Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Plafon Kayu

3 min read

Plafon Kayu

Plafon kayu terkenal dengan tampilannya yang natural dan elegan. Plafon dari kayu juga dapat memaksimalkan kesan hangat pada ruangan.

Selain itu, plafon kayu memiliki beragam desain yang cantik dan menarik. Dengan motif yang seragam, plafon kayu akan membuat suasana rumah kamu seakan berada di villa.

Plafon kayu juga memiliki banyak pola, bentuk, warna, dan variasi yang dapat meningkatkan nilai estetika pada desain interior rumah.

Penasaran model plafon kayu seperti apa saja yang bisa kamu terapkan di rumah? berikut kami sajikan beberapa inspirasinya.

Tapi sebelum itu, yuk kenali dulu kelebihan dan kekurangan plafon kayu yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan.

Kelebihan Plafon Kayu

Kelebihan Plafon Kayu
sumber: designjgreen.com

Tak hanya memberikan kesan mewah dan natural, ada banyak kelebihan plafon kayu yang tidak bisa kamu lewatkan.

Plafon kayu mudah dipasang dan diinstal karena terdapat profile alur dan lidah yang membuat pasangan jadi lebih kuat dan presisi.

Pemasangan plafon kayu jauh lebih mudah karena lembaran-lembaran kayu sebelumnya dikeringkan untuk mengurangi kadar air sehingga tidak ada penyusutan lagi.

Plafon ini juga dilengkapi dengan panel akustik kayu berlubang yang berfungsi memperkuat kapasitas penyerapan akustik dan mengendalikan gema akustik.

Kelebihan ini membuat plafon kayu cocok dipasang dimana saja termasuk studio musik, gedung konser, bahkan opera kelas dunia.

Satu lagi kelebihan penggunaan plafon kayu yaitu mampu meredam suhu udara dan panas dengan sangat baik. Terlebih saat musim dingin, plafon kayu bisa menjaga suhu ruangan tetap hangat.

Kekurangan Plafon Kayu

Kekurangan Plafon Kayu
sumber: st.hzcdn.com

Sebagus apapun plafon kayu tentu tidak luput dari kekurangannya yang rawan rayap dan mudah berjamur bila digunakan pada tempat lembab.

Plafon kayu juga tidak tahan api. Saat terjadi kebakaran, plafon kayu justru memperbesar api dan mudah merambatkan api ke segala penjuru rumah.

Pengerjaan plafon kayu pun lama dan lebih sulit, karena ukuran kayunya yang tidak presisi sehingga harus menggunakan banyak sambungan.

Harga plafon kayu lebih mahal dibandingkan plafon gypsum. Jadi, bagi kamu yang tertarik menggunakan plafon kayu harus menyiapkan budget lebih banyak.

Jenis Plafon Kayu

1. Plafon Kayu dengan Sentuhan Minimalis

Plafon Kayu dengan Sentuhan Minimalis
sumber: saimetrodecor.com

Plafon kayu memang bisa menambah kesan elegan pada sebuah ruangan, apalagi jika digabungkan dengan sentuhan minimalis seperti ini.

Kamu bisa padukan plafon kayu dengan bahan konkrit berwarna putih, agar terlihat berkilau tambahkan pencahayaan lampu kuning yang hangat.

Meski cukup sederhana, desain plafon kayu minimalis ini terlihat unik dan istimewa dengan gaya oriental yang kental pada seluruh ruangan.

2. Plafon Kayu dengan Rangka Atap Terekspos

Plafon Kayu dengan Rangka Atap Terekspos
sumber: cdn.trendir.com

Jenis plafon kayu yang satu ini cocok diterapkan untuk rumah bergaya rustic. Rumah gaya rustic sendiri identik dengan kesan sederhana dan kental nuansa pedesaan.

Pada model plafon ini, ada bagian rangka atap yang diekspos. Baik itu pada bagian baloknya saja, bagian kuda-kudanya saja, ataupun keseluruhan bagian rangka plafon kayu dan atap rumah.

Selain unik dan menarik, jenis plafon kayu seperti ini juga memberikan kesan terbuka pada ruangan. Tambah bagus lagi jika plafon dicat dengan warna polos yang terlihat natural.

3. Plafon Kayu Kombinasi

Plafon Kayu Kombinasi
sumber: carpenteroak.com

Tak hanya menggunakan plafon dari satu jenis, kamu juga bisa memadu padankan plafon kayu dengan material lain seperti gypsum atau GRC.

Perpaduan dua material plafon yang berbeda ini dapat memberi tampilan interior yang lebih menarik.

Apalagi bentuknya yang berbeda akan menciptakan kesan artistik yang menonjol, serta membuat rumah terasa lebih hangat dan nyaman.

4. Plafon Kayu Model Kisi-Kisi Minimalis

Plafon Kayu Model Kisi-Kisi Minimalis
sumber: dekoruma.com

Pemasangan bilah kayu yang tidak begitu ketat dapat menciptakan kesan modern. Penggunaan model plafon seperti ini juga membuat ruangan terasa hangat dan nyaman.

Warna coklat dan motif serat yang diberikan oleh kayu menampilkan kesan back to nature yang membuat kamu serasa sedang berada di alam bebas.

Supaya lebih menarik, gunakan lis plafon kayu berwarna lebih gelap untuk memikat setiap mata yang melihat.

Baca juga: Plafon Minimalis

5. Plafon Kayu Gaya Kontemporer

Plafon Kayu Gaya Kontemporer
sumber: archify.com

Plafon kayu juga bisa untuk desain rumah bergaya kontemporer.

Selain memunculkan kesan natural, plafon kayu juga menampilkan kesan modern tanpa menghilangkan nilai kontemporer itu sendiri.

Model plafon kayu seperti ini akan semakin bagus jika diseimbangkan dengan lantai parket yang berwarna lebih gelap dan kualitas terbaik.

6. Plafon Kayu untuk Rumah Skandinavia

Plafon Kayu untuk Rumah Skandinavia
sumber: thespruce.com

Rumah skandinavia merupakan konsep hunian sederhana yang menggunakan kayu sebagai material dominan pembangunan rumah.

Mulai dari interior, dekorasi, hingga langit-langit rumah semuanya menggunakan kayu sebagai komponen utama.

Model plafon kayu seperti ini tidak hanya menguatkan gaya skandinavia, tapi juga menambah hangatnya suasana didalam ruangan.

7. Plafon Kayu Berwarna Putih Klasik

Plafon Kayu Berwarna Putih Klasik
sumber: dekoruma.com

Tanpa banyak desain dan motif, plafon kayu ini sangat menarik perhatian dengan warna putih yang terkesan klasik.

Pemasangan bilah kayu yang rapi dan sejajar membuat tampilan plafon ini semakin memperindah ruangan.

Apalagi jika jenis plafon kayu yang diaplikasikan memiliki warna dan model yang cocok dengan konsep ruangan tersebut.

8. Plafon Kayu Mewah dan Elegan

Plafon Kayu Mewah dan Elegan
sumber: isibangunan.com

Jika ingin menambah kesan mewah dan elegan pada rumah, gabungkan plafon kayu dengan pencahayaan lampu kuning yang hangat.

Jangan lupa gunakan plafon kayu yang cukup tebal untuk menambah suhu panas yang dihasilkan oleh cahaya lampu.

Untuk tampilan yang makin sempurna, gunakan material kayu pada beberapa perabot, interior, dekorasi, ataupun lantai rumah.

9. Plafon Kayu Tradisional Ala Jepang

Plafon Kayu Tradisional Ala Jepang
sumber: pinterest.com

Nuansa jepang sangat terasa pada ruangan ini. Apalagi dengan adanya plafon kayu yang semakin menambah kesan hangat pada ruangan.

Plafon kayu, lantai parket, tatami, dan pintu geser menjadi satu kesatuan yang sempurna untuk mewujudkan rumah tradisional ala jepang.

Jika ingin menambah sedikit kesan modern, kamu bisa gunakan cat tembok warna putih yang netral dan tidak menjadi dominan.

10. Plafon Kayu Tipe Busur

Plafon Kayu Tipe Busur
sumber: dekoruma.com

Model plafon kayu yang satu ini menerapkan bentuk melengkung seperti busur pada langit-langit rumah.

Bentuk busur pada plafon kayu ini terlihat sangat menonjol dan berbeda jika dibandingkan dengan komponen lain pada ruangan yang cenderung lurus.

Tak hanya unik dan menarik, jenis plafon kayu jati ini cocok digunakan pada ruangan yang bentuknya memanjang seperti ruang tanpa sekat dengan konsep one space.

Nah, itulah 10 inspirasi jenis plafon kayu yang bisa diterapkan untuk mempercantik rumah.

Pastikan jenis plafon kayu yang kamu pilih sesuai dengan gaya interior rumah ataupun konsep rumah yang ingin ditonjolkan.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini dan jangan lupa cek inspirasi menarik lainnya hanya di ruangarsitek.id ya!

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *