Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Plafon GRC

4 min read

Plafon GRC

Sudah tahu kelebihan dan kekurangan plafon GRC ? Yuk simak dulu ulasan kali ini biar kamu nggak salah beli !

Selain digunakan sebagai penutup langit-langit ruangan agar terlihat rapi, plafon juga bermanfaat untuk menambah keindahan interior rumah. Oleh karena itu, pemilihan material plafon tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa jenis material plafon yang biasa digunakan seperti gypsum, kayu, asbes, eternit, triplek, PVC, akustik, dan juga GRC.

Dari sekian banyaknya jenis plafon, salah satu material yang saat ini populer untuk digunakan sebagai penutup langit-langit rumah adalah GRC.

Plafon GRC hadir dengan cetakan yang kuat, tidak mudah bocor, anti rayap, tidak mudah rusak, dan ramah lingkungan. Perawatan plafon GRC juga tidak rumit serta relatif mudah dibersihkan.

Jika terjadi kerusakan, plafon GRC ini mudah diganti. Dari segi kebersihan pun instalasi langit-langit plafon tidak terlalu kotor seperti pemasangan jenis plafon lain.

Keuntungan lain menggunakan plafon GRC yaitu kedap suara. Karena itulah plafon GRC cocok dipasang dimanapun, mulai dari masjid atau mushola, ruang rapat, tempat pertunjukan, studio musik, dan lain sebagainya.

Apa Itu Plafon GRC?

GRC Plafon
sumber: kontraktorjogja.com

GRC (Glassfiber Reinforced Cement) merupakan salah satu jenis plafon yang terbuat dari campuran serat dan semen.

Jika dilihat sekilas, plafon GRC terlihat mirip dengan plafon gypsum meski keduanya terbuat dari bahan yang benar-benar berbeda.

Permukaan plafon GRC pun lebih rata dan halus dibandingkan dengan plafon gypsum yang terkadang kasar dan berlubang.

Bahan dasar plafon GRC aslinya mirip dengan beton, namun lebih ringan. Plafon jenis ini menggunakan serat glass fiber sebagai bahan penguat, sedangkan beton memiliki tulang baja di dalamnya.

Selain itu, plafon GRC juga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan eternit, hanya saja sedikit lebih besar dengan ukuran 122 cm x 244 cm dan ketebalan sekitar 4 mm.

Rangka plafon GRC yang digunakan dapat berupa kaso 4/6 dan 5/7, atau bisa juga menggunakan besi hollow sebagai alternatif dengan ukuran 4 x 4 cm.

Pemasangan rangka plafon GRC menggunakan kaso dengan cara dipaku, sedangkan penggunaan rangka besi hollow dengan cara disekrup atau river/viser.

Nah, sebelum kita membahas apa saja kegunaan plafon GRC, yuk simak dulu penjelasan tentang keunggulan dan kekurangan plafon GRC berikut ini.

Keunggulan Plafon GRC

Keunggulan Plafon GRC
sumber: selera.id

1. Tahan Air dan Api

Salah satu keunggulan dari plafon GRC adalah tahan air dan suhu lembab. Berbeda dengan plafon gypsum yang mudah rusak jika terus terkena air, plafon GRC punya ketahanan yang lebih baik dan tidak mudah bocor.

Dengan keunggulan ini, kamu bisa menggunakan plafon GRC pada ruangan yang basah atau beresiko memiliki kelembaban tinggi, seperti dapur dan kamar mandi.

Selain itu, plafon GRC juga bisa kamu pasang pada langit-langit teras atau ruang semi-outdoor lainnya yang mungkin beresiko terkena cipratan air hujan.

Tak hanya tahan air, plafon GRC juga punya ketahanan yang lebih baik terhadap api dibandingkan plafon triplek. Karena itulah plafon GRC cenderung tidak mudah terbakar atau merambatkan api saat terjadi kebakaran.

2. Tahan Lama

Berkat ketahanannya terhadap suhu lembab, air, dan api, plafon GRC dinilai sangat kokoh dan awet bahkan dapat bertahan sampai 25 tahun.

Durasi ketahanan plafon GRC ini tentu lebih lama dibandingkan plafon gypsum dan plafon triplek. Perawatan plafon inipun cenderung lebih mudah untuk dibersihkan.

Nah, jika kamu mencari plafon yang bisa digunakan dalam jangka waktu sangat lama, maka jenis plafon GRC sangat wajib untuk dicoba.

3. Mudah Dibentuk Sesuai Keinginan

Tidak seperti plafon kayu dan triplek yang lebih kaku, plafon GRC justru mudah dibentuk mengikuti desain plafon tertentu sesuai keinginan.

Plafon GRC merupakan material plafon yang luwes dan lentur karena terbuat dari campuran serat-serat fiberglass.

Sifat plafon GRC yang tidak getas ini menjadikan kamu lebih leluasa membuat bentuk plafon sesuai dengan desain yang diinginkan, baik itu bentuk-bentuk melengkung, datar, dan lainnya.

4. Pemasangan yang Cepat

Cara pemasangan plafon GRC jauh lebih mudah apabila kamu menggunakan GRC plafon yang sudah berupa lembaran papan.

Biasanya, di lembaran papan GRC terdapat bagian yang lebih tipis pada bagian tepi yang biasa disebut recessed.

Recessed ini membuat proses penyambungan plafon GRC jadi lebih mudah sehingga penggunaan compound untuk sambungan pun jadi lebih sedikit.

Selain itu, proses pemasangan plafon GRC juga jauh lebih cepat karena tidak perlu melalui proses plamir atau proses meratakan permukaan papan yang akan dicat.

Bobotnya pun tergolong ringan, bahkan per meter perseginya plafon GRC hanya memiliki bobot 18 kg saja. Hal ini tentu sangat mempermudah kamu saat memasang plafon rumah.

5. Harga Cenderung Lebih Murah

Dari segi harga, plafon GRC tidak terlalu mahal. Untuk ukuran 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4 mm biasanya dibanderol sekitar Rp 57.000 sampai Rp 58.000 saja.

Harga yang murah ini tentu menjadi salah satu keunggulan plafon GRC yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja.

6. Aman Bagi Kesehatan

Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cement) tidak mengandung bahan asbes didalamnya. Hal ini membuat plafon GRC aman bagi kesehatan.

Bagi kamu yang belum tahu, asbes sudah terkenal sebagai bahan yang berbahaya untuk digunakan di dalam rumah.

Apabila terhirup terus-menerus bisa meningkatkan resiko kanker paru-paru yang sangat berbahaya bagi kesehatan penghuni rumah.

7. Bisa untuk Membentuk Kubah

Karena sifatnya yang lentur dan tidak getas, plafon GRC bisa digunakan untuk membentuk kubah.

Material plafon GRC juga bisa dipasang sebagai pelapis kubah bagian luar atau eksterior, karena tahan air dan tidak mudah bocor.

Bentuk kubah biasanya memang lebih sering ditemukan pada bangunan sejarah atau masjid yang luas, namun tidak ada salahnya jika kamu membuat langit-langit rumah berbentuk kubah dengan menggunakan plafon GRC ini.

8. Bisa Digunakan untuk Penyekat Ruang

Nah, bagi kamu yang belum tahu, material plafon GRC yang berbentuk lembaran juga bisa digunakan sebagai penyekat ruangan lho!

Hal ini dikarenakan, komposisi plafon GRC mampu meredam suara dan tidak terlalu berat sebagai dinding batu bata.

Pemakaian lembaran plafon GRC sebagai penyekat ruangan juga cenderung lebih hemat daripada membuat dinding bata.

Lembaran papan GRC juga bisa dipasang sebagai sekat ruangan pada bangunan bertingkat yang tentunya tidak diberi beban terlalu berat.

9. Bisa untuk Membentuk Plafon Melengkung

Sama seperti membentuk kubah, membuat langit-langit melengkung atau barrel vault ceiling juga bisa kamu lakukan menggunakan plafon GRC.

Plafon GRC bisa dilengkungkan sampai kelengkungan tertentu, misalnya untuk membuat langit-langit berbentuk busur yang menciptakan kesan lebih luas pada ruangan.

Jadi, kalau dirumah kamu terdapat ruangan atau gabungan ruangan tanpa sekat dinding yang bentuknya memanjang, kamu bisa gunakan plafon GRC untuk membuat langit-langit berbentuk busur yang indah.

10. Bisa Digunakan Sebagai Pelapis Dinding dan Fasad Bangunan

Selain menjadi penyekat ruang, lembaran plafon GRC juga bisa kamu gunakan sebagai material pelapis dinding maupun kolom dan pilar bangunan.

Bobot lembaran papan GRC yang tidak terlalu berat memang cocok dipasang sebagai elemen dekoratif pada ruangan.

Ditambah dengan ketahanannya yang baik terhadap air dan api membuat material papan GRC bisa dipakai pada fasad bangunan, karena awet dan tidak mudah rusak.

Jadi selain bisa digunakan sebagai material plafon, papan GRC juga memiliki banyak fungsi lain dalam dunia bangunan.

Kekurangan Plafon GRC

Kekurangan Plafon GRC
sumber: housedecorates.com

Meskipun memiliki segudang keunggulan, jenis plafon rumah yang satu ini tetap memiliki kekurangan yaitu proses pemasangannya yang cukup rumit dan sangat rentan bila terkena benturan.

Walaupun kamu sudah sangat berhati-hati saat proses pemasangan plafon GRC, terkadang masih saja ditemukan retak rambut pada sisi board atau sela-sela sambungan plafon.

Jika kamu berniat menggunakan material plafon yang satu ini, lebih baik menggunakan jasa tenaga ahli untuk mendapat hasil yang lebih rapi.

Selain itu, untuk menghasilkan finishing yang baik pada plafon GRC dibutuhkan waktu yang cukup lama, tenaga yang lebih banyak, dan juga biaya tenaga kerja yang lumayan mahal.

Harga Plafon GRC

Jenis dan Ukuran Satuan Harga 
GRC / Versaboard 4 mm ( 1,2 x 2,4 m)Lembaran Rp 58.000
GRC / Versaboard 6 mm ( 1,2 x 2,4 m)Lembaran Rp 98.000
GRC / Versaboard 9 mm ( 1,2 x 2,4 m)Lembaran Rp 133.000

Harga plafon GRC diatas berdasarkan satuan lembaran dan dapat berubah-ubah sesuai dengan pasaran. Selain itu, beda toko berbeda pula harga plafon GRC yang ditawarkan.

Sebelum kamu membeli material ke toko terdekat, alangkah baiknya konsultasi dulu dengan orang yang ahli dibidang ini agar tidak terjadi kesalahan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk update informasi seputar home design yang unik dan menarik lewat blog Ruangarsitek.id.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Plafon Kayu

Bagas Kurnia Prasetyo
3 min read

Jenis Plafon

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Plafon PVC

Bagas Kurnia Prasetyo
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *