Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Halaman Rumah

7 min read

Halaman Rumah Cantik

Desain halaman rumah minimalis : ⭐ Asri dan Nyaman, ⭐ Luas, ⭐ Sederhana, ⭐ Mewah, ⭐ Gambar, ⭐ Model.

Halaman Rumah – Tampilan suatu rumah akan semakin cantik jika dilengkapi dengan halaman depan rumah serta taman yang mungil dan asri. Taman di halaman rumah akan menambah sensasi ketenangan loh. Itulah sebabnya kamu harus membuat halaman rumah bagian depan atau belakang, menjadi tempat yang indah, asri, dan tentu membuat nyaman.

Halaman depan atau belakang rumah yang dibuat dengan desain yang indah dan mengusung konsep kekinian, akan membuat rumahmu terlihat lebih hidup.

Baik rumah yang ukurannya besar atau kecil, tetap harus dibuat konsep menarik serta membuat siapapun betah melihatnya. Selain itu, halaman yang terawat dengan baik juga akan memberi energi positif bagi siapapun yang melewatinya.

Desain Halaman Rumah Minimalis

1. Depan

Berikut ini beberapa koleksi desain halaman rumah baik bagian depan maupun bagian belakang. Beberapa gambar ini bisa menjadi ide dan inspirasi baru buat halaman rumahmu. Berikut penuturannya :

1. Halaman Full Rumput

Halaman Rumah Minimalis

Halaman depan rumah yang sangat luas ini dibuat dengan desain sederhana, dan dibuat full menggunakan rerumputan yang dipangkas rapi. Pada bagian depan pintu dan jendela, terdapat tanaman yang rimbun.

2. Beragam Tanaman di Halaman

Halaman Rumah Penuh Bunga

Ada beragam jenis tanaman dan pepohonan di halaman depan rumah modern ini. Tidak ada pagar rumah yang mengelilinginya, dan di bagian tengah terdapat anak tangga menuju ke arah pintu masuk.

3. Halaman dengan Taman Sederhana

Foto Halaman Rumah Sederhana

Bagian depan rumah ini tidak dipasang pagar, halamannya pun hanya dihiasi dengan taman mungil yang dihiasi tanaman, pohon serta bebatuan. Taman ini meluas hinga ke samping rumah.

4. Halaman dengan Taman Melingkar

Halaman Rumah Mewah

Bentuk taman di halaman depan rumah ini melingkar seperti lingkaran, dan dipenuhi dengan beraneka ragam tanaman serta bebatuan berukuran besar. Sekeliling taman tersebut dipenuhi rumput.

5. Taman Kecil yang Rapi

Gambar Halaman Rumah Minimalis

Desain dan konsep halaman depan rumah yang satu ini sangat sederhana dan minimalis. Halaman dengan taman yang rapi dengan tanaman dan rerumputan menambah kesan adem dan asri.

6. Halaman Masuk ke Dalam

Foto Halaman Rumah

Model dan bentuk halaman depan rumah ini ke dalam, sehingga letak rumah agak menjorok ke dalam. Sedikit pepohonan dan tanaman membuat tampilannya tidak terlalu polos. Desainnya pun lebih fleksibel.

7. Halaman yang Luas

Halaman Rumah Yang Bersih

Halaman rumah ini cukup luas dan lengang. Karena sebagian besar bagiannya hanya dihiasi dengan rerumputan dan carport saja. Tak banyak tanaman yang rimbun, hanya beberapa pot tanaman saja yang menghiasi.

8. Taman Mungil Indah

Halaman Rumah Cantik

Sama seperti desain pada rumah ini yang sederhana dan tak banyak ornamen, bagian halaman depannya pun dibuat lebih simpel. Tak banyak tanaman di sana, hanya ada rerumputan yang dibentuk rapi.

9. Taman pada Tangga

Halaman Rumah Yang Indah

Rumah tanpa pagar ini dilengkapi dengan taman indah pada tangga yang mengarah ke atas dan menuju ke rumah. Selain itu terdapat jalan setapak yang mengarah ke halaman belakang.

10. Halaman dengan Berbagai Jenis Bunga Indah

Halaman Rumah Idaman

Ada beragam jenis bunga yang indah dan beraneka warna yang menghiasi halaman depan rumah. Bunga-bunga tersebut diletakkan di depan pagar yang mengarah ke area dalam rumah.

11. Halaman dengan Taman Sederhana

Halaman Rumah Sederhana

 

Walaupun dipenuhi dengan beberapa jenis tanaman yang berwarna warni, halaman depan rumah ini desainnya biasa saja dan sederhana. Namun ukurannya cukup luas, dan dilengkapi juga dengan carport.

12. Halaman dengan Konsep Minimalis

Halaman Rumah Belakang

Konsep dari halaman depan rumah ini minimalis sederhana. Sama seperti desain rumahnya yang minimalis sekaligus klasil. Jenis tanaman yang menghiasinya tidak banyak, ditambah dengan beberapa pohon besar.

13. Halaman Unik dan Asri

Halaman Rumah Luas

Unik karena bentuknya fleksibel, rerumputan dan tanamannya ditanam dengan apik dan enak dilihat. Susunan tanaman serta rumputnya pun seimbang. Terdapat jalan setapak yang mengarah ke dalam rumah.

14. Halaman dengan Alas Beton dan Rerumputan

Halaman Rumah Cantik Sederhana

Desainnya sederhana sekali, yang dimana bagian alasanya dibuat dari bahan beton lalu dikombinasikan dengan rerumputan luas yang rapi dan menawan.

15. Halaman Bebatuan Besar

Halaman Rumah Asri Minimalis

Halaman depan rumah dari rumah klasik ini, dipenuhi dengan bebatuan berukuran besar yang disusun dengan rapi. Serta dibuat bertingkat dengan beberapa anak tangga, dan dihiasi juga dengan tanaman dan pohon.

16. Rerumputan Luas

Halaman Rumah Yang Asri

Halaman depan rumah ini dipenuhi dengan hamparan rumput hijau yang menarik hati. Bahkan banyak yang bisa dilakukan di sana, seperti misalnya bersantai dengan keluarga atau mengadakan suatu acara.

17. Taman Minimalis Sederhana

Halaman Rumah Yang Bagus

Simpel, minimalis dan dinamis adalah kesan yang muncul dari halaman rumah ini. Tamannya cukup luas, dipenuhi dengan hamparan rumput dan aneka ragam tanaman yang indah.

18. Halaman Ruang Santai Terbuka

Foto Halaman Rumah Minimalis

Halaman depan rumah ini dihiasi dengan taman dan ruang santai atap terbuka. Terdapat dua buah kursi dan alas berbahan bata serta tempat duduk memanjang agak melingkar, berbahan bata beton.

19. Halaman Dipenuhi Kebun

Halaman Rumah Taman

Kebun di halaman bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin mendekorasi halaman yang indah. Bagian kanan dan kiri adalah kebun yang penuh dengan tanaman. Jalan setapaknya masih berupa tanah.

20. Halaman Tanpa Rumput

Halaman Rumah Modern

Halaman dari rumah ini dihiasi dengan taman beralas tanah tanpa rumput. Beberapa bebatuan dan tanaman ikut menghiasi bagian depan rumah tersebut.

2. Belakang

1. Halaman Belakang dengan Kolam Renang

Halaman Belakang Modern dengan Kolam Renang

Selain ruang santai terbuka dengan sofa untuk bersantai, halaman belakang rumah ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang bentuknya memanjang. Selain itu ada juga kebun yang berisi pepohonan dan tanaman.

2. Ruang Bersantai Terbuka Untuk Acara Berkumpul

Halaman Rumah Unik

Halaman belakang yang sangat luas ini bisa didesain sedemikian rupa, agar terlihat asri sekaligus nyaman. Yaitu dengan membuat taman yang rupawan dipenuhi rerumputan, serta beberapa kursi dan meja untuk bersantai atau berkumpul.

3. Halaman Menjadi Taman Bermain

Halaman Menjadi Taman Bermain

Halaman belakang juga bisa dijadikan area taman bermain untuk anak-anak. Misalnya dengan memasang ayunan dan area khusus bermain anak-anak yang juga disertai dengan kursi dan meja.

4. Ayunan di Taman Belakang Rumah

Halaman Rumah Asri

Taman di halaman belakang rumah ini sangat indah, dengan rumput yang dipangkas rapi disertai bebatuan putih yang cantik. Untuk area bersantai, bisa ditambahkan ayunan beratap dan berbahan kayu.

5. Halaman Belakang Berlantai Keramik

Halaman Belakang Berlantai Keramik

Sebagian halaman dialasi dengan keramik bertekstur kasar dan menyerupai bebatuan. Lalu tambahkan kursi dan meja untuk bersantai dengan keluarga. Bagian lainnya terdapat beberapa jenis tanaman sebagai penghijau.

6. Halaman tanpa Dekorasi

Halaman Rumah Kecil

Walaupun tidak banyak dekorasi yang modern dari halaman belakang rumah ini, tapi konsepnya tetap natural karena alasnya berupa semak-semak rapi.

7. Halaman Belakang untuk Dapur

Halaman Belakang untuk Dapur

Konsep dapur terbuka sudah banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan di daerah Barat. Seperti pada rumah ini, yang menjadikan halaman belakang sebagai dapur dan ruang makan yang seolah menyatu dengan alam.

8. Halaman Beraneka Ragam Tanaman

Halaman Rumah Indah

Membuat taman yang asri dan memberi kesan segar pada halaman belakang rumah, bisa dengan menggunakan desain yang satu ini. Simpel dengan taman, rerumputan, dan aneka tanaman yang indah.

9. Halaman dengan Tiga Ruangan Terbuka

Halaman dengan Tiga Ruangan Terbuka

Keunikan dari halaman belakang rumah ini, terlihat dari tiga ruangan terbuka yang disatukan. Yaitu dapur, ruang makan, dan ruang bersantai. Pada bagian ruang bersantai diberi atap payung pantai yang lebar. Lalu di depan tiga ruangan tersebut, terdapat taman rerumputan yang cantik.

10. Halaman Belakang Modern Minimalis

Halaman Belakang Modern Minimalis

Tipe rumah modern yang satu ini memiliki desain halaman belakang yang minimalis, sekaligus sederhana. Tak banyak ornamen tambahan, hanya ada hamparan rumput dan aneka bunga berwarna warni.

11. Desain Halaman Retro dengan Perapian

Halaman Rumah Keren

Model halaman belakang rumah ini cukup elegan sekaligus modern dan juga mewah, walaupun konsepnya seperti retro atau gaya zaman dahulu. Namun model perapiannya yang modern, menambah kesan nyaman di sana.

12. Halaman Belakang Luas dengan Rerumputan

Halaman Belakang Luas dengan Rerumputan

Rumput selalu menjadi ornamen yang khas pada sebuah halaman atau sebuah taman. Seperti pada halaman belakang yang sangat luas ini, didekorasi simpel saja dengan hamparan rumput dan beberapa tanaman yang cantik.

13. Halaman Belakang Bergaya Peternakan Kuda

Halaman Belakang Bergaya Peternakan Kuda

Halaman belakang dari rumah ini sangat-sangat luas, sehingga ada banyak space yang tepat untuk dijadikan segala jenis aktivitas. Modelnya seperti peternakan kuda yang penuh rerumputan, dan pagar kawat pendek yang menjadi pembatas.

14. Konsep Alam Kombinasi Modern

Halaman Rumah Kecil Minimalis

Konsep halaman belakang rumah ini sangat back to nature, tapi dipadukan kembali dengan konsep modern. Terlihat dari taman yang sekaligus menjadi tempat bersantai, tempat membaca buku, berkumpul dengan teman atau keluarga, dan sebagainya.

15. Nuansa Serba Hijau

Halaman Rumah Sederhana Di Desa

Konsep dan desain halaman belakang rumah ini bisa menjadi pilihan, buat kamu yang senang dengan tanaman serba hijau. Pepohonan rimbun dan hamparan rumput yang rapi akan menjadi pemandangan yang menyejukkan.

16. Halaman Belakang Modern dengan Kolam Renang

Halaman Belakang Modern dengan Kolam Renang

Manfaatkan luas halaman belakang dengan membuat kolam renang, paviliun belakang, dan buat ruangan dapur serta ruang makan di dekat area kolam. Dibuat konsep terbuka tapi tetap menggunakan atap.

17. Halaman Modern Minimalis dengan Rumput Berpetak

Halaman Modern Minimalis dengan Rumput Berpetak

Keunggulan dari dekorasi halaman belakang rumah ini terlihat dari variasi rumput berpetak yang sangat cantik. Ditambah dengan area tambahan sebuah ruangan santai berdinding kaca. Untuk area santai terbuka, ditambahkan kursi panjang berbahan rotan.

18. Halaman dengan Taman Basah

Halaman dengan Taman Basah

Walaupun sebagian alas taman ini menggunakan keramik, tetapi bagian lainnya dibiarkan hijau dengan tanaman dan tanah. Taman basa merupakan jenis taman dengan banyak tanaman serta pepohonan yang memerlukan penyiraman.

19. Taman Gazebo Berbahan Kayu

Foto Halaman Rumah Mewah

Gazebo pada halaman belakang rumah ini menyatu dengan bagian rumah. Dibuat dengan model panggung dan berbahan kayu. Untuk area lainnya terdapat ruang makan beratap yang dihiasi beberapa lampu berwarna kuning yang adem dan romantis.

20. Konsep Seperti Tempat Piknik

Halaman Rumah Batu Alam

Konsep serta desain halaman belakang ini sangat ceria dan colorful. Desainnya dibuat seperti tempat piknik dengan ruang makan terbuka dan ruang bersantai yang dilengkapi beberapa sofa. Pemilihan warnanya juga sangat menarik, dipilih beberapa warna pastel yang membuat suasana lebih ceria.

Baca juga: Kanopi Minimalis

Tips Menata Halaman Rumah

Untuk membuat kesan indah pada halaman rumah, menjadi kewajiban setiap pemilik rumah. Bagian dalam rumah yang rapi dan bersih, juga harus disesuaikan dengan bagian halaman rumah. Baik halaman depan maupun belakang.

Berikut ini beberapa tips dan cara untuk menata halaman rumah supaya lebih indah :

1. Membersihkan Halaman Secara Rutin

Untuk membuat halaman terlihat indah, tentu saja halaman tersebut harus dibersihkan setiap hari. Misalnya setiap pagi dan sore hari. Setiap sampah atau dedaunan kering yang berserakan seringkali membuat halaman menjadi kotor. Maka dari itu bersihkan area halaman, dengan menyapunya lalu menyirami tanaman di sekitarnya.

2. Merapikan Rumput yang Sudah Memanjang

Supaya terlihat indah, rerumputan yang ada di halaman harus selalu dipangkas sampai rapi. Apalagi jika musim hujan tiba, rumput menjadi lebih cepat panjang. Maka, kamu bisa mencabutinya atau memangkasnya hingga rapi dan pendek.

3. Menyediakan Tempat Sampah

Supaya memudahkan perawatan atau proses pembersihan halaman, maka sediakanlah tempat sampah. Jadi, ketika kamu membuat acara santai kumpul dengan teman atau keluarga taman di halaman depan atau belakang rumahmu tidak dipenuhi sampah.

Kamu juga membiasakan orang-orang yang datang ke sana, untuk ikut menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

4. Menanam Beragam Jenis Tanaman Hias

Bila ingin membuat halaman depan atau belakang rumah tetap indah dan berseri, kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman hias di sana. Adanya tanaman di halaman, sama dengan menyediakan oksigen di area rumah untuk seluruh penghuni rumah. Tanaman hias memiliki tampilan yang indah dan cantik, sehingga keberadaannya juga akan menambah daya tarik halaman rumahmu.

Bila kamu ingin menanam tanaman hias tersebut secara langsung, maka pilih lokasi yang tepat. Karena jika suatu saat setelah tanaman itu tumbuh besar dan kamu ingin memindahkannya, tanaman tersebut malah akan rusak. Untuk itu, pastikan kamu sudah menanamnya di tempat yang tepat dan tak ada proses pemindahan lagi.

5. Tambahkan Kolam Ikan serta Air Mancur

Kedua pelengkap tersebut juga akan membuat tampilan halaman di rumah kamu semakin enak dipandang. Gemericik air yang terdengar dari air mancur kolam, akan menjadi hiburan tersendiri. Suasana sejuk dan nyaman di halaman tersebut, juga dapat menambah sensasi ketenangan bagi setiap penghuninya.

Orang yang datang ke rumahmu, juga akan merasa betah berada di sana hingga ingin selalu datang lagi. Manfaat adanya kolam ikan di halaman, juga dapat mengurangi populasi nyamuk di sekitar lingkungan rumah. Karena nyamuk-nyamuk itu akan dimakan oleh ikan di dalam kolam.

6. Tambahkan Lampu Taman

Ornamen lainnya yang cocok dijadikan hiasan di halaman, adalah lampu taman. Fungsi utamanya memang untuk menerangi halaman di malam hari. Namun, keberadaan lampu taman dan pencahayaannya akan menguatkan karakteristik taman yang kamu desain sendiri. Jumlah lampu taman, bisa disesuaikan lagi dengan ukuran atau luas halaman.

7. Tambahkan Bebatuan Sebagai Hiasan

Bebatuan alam juga bisa menjadi tambahan, dalam memperindah halaman rumahmu. Batu alam tersebut akan membuat rumahmu semakin terlihat menawan dan elegan. Kamu bisa memilih ukuran yang sesuai, apakah ukuran kecil-kecil atau besar-besar.

8. Mendesain Ulang Dinding Taman dengan Berbagai Gambar Bernuansa Alam

Untuk menciptakan suasana yang lebih natural, kamu juga bisa membuat desain atau gambar yang masih berhubungan dengan alam. Misalnya gambar pinggiran sungai yang akan menimbulkan kesan nyaman, sejuk dan back to nature.

Bisa juga memilih gambar lainnya, yang tentunya masih berkaitan dengan nuansa alam.

Buatlah halaman depan atau belakang rumah kamu menjadi lebih indah dan berwarna, supaya desain rumahmu secara keseluruhan semakin enak dipandang dan membuat betah.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

One Reply to “Halaman Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *