan nongkrong.

20. Rumah Modern Pinggir Sungai

Rumah Impian Minimalis 2 Lantai

Tidak hanya rumah pinggir danau saja yang dibuat bagus, kamu juga bisa membangun sebuah rumah cantik di dekat sungai. Kamu bisa membuat pembatas menggunakan batu-batuan.

Desain rumah bisa dibuat minimalis dengan nuansa putih dan menggunakan ornamen kaca agar tampak lebih luas.

Kamu juga tetap bisa membuat nuansa rumah lebih asri dengan tambahan taman di depan rumah.

Gunakan pepohonan yang tumbuhnya tidak terlalu besar dan tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tanaman gantung untuk area ruang tamu depan.

21. Rumah Mungil Unsur Alam dari Bebatuan dan Rotan

Rumah Impian Minimalis Modern

Desain mungil seperti gambar di atas banyak ditemui pada villa-villa di Bali. Desain ini bisa menjadi referensi kamu yang memiliki tanah sempit tetapi ingin suasana layaknya villa.

Agar lebih menyatu dengan alam, dinding rumah bisa menggunakan unsur bebatuan dan bagian pintu menggunakan warna putih.

Pada bagian kolam renang, tambahkan beberapa kursi sofa berbahan rotan.

22. Rumah Modern Tanpa Atap Genteng

Gambar Rumah Impian Mewah

Gambar desain rumah di atas sangat cocok untuk kamu yang suka berkumpul dengan keluarga.

Hal ini karena letak ruang keluarga, dapur dan ruang makan langsung nyambung dengan taman belakang rumah. Meskipun bergaya modern, suasana kehangatan keluarga akan sangat menonjol.

Desain rumah 3 lantai ini juga dilengkapi dengan mini rooftop.

Hal yang unik dan menarik juga dari desain ini adalah penggunaan atap dari beton sehingga tidak menggunakan genteng. Selain itu, pada salah satu sisinya juga dibuat miring sehingga bentuk rumah lebih artistik.

23. Rumah Kayu Ala Rapunzel

Rumah Idaman Lantai 2

Beberapa rumah idaman seseorang biasanya tidak terlepas dari cerita dongeng yang terkenal, salah satunya rumah barbie rapunzel.

Desain ini bisa kamu wujudkan tanpa harus membangun sebuah menara yang tinggi. Kamu cukup membangun rumah 2 lantai dengan dinding rumah menggunakan kayu dan ornamen yang digunakan bermodel klasik.

Desain rumah rapunzel bisa dibuat lebih cantik dengan paduan warna putih dan merah muda atau putih dan ungu.

Agar lebih menarik lagi, kamu bisa menambahkan taman bunga di bagian depan dan rerumputan hijau. Tambahkan pula tangga berunsur batu di depan rumah sehingga hampir menyerupai rumah dalam dongeng.

24. Rumah Simpel dengan Taman Belakang

Foto Rumah Impian

Membangun sebuah rumah tentunya sangat memperhatikan kenyamanan sang pemilik.

Salah satu desain rumah yang mungkin menjadi impian kamu tampak seperti gambar di atas. Desain rumah ini sangat simpel, elegan dan multifungsi.

Rumah utama menggunakan paduan warna putih dan coklat. Pada bagian belakang dilengkapi kolam renang dan ruang bersantai yang lantainya menggunakan kayu.

Pada sisi jalan kolam renang terdiri dari bebatuan dan sedikit rumput. Penggunaan warna kuning pada bohlam lampu juga memberikan kesan hangat, nyaman dan kekeluargaan.

25. Rumah Kekinian dan Unik 2 Lantai

Rumah Idaman 2 Lantai

Mewujudkan rumah idaman yang kekinian tetapi masih simpel dan elegan bisa terpancar dari desain di atas.

Kamu bisa membangun sebuah rumah lantai 2 dengan gaya yang cukup modern, tak lekang oleh waktu dan sesuai dengan fungsinya.

Kamu cukup memadukan unsur bebatuan sedikit pada dinding tengah bagian depan dan selebihnya menggunakan cat polos warna putih.

Ornamen jendela juga memakai desain yang simpel dan bagian pintunya menggunakan paduan kayu juga kaca buram.

Pada bagian garasi, bisa memakai tutup berbahan baja dan berwarna hitam. Agar rumah kamu lebih cantik, tambahkan lampu tempel di bagian dinding depan.

26. Rumah Gaya Vintage Belanda

Gambar Rumah Impian Sederhana

Rumah berdesain Belanda bisa menjadi pilihan kamu yang suka dengan model klasik atau vintage. Rumah seperti gambar di atas sangat cocok jika dibangun di lingkungan yang masih hijau dan ditumbuhi banyak pepohonan.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika kamu juga bisa membangunnya di wilayah kota dengan lahan cukup luas.

Rumah Belanda dengan unsur vintage tampak sangat alami dan menyejukkan jiwa. Unsur kayu dan batu menjadi ciri khusus dari desain ini.

Kamu juga bisa menambahkan ruang tamu kecil di bagian depan dengan kursi kayu dan payung peneduh. Tak lengkap jika kamu tidak menambahkan cerobong asap layaknya rumah Belanda jaman dahulu.

Apakah kamu menyukai desain ini?

27. Rumah Mungil Klasik Menyejukkan

Rumah Impian Masa Depan

Gambar desain rumah di atas menjadi salah satu referensi rumah idaman yang banyak diinginkan setiap orang. Desain ini sangat simpel namun menonjolkan sisi elegan.

Ukuran rumah tidak terlalu besar tetapi adanya perpaduan warna krem dan abu-abu muda membuat rumah ini tampak keren dipandang.

Kamu bisa menambahkan pepohonan, rumput dan bunga di sekeliling rumah ini agar terlihat asri dan menyegarkan.

Penggunaan kaca kotak-kotak memberikan kesan vintage. Selain itu, desain atas pintu dibuat melengkung sehingga unsur klasiknya juga terasa kental.

Bagian pintu depan dan garasi memakai cat warna putih sehingga suasananya lebih bersih.

28. Rumah Mungil Klasik Unsur Bata

Rumah Impian Mewah

Apakah kamu pecinta buku atau serial film harry potter?

Dapatkan kamu melihat bahwa desain rumah ini tampak pada film tersebut? desain rumah mungil ini juga bisa menjadi referensi untuk rumah idaman kamu.

Kamu hanya perlu memadukan unsur batu bata, kayu dan atap berwarna hitam. Tambahkan pula unsur bebatuan pada bagian bawah rumah.

Bentuk atap di pintu utama dibuat trapesium , sedangkan pada bagian sampingnya dibuat segitiga. Bagian depan rumah juga diperkokoh dengan 4 tiang kecil.

Agar lebih terlihat klasik, kamu bisa menambahkan lampu tempel bergaya vintage dan bohlamnya berwarna kuning.

29. Rumah Modern Pinggir Pantai Lepas

Rumah Impian Keluarga

Akankah kamu menghabiskan masa tua dengan pasangan di rumah idaman?

Tentu iya bukan?

Kamu bisa membangun sebuah rumah modern di kawasan pinggir pantai seperti gambar di atas. Tampilan rumah akan semakin cantik jika kamu menambahkan kolam renang yang ukurannya sama panjang dengan rumah yang dibangun.

Desain yang modern juga selayaknya dikombinasikan dengan unsur alam. Maka, pada lantai rumah, gunakan parket kayu warna gelap.

Dikarenakan tujuan rumah ini untuk menikmati keindahan alam, sebaiknya kamu juga menyiapkan ruang bersantai di dekat kolam renang dan menghadap langsung ke arah pantai.

30. Rumah Simpel Unsur Kayu

Rumah Impian Minimalis

Jika kamu mengidam-idamkan sebuah rumah yang ramah lingkungan, cobalah membangun rumah seperti desain gambar di atas.

Desain ini hampir 70% nya menggunakan kayu sebagai bahan utama mulai dari tiang, dinding hingga lantai.

Sangat unik bukan?

Tidak hanya kayu saja, desain ini juga menggunakan bebatuan untuk menonjolkan unsur alamiahnya.

Untuk memberikan kesan yang lebih segar, kamu bisa menambahkan kolam renang berukuran sedang. Tambahkan pula kursi kayu pada sisi samping kolam untuk berjemur dan bersantai. Buatlah area pembatas rumah dengan pagar yang tingginya 1 meter dan di cat warna putih.

Desain rumah impian setiap orang pasti berbeda-beda sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing. Beberapa contoh gambar di atas bisa kamu jadikan sebuah referensi untuk membangun sebuah rumah impian.

Sebagus apapun rumah yang hendak dibangun, usahakan untuk tetap mengutamakan fungsi dan kenyamanannya. Diantara desain rumah di atas, manakah yang paling kamu suka?

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *