Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Plafon Minimalis

9 min read

Plafon Minimalis PVC

Model plafon rumah minimalis dan harga terbaru 2021. ❤ Desain modern & elegan. Cocok untuk ruangan rumah kamu.

Plafon adalah bagian interior rumah yang berperan untuk melindungi atau menutup bagian atas rumah. Plafon juga berperan penting dalam memaksimalkan tampilan desain interior rumah. 

Percaya atau tidak, memilih model dan jenis plafon yang tepat ternyata bisa menghadirkan suasana yang berbeda.

Memilih plafon tentu tidak boleh asal-asalan. Harus disesuaikan dengan interior rumah dan desain rumah itu sendiri. 

Misalnya, jika kamu memiliki rumah minimalis, wajib hukumnya untuk menggunakan model plafon minimalis. 

Nah, berikut adalah deretan inspirasi model plafon rumah minimalis beserta harga nya yang bisa menjadi referensi kamu nantinya sebelum membangun atau merenovasi rumah :

Model Plafon Minimalis Modern Terbaru

Plafon minimalis merupakan salah satu model plafon yang menjadi idaman banyak orang. Ada banyak sekali model plafon rumah yang bisa kamu contoh untuk membuat rumah jadi lebih indah.

Penasaran seperti apa saja plafon minimalis yang bisa mempercantik tampilan interior rumahmu ?

Yuk simak dibawah ini !

1. Minimalis Warna Putih

Plafon Minimalis Warna Putih

Rumah minimalis identik dengan warna-warna netral yang memberi kesan rapi dan nyaman. Salah satu warna yang paling cocok untuk plafon minimalis adalah warna putih.

Plafon warna putih ini didesain sederhana dan polos agar semakin menunjukkan kesan minimalisnya.

2. Minimalis Bentuk Unik

Plafon Minimalis Bentuk Unik

Mengusung bentuk yang unik, model plafon yang satu ini tampil sangat atraktif. Plafon tidak dibuat polos, melainkan dibuat seperti potongan-potongan segitiga.

Sangat cocok untuk tampilan rumah yang modern dan kekinian.

3. Minimalis dari Kayu

Plafon Minimalis dari Kayu

Ciptakan kesan hangat dalam rumah menggunakan plafon yang terbuat dari material kayu ini. Plafon kayu juga dapat membuat rumah kamu terlihat antik namun tetap minimalis dan tidak ketinggalan zaman.

4. Minimalis dari Triplek

Plafon Minimalis dari Triplek

Plafon dari bahan triplek bisa jadi salah satu inspirasi untuk kamu coba. Meski dengan tampilan yang polos dan simple seperti ini, hasilnya cukup indah dan sangat sesuai dengan interior ruangan.

5. Plafon PVC

Plafon Minimalis PVC

Salah satu jenis plafon yang populer saat ini adalah plafon PVC. Meskipun ditata sederhana, permukaan plafon PVC yang mengkilap membuat kesannya jadi lebih mewah dan elegan.

Model plafon PVC juga tidak kalah populer karena tampilannya yang simple namun tetap elegan.

6. Minimalis Model Gypsum

Plafon Minimalis Model Gypsum

Plafon dari gypsum ini mampu menjadikan rumah tampak mewah dan elegan. Warna plafon yang senada dengan interior terlihat sangat indah dipandang mewah.

Kamu juga bisa menambahkan lampu gantung jika perlu.

7. Minimalis dengan Balok Kayu

Plafon Minimalis dengan Balok Kayu

Material plafon tidak hanya PVC, gypsum, dan triplek saja. Kamu juga bisa menambahkan balok-balok kayu seperti ini agar plafon rumah tampil beda.

Hasilnya tidak hanya keren tapi juga menciptakan kesan natural pada hunian.

8. Beton Ekspos

Plafon Minimalis Beton Ekspos

Plafon yang satu ini terbuat dari bahan konkret, yaitu beton. Meski tanpa finishing, plafon bermaterialkan beton ini tetap terlihat cantik dan menarik mata.

Plafon ini juga terkesan dingin dan modern. Cocok untuk konsep rumah industrial masa kini.

9. Minimalis Sekaligus Pencahayaan

Plafon Minimalis Sekaligus Pencahayaan

Plafon rumah model ini tidak hanya berfungsi sebagai penutup atap, tetapi juga sebagai sumber cahaya.

Menggunakan konsep hidden lighting (pencahayaan tersembunyi) yang membuat cahaya menyinari ruangan dengan lebih lembut dan hangat.

10. Minimalis ditambah Lampu Sorot

Plafon Minimalis ditambah Lampu Sorot

Tidak harus lampu gantung, kamu juga bisa menggunakan lampu sorot pada plafon sebagai focal point ruangan. Lampu sorot akan membuat rumah kamu jadi lebih terang, hangat, dan indah.

11. Minimalis Bertingkat

Plafon Minimalis Bertingkat

Plafon bertingkat juga biasa dikenal dengan drop up ceiling. Model plafon bertingkat ini membuat tatanan ruang terlihat semakin indah.

Apalagi jika warna plafon dibuat sama dengan warna interior ruangan.

12. Model Kipas

Plafon Minimalis Model Kipas

Jika kamu ingin memiliki rumah yang terlihat artistik, plafon model kipas ini sangat cocok kamu pilih. Dilengkapi dengan pencahayaan di sela-sela plafon, kamu sukses mewujudkan konsep rumah idaman yang kamu inginkan.

13. Model Miring

Plafon Minimalis Model Kipas

Plafon seperti ini sangat cocok untuk area kamar tidur karena dapat membuat udara jadi lebih segar. Apalagi jika ditambah dengan jendela besar yang mengarah ke kasur.

Kamar kamu dijamin menjadi tempat yang sehat dan nyaman dihuni.

14. Aksen Kayu

Plafon Minimalis Aksen Kayu

Material kayu memang dapat menciptakan kesan yang natural dan hangat dalam rumah. Karena itulah, pemasangan plafon dengan aksen kayu masih banyak digunakan hingga saat ini.

Apalagi jika instalasi plafon ini dipadukan dengan bahan konkrit berwarna putih dan pencahayaan lampu yang hangat. Hasilnya makin sempurna.

15. Plafon Minimalis Ruang Keluarga

Model Plafon Minimalis Ruang Keluarga

Model plafon untuk ruang keluarga biasanya yang simple agar suasana tetap nyaman. Dengan plafon polos warna putih ini, kamu bisa menambahkan lampu gantung yang unik untuk menjadi focal point pada ruang keluarga.

Usahakan pilih lampu yang cahayanya tersembunyi agar tidak terlalu terang.

16. Plafon Minimalis Kamar Mandi

Model Plafon Minimalis Kamar Mandi

Model plafon kamar mandi yang satu ini terlihat sangat cocok dengan interior kamar mandi. Meski bentuknya hanya datar biasa, warnanya dibuat agar mirip dengan lantai dan dinding kamar mandi.

17. Futuristik

Model Plafon Minimalis Futuristik

Model plafon ini sangat indah saat malam hari. Plafon ini menggunakan instalasi unik yang berguna untuk menerangi ruangan.

Bentuknya yang bergelombang seperti ombak menambah daya tarik tersendiri.

18. Plafon Rumah Desain Modern

Model Plafon Minimalis Modern

Dengan desain tidak beraturan, model plafon ini menciptakan kesan modern yang santai. Warnanya yang putih polos membuat ruangan tampak lebih luas dan lapang.

Plafon ini juga dilengkapi dengan lampu indirect yang membuat suasana makin nyaman.

19. Plafon Model Coffered

Plafon Minimalis Model Coffered

Model plafon yang satu ini memiliki ciri khas dengan adanya panel berbentuk persegi atau persegi panjang. Namun secara keseluruhan, tampilan plafon ini terlihat seperti kotak-kotak yang ukurannya sama.

20. Plafon Bentuk Geometris

Plafon Minimalis Bentuk Geometris

Desain plafon bentuk geometri ini tampil sangat keren dan atraktif. Dengan konsep kayu bersilang, plafon ini mampu membuat rumah lebih berdimensi.

Selain pemasangannya yang cukup rumit, plafon seperti ini juga harus rajin dibersihkan.

21. Skylight Ceiling

Skylight Ceiling

Jika kamu bosan dengan model plafon yang biasa saja, coba pakai skylight ceiling. Skylight ceiling sekaligus bisa menjadi jendela untuk masuknya sinar matahari.

Dengan skylight ceiling, sinar matahari dapat masuk ke rumah secara merata sehingga suasana jadi lebih terang dan sehat.

22. Plafon Bergaya Rustic

Plafon Minimalis Bergaya Rustic

Gaya rustic juga bisa menjadi salah satu model plafon yang kamu coba. Model plafon ini menggunakan material kayu yang sesuai dengan interior rumah.

Rangka plafonnya sengaja tidak disembunyikan untuk mengekspos keindahan.

23. Plafon Motif Monokrom

Plafon Minimalis Motif Monokrom

Motif plafon monokromatik membuat ruangan putih yang tadinya biasa saja menjadi luar biasa. Jika ingin menggunakan model plafon seperti ini, pastikan dinding tetap polos dan lantai lebih rata.

Hal ini cukup penting agar fokus tetap tertuju pada plafon rumah saja.

24. Plafon Metalik

Plafon Minimalis Model Metalik

Sempurnakan langit-langit rumah dengan plafon metalik yang cantik dan glamor. Model plafon seperti ini cocok bagi kamu yang menyukai tampilan mewah, namun dengan desain yang tidak berlebihan.

25. Plafon Rumah Kayu Berpola

Model Plafon Minimalis Berpola

Jika diamati, plafon kayu yang satu ini terlihat sangat keren dan cukup unik. Terbuat dari material kayu, plafon ini dipasang dengan pola zig-zag yang sempurna.

Jika bosan dengan model plafon datar, maka model plafon berpola ini bisa jadi solusi.

26. Plafon Rumah Bermotif

Model Plafon Minimalis Bermotif

Salah satu cara membuat rumah lebih hidup adalah dengan bermain warna dan motif. Selain pada furniture dan dinding, kamu juga bisa bermain motif pada plafon rumah.

Plafon rumah bermotif ini terlihat lebih indah untuk ruangan yang polos.

27. Motif Stensil

Plafon Minimalis dengan Motif Stensil

Ciptakan kesan klasik di rumah kamu dengan plafon bermotif stensil. Plafon ini memiliki dasar putih polos dan kemudian digambari berbagai motif stensil yang cocok untuk semua ruangan.

28. Plafon Minimalis Rendah

Model Plafon Minimalis Rendah

Kamu pasti pernah melihat plafon yang dirancang lebih rendah dari ruangan lainnya. Model plafon seperti ini sebenarnya dibuat untuk menjadi sekat antar ruang satu dengan ruangan lainnya, pada rumah konsep terbuka.

29. Plafon WPC

Model Plafon Minimalis WPC

Plafon WPC merupakan salah satu model plafon yang unik berkat ketahanannya terhadap air dan rayap. Plafon WPC juga menciptakan kesan elegan dan homey pada ruangan.

30. Plafon Polos

Plafon Minimalis Polos

Model plafon ini cocok bagi kamu yang lebih menyukai tampilan polos dan simple. Warna plafon yang sesuai dengan dinding dapat membuat ruangan tampak bersih dan luas.

Biar tidak terlalu polos, kamu bisa tambahkan ornamen lain seperti lampu yang menyatu di tengah ruangan.

31. Gaya Industrial

Plafon Minimalis Gaya Industrial

Bermaterialkan beton, plafon bergaya industrial ini tampil sangat maskulin. Permukaannya yang tidak diperhalus terlihat sangat serasi dengan dinding dan lantai.

Jika rumah kamu berkonsep industrial, model plafon ini bisa banget diterapkan.

32. Model Klasik

Model Plafon Minimalis Klasik

Plafon klasik juga bisa menjadi salah satu model yang kamu coba. Dihiasi dengan ukiran-ukiran unik, kesan klasik nya semakin terasa.

Tidak ketinggalan juga lampu gantung mewah yang menjadi salah satu ciri khas.

33. Plafon GRC

Model Plafon Minimalis GRC

Salah satu material yang bisa menjadi bahan plafon minimalis adalah GRC. Plafon GRC terbuat dari campuran serat dan semen sehingga mirip dengan beton, tetapi lebih ringan.

Selain mudah dipasang, plafon GRC ini juga dapat dibentuk sesuai keinginan.

34. Plafon Miring Bahan Kayu

Plafon Minimalis Miring Bahan Kayu

Plafon miring memang punya keindahan dan keunikan tersendiri. Apalagi jika plafonnya bermaterial kayu asli yang sesuai dengan interior ruangan.

Plafon miring bahan kayu ini akan membuat kamu merasa seperti sedang berada di cottage yang nyaman.

35. Plafon Bertema Galaksi

Plafon Minimalis Berteman Galaksi

Bagi kamu penyuka segala sesuatu seputar astronomi, maka model plafon ini wajib jadi inspirasi. Dengan efek dan cahaya yang tepat, langit-langit rumah kamu dihiasi dengan tata surya.

Kamu akan merasa berada di alam terbuka dengan memandang langit yang luas.

36. Plafon Motif Herringbone

Plafon Minimalis Motif Herringbone

Untuk membuat rumah lebih menarik, jangan ragu untuk mengaplikasikan berbagai macam pola dan motif pada plafon.

Contoh saja plafon motif herringbone ini.

Corak herringbone akan menonjolkan kesan yang artistik pada langit-langit rumah.

37. Plafon Warna Cerah

Plafon Minimalis Warna Cerah

Tanpa banyak desain dan motif, plafon ini menarik perhatian dengan warna orange yang cerah. Plafon warna cerah ini juga mampu membuat suasana rumah jadi lebih segar dan ceria.

38. Plafon Warna Hitam

Plafon Minimalis Warna Hitam

Ciptakan kesan misterius pada rumah kamu menggunakan plafon warna hitam. Pilih warna hitam yang lebih terang untuk tampilan yang anggun dan chic.

Plafon warna hitam ini makin terlihat memukau jika dipasangkan dengan lampu gantung emas.

39. Plafon Warna Biru

Plafon Minimalis Warna Biru

Plafon warna biru ini akan menciptakan kesan luas pada ruangan dan membuat kamu seolah sedang memandang lautan.

Selain menciptakan kesan lebih lapang, warna biru juga memberi efek menenangkan.

40. Plafon Warna Kuning

Plafon Minimalis Warna Kuning

Jika kamu ingin membuat ruangan terkesan lebih hidup, kamu bisa memakai cat warna kuning untuk plafon rumah. Warna kuning akan terlihat kontras dan dinamis namun tidak berlebihan.

41. Plafon Warna Biru Navy

Plafon Minimalis Warna Biru Navy

Biru navy adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin memberikan efek tak terduga di sebuah ruangan. Apalagi untuk digunakan pada kamar tidur, warna biru navy membuat suasana terasa lebih nyaman.

Plafon warna biru navy juga terasa lebih megah untuk ruangan bernuansa putih.

42. Plafon Warna Abu-abu

Plafon Minimalis Warna Abu-Abu

Plafon warna abu-abu mampu menciptakan kesan modern pada rumah. Warna abu-abu juga sangat sesuai dengan konsep rumah minimalis masa kini.

Padukan dengan interior netral atau perabot berbahan kayu untuk memberikan efek kontras yang natural.

43. Plafon Warna Coklat

Plafon Minimalis Warna Coklat

Warna coklat yang netral dan lembut juga bisa kamu pilih sebagai cat plafon. Selain membuat suasana lebih hangat, warna ini juga siap memberikan kesan luas pada ruangan.

Supaya tidak tampak berlebihan, kamu bisa gunakan furniture yang warnanya mirip.

44. Plafon Warna Pastel

Plafon Minimalis Warna Pastel

Warna pastel juga gak boleh ketinggalan menjadi ide warna plafon. Plafon warna pastel dapat membuat rumah kamu terkesan lebih lapang, namun tetap terlihat ceria dan tidak membosankan.

45. Plafon Warna Pink

Plafon Minimalis Warna Pink

Untuk kesan rumah yang lebih feminim, kamu bisa gunakan plafon warna pink. Pilih warna pink pastel yang lembut jika tidak ingin terlalu mencolok.

Biar lebih serasi, gunakan juga interior yang ada sentuhan warna pinknya.

46. Plafon Warna Gelap

Plafon Minimalis Warna Gelap

Langit-langit rumah yang dicat menggunakan warna gelap seperti hitam dapat memberikan suasana yang lebih intim. Sangat cocok untuk kamar tidur pasangan supaya lebih romantis.

Agar tidak tampak suram, padukan dengan dinding dan furniture berwarna putih.

47. Dua Warna

Plafon Minimalis Dua Warna

Plafon ini seperti dibagi menjadi dua bagian dengan dua warna yang berbeda. Warna putih bersih dipadukan dengan warna hijau emerald terlihat sangat sempurna.

Bukan hanya warnanya, model plafon yang digunakan juga berbeda sehingga tidak membosankan.

48. Gaya Retro

Plafon Minimalis Gaya Retro

Untuk rumah bergaya retro, kamu bisa aplikasikan model plafon yang satu ini. Gaya retro biasanya berani dan menarik, sehingga langit-langit rumah harus mencocokkan kesan itu melalui plafon vintage ini.

49. Model Datar

Plafon Minimalis Model Datar

Model plafon ini yang paling umum dan paling sering digunakan. Selain murah, plafon ini paling mudah dipasang dibandingkan model plafon lainnya.

Cukup dengan lembaran material plafon yang dipasang mendatar tepat di bawah rangka atap.

50. Bentuk Lingkaran

Plafon Minimalis Bentuk Lingkaran

 

Gunakan plafon bentuk lingkaran untuk membuat rumah kamu lebih berkesan. Dengan sentuhan warna emas, plafon ini tidak hanya cantik tetapi juga terlihat mewah.

Apalagi jika kamu tambahkan lampu gantung yang berbentuk unik.

51. Minimalis Mewah

Model Plafon Minimalis Mewah

Sesuatu yang mewah tidak harus ribet. Dengan konsep minimalis pun kamu bisa mewujudkannya dengan mudah. Meski bentuknya sederhana, plafon ini terlihat mewah dan berkelas.

Kesan mewah didapatkan dari tambahan lampu gantung yang unik dan mahal.

52. Minimalis Elegan

Model Plafon Minimalis Elegan

Plafon minimalis juga bisa terlihat elegan dengan motif dan pilihan warna yang tepat. Contohnya saja plafon model coffered bernuansa emas.

Ditambah dengan motif di setiap tepi, plafon rumah kamu akan tetap minimalis namun elegan.

53. Plafon 3D

Plafon Minimalis Modern yang Unik

Suka sesuatu yang unik dan berbeda? coba gunakan plafon 3D. Plafon 3D terlihat seperti penutup langit-langit yang sempurna untuk rumah kontemporer.

Jangan gunakan terlalu banyak interior agar plafon menjadi focal point ruangan.

54. Plafon Berbentuk Bintang

Plafon Minimalis Berbentuk Bintang

Langit-langit rumah yang dihiasi plafon berbentuk bintang ini terlihat sangat indah. Kombinasi warna hitam dan biru juga terlihat sempurna saat malam hari.

Selain menjadi hiasan, bagian plafon yang berwarna biru sekaligus menjadi pencahayaan lampu tersembunyi.

55. Plafon Mural

Plafon Minimalis Mural

Siapa bilang mural hanya bisa digambar di dinding ? Jika ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda, kamu juga bisa membuat mural di plafon ruang tamu.

Plafon mural ini dijamin akan membuat semua orang terpukau saat melihatnya.

56. Plafon Rumit dan Dramatis

Plafon Minimalis Rumit dan Dramatis

Pola yang rumit menjadi salah satu cara untuk menegaskan nilai artistik pada plafon. Kamu juga bisa bermain dengan pencahayaan untuk mendapatkan efek desain yang dramatis di ruangan.

57. Plafon untuk Kamar Tidur Utama

Model Plafon untuk Kamar Tidur Utama

Untuk kamar tidur utama, plafon datar seringkali jadi pilihan. Namun, kamu tetap bisa menempatkan fokus di langit-langit kamar menggunakan motif dan pola.

Untuk hasil yang sempurna dan tidak ribet, tempelkan saja wallpaper di sebagian plafon sampai ke dinding.

58. Plafon Bersekat

Model Plafon Minimalis Bersekat

Agar tampilan rumah tidak monoton dan terlihat memiliki dimensi, coba gunakan model plafon seperti ini.

Plafon bersekat ini terlihat unik serta dapat membantu kamu berkreasi dengan lampu.

59. Plafon Transparan

Model Plafon Minimalis Transparan

Plafon transparan cocok untuk konsep rumah terbuka dengan memanfaatkan langit-langit sebagai hiasan yang menarik. Dengan lapisan motif dedaunan, kamu akan merasa sedang berada di bawah pepohonan.

Namun, model plafon seperti ini sebaiknya hanya digunakan untuk satu area saja.

60. Plafon Pola Strip

Plafon Minimalis Pola Strip

Plafon pola strip ini menggunakan perpaduan dua warna, yaitu hitam dan putih. Sangat cocok jika dikombinasikan dengan ruangan bertema monokrom yang juga menggunakan interior berwarna hitam putih.

Harga Plafon Minimalis

Jika sudah menentukan model plafon minimalis yang kamu sukai, berikut informasi kisaran harga plafon yang mungkin kamu butuhkan.

1. Plafon Minimalis Triplek (2 mm)= Rp 32.000/lembar

2. Plafon Minimalis Triplek (18 mm)= Rp 200.000/lembar

3. Plafon Gypsum Minimalis (9 mm)= Rp 63.000/m2

4. Plafon Gypsum Minimalis (12 mm)= Rp 105.000/m2

5. Plafon Minimalis Bertingkat = Rp 250.000/m2

6. Plafon Minimalis GRC (4 mm)= Rp 58.500/lembar

7. Plafon Minimalis GRC (6 mm)= Rp 98.500/lembar

8. Plafon Minimalis GRC (9 mm)= Rp 133.500/lembar

9. Plafon Minimalis PVC= Rp 175.000/m2

10. Plafon Minimalis Warna Putih= Rp 160.000/m2

11. Plafon Akustik= Rp 150.000/lembar

12. Plafon Minimalis Bahan Kayu= Rp 200.000/m2

13. Plafon Minimalis Balok Kayu= Rp 260.000/m2

14. Plafon Minimalis Aksen Kayu= Rp 18.000

15. Plafon Minimalis Motif Stensil= Rp 285.000

16. Plafon Minimalis Drop Ceiling= Rp 50.000/m2

17. Plafon Minimalis Polos= Rp 60.000/lembar

18. Plafon Minimalis Model Coffered= Rp 200.000/m2

19. Skylight Ceiling= Rp 250.000

20. Plafon WPC Minimalis= Rp 946.000/m

21. Plafon Gypsum Jayaboard (9 mm)= Rp 110.000/m2

22. Plafon dengan Material Asli= Rp 140.000

23. Plafon Gypsum Elephant (9 mm)= Rp 90.000/m2

24. Plafon Model Melingkar= Rp 65.000

25. Plafon Model Shunda= Rp 270.000/m2

26. Plafon Minimalis Miring= Rp 200.000

27. Panel Plafon Minimalis Berwarna Putih= Rp 165.000/m2

28. Plafon Minimalis dengan Lampu Indirect= Rp 300.000

29. Plafon PVC + Rangka Besi Hollow= Rp 250.000/m2

30. Plafon Gypsum + Rangka Metal Furing= Rp 100.000/m2

Nah, itulah kisaran harga beberapa plafon minimalis yang bisa menambah wawasan kamu.

Selamat berkreasi dengan berbagai model plafon minimalis untuk mempercantik desain interior rumah kamu.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Plafon PVC

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Plafon Gypsum

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Plafon Triplek

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

8 Replies to “Plafon Minimalis”

  1. Saya ingin menggunakan plafon PVC. tapi saya tidak suka dengan profil list. Apakah memungkinkan pemasangan plafon PVC tanpa menggunakan profil list?
    Saya ingin menampilkan plafon yang polos dengan satu lampu utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *