Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Fasad Rumah

5 min read

Desain Gambar Fasad Rumah

Fasad diambil dari kata bahasa Prancis yaitu façade yang berarti ‘wajah’. Berdasarkan kata tersebut maka fasad rumah bisa diartikan sebagai wajah dari rumah atau dengan kata lain tampilan tampak depan dari sebuah rumah.

Fasad juga dapat menunjukkan keindahan dari sebuah bangunan. Nah, berikut ini ada 30 desain fasad rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi agar rumah yang kamu bangun terlihat lebih impresif dan gaya.

Desain Fasad Rumah Minimalis dan Modern

1. Kontras Warna dan Lapisan Batu

Desain Fasad Rumah Minimalis

Desain fasad dari rumah bergaya modern minimalis ini menggunakan 2 warna yang kontras, yaitu abu-abu dan coklat. Selain itu, terdapat pula stone veneer atau lapisan batu yang membuat tampilan tampak depan rumah ini terlihat lebih besar.

2. Modern Minimalis dengan Pintu Utama di Tengah

Desain Fasad Rumah 2 Lantai

Walau bukan bergaya klasik dan struktur bangunannya tidak simetris namun letak pintu utama dari rumah modern minimalis ini berada di tengah bangunan. Pemilihan 2 warna abu-abu dan putih keabuan membuat tampilan tampak depan rumah terlihat lebih teduh.

3. Balok dan Kubus Bertumpuk

Desain Fasad Rumah Modern

Tampilan tampak depan dari rumah ini terbilang sangat unik sebab seperti beberapa balok dan kubus saling bertumpuk.

Pemilihan material bangunan yang berbeda, contohnya seperti penggunaan batu beton dan kayu juga semakin membuat fasad dari rumah ini terlihat menarik.

4. Kombinasi Kaca Transparan dan Bebatuan Alam

Desain Fasad Rumah Minimalis 2 Lantai

Beberapa pilar penyangga rumah yang terbuat dari material batuan alam berpadu sempurna dengan jendela dan pintu yang terbuat dari kaca transparan.

Kombinasi dari kedua material tersebut membuat tampilan tampak depan rumah 2 lantai ini terlihat unik dan lebih luas dari ukuran yang sebenarnya.

5. Gelap dan Terang

Desain Fasad Rumah Scandinavian

Kesan misterius namun tetap terlihat lembut bisa dihasilkan dari pemilihan kombinasi warna gelap dan terang. Contohnya seperti yang bisa dilihat dari tampilan tampak depan rumah ini.

Walau didominasi warna gelap, namun sentuhan warna terang pada salah satu sisi rumah membuat fasad dari rumah ini menjadi tidak terlalu kelam.

6. Komposisi Padat dan Rongga

Desain Fasad Rumah Industrial

Proses pembangunan sebuah rumah dengan konsep fasad yang menggabungkan bidang padat dan berongga membutuhkan tingkat kejelian yang cukup tinggi.

Kamu perlu menentukan titik yang tepat untuk menempatkan bidang berongga, misal seperti penempatan jendela atau balkon. Kamu bisa melakukan pengaturan bidang tersebut secara selang-seling atau bisa juga secara maju mundur.

7. Industrial Batu Alam dan Kayu

Desain Fasad Rumah Batu Alam

Fasad dari rumah berkonsep industrial ini menonjolkan penggunaan batu alam pada salah satu sisi rumah dan sisi lainnya menggunakan material berbahan kayu.

Pemilihan warna putih dan abu-abu serta beberapa jendela kaca transparan berukuran besar semakin melengkapi konsep industrial yang diusung oleh rumah ini.

8. Putih Abu-Abu

Desain Fasad Rumah Sederhana

Perpaduan dua warna seringkali diterapkan pada fasad rumah, begitu pula dengan contoh dari rumah ini yang didominasi dengan warna putih dan abu-abu. Kombinasi dari kedua warna tersebut membuat tampilan tampak depan dari rumah ini terlihat lebih kalem.

9. Garis-Garis Sudut yang Tegas

Desain Fasad Rumah Klasik Modern

Struktur bangunan rumah dengan garis-garis sudut yang runcing dan tegas sangat terlihat dari tampilan tampak depan rumah ini.

Penggunaan material batu bata dan kayu yang digunakan sebagai pintu garasi semakin menampilkan kesan tegas yang terpancar dari fasad bangunan ini.

Baca juga: Desain Mezzanine

10. Bidang Miring yang Unik

Desain Fasad Rumah Unik

Desain fasad dari rumah bergaya modern minimalis ini sangat unik, dengan penggunaan beberapa bidang miring yang berfungsi seperti pemisah antara bagian rumah yang satu dengan yang lainnya.

Penggunaan material kaca transparan pada beberapa bagian rumah berfungsi sebagai tempat sirkulasi pencahayaan alami, sehingga pada bagian tersebut bisa dijadikan sebagai tempat memelihara tanaman.

11. Sejuk dan Terbuka

Desain Fasad Rumah Modern Minimalis

Penggunaan material kaca transparan untuk sebagian besar bagian rumah membuat tampilan tampak depan rumah ini bisa dilihat secara terbuka dari luar.

Bentuk atap yang artistik ditambah dengan ukuran balkon yang luas membuat rumah terlihat lebih unik dan sejuk apalagi terdapat pula kolam ikan di depan rumah. Rumah dengan desain seperti ini bisa menciptakan sirkulasi udara dan sinar matahari yang sangat lancar.

12. Roster

Desain Fasad Rumah Tropis

Roster merupakan ornamen rumah yang bentuknya seperti dinding namun memiliki banyak lubang. Lubang pada roster itu dibuat sedemikian rupa sehingga seperti menampilkan motif-motif unik yang konsisten.

Selain sebagai ornamen yang bisa mempercantik bagian lantai dua dari sebuah rumah, roster juga dapat berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan sinar matahari.

Penggunaan roster cocok jika diterapkan pada rumah yang berada di tempat tropis agar tidak terasa lembab dan gelap apalagi di siang hari.

13. Ilusi Bangunan Kembar

Desain Fasad Rumah Lebar 6 Meter

Bentuk tampilan tampak depan dari rumah ini sangat unik seperti dua buah rumah, padahal sebenarnya adalah satu rumah.

Ilusi sebuah rumah yang terbagi menjadi dua itu disebabkan ada dinding berongga yang seakan membagi rumah menjadi dua bagian. Struktur bangunan yang simetris dan penggunaan warna monokrom putih membuat ilusi dua rumah semakin terlihat jelas.

14. Kombinasi Elemen Horizontal dan Vertikal

Desain Fasad Rumah Kontemporer

Elemen-elemen vertikal dan horizontal membuat bagian komposisi arsitektur dari sebuah rumah tidak terlihat monoton.

Pemilihan material yang beragam mulai dari semen, batu bata, kaca hingga kayu membuat komposisi tampilan tampak depan rumah ini terlihat lebih menarik.

15. Kombinasi Kaca Transparan dan Kayu

Desain Fasad Rumah Klasik

Penggunaan material kaca transparan sebagai pengganti dinding dan kayu untuk tiang penyangga rumah membuat tampilan tampak depan dari rumah ini terlihat bening dan sangat terbuka.

Penempatan balkon pada keseluruhan lantai dua rumah ini menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan asri di sekitar rumah.

16. Komposisi Perpotongan Bidang

Desain Fasad Rumah 1 Lantai

Penggunaan elemen bidang miring pada bagian atap rumah dapat bertindak sebagai pembatas area beberapa bagian dari rumah ini.

Selain itu, bidang miring tersebut juga dapat memberikan sentuhan unik pada komposisi visual dari tampilan tampak depan rumah ini, sekaligus mampu bertindak sebagai penyeimbang dari keseluruhan desain hunian ini.

17. Mungil dan Rapi

Desain Fasad Rumah Type 36

Jika kamu ingin membangun sebuah rumah type 36 dengan gaya modern minimalis, maka tampilan tampak depan dari rumah ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan terbaik.

Keberadaan halaman hijau yang cukup luas bisa dijadikan sebagai taman kecil yang akan membuat fasad dari rumah ini terlihat semakin cantik.

18. Elemen Kayu Modifikasi

Desain Ornamen Fasad Rumah

Material kayu dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah dengan tampilan tampak depan yang terkesan modern sekaligus natural. Kamu bisa memodifikasi material kayu sehingga menjadikannya material yang dapat mempercantik tampilan rumah.

Apalagi jika dikombinasikan dengan material pendukung lainnya seperti batu granit sehingga tercipta kesan natural kreatif dari karakter rumah tersebut.

19. Klasik Minimalis

Desain Fasad Rumah Lebar 8 Meter

Fasad dari rumah klasik bisa terlihat seperti modern minimalis, jika kamu mendesain rumah dengan ukuran pilar yang tidak terlalu besar. Pilar dengan ukuran besar hanya akan membuat fasad dari rumah tersebut terlihat sangat berat dan megah.

Sementara jika kamu ingin menerapkan konsep minimalis, maka buatlah hunian bergaya klasik itu dengan tampilan sederhana namun tetap terlihat manis.

20. Komposisi Unik Perbedaan Ketinggian

Desain Fasad Rumah Tropis 1 Lantai

Jika kamu mendapatkan area lahan yang lebih tinggi dari jalan raya, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan mengatur tampilan tampak depan rumah menggunakan komposisi perbedaan ketinggian.

Memainkan desain tangga yang ditempatkan pada bagian luar dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih elegan. Selain itu perhatikan pula pilihan warna dinding sehingga kamu akan mendapatkan fasad yang tampak menawan.

21. Skema Warna dan Material Komplementer

Desain Fasad Rumah 1 Lantai Modern

Tampilan tampak depan rumah yang monokrom berwarna putih bisa ditingkatkan dengan penggunaan material kayu berwarna coklat.

Baik material dan warna antara tembok berwarna putih dengan kayu berwarna coklat tua akan terlihat saling melengkapi.

22. Kombinasi Kayu dan Bebatuan Alam

Desain Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai

Tampilan tampak depan dari rumah ini menggunakan dua material yang berasal dari alam sehingga kesan natural sangat terasa.

Pemilihan material kayu yang dikombinasikan dengan batuan alam membuat ruangan di dalam rumah menjadi terasa lebih sejuk, selain itu kayu dan bebatuan alam memang sangat cocok untuk dipadukan sebab kedua material itu bersifat saling melengkapi.

23. Tenang dan Terpadu

Desain Fasad Rumah Tingkat

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun dua rumah yang memiliki jalur penghubung satu sama lain ini memiliki tampilan tampak depan yang terlihat tenang dan terpadu.

Konsep fasad tersebut menciptakan daya tarik visual yang cukup tinggi, apalagi dengan pemilihan warna yang didominasi warna putih semakin membuat tampilan tampak depannya terlihat bersih dan menarik.

24. Klasik Minimalis dengan Kontras Warna

Desain Fasad Rumah Mediterania

Desain fasad dari rumah ini khas rumah bergaya klasik minimalis yang bisa dilihat dari adanya penggunaan dua pilar yang berfungsi sebagai tiang penyangga bangunan.

Namun, pemilihan warna yang sangat bertolak belakang antara warna terang, putih dan abu-abu yang membuat fasad dari rumah ini terlihat menarik.

25. Area Hijau yang Membingkai Akses Masuk

Desain Fasad Rumah Mewah

Tampilan tampak depan dari rumah mewah bergaya kontemporer modern ini memang sangat mengagumkan. Namun, yang menjadi nilai plus pada fasad dari rumah ini adalah empat pohon palem besar yang membingkai dan mengapit jalan masuk menuju pintu utama dari rumah ini.

26. Fokus Pada Elemen Vertikal

Desain Fasad Rumah Minimalis Type 36

Tampilan tampak depan dari rumah bergaya modern minimalis 1 lantai ini terlihat seperti mengutamakan elemen vertikal. Komposisi arsitektur yang berfokus pada penerapan elemen vertikal membuat kesan rapi dan tegas pada rancangan rumah.

Penambahan beberapa tanaman hias di bagian depan dan samping rumah dapat sedikit mengurangi karakter tegas dari rumah ini.

27. Perpaduan Abu-abu dan Coklat

Desain Fasad Rumah Lebar 5 Meter

Satu lagi tampilan tampak depan sebuah rumah bergaya modern minimalis yang mengkombinasikan dua macam warna, kali ini perpaduan antara warna abu-abu dengan coklat. Kombinasi kedua warna tersebut menghasilkan fasad rumah yang terlihat hangat.

28. Atap Besar dengan Dinding Putih Bersih

Desain Fasad Rumah Tipe 36

Daya tarik utama dari tampilan tampak depan rumah ini terletak pada bagian atapnya yang terlihat sangat unik karena ukurannya super besar.

Sementara itu, pemilihan warna monokrom putih pada bagian dinding mengesankan rumah yang bersih. Namun agar tidak monoton dipilih aksen kayu berwarna coklat pada bagian rangka jendela.

29. Unfinished Batu Alam

Desain Gambar Fasad Rumah Minimalis

Kesan natural sangat terasa dari tampilan tampak depan rumah ini. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan unfinished batu alam.

Sementara itu, agar tampilan rumah terlihat lebih cantik maka warna atap genteng disesuaikan dengan rangka kayu jendela yang juga dicat dengan warna merah.

30. Komposisi Seimbang Bebatuan Alam dan Kaca Transparan

Desain Fasad Rumah Lantai 2

Pemilihan bebatuan alam yang dijadikan sebagai pilar penyangga rumah memang bisa membuat tampilan fasad sebuah rumah terlihat menarik.

Selain itu, untuk membuat kesan rumah lebih luas, maka elemen kaca transparan bisa dimaksimalkan menjadi jendela berukuran besar serta sebagai pintu masuk.

Fasad rumah menentukan kesan pertama yang dilihat seseorang pada desain sebuah rumah.

Oleh sebab itu, kamu perlu lebih cermat lagi dalam menentukan seperti apa ‘wajah’ dari rumah yang akan kamu bangun itu, agar tidak salah pilih desain dan malah membuat tampilan tampak depan rumah menjadi tidak impresif.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Rumah Panggung

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *