Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Mezzanine

7 min read

Mezzanine Minimalis

Desain mezzanine floor minimalis yang cocok untuk rumah berlahan kecil. Tertarik untuk mencoba ? Simak disini.

Istilah mezzanine dalam hunian modern tentunya sudah tidak asing lagi. Bagian ruangan ini menjadi salah satu solusi tanpa menambah lantai bangunan untuk tujuan ruang ekstra yang menarik. Selain sebagai ruang tambahan sebagai fungsi utamanya, dengan adanya ruang tambahan ini rumah lebih berkesan unik.

Kebanyakan bangunan ini berupa ruang terbuka. Meskipun demikian, ruangan tambahan ini bisa memberikan rasa fleksibel dan nyaman dengan menjadikannya ruang pribadi. Tertarik untuk membuatnya di rumahmu? Simak ulasan lengkap beserta inspirasi desain-desain menariknya berikut ini!

Apa itu Mezzanine ?

Orang awam biasanya mengira bahwa mezzanine adalah bagian dari langit-langit sebuah rumah. Mezzanine pada dasarnya sebuah ruang atau lantai tambahan, bentuknya berupa sebuah balkon dalam ruangan. Letaknya diantara atap atau plafon dan lantai bawah, sehingga ia berada di tengah keduanya.

Mezzanine juga memiliki arti ruangan yang dibangun dengan desain partisi dalam sebuah bangunan, namun tidak sampai naik ke langit-langit dalam arsitektur Prancis. Ruang tambahan dengan yang biasanya hanya seluas sepertiga keseluruhan ruangan ini sebelumnya tidak lazim digunakan dalam desain rumah modern.

Dahulu, mezzanine lebih banyak digunakan untuk pabrik dan bangunan pergudangan karena biasanya bangunan tersebut memiliki plafon atau atap yang tinggi sehingga dimanfaatkan sedemikian rupa. Lebih mudah untuk membuat lantai mezzanine apabila ingin menambahkan lantai di pabrik dan gudang.

Namun, pada saat itu ruang tambahan ini masih dibuat dengan semi permanen atau dengan konstruksi sementara sehingga lebih mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Saat ini, mezzanine sering digunakan di rumah, hotel, apartemen, perkantoran, toko, ruang pertunjukan, dan gereja.

Manfaat Mezzanine

Untuk memaksimalkan lahan dan membuat ruangan lebih fungsional, menerapkan mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dipilih. Kalau rumahmu minimalis namun memiliki atap atau plafon yang tinggi, membuat ruang tambahan ini bisa menjadi solusi untuk menambah ruang di rumah yang kecil.

Di hunian modern, fungsi mezzanine ternyata tidak hanya sebagai ruang tambahan, melainkan terdapat fungsi menarik lainnya. Berikut merupakan manfaat menerapkan ruang tambahan ini di rumahmu.

1. Memungkinkan rumahmu mendapat ruang ekstra dengan biaya yang hemat. Menerapkan mezzanine bisa menjadi solusi yang tepat dan hemat dibanding harus merombak rumah dan membangun ruang tambahan di dalamnya. Menarik bukan?

2. Memiliki fungsionalitas yang tinggi. Ruang ekstra ini memungkinkan kamu untuk menggunakannya untuk berbagai tujuan, mulai dari kamar tidur tambahan, ruang bersantai, area penyimpanan, ruang studio kerja, dan lain-lain. Karena bisa didesain dengan fleksibel, Kamu pun bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Inspirasi Desain Rumah Mezzanine

Pada dasarnya mezzanine bisa dibuat berdasarkan desainnya, sehingga bisa diterapkan di rumah bertingkat maupun tidak bertingkat. Yang membuatnya unik adalah rumah menjadi seolah-olah lebih luas, penerapannya di rumah yang mungil pun menjadi ide yang bagus.

Berikut 10 desain ruangan ekstra ini yang bisa kamu pilih dan terapkan di rumah.

1. Mezzanine Terbuka di Atas Dapur

Mezzanine Terbuka di Atas Dapur

Ketinggian ruangan penuh sampai plafon tidak dibutuhkan pada dapur pada umumnya. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan ruang yang tersisa di atas dapur untuk dibuat mezzanine. Kamu bisa membangun ruangan ekstra di atasnya dengan konsep terbuka yang elegan dan bisa digunakan untuk beraktivitas.

Selain itu, desain pembatas dan pegangan tangga pun bisa kamu buat dengan kerangka-kerangka besi yang dicat.

2. Mezzanine sebagai Perpustakaan Mini

Mezzanine Rumah Minimalis

Menghadirkan perpustakaan mini yang elegan bukanlah hal mustahil. Kamu bisa mewujudkannya dengan desain mezzanine yang sesuai. Selain itu, area tersebut bisa sekaligus menjadi tempat bersantai yang nyaman. Jangan lupa untuk memberi pembatas yang kuat untuk keamanan.

Tangga mezzanine satu ini bisa kamu desain dengan memadukannya dengan elemen kayu yang menawan. Tangga dibangun menempel dengan dinding dan dibuat pegangan sederhana. Rak buku pun bisa kamu kreasikan dengan bentuk yang unik.

3. Desain Mezzanine sebagai Kamar Tidur

Mezzanine House Design

Untuk kamar tidur utama pada desain mezzanine juga bisa diterapkan, sehingga tak hanya untuk tambahan ruang. Agar ruang nampak berkesan lebih luas seperti gambar di atas. Di bawah mezzanine terdapat ruang tamu elegan dengan desain dinding batu bata merah alami dan dipadukan elemen kayu.

Kamu bisa mendesain kamar utama pada ruang ekstra tersebut dengan unik, dindingnya pun bisa dimanfaatkan untuk menerapkan rak buku. Selain itu, penambahan lantai pun tidak sulit untuk dilakukan dengan tangga yang didesain sederhana.

Desain mezzanine yang simple bisa kamu terapkan jika tidak ingin ada banyak furniture di atasnya. Tetap nampak elegen dan membuat ruangan nampak lebih luas.

4. Mezzanine dengan Tangga Multifungsi

Mezzanine Room

Tidak selalu tangga model biasa, kalau ruangan yang kamu miliki lumayan luas bisa juga memanfaatkannya dengan membuat mezzanine yang dilengkapi tangga multifungsi. Tangga tersebut bisa dibuat elegan dengan perpaduan hijau toska dan hitam yang mempesona.

Selain itu tangga bisa dijadikan storage lengkap dengan wastafel untuk mencuci tangan, benar-benar cocok karena di lantai bawah pun terdapat meja makan. Ruangan tambahan ini bisa kamu manfaatkan sebagai ruangan bersantai maupun ruang membaca yang nyaman.

5. Mezzanine Sebagai Area Kerja

Mezzanine Minimalis

Kamu bisa memanfaatkan desain mezzanine sebagai solusi apabila luas rumahmu sudah tidak memungkinkan lagi untuk didesain sebagai area kerja. Seperti desain mezzanine berikut ini, yang memaksimalkan pembatas sebagai tempat menyimpan dokumen sehingga menjadikannya semakin unik.

Agar tidak jenuh, kamu pun bisa mendesain area kerja tersebut dengan jendela persegi panjang dengan view area luar. Lantai ruang tambahan ini terbuat dari papan multipleks yang bisa kamu lapisi dengan karpet dengan motif yang sesuai, benar-benar nampak elegan.

6. Mezzanine Bertema Floral dengan Tangga Kayu

Mezzanine Sederhana

Desain mezzanine satu ini bisa menjadi tempat bersantai favorit kamu. Elemen kayu memang bisa memberikan kesan keindahan tersendiri, termasuk pada tangga kayu berikut ini yang juga berfungsi sebagai storage.

Tambahkan tanaman-tanaman favoritmu untuk menambah keindahan mezzanine yang juga menjadikannya berkesan natural karena perpaduannya dengan elemen kayu. Ruangan ekstra ini memang tidak terlalu besar, namun tetap bisa kamu nikmati dengan berbagai tujuan sehingga membuatmu betah dan nyaman.

7. Mezzanine sebagai Tempat Bersantai Berlantai Kayu

Mezzanine House

Mezzanine dengan lantai papan kayu memang memberikan kesan unik tersendiri. Jendela-jendela yang didesain sedemikian rupa pun dapat menambah menariknya ruangan ini karena kamu bisa melihat dengan view keluar.
Bentuk plafon yang unik, menambah kesan desain yang elegan dengan perpaduan kayu yang alami, tambahkanlah furniture kursi empuk yang nyaman sehingga waktu bersantai pun semakin seru.

8. Mezzanine Simple di Sudut Ruangan

Mezzanine Rumah Mungil

Kamu tetap bisa mendesain mezzanine walaupun tidak memiliki ruangan besar atau langit-langit yang berukuran ganda. Sudut di sebuah ruangan adalah solusi yang tepat untuk memaksimalkan ruangan yang ada. Desain ruangan ekstra ini tidak terlalu tinggi, namun tetap bisa kamu manfaatkan dengan berbagai tujuan.

Mezzanine dengan desain yang simple beserta tangga yang sederhana dapat dimanfaatkan menjadi berbagai kegiatan bisa sebagai ruang membaca, ruang tidur, atau sekedar tempat bersantai.

9. Mezzanine Multifungsi di Atas Dapur

Mezzanine Rumah

Walaupun langit-langit ruangan atau plafon tidak terlalu tinggi, namun desain mezzanine impian tetap bisa diwujudkan. Seperti desain ruangan ekstra di atas yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai tujuan. Perpaduan warna hitam dan putih yang mempesona dilengkapi dengan furniture yang senada membuatnya semakin menarik.

Selain itu, desain tangga pun dibuat dengan anak tangga yang rendah dilengkapi pegangan. Dengan dapur elegan di bawahnya, semakin membuat ruangan tambahan ini nampak artistik.

10. Mezzanine dengan Desain Private

Contoh Mezzanine

Mezzanine dengan interior yang tertutup bisa kamu buat jika menginginkan privasi. Mezzanine bisa didesain dengan tertutup tembok, namun dengan ventilasi jendela vertikal dan pintu yang dilengkapi kaca pula. Ruangan yang nampak padat bisa dimanfaatkan bagian atasnya menjadi mezzanine yang multifungsi.

Fungsi ventilasi tersebut adalah agar kamu tetap bisa melihat ruangan di bawah dengan mudah, tetapi juga bisa meminimalkan interaksi dan mendapat ruangan yang lebih privat. Desain tangga pun bisa dipilih dengan material kayu yang menawan.

Tips Menghadirkan Rumah Mezzanine

Agar membangun mezzanine bisa sesuai dengan yang diharapkan dan memiliki nilai fungsional yang baik, untuk menghadirkan ruang tambahan di rumah pun Kamu sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Ukuran Ruangan

Luas ruangan sangat mempengaruhi bentuk dan ukuran mezzanine yang akan dibuat. Sebaiknya tidak memaksakan untuk membuatnya dalam ukuran yang besar, jika ruangan yang kamu miliki kecil. Tenang, walaupun ruangan yang kamu miliki mungil, tetap bisa membuat ruangan ekstra ini.

Oleh karena itu buatlah mezzanine dengan ketinggian 2,7 sampai 3 meter. Dengan perhitungan demikian, tidak akan membuat ruangan kamu nampak pendek dan sesak. Selain itu, apabila menginginkan mezzanine yang tinggi, maka diperlukan langit-langit ruangan yang tinggi juga.

Ukuran mezzanine yang terlalu tinggi pun menjadikan penggunanya rentan terjatuh, tidak nyaman, dan panas. Tentunya kamu tidak ingin ketidaknyamanan tersebut terjadi bukan?

2. Menentukan Fungsi

Tentukanlah terlebih dahulu fungsi mezzanine sebelum mulai membangunnya. Sesuaikan juga ukuran ruangannya dengan fungsi yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, terkadang satu ruang ekstra ini bisa digunakan lebih dari satu fungsi sesuai kebutuhanmu, menyenangkan bukan?

Kalau kamu menginginkan mezzanine yang berukuran kecil saja, berarti dapat digunakan sebagai ruang bermain, ruang kerja mungil, tempat ibadah, atau perpustakaan.

3. Material yang Digunakan

Mungkin mezzanine masih memiliki kesan seperti semi permanen karena fungsinya yang sebagai ruang tambahan. Namun, segi keamanan dan kekuatan konstruksi tetap harus kamu perhatikan dengan baik. Bahan-bahan yang umum digunakan untuk membuat ruangan ekstra ini adalah bahan beton ringan, bahan kayu, dan baja ringan.

Selain itu, kamu pun bisa menggunakan bahan kaca apabila ingin membuat kesan terbuka dan terang. Khusus bagian lantai, kamu bisa menggunakan multipleks dengan ketebalan 18 sampai 24 mm lalu dilapisi karpet. Namun, jika ingin menggunakan kayu kamper pun tetap bisa menjadi pilihan.

4. Memperhatikan Posisi Lantai

Dalam membangun mezzanine memang tidak boleh asal-asalan lho, termasuk dalam menentukan posisi lantai. Posisi lantai yang ideal untuk ruang tambahan ini adalah berada di antara dua lantai rumah, yaitu diantara lantai dasar dan langit-langit bangunan rumah.

Selain itu, untuk memastikan keamanan agar kepalamu tidak mudah terbentur, buatlah lantai mezzanine memiliki tinggi seperti ruangan normal.

5. Ruang Bawah

Kenyamanan dalam melakukan aktivitas harus diperhatikan di ruangan atas maupun bawah. Untuk ruang bagian bawah mezzanine bisa digunakan untuk ruang kerja, ruang makan, atau dapur.

Namun, ruang bawah mezzanine bisa dibuat tempat menyimpan barang apabila tingginya tidak memungkinkan. Agar tidak semakin sempit, gunakanlah struktur rangka tunggal pada kuda-kuda di lantai bawah.

6. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Sesuaikanlah fungsi mezzanine yang kamu inginkan dengan pencahayaan yang tepat. Agar mudah dan menghemat energi, kamu bisa membuat saklar pengontrol lampu dari lantai bawah agar bisa mematikannya sewaktu-waktu dari bawah ketika sedang dipakai.

Suhu di ruangan tambahan tersebut akan menjadi panas saat musim panas. Oleh karena itu, agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, sebaiknya kamu memasang insulator agar membuat mezzanine terbuka dan tidak sumpek dan panas.

Selain itu, agar kelancaran sirkulasi udara terjaga dan mengurangi hawa panas, buatlah jarak antara rangka konstruksi dengan dinding. Pencahayaan dan sirkulasi udara memang sangat penting untuk membangun ruangan ekstra ini.

7. Penggunaan Tangga

Konsep hunian dengan mezzanine tidak akan terwujud tanpa adanya tangga. Karena fungsinya untuk mengakses lantai ruangan ekstra tersebut. Suasana ruang di bawahnya pun dapat berpengaruh karena desain tangga yang digunakan.

Oleh karena itu, pastikan agar konsepnya menyatu dengan interior ruangan utama dengan menggunakan desain tangga yang sesuai. Untuk menghemat ruang di bawahnya, sebaiknya menggunakan tangga dengan desain yang sederhana.

Ruang di bawahnya pun tidak akan sempit atau sesak dengan penggunaan tangga yang sederhana. Hal ini dilakukan agar ruangan bagian bawah tetap nyaman digunakan untuk beraktivitas dengan memilih tangga yang ukurannya sesuai dengan ukuran ruangan.

8. Interior yang Digunakan

Interior yang digunakan harus sesuai dengan mezzanine yang akan dibuat berdasarkan kegunaannya yang telah kamu tentukan. Agar suasanan di dalam ruang ekstra tersebut tidak terasa sempit dan sesak, sebaiknya gunakan interior yang tidak berlebihan.

Agar kamu tetap merasa nyaman menggunakannya bahkan setiap hari, maka sangat penting untuk membuat interior yang sesuai.

9. Pemilihan Perabotan

Agar rumah mezzanine lebih cantik dan menarik, kamu bisa menggunakan perabotan atau furnitur. Apalagi jika ruangan ekstra tersebut sering kamu gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, agar tidak memberikan kesan sumpek pada ruangan, sebaiknya memilih jenis furniture dan perabotan yang desain dan ukurannya sesuai.

Pemilihan perabot dan furniture yang tepat memang dapat mempengaruhi tampilan mezzanine, jangan sampai terlalu banyak dan tidak sesuai karena akan berkesan sumpek sehingga membuatmu tidak nyaman.

Agar nyaman, hemat tempat, namun tetap berkesan modern, sebaiknya memilih perabotan seperti kursi dan meja yang bisa dilipat.

10. Bahan untuk Lantai dan Tangga

Elemen kayu pada bagian lantai dan tangga bisa digunakan agar tampilan mezzanine semakin cantik dan nyaman. Kesan hangat dan nyaman bisa kamu dapatkan dengan penggunaan kayu pada bagian mezzanine tersebut, jangan lupa tambahkan alas duduk berupa bean bag agar semakin nyaman!

Mezzanine memang bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu pilih jika memiliki ruang yang terbatas. Ruangan tambahan ini bisa membuat rumahmu semakin elegan dengan pemanfaatan ruangan dengan seefektif mungkin. Selamat berkreasi untuk memaksimalkan ruangan yang ada!

Mezzanine

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Rumah Impian

Bagas Kurnia Prasetyo
9 min read

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *