Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Rumah Klasik

7 min read

Desain Desain Rumah Klasik Victorian

Trend rumah modern minimalis yang semakin meningkat popularitasnya tidak membuat desain arsitektur rumah klasik kehilangan penggemar.

Kebanyakan orang yang memilih desain klasik untuk diterapkan pada hunian mereka itu juga ingin menggambarkan karakter mereka sebagai pemilik rumah tersebut, sebab bagi sebagian orang, rumah bukan hanya sebatas sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Meskipun demikian, ada pula pemilik rumah yang tetap ingin terlihat mengikuti perkembangan trend, sehingga mereka memilih desain arsitektur klasik dengan sentuhan modern yang membuat tampilan rumah menjadi terlihat lebih sederhana. Berikut ini, ada 30 inspirasi desain rumah bergaya klasik yang nyaman dan menawan.

Model dan Desain Rumah Klasik

1. Klasik Modern yang Anggun

Desain Rumah Klasik Modern

Rumah 2 lantai bergaya klasik ini memiliki sentuhan modern yang membuatnya menjadi terlihat anggun. Sentuhan modern, terlihat dari dua jendela kaca transparan berukuran besar di bagian kiri rumah yang dipasang dari atas ke bawah seperti pengganti tembok. Sedangkan bagian kanan rumah dihiasi dengan bebatuan alam yang membuat tampilan rumah jadi semakin menawan.

2. Klasik Eropa ala Yunani

Desain Rumah Klasik Eropa

Rumah bergaya klasik khas Eropa khususnya Yunani identik dengan adanya pilar penyangga rumah berukuran besar yang bukan hanya berfungsi untuk memperkuat konstruksi bangunan, namun juga untuk mempercantik tampilan rumah.

Selain itu, bentuk rumah yang simetris dengan jendela besar di kedua sisi depan rumah membuat rumah bergaya klasik Yunani ini semakin terlihat megah dan mewah.

3. Klasik Amerika dengan Banyak Jendela

Desain Rumah Klasik Amerika

Rumah bergaya klasik dengan perpaduan warna putih untuk bagian dinding dan keabuan pada atapnya ini dilengkapi dengan deretan 4 pilar penyangga besar serta jumlah jendela yang cukup banyak, bahkan terdapat pula 4 jendela kecil di bagian atap dari rumah tersebut.

Untuk mempercantik tampilan rumah, ditambahkan berbagai macam tumbuhan, mulai dari pepohonan hingga hingga tumbuhan hijau yang merambat.

4. Klasik Modern Bernuansa Putih Elegan

Desain Rumah Klasik Modern 2 Lantai

Sentuhan klasik sangat terasa dari empat pilar besar sebagai penyangga konstruksi bangunan, sedangkan sentuhan modern berasal dari bentuk bangunannya serta penggunaan atap datar.

Sementara itu, kesan elegan ditampilkan dari pemilihan warna keseluruhan rumah ini yang didominasi oleh warna putih. Penambahan taman kecil di bagian balkon lantai dua juga membuat rumah jadi lebih segar.

5. Klasik Elegan Berukuran Mungil

Desain Rumah Klasik Minimalis

Desain klasik juga bisa diterapkan pada rumah berukuran mungil, bentuk simetris khas rumah bergaya klasik dengan 5 jendela berukuran cukup besar membuat rumah ini terlihat elegan.

Satu hal yang cukup unik dari rumah ini adalah bentuk atapnya yang mirip dengan rumah tradisional Jawa atau yang lebih dikenal dengan sebutan rumah joglo.

6. Klasik Beton Putih dan Aksen Kayu

Desain Rumah Klasik Indonesia

Sama seperti rumah bergaya klasik pada umumnya, penggunaan pilar penyangga berukuran besar yang terbuat dari bahan beton membuat rumah ini terlihat kokoh.

Meskipun keseluruhan rumah didominasi warna putih, namun penggunaan bahan kayu berwarna coklat untuk pintu, aksen garis jendela, dan pintu garasi membuat tampilan rumah ini menjadi tidak monoton.

7. Klasik Megah bak Istana Kerajaan

Desain Rumah Klasik Mewah

Rumah bergaya klasik ini terlihat sangat megah seperti istana kerajaan. Terdapat dua aspek utama pada rumah ini, yaitu tinggi bangunan dan ornamen bangunan berupa ukiran yang semakin memperlihatkan kemegahan rumah ini.

Selain itu terdapat pula pilar penyangga bangunan yang besar dengan ukiran yang senada dengan keseluruhan ukiran yang ada di bagian depan rumah.

8. Klasik Modern Berwarna Krem

Desain Rumah Klasik 2 Lantai

Satu lagi contoh rumah klasik yang dilengkapi dengan jendela kaca transparan berukuran besar di salah satu sisi bagian depan rumah. Dominasi warna krem membuat tampilan rumah ini terlihat kalem, namun agar tidak terlalu monoton maka perlu ditambahkan aksen warna lain, dalam hal ini aksen kayu berwarna coklat tua.

9. Klasik Bergaya Vintage

Desain Rumah Vintage Klasik

Rumah klasik bergaya vintage cukup populer di Amerika sekitar era 80 hingga 90-an. Meskipun seakan terdiri dari dua bagian rumah, namun ada jalur ruangan penghubung yang membuat rumah ini tetap menjadi suatu kesatuan yang utuh.

Penggunaan warna coklat membuat kesan vintage semakin terasa dan adanya aksen tembok berbahan dasar bebatuan alam membuat rumah ini semakin terlihat unik.

10. Klasik dengan Material Kayu dan Bebatuan Alam

Desain Rumah Klasik 1 Lantai

Kayu merupakan salah satu material pembuat rumah bergaya klasik yang cukup banyak peminatnya. Banyaknya orang yang menggunakan kayu sebagai material pembuat rumah disebabkan karena kayu akan membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Penambahan material pendukung contohnya seperti bebatuan alam pada bagian tembok depan membuat tampilan rumah lebih menarik.

11. Klasik Simple dengan Enam Pilar

Desain Rumah Klasik Eropa Satu Lantai

Meskipun bergaya klasik namun strukturnya terbilang sederhana dan ukurannya pun cukup mungil. Sentuhan klasik sangat terlihat pada keberadaan enam pilar penyangga rumah serta letak pintu utama yang tepat berada di bagian tengah rumah sehingga menjadi pusat simetris dari bangunan tersebut. Pemilihan warna putih untuk keseluruhan bagian dari rumah ini membuat kesan klasik semakin terasa.

12. Klasik Natural

Desain Rumah Klasik Satu Lantai

Pemilihan material kayu membuat bangunan rumah bergaya klasik minimalis ini semakin terkesan natural. Penempatan jendela kaca transparan dalam ukuran yang cukup besar, membuat sistem pencahayaan di rumah tersebut juga lebih alami, sebab cahaya matahari bisa bebas masuk ke dalam rumah tanpa hambatan.

13. Klasik Modern Berstruktur Unik

Desain Rumah Klasik Kayu

Meskipun mengusung konsep desain klasik, namun bukan berarti struktur bangunannya harus terlihat kaku. Contohnya seperti yang bisa dilihat dari rumah ini yang memiliki struktur bangunan unik.

Karena menggunakan atap rumah yang didesain seperti sayap kupu-kupu. Kesan klasik dari rumah ini diperlihatkan dari sudut-sudut rumah yang terlihat cukup tegas.

14. Klasik Sederhana ala Skandinavia

Desain Rumah Klasik Modern Sederhana

Rumah klasik tidak semuanya didesain dengan struktur bangunan yang mewah nan megah. Contohnya seperti rumah yang didominasi dengan warna abu-abu ini.

Umumnya gaya rumah seperti ini dimiliki oleh penduduk negara-negara Eropa seperti Norwegia, Finlandia dan Denmark. Salah satu ciri khas hunian klasik ala Skandinavia ini adalah adanya cerobong asap di bagian atap rumah.

15. Klasik Modern Minimalis

Desain Fasad Rumah Klasik Modern

Penggunaan atap datar adalah salah satu ciri khas dari desain rumah modern minimalis. Namun kesan klasik dari rumah ini juga masih terasa dengan pemilihan warna yang didominasi warna putih, jumlah jendela berukuran besar yang cukup banyak, serta garis-garis struktur rumah yang tegas.

16. Klasik Modern ala Animasi Jepang

Desain Rumah Klasik Sederhana

Jika kamu sering menonton film animasi Jepang, maka kamu tentu sering melihat model atau desain rumah klasik seperti ini. Kombinasi material kayu dan tembok bata membuat tampilan rumah ini terlihat cukup unik, apalagi ditambah dengan penggunaan pintu kaca geser khas rumah-rumah di Jepang.

17. Rumah Klasik Mewah dengan Balkon Besar

Desain Rumah Klasik Belanda

Rumah klasik khas Eropa ini didesain dengan struktur bangunan yang megah, lengkap dengan dua pilar besar yang berfungsi sebagai penyangga sekaligus untuk mempercantik tampilan dari rumah tersebut.

Rumah mewah 3 tingkat ini juga memiliki dua balkon kecil di lantai dua dan lantai 3, serta ada pula 1 balkon besar berdesain setengah lingkaran yang letaknya ada di bagian tengah lantai 3.

18. Klasik Eropa Beratap Datar

Desain Rumah Gaya Klasik

Umumnya, atap rumah bergaya klasik Eropa itu dibuat dengan bentuk segitiga sama kaki, namun pada desain rumah ini, jenis atap yang digunakan adalah atap datar. Namun, kesan klasik masih sangat terasa dari pemilihan dua pilar berukuran besar dan struktur bangunan yang terlihat sangat simetris.

Bukan hanya itu saja, penambahan beberapa anak tangga menuju pintu utama juga merupakan salah satu ciri khas dari sebuah rumah klasik.

19. Klasik Tudor Khas Abad Pertengahan Eropa

Desain Profil Rumah Klasik

Rumah bergaya klasik ala abad pertengahan Eropa juga dikenal dengan sebutan desain arsitektur Tudor. Salah satu ciri khas dari desain rumah ini adalah kesan megah namun misterius.

Selain itu, bentuk atap dari desain rumah ini juga sangat khas dengan menggunakan bentuk atap dengan kemiringan sangat curam hingga menyerupai kerucut.

20. Klasik Mewah Putih Bersih

Desain Rumah Klasik Minimalis 2 Lantai

Rumah bergaya klasik memang identik dengan rumah mewah yang didesain lengkap dengan jendela-jendela besar serta pintu yang terbuat dari kaca.

Penggunaan kaca pada pintu dan jendela rumah ini juga dihias dengan bermacam-macam ukiran sehingga membuat tampilan depan rumah ini terlihat sangat menawan. Pemilihan warna putih untuk keseluruhan bangunan membuat kesan klasik semakin terasa.

21. Klasik Mediterania ala Italia

Desain Rumah Klasik Lantai 2

Ciri khas rumah bergaya klasik mediterania adalah penggunaan atap yang terbuat dari genteng tanah liat dan terdapat cukup banyak unsur lengkung pada rumah.

Dalam hal ini, unsur lengkung tersebut bisa dilihat dari bentuk pintu pada rumah ini. Sementara itu, khusus klasik mediterania ala Italia, maka pemilihan warna yang digunakan rata-rata warna hangat seperti cokelat ataupun jingga.

22. Klasik Mediterania ala Spanyol

Desain Rumah Klasik Lantai 1

Sedikit berbeda dengan klasik mediterania ala Italia, pada desain rumah klasik mediterania ala Spanyol ini terdapat ruangan yang struktur bangunannya terlihat seperti tabung.

Desain seperti itu membuat bangunan rumah jadi terlihat lebih ramai, Salah satu ciri dari rumah bergaya klasik mediterania ala Spanyol ini adalah pemilihan warna-warnanya yang lebih cerah.

23. Klasik Amerika Tepi Pantai

Desain Desain Rumah Klasik Victorian

Rumah bergaya klasik yang satu ini umum ditemukan di daerah tepi pantai Amerika, misal seperti di Florida. Meskipun desain dari rumah ini terkesan tua, namun masih banyak orang yang suka dengan desain klasik khas Amerika bernuansa tropis ini.

Hal tersebut disebabkan karena desain rumah ini dianggap nyaman untuk ditinggali sebab material yang digunakan membuat bagian dalam rumah terasa sejuk.

24. Klasik Perpaduan Dinding Kayu dan Batu Bata

Desain Rumah Klasik Kecil

Salah satu bahan pembuat rumah yang identik dengan rumah bergaya klasik sederhana adalah kayu, sehingga membuat rumah akan semakin nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Penggunaan material kayu akan membuat ruangan-ruangan di dalam rumah terasa lebih sejuk.

Untuk menambah aksen agar tampilan bagian depan rumah tidak membosankan maka diperlukan penambahan material pendukung, contohnya seperti batu bata yang terlihat pada sebagian dinding dari rumah ini. Perpaduan dinding kayu dan batu bata membuat tampilan rumah ini semakin terlihat mengesankan.

25. Klasik khas Amerika dengan Tambahan Tiga Jendela

Desain Rumah Klasik Eropa 2 Lantai

Seperti diketahui, ciri khas rumah bergaya klasik adalah dengan penempatan beberapa tiang penyangga rumah, begitu pula dengan rumah ini yang dilengkapi dengan 6 tiang penyangga.

Keseluruhan dinding rumah klasik khas Amerika ini terbuat dari kayu sehingga membuat semua ruangan di dalam rumah terasa semakin sejuk. Selain itu, ada tiga jendela tambahan di bagian atas yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara dan sumber pencahayaan alami dari sinar matahari.

26. Klasik ala Barbie

Desain Rumah Klasik Terbaru

Jika kamu termasuk orang yang terobsesi dengan boneka barbie, maka desain rumah bergaya klasik ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Penggunaan warna-warna lembut seperti pink, biru muda, ungu ataupun perpaduan warna abu-abu dengan warna lebih cerah namun tetap menenangkan dan terlihat lembut akan semakin membuat bangunan klasik ini terlihat seperti rumah boneka barbie.

27. Klasik Satu Lantai dengan Bebatuan Alam

Desain Rumah Klasik Satu Lantai Mewah

Rumah 1 lantai bergaya klasik ini didominasi oleh penggunaan bebatuan alam di hampir seluruh bagian luarnya. Penggunaan batuan alam membuat rumah tidak perlu lagi di cat sebab pilihan batu-batu alam yang tepat akan bisa membuat rumah bukan hanya terlihat cantik namun juga unik.

Penambahan taman kecil di sekitar rumah akan semakin membuat tampilan bagian depan dari rumah tersebut terlihat asri dan menawan.

28. Klasik Rustic dengan Taman Cantik

Desain Rumah Gaya Klasik Modern

Rumah dengan desain klasik rustic ini biasanya bisa dengan mudah kamu temukan di daerah pedesaan negara-negara Eropa seperti di Swiss, Austria dan Belgia. Arsitektur rumah yang dikenal sejak abad ke-18 di benua Eropa ini memang memiliki ciri khas yang sangat unik, yaitu menggunakan material yang bertekstur dari alam, misal seperti bebatuan alam.

Karakter rumah bergaya klasik rustic ini memang ingin memaksimalkan sinar matahari untuk digunakan sebagai pencahayaan alami, oleh sebab itu jumlah jendela yang ada di rumah ini cukup banyak. Pemandangan yang bisa dilihat dari dalam rumah pun akan terlihat lebih indah dengan hadirnya taman bunga cantik di sekeliling rumah.

29. Klasik Eropa Timur dengan Kombinasi Atap Segitiga

Desain Rumah Klasik Putih

Berbicara mengenai rumah bergaya klasik, memang desain klasik cukup mudah dipadukan dengan desain apa pun. Salah satunya adalah gaya klasik dengan bahan material pembuat rumah yang didominasi dari kayu serta aksen atap segitiga. Selain itu, terdapat pula aksen jendela berbentuk balok yang membuat tampilan rumah ini terlihat lebih manis.

30. Klasik Unik Seperti Rumah Panggung

Desain Rumah Gaya Klasik Minimalis

Satu lagi ragam rumah bergaya klasik dengan desain unik serta material rumah yang terbuat dari kayu. Keseluruhan dari rumah ini menggunakan material kayu yang dicat dengan warna putih. Bukan hanya pada keseluruhan bagian rumahnya saja, bahkan pagar dari rumah ini pun terbuat dari kayu yang dicat warna putih.

Berbeda dengan rumah bergaya klasik lainnya, desain rumah ini terbilang sangat unik, sebab sengaja didesain menyerupai rumah panggung. Pintu utama dari rumah bergaya klasik yang terbuat dari kayu ini terletak di lantai atas, sehingga untuk masuk ke rumah ini kamu harus menaiki tangga yang juga didesain unik sebab dapat diakses dari dua sisi, kanan dan kiri.

Berbagai desain rumah klasik di atas bisa dijadikan sebagai inspirasi sehingga kamu bisa lebih mudah dalam menciptakan sebuah rumah idaman. Namun, selain menentukan desain tentunya kamu juga perlu mengetahui faktor-faktor penting lain dalam proses pembuatan rumah misalnya seperti area lahan yang dibutuhkan, material bangunan yang akan digunakan dan lain sebagainya.

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Rumah Panggung

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *