Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Plafon Triplek

4 min read

Plafon Triplek

Dalam dunia desain interior, plafon triplek menjadi salah satu jenis plafon lama yang masih eksis sampai saat ini.

Tak hanya menjadikan langit-langit rumah tampak lebih rapi dan enak dipandang, plafon juga menjadi dekorasi untuk melengkapi keindahan interior.

Sama seperti jenis plafon lain, plafon triplek tentu memiliki kelebihan dan kekurangan baik itu dari segi kualitas, harga, keawetan, kemudahan pemasangan, dan perawatannya.

Plafon triplek juga memiliki banyak manfaat dan fungsi yang membuat plafon ini menjadi produk unggulan di masyarakat sehingga banyak digunakan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk tahu lebih dalam tentang plafon triplek, yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Plafon Triplek?

Pengertian Plafon Triplek
sumber: squarespace.com

Plafon triplek adalah salah satu jenis material plafon dari bahan kayu triplek dengan ketebalan yang beragam, mulai dari 3 mm, 4 mm, 5 mm, hingga 6 mm.

Sebelum gypsum, plafon triplek lebih dulu dikenal dan menjadi jenis plafon favorit berkat berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Harga plafon triplek pun relatif murah dan sangat terjangkau dibandingkan dengan harga plafon akustik yang lebih mahal.

Biasanya, plafon triplek dijual dalam bentuk lembaran-lembaran papan dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Plafon jenis ini sangat cocok di instalasi menggunakan rangka kayu dan kaso.

Dalam pemasangan 1 meter persegi, dibutuhkan lembaran triplek sebanyak 0,347 lembar, paku sebanyak 0,220 kg, dan kaso 5/7 atau 4/6 dengan panjang 4 meter sebanyak 1,5 batang.

Saat pemasangan plafon, triplek dapat dipasang secara utuh tanpa dipotong atau dibagi menjadi 4 bagian bagian dengan ukuran 61 x 122 cm.

Fungsi Plafon Triplek

Fungsi Plafon Triplek
sumber : pinterest.com

Material yang satu ini memang terkenal multifungsi. Bukan hanya sebagai material dalam pembangunan rumah dan furniture, triplek juga dipakai karena pemasangannya yang mudah dan harga terjangkau.

Selain itu, plafon triplek banyak digunakan karena sifatnya lentur dan ringan sehingga mudah dibentuk dengan aneka ragam model dan desain yang diinginkan.

Selain menjadi penutup langit-langit rumah, berikut beberapa fungsi plafon triplek di kehidupan sehari-hari.

  • Sedikit meredam suara bising yang ditimbulkan air hujan.
  • Melindungi ruangan dari debu, kotoran, ataupun air hujan yang bocor dari atap.
  • Menjaga suhu ruangan tetap stabil, tidak terlalu dingin saat musim hujan dan tidak terlalu panas saat musim kemarau.
  • Mempermudah pemasangan lampu atau hiasan di atap rumah.

Kelebihan Plafon Triplek

Kelebihan Plafon Triplek
sumber: orlimex.com

1. Harga Relatif Murah

Harga plafon triplek terbilang lebih murah dibandingkan jenis plafon lain seperti kayu, PVC, gypsum, dan GRC.

Meskipun harganya murah, bahan plafon triplek relatif kuat. Bahkan cukup kuat untuk menahan beban kamu jika suatu saat harus berjalan diatasnya untuk memperbaiki kerusakan atau kebocoran atap.

Jenis plafon yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menciptakan langit-langit rumah yang indah dan rapi tanpa perlu biaya tinggi.

2. Produknya Mudah Didapatkan

Karena menjadi salah satu produk unggulan yang banyak dicari, material plafon triplek dapat ditemukan dengan mudah.

Kamu tidak akan kesulitan mencari karena hampir semua toko bahan bangunana menjual plafon jenis ini. Baik di daerah pedesaan atau perkotaan, plafon triplek tidak sulit ditemukan.

3. Pengerjaannya yang Cepat dan Mudah

Proses pemasangan plafon triplek juga terbilang cepat dan mudah. Meski sama-sama terbuat dari kayu, pemasangan plafon kayu tentu lebih rumit dan butuh waktu lama.

Bahkan untuk memasang plafon triplek, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus membayar tukang. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu mengeluarkan budget tambahan.

4. Memiliki Bobot yang Ringan

Plafon triplek memiliki bobot yang ringan sehingga mempermudah kamu dalam proses pemasangan plafon.

Rangka plafon triplek yang terbuat dari kayu jati juga sangat menguntungkan karena kuat untuk dijadikan pijakan oleh instalator saat pemasangan instalasi listrik.

5. Mudah Diperbaiki atau Diganti

Satu lagi kelebihan menggunakan plafon triplek adalah mudah diperbaiki dan diganti yang baru saat terjadi kerusakan.

Bahkan, perbaikan plafon bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu memanggil tukang atau orang yang sudah ahli.

6. Termasuk Material yang Tahan Penyusutan

Sama seperti plafon kayu, plafon triplek juga memiliki ketahanan yang baik terhadap penyusutan dan lekukan.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika ukuran atau bentuk plafon triplek berubah suatu saat nanti.

7. Memiliki Tekstur yang Halus

Permukaan plafon triplek yang digunakan untuk langit-langit rumah terlihat sangat halus, mulus, dan rapi. Bahkan, permukaanya sangat rapat tanpa pori-pori.

Tekstur permukaan yang halus ini membuat plafon triplek sangat mudah di cat sehingga kamu bisa menyesuaikan warnanya dengan desain interior rumah.

Kekurangan Plafon Triplek

Kekurangan plafon triplek
sumber : pinterest.com

1. Mudah Rusak Bila Terus Terkena Air

Meskipun terbuat dari kayu, plafon triplek mudah rusak bila terus menerus terkena air.

Oleh karena itu, plafon triplek tidak cocok dipakai untuk bagian eksterior terutama pada rumah di daerah dengan curah hujan tinggi.

2. Tidak tahan api

Triplek termasuk material yang tidak tahan api. Jadi saat sewaktu-waktu terjadi kebakaran, plafon triplek akan cepat memperbesar api ke penjuru ruangan.

Plafon triplek mudah terbakar karena terbuat dari kayu sehingga penempatannya tidak disarankan terlalu dekat dengan sumber api.

3. Warnanya cepat pudar

Dalam beberapa waktu setelah pemasangan, plafon triplek akan nampak warna kekuningan bila dicat dengan warna putih. Apalagi bila kualitas tripleknya kurang bagus.

4. Sambungannya terlihat

Berbeda dengan jenis plafon lain yang terlihat tanpa cela, sambungan plafon triplek umumnya akan terlihat.

Jadi, kalau kamu menginginkan kesan datar tanpa sambungan pada plafon triplek, hal itu tentu akan sulit untuk diwujudkan.

Baca juga: Plafon Minimalis

Desain Plafon Triplek

1. Desain Plafon Triplek Minimalis

Desain Plafon Triplek Minimalis
sumber: lunchboxarchitect.com

Desain plafon triplek minimalis ini dibuat menggunakan material triplek polos yang sudah dicat dengan warna netral sesuai warna lantai parket dan dinding.

Meski sederhana namun dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman di dalam ruangan.

2. Plafon Triplek dengan Sentuhan Hangat dan Natural

Plafon Triplek dengan Sentuhan Hangat dan Natural
sumber: dekoruma.com

Untuk menciptakan nuansa hangat dan nyaman dalam ruangan, cat ulang plafon triplek dengan warna kayu natural serta tambahkan pencahayaan lampu semi kuning yang membuat suasana semakin intim dan romantis.

3. Desain Plafon Triplek Mewah dan Elegan

Desain Plafon Triplek Mewah dan Elegan
sumber: lunchboxarchitect.com

Plafon triplek yang dicat dengan warna berkilau membuat ruangan terlihat lebih mewah dan elegan.

Ditambah furniture mewah, dinding kayu, dan lantai kayu yang membuat suasana makin luxury. Tak lupa juga lampung gantung modern sebagai dekorasi.

4. Plafon Triplek dengan Kesan Tradisional

Plafon Triplek dengan Kesan Tradisional
sumber: iluminasi.com

Bukan cuma plafon kayu, untuk menghadirkan suasana rumah tradisional khas Jepang bisa juga menggunakan plafon triplek yang pasti lebih murah dan tak kalah berkualitas.

5. Plafon Triplek untuk Rumah Gaya Skandinavia

Plafon Triplek untuk Rumah Gaya Skandinavia
sumber: dwell.com

Selain penggunaan plafon triplek dan lantai kayu, warna putih pada beberapa furniture semakin memperkuat gaya skandinavia pada kamar tersebut. Ditambah lapisan dinding triplek yang membuat suasana lebih hangat dan nyaman.

6. Plafon Triplek Unik Minimalis

Plafon Triplek Unik Minimalis
sumber: homedit.com

Desain plafon diatas menunjukkan bahwa penggunaan plafon triplek semakin bervariasi dengan beraneka bentuk yang unik, tak hanya datar saja seperti biasanya. Desain plafon triplek terbaru ini bisa kamu coba terapkan di rumah.

7. Plafon Triplek untuk Rumah Gaya Modern

Plafon Triplek untuk Rumah Gaya Modern
sumber: squarespace.com

Desain plafon yang satu ini merupakan kombinasi yang pas untuk menunjukkan nuansa hangat dan natural pada rumah bergaya modern yang minim furniture dan dekorasi.

Itulah 7 inspirasi desain plafon triplek yang bisa kamu terapkan di rumah. Supaya hasilnya sempurna, sesuaikan desain plafon yang kamu pilih dengan konsep rumah dan suasana yang ingin ditampilkan.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *