Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

45 Gambar Rumah Adat di Indonesia Beserta Daerah Asalnya

5 min read

Gambar Rumah Adat di Indonesia

Indonesia memang kaya akan budaya. Seperti halnya rumah tradisional. Rumah adat di Indonesia juga begitu beragam. Tentu saja rumah tradisional tersebut berbeda antara satu dengan lainnya sesuai dengan letak daerah masing-masing.

Mengetahui macam-macam rumah tradisional Indonesia tentu akan menjadi hal yang menarik bagimu. Bukan hanya dijadikan sebagai ilmu pengetahuan saja. Kamu juga bisa menjadikannya inspirasi yang bisa diberikan kepada rumahmu nantinya.

Konten

45 Gambar Rumah Adat di Indonesia

Ragam rumah tradisional di Indonesia memang sangatlah banyak jumlahnya. Mulai dari DI Aceh hingga Papua, semua mempunyai rumah khasnya tersendiri. Hal ini tentu membuatmu perlu banyak bersyukur tinggal di negeri yang begitu kaya akan budaya ini.

1. Rumah Adat Aceh Krong Bade

Rumah Adat Aceh Krong Bade

Krong bade merupakan rumah tradisional dari Aceh yang juga dikenal dengan nama Rumoh Aceh. Rumah ini mempunyai empat bagian ruangan yaitu ruang bawah, ruang depan, ruang tengah dan ruang belakang.

2. Rumah Adat Sumatera Utara Bolon

Rumah Adat Sumatera Utara Bolon

Ini merupakan rumah yang dijadikan sebagai identitas masyarakat Sumatera Utara. Dahulunya, rumah ini menjadi tempat tinggal bagi 13 raja. Sayangnya, saat ini rumah tradisional ini sudah jarang ditemukan.

3. Rumah Adat Sumatera Barat Gadang

Rumah Adat Sumatera Barat Gadang

Rumah Gadang merupakan rumah tradisional Minangkabau yang juga dikenal dengan Rumah Bagonjong. Rumah ini mempunyai keunikan yaitu mempunyai bentuk atap runcing ke atas layaknya tanduk kerbau.

4. Rumah Rakit Limas Bangka Belitung

Rumah Rakit Limas Bangka Belitung

Karena dikelilingi oleh laut, maka rumah tradisional ini berbentuk mengapung layaknya rakit di atas air. Rumah ini dipakai untuk tempat tinggal sekaligus menjadi warisan budaya bagi warga Bangka Belitung.

5. Rumah Panggung Kajang Leko Jambi

Rumah Panggung Kajang Leko Jambi

Rumah tradisional warga Melayu Jambi ini merupakan warisan yang berasal dari nenek moyang terdahulu. Kabarnya, rumah ini dibangun karena ada faktor patah hati. Apakah kamu mempercayainya?

6. Rumah Khas Riau Selaso Jatuh Kembar

Rumah Khas Riau Selaso Jatuh Kembar

Rumah Selaso Jatuh Kembar merupakan rumah tradisional yang amat populer di Riau. Rumah panggung ini terbuat dari daun rumbia pada bagian atap dan lainnya berupa kayu meranti, punak atau medang.

7. Rumah Khas Kepulauan Riau Belah Bubung

Rumah Khas Kepulauan Riau Belah Bubung

Rumah tradisional yang juga familiar dengan nama Rumah Rabung ini memiliki cerita unik di dalamnya. Kabarnya, rumah ini merupakan pemberian dari orang asing yang singgah ke Indonesia seperti China.

8. Rumah Bubungan Lima Khas Bengkulu

Rumah Bubungan Lima Khas Bengkulu

Rumah rakyat ini bukan merupakan rumah tinggal sehari-hari bagi masyarakat setempat. Namun, rumah ini digunakan untuk keperluan adat layaknya pernikahan, upacara kematian maupun penyambutan tamu.

9. Rumah Limas Adat Sumatera Selatan

Rumah Limas Adat Sumatera Selatan

Rumah panggung dari Sumatera Selatan ini berbentuk limas sesuai dengan namanya. Biasannya luas dari rumah ini berkisar antara 400 sampai 1000 meter. Komponen utama pembangunan rumah ini adalah kayu.

10. Rumah Adat Lampung Nuwou Sesat

Rumah Adat Lampung Nuwou Sesat

Nuwou Sesat merupakan rumah khas Lampung yang menarik dikunjungi. Rumah ini memiliki pondasi dengan bentuk persegi dari umpak batu. Selain itu, rumah ini juga mempunyai banyak tiang penyangga.

11. Rumah Khas Sunda Imah Jolopong

Rumah Adat Khas Sunda Imah Jolopong

imah Jolopong adalah salah satu rumah asli Sunda yang amat terkenal dan masih banyak digunakan sampai sekarang. Bagian atapnya berbentuk pelana yang memanjang dan terbilang amat sederhana.

12. Rumah Adat Jawa Barat Capit Gunting

Rumah Adat Jawa Barat Capit Gunting

Rumah khas dari Sunda ini didesain menggunakan bambu sebagai bahan utamanya. Sayangnya, saat ini keberadaan Capit Gunting cukup jarang ditemukan. Hanya ada sejumlah tempat wisata yang memilikinya.

13. Rumah Adat Sunda Imah Togog Anjing

Rumah Adat Sunda Imah Togog Anjing

Imah Togog Anjing mempunyai bentuk atap segitiga, dimana pada bagian yang menjorok ke depan dipakai sebagai peneduh teras. Rumah ini banyak dijumpai di daerah Garut dengan dinding dari anyaman bambu.

14. Rumah Julang Ngapak Khas Banten

Rumah Julang Ngapak Khas Banten

Rumah khas Banten ini dimiliki oleh Suku Baduy yang mendiami wilayah tersebut. Biasanya rumah ini akan mudah ditemukan di Lebak.

15. Rumah Khas Tanean Lanjhan Madura

Rumah Khas Tanean Lanjhan Madura

Rumah khas masyarakat Madura ini mempunyai struktur bangunan memanjang sesuai dengan namanya yaitu Tanean Lanjhan. Rumah ini terbuat dari plesteran semen dengan material kayu lainnya.

16. Rumah Adat Betawi Kebaya dari DKI Jakarta

Rumah Adat Betawi Kebaya dari DKI Jakarta

Rumah Kebaya merupakan salah satu rumah khas Jakarta yang sangat populer. Dinamakan Kebaya karena rumah ini mempunyai atap berbentuk pelana yang berlipat-lipat layaknya kebaya.

17. Rumah Khas Betawi Bernama Gudang

Rumah Khas Betawi Bernama Gudang

Rumah ini dahulunya seringkali dijumpai di daerah pedalaman maupun pesisir pantai saja. Pada bagian atapnya berbentuk pelana berornamen perisai serta jurai.

18. Rumah Adat Jawa Timur Joglo Situbondo

Rumah Adat Jawa Timur Joglo Situbondo

Rumah khas masyarakat Jawa Timur ini sudah mempunyai atap yang terbentuk dari genting tanah liat. Padahal dahulunya bagian atap Joglo Situbondo terbuat dari ijuk maupun alang-alang.

19. Rumah Khas Jawa Tengah Joglo

Rumah Khas Jawa Tengah Joglo

Pada umumnya rumah adat Jawa Tengah ini mempunyai tiang berjumlah 4 sebagai penyangga utama. Rumah ini terdiri dari dua bagian yaitu rumah induk dan tambahan.

20. Rumah Khas DI Yogyakarta Bangsal Kencono

Rumah Khas DI Yogyakarta Bangsal Kencono

Ini adalah rumah khas Kerajaan Mataram untuk masyarakat Yogyakarta. Rumah berbentuk Joglo ini memiliki fungsi khusus bagi warga keraton.

21. Rumah Adat Kalimantan Barat Bernama Panjang

Rumah Adat Kalimantan Barat Bernama Panjang

Rumah Panjang merupakan jenis rumah panggung dengan panjang sampai 180 meter serta lebar 30 meter. Ketinggiannya mampu mencapai 8 meter. Bentuk tiangnya sangat tinggi dengan tangga lebar.

22. Rumah Khas Kalimantan Tengah Betang

Rumah Khas Kalimantan Tengah Betang

Di perkampungan Suku Dayak, kamu akan banyak melihat rumah ini. Apalagi di bagian hulu sungai. Rumah ini pasti mempunyai jumlah anak tangga ganjil.

23. Rumah Khas Kalimantan Timur Lamin

Rumah Khas Kalimantan Timur Lamin

Rumah Lamin menjadi identitas hunian bagi masyarakat Dayak yang ada di Kalimantan Timur. Rumah ini mempunyai panjang sampai 300 meter, lebar mencapai 15 meter dan tingginya 3 meter.

24. Rumah Khas Kalimantan Selatan Bubungan Tinggi

Rumah Khas Kalimantan Selatan Bubungan Tinggi

Bagi orang-orang Banjar yang bermukim di Kalimantan Selatan, biasanya akan tinggal di rumah tradisional setempat bernama Bubungan Tinggi. Ini adalah maskot adat Kalimantan Selatan.

25. Rumah Khas Kalimantan Utara Baloy

Rumah Khas Kalimantan Utara Baloy

Rumah khas Kalimantan Utara ini merupakan perpaduan kebudayaan Suku Tidung. Bentuknya sangat cantik dan begitu khas.

26. Rumah Khas Sulawesi Utara Pewaris

Rumah Khas Sulawesi Utara Pewaris

Rumah Pewaris juga dikenal dengan nama Walawengko. Konon rumah ini kerap dijadikan persinggahan bagi bangsa Portugis dan Spanyol dulunya.

27. Rumah Khas Sulawesi Tengah Tambi

Rumah Khas Sulawesi Tengah Tambi

Jika bertandang ke Sulawesi Tengah, cobalah temukan Rumah Tambi. Ini adalah rumah panggung dimana bagian atapnya juga dapat dijadikan sebagai dinding.

28. Rumah Khas Sulawesi Tenggara Buton

Rumah Khas Sulawesi Tenggara Buton

Rumah ini pada zaman dahulu diperuntukkan bagi lingkungan kerajaan. Bagian pondasinya sangat khas karena terbuat dari segala hal tentang alam.

29. Rumah Khas Boyang Suku Mandar Sulawesi Barat

Rumah Khas Boyang Suku Mandar Sulawesi Barat

Rumah adat di Indonesia ini bernama Rumah Boyang. Rumah ini terbagi menjadi dua yaitu Boyang Beasa dan Boyang Adaq.

30. Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Luwuk

Rumah Adat Sulawesi Selatan Suku Luwuk

Dahulunya rumah ini merupakan tempat tinggal dari Raja Luwu. Keunikan rumah ini adalah mempunyai bentuk atap yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan badan rumah.

31. Rumah adat Sulawesi Selatan Tongkonan

Rumah adat Sulawesi Selatan Tongkonan

Rumah ini sejatinya merupakan rumah adat batak Toraja yang berdiam di Sulawesi Selatan. Selain untuk ditinggali, rumah ini juga menjadi simbol kekuasaan adat sekaligus perkembangan kehidupan sosial.

32. Rumah Khas Dulohupa dari Gorontalo

Rumah Khas Dulohupa dari Gorontalo

Rumah ini berasal dari Limba, Kota Selatan, Gorontalo. Penduduk setempat menyebut rumah adat ini sebagai Yiladia Dulohupa Lo Ulipu Hulondhalo. Rumah ini sering dijadikan tempat musyawarah.

33. Rumah Khas Baileo dari Maluku

Rumah Khas Baileo dari Maluku

Rumah adat Maluku ini mempunyai makna nilai luhur tersendiri bagi masyarakat setempat Maluku. Bukan hanya dijadikan sebagai tempat tinggal saja, melainkan juga sebagai kegiatan masyarakat.

34. Rumah Khas Sasadu dari Maluku Utara

Rumah Khas Sasadu dari Maluku Utara

Rumah khas ini diperuntukkan bagi bangsa Sahu yang ada di wilayah Halmahera Barat. Rumah ini umum dipakai untuk acara pertemuan-pertemuan tertentu.

35. Rumah Khas NTB Dalam Loka

Rumah Khas NTB Dalam Loka

Dahulunya, rumah Dalam Loka dijadikan sebagai tempat untuk bermukim bagi raja-raja yang berasal dari Sumbawa, NTB. Kamu juga harus tahu bahwa rumah ini merupakan bentuk peninggalan kerajaan.

36. Rumah Khas NTT Musalaki

Rumah Khas NTT Musalaki

Rumah tradisional ini bisa kamu jumpai di NTT dan menjadi simbol dari provinsi tersebut. Rumah ini kerap dijadikan sebagai tempat tinggal khusus bagi kepala Suku yang ada di NTT.

37. Rumah Khas Papua Barat Mod Aki Aksa

Rumah Khas Papua Barat Mod Aki Aksa

Rumah dari Papua Barat ini juga kerap disebut sebagai Rumah Kaki Seribu. Hal ini karena rumah Mod Aki Aksa mempunyai banyak tiang penyangga yang ada pada bagian bawahnya.

38. Rumah Adat Papua Honai

Rumah Adat Papua Honai

Di Papua ada rumah Honai yang bisa kamu kunjungi untuk bisa mengenal daerah ini lebih dekat. Rumah mungil ini mempunyai dinding yang terbuat dari kayu.

39. Rumah Khas Teluk Cendrawasih Lgkojei

Rumah Adat Khas Teluk Cendrawasih Lgkojei

Gambar rumah adat ini adalah rumah tradisional dari Suku Wamesa Teluk Cendrawasih. Pada bagian bawahnya juga mempunyai banyak tiang penyangga.

40. Rumah Khas Bali Gapura Candi Bentar

Rumah Khas Bali Gapura Candi Bentar

Rumah tradisional ini sejatinya merujuk kepada bangunan berbagai gapura menjadi gerbang rumah khas Bali. Gapura yang ada pada rumah ini berjumlah dua.

41. Rumah Khas Bali Angkul-Angkul

Rumah Khas Bali Angkul-Angkul

Rumah ini dipenuhi dengan struktur artistik yang sangat indah. Kemudian pada bagian depannya juga mempunyai gapura di sisi kanan dan kirinya.

42. Rumah Khas Bali Aling-Aling

Rumah Khas Bali Aling-Aling

Bangunan kecil ini juga termasuk bagian dari rumah khas Bali. Rumah ini kerap dijadikan sebagai tempat persiapan untuk melakukan upacara tradisional.

43. Rumah Khas Bali Bale Tiang Sanga

Rumah Khas Bali Bale Tiang Sanga

Rumah ini juga dikenal dengan nama Bale Dauh. Tempat umum dipakai untuk menggelar pertemuan adat lainnya.

44. Rumah Khas Bali Bale Gede

Rumah Khas Bali Bale Gede

Bale Gede menjadi jenis hunian tradisional Bali dengan desain yang sangat mewah. Bangunan adat ini kerap dijadikan sebagai perayaan upacara adat.

45. Rumah Adat Bali Jineng

Rumah Adat Bali Jineng

Jineng juga merupakan bagian dari rumah khas Bali yang kerap dijadikan tempat penyimpanan saja. Umumnya masyarakat Bali menggunakan Jineng sebagai tempat penyimpanan padi.

Rumah adat di Indonesia memang begitu banyak macamnya. Kamu tentu perlu mengenalnya satu persatu sebagai tanda bukti bahwa kamu mencintai seluruh keragaman Indonesia. Mana rumah tradisional yang sudah pernah kamu jumpai?

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *