Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Warna Cat Dapur

5 min read

Warna Cat Dapur

Tahukah kamu warna cat dapur ternyata berperan penting dalam menata desain dapur ?

Warna cat yang dapur yang diaplikasikan sangat mempengaruhi suasana, mood dan produktivitas seseorang.

Tak hanya itu, pemilihan warna yang tepat juga dapat menciptakan ilusi ruangan lebih luas dan lapang pada dapur minimalis.

Pemilihan cat dapur tidak hanya terfokus pada dinding, tapi juga keseluruhan detail interior dapur termasuk kitchen set dan furniture.

Saat memilih warna cat dapur, kamu biasanya akan disarankan untuk memilih warna-warna tertentu.

Sebagai salah satu ruangan yang punya fungsi penting, kenyamanan dapur harus dipastikan bagi setiap orang yang menggunakannya.

Yuk intip 15 ide warna cat dapur cantik yang akan membuat kamu semakin betah berlama-lama saat memasak.

15 Warna Cat Dapur Minimalis Terbaik

1. Putih

Putih
Pinterest.com

Putih merupakan warna yang paling umum digunakan untuk cat dapur.

Warna ini banyak digemari karena membawa kesan yang bersih dan rapi.

Warna putih juga identik dengan gaya minimalis yang mengutamakan kesederhanaan dan fungsionalitas ruang.

Selain itu, cat dapur warna putih memberikan kamu kebebasan berkreasi dengan warna lain.

Misalnya, memberikan sentuhan warna kontras dengan memilih furniture berwarna cerah.

Kamu juga bisa membuat tampilan dapur menjadi simpel dengan pilihan warna cat putih ini.

2. Biru

Biru
Pinterest.com

Biru identik dengan semangat yang baru dan fresh. Sangat cocok dipilih sebagai cat dapur minimalis dengan hasil yang tak membosankan.

Baik itu biru tua atau biru muda, keduanya sering digunakan untuk dinding dapur.

Warna biru muda yang lebih kalem membuat kegiatan memasak semakin adem dan lebih santai.

Sedangkan cat dapur biru tua terkesan lebih berat namun elegan. Kamu bisa padu padankan warna cat biru dengan warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu.

Hasilnya?

Sudah pasti lebih menarik dan tidak terlalu monoton.

3. Abu-abu

Abu-abu
Pinterest.com

Abu-abu termasuk salah satu warna cat dapur terbaik.

Warna ini bahkan sudah lama menjadi favorit karena tergolong netral dan cocok untuk berbagai konsep ruangan. Warna abu-abu memberikan rasa tenang dengan suasana yang modern dan elegan.

Aktivitas memasak pun jadi lebih santai dan menyenangkan. Warna cat abu-abu bisa dikombinasikan dengan peralatan silver untuk menciptakan kesan futuristik.

Warna ini juga cocok dipadu padan dengan warna netral lainnya seperti putih dan hitam. Warna cat abu-abu juga menampilkan kesan elegan namun tetap sederhana.

4. Merah

Merah
Pinterest.com

Coba sesuatu yang lebih berani dengan mengaplikasikan cat dapur rumah warna merah. Warna merah dinilai sangat menonjol serta dapat menghidupkan suasana.

Warna merah juga bisa menstimulasi selera makan. Untuk mengimbangi warna merah yang cerah, gunakan perabot dan peralatan dapur berwarna netral.

Kamu juga bisa mengkombinasikan dengan warna lain asalkan tidak mencolok dan tetap indah dipandang. Jika tidak ingin terlalu menonjol, jangan gunakan warna ini pada keempat dinding dapur.

Cukup aplikasikan sebagai aksen pelengkap agar dapur terlihat lebih hidup dan elegan.

5. Kuning

Kuning
Pinterest.com

Kuning adalah warna cat terbaik untuk menampilkan suasana dapur yang terasa lebih hidup. Meski tampak mencolok, warna kuning membawa energi positif yang berpengaruh pada semangat penghuni rumah.

Warnanya yang cerah juga tidak norak dan membuat mata bosan.

Karena warna cat dapur ini tergolong terang dan intens, sebaiknya dikombinasikan dengan warna netral. Warna kuning juga cocok dipadukan dengan hijau tua dan hijau muda untuk sentuhan nuansa pop yang vibrant.

Untuk kamu yang punya dapur sempit, warna kuning bisa jadi solusi agar tampak lebih dinamis.

Tertarik untuk mencobanya?

6. Coklat atau Krem

Coklat atau Krem
Pinterest.com

Jika kamu pecinta warna cat yang kalem dan netral, coba gunakan warna coklat atau krem. Warna-warna yang membawa kesan natural ini sangat meneduhkan mata.

Warna coklat atau krem bisa dikreasikan dengan warna-warna terang lain agar tidak membosankan. Kamu bisa padukan dengan warna-warna yang juga memiliki unsur alami seperti hijau.

Atau bisa juga dengan pilihan warna-warna netral seperti putih dan hitam. Untuk mendukung suasana yang alami dan menyegarkan, tambahkan beberapa tanaman hijau dalam pot.

Penggunaan material kayu juga sangat mendukung warna cat dapur ini.

7. Mustard

Mustard
Pinterest.com

Kalau kuning dianggap terlalu terang, coba aplikasikan cat dapur warna mustard.

Warna ini terkesan lebih gelap dan kalem sehingga tidak begitu mencolok. Warna mustard juga menjadi pilihan yang tepat jika kamu mengincar suasana dapur ceria namun tetap minimalis.

Kamu bisa memadukan dengan warna-warna netral lainnya seperti abu terang atau broken white. Warna cat dapur mustard dapat menjadikan dapur terlihat lebih rich dan menawan.

8. Biru Dongker

Biru Navy
Pinterest.com

Biru dongker atau navy menjadikan area dapur terasa lebih formal dan menyenangkan. Warna ini sangat bagus terutama untuk area dapur terbuka yang punya bukaan besar.

Untuk dapur berukuran kecil, warna biru dongker juga sangat direkomendasikan. Warna ini membawa persepsi kedalaman yang elegan sekaligus membuat ruangan terasa lebih menawan.

Kamu bisa padukan dengan warna putih agar lebih netral dan tetap minimalis. Selain putih, perpaduan warna gold juga sangat pas untuk membawa kesan mewah.

9. Blush Pink

Pink Blush
Pinterest.com

Warna blush pink cocok untuk konsep ruangan minimalis. Warna yang lembut namun tidak terlalu feminim ini sangat pas untuk diaplikasikan di dapur.

Selain memberikan kesan segar, warna ini juga menghadirkan kesan modern dan terbuka.

Gabungkan warna pink dengan warna senada seperti ungu, atau warna netral seperti putih. Hasilnya?

Dapur milikmu akan tampak manis dan terlihat menyenangkan. Untuk meningkatkan mood dan semangat, warna cat dapur blush pink bisa diandalkan.

10. Hitam

Hitam
Pinterest.com

Hitam mencerminkan kesan yang misterius dan dramatis. Bahkan dalam hal warna cat dapur, hitam dianggap yang paling seksi dan tidak ada duanya.

Warna cat dapur hitam juga menjadikan suasana terlihat sangat bertenaga. Supaya tidak suram karena menggunakan cat warna hitam, selalu perhatikan pencahayaannya.

Jika tidak ada jendela, kamu bisa pasang beberapa lampu sebagai penerangnya.

11. Hijau

Hijau
Pinterest.com

Jika ingin suasana dapur makin asyik, coba pilih hijau sebagai warna cat dapur di rumah. Pilihan warna hijau ini sangat bervariasi, mulai dari hijau apel, mint, hijau lilac, hingga emerald.

Hijau emerald dikenal dengan kesan elegan yang mahal seperti merah maroon, gold, dan ungu. Sedangkan warna hijau apel dan mint melahirkan kesan luar biasa unik ke dalam interior dapurmu.

Warna ini juga menambah aksen menarik pada dapur minimalis supaya tidak terlihat kosong. Semua warna cat dapur hijau membawa kesan sejuk dan menyegarkan.

Jadi bersiap-siaplah menikmati semangat nuansa alam yang segar saat kamu beraktivitas di dapur.

12. Ungu Muda

Ungu Muda
Pinterest.com

Ingin membuat kesan luas dan lapang pada dapur minimalis?

Kamu bisa coba menggunakan warna cat dapur ungu muda. Warna ini memberikan ketenangan sekaligus kesan luas pada ruangan.

Ungu muda juga menjadi warna cat dapur yang baik untuk kesehatan. Warna ungu muda akan sangat cantik jika dipadukan dengan warna putih.

Kamu juga bisa memilih kombinasi warna ungu yang lebih tua atau ungu bernuansa merah muda.

13. Tosca

Tosca
Pinterest.com

Tosca adalah gabungan dari warna hijau dan biru. Warna ini lebih sering disebut dengan hijau telur asin.

Warna tosca menciptakan kesan nyaman dan ceria yang dapat membangkitkan suasana. Warna cat dapur tosca juga cocok untuk ruangan kecil agar terlihat lebih besar.

Jika kamu bosan dengan warna biru atau hijau saja, coba gunakan warna ini. Tosca termasuk warna netral dan kalem sehingga cocok dipadu padan dengan warna lainnya.

Gabungkan dengan perabot berwarna silver atau putih untuk menggambarkan dapur minimalis yang sempurna.

14. Pastel

Pastel
Pinterest.com

Warna pastel yang lembut bisa menjadi andalan saat memilih warna cat dapur minimalis. Warna-warna ini tidak akan mengecewakan setelah diaplikasikan.

Cat dapur warna pastel juga sangat anti-mainstream dibanding warna umum seperti putih dan abu-abu. Selain itu, dasar warna cat pastel yang terang dapat menjadikan ruangan terkesan lebih terbuka.

Sangat cocok untuk dapur sempit karena membawa ilusi ruangan terasa lebih luas dan lapang.

15. Salmon

Salmon
Pinterest.com

Salmon adalah gabungan dari warna jingga, putih, dan merah muda. Warna ini termasuk dalam jajaran palet merah muda yang menjadi favorit banyak orang.

Warna cat dapur salmon banyak dipilih karena keunggulannya yang dapat menjadikan ruangan terlihat anggun. Jika merah muda terkesan feminim, warna salmon justru menonjolkan sisi yang elegan dan tenang.

Dapur dengan warna salmon akan terasa lebih dingin, namun tetap ceria karena masih ada sentuhan warna jingga.

Dari 15 warna cat dapur di atas, warna mana yang jadi favoritmu?

Selain memilih warna cat dapur yang tepat, sesuaikan juga model dan warna furniture yang kamu gunakan. Walaupun pemilihan warna cat dapur merupakan hal paling mendasar, pastikan furniture sesuai dengan warna tersebut.

Untuk menambah estetika dapur, kamu bisa memadukan beberapa warna berbeda yang menjadi point ruangan serta menjauhkannya dari kesan sempit dan monoton.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *