Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Plafon Gypsum

7 min read

Plafon Gypsum

Model plafon gypsum minimalis: ⭐Harga, ⭐Ukuran, ⭐Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangan,

Salah satu desain interior yang harus kamu perhatikan ketika merancang sebuah bangunan rumah adalah bagaimana menentukan desain plafonnya. Plafon gypsum adalah salah satu jenis plafon yang banyak digunakan, karena proses perawatannya lebih mudah. Bahkan jika ada kerusakan, cara memperbaikinya pun tidak sulit.

Itulah sebabnya, kamu harus memperhitungkan pemilihan desain plafon yang akan dipilih. Bukan hanya disesuaikan dengan keinginan kamu saja, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan apa saja keunggulan dari jenis plafon ini serta apa saja yang menjadi kekurangannya. Selain itu, perhitungkan juga bagaimana cara pasang plafon tersebut.

Ada banyak jenis plafon yang bisa kamu gunakan di setiap ruangan di rumahmu. Plafon tipe gypsum juga memiliki banyak manfaat atau fungsi. Sehingga plafon ini dianggap sebagai jenis plafon unggulan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari plafon tipe gypsum.

Kelebihan

1. Memiliki Harga yang Relatif Murah

Harga hampir selalu menjadi poin utama bagi seseorang ketika akan membeli sesuatu. Sehingga harga juga akan menjadi patokan ketika seseorang menentukan pilihan dalam membeli plafon.

Jenis plafon yang satu ini terbilang murah, sehingga menjadi jenis plafon pilihan banyak orang. Namun, meskipun harganya murah tapi kualitasnya super.

2. Produknya Mudah Diperoleh

Karena menjadi salah satu produk unggulan yang banyak dicari, maka hampir di setiap toko bahan bangunan tersedia plafon jenis ini.

Sehingga buat kamu yang sedang mencari plafon tipe gypsum, kamu tak akan kesulitan dalam memperolehnya karena hampir semua toko menyediakan plafon tersebut. Baik di daerah perkotaan atau pedesaan plafon jenis ini tidak sulit ditemukan.

3. Tersedia Dalam Berbagai Motif

Motif pada plafon ini juga sangat beragam sehingga kamu bebas memilih motif apapun yang kamu sukai. Bahkan plafon tipe gypsum ini juga tersedia dalam berbagai jenis ukiran yang menarik.

Kamu bisa memilih motif polos, rumit, minimalis, sederhana, atau mewah. Kamu juga bisa loh memesan motif plafon sesuai dengan seleramu.

4. Tampilannya Menarik dan Mewah

Meskipun harganya murah, tetapi tampilannya tentu saja tidak murahan karena tampilan plafon ini justru tampak mewah. Beragamnya motif yang terdapat pada plafon ini, tampilannya pun sangat menarik dan indah.

5. Bisa Dibuat Menjadi Bentuk Bertingkat

Keunggulan lainnya dari plafon gypsum ini adalah modelnya yang dibuat menjadi dua tingkat atau bahkan lebih. Pola serta bentuknya bisa disesuaikan lagi dengan ruangan di rumahmu.

Bentuk bertingkat ini disebut dengan drop up celing. Ada juga orang yang mengubah bentuk plafon tipe gypsum ini menjadi bentuk kubah yang menarik.

6. Cara Merawatnya Mudah

Cara merawat plafon tipe gypsum agar selalu terlihat bagus dan bersih juga cukup mudah. Selain itu biaya perawatannya pun relatif murah.

Contohnya jika terjadi kerusakan, maka kamu tidak perlu repot-repot menggantinya karena kamu hanya harus memperbaiki bagian yang rusaknya saja. Simpel sekali bukan?

7. Proses Pemasangannya Mudah

Proses pemasangan pada plafon tipe gypsum ini juga terbilang mudah. Karena jika dibandingkan dengan plafon tipe GRC/kayu lebih rumit dan memerlukan waktu lebih lama.

Sedangkan pada plafon gypsum ini tidak memakan waktu dan juga tidak rumit. Tak heran bila banyak orang yang memilih plafon ini.

8. Termasuk Jenis Bahan yang Aman dari Serangan Rayap

Kamu juga tak usah khawatir dengan serangan rayap yang bisa muncul kapan saja, atau bisa membuat plafonmu rusak.

Material bahan plafon tipe gypsum ini menggunakan sedimen batuan yang tidak disukai oleh rayap, sehingga plafonmu aman dari serangan rayap.

9. Tahan Api

Keunggulan terakhir dari plafon tipe gypsum ini adalah tahan terhadap api. Artinya plafon jenis ini tidak akan mudah terbakar.

Baca juga: Plafon Minimalis

Kekurangan

1. Tidak Anti Air

Sayangnya plafon dengan sederet keunggulan ini tidak anti air. Sehingga buat kamu yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi, sebaiknya tak menggunakan plafon ini.

Namun jika kamu tetap ingin menggunakan plafon gypsum, kamu bisa menggunakan plafon yang memiliki label water resistance. Nah, tipe tersebut punya daya tahan yang jauh lebih baik.

2. Tampilannya Mudah Kusam

Apabila rumahmu sering bocor dan atapnya sering terkena curahan air hujan, maka plafon akan menjadi lembab. Kemudian muncul jamur di sekitarnya, hingga tampilannya akan lebih kusam dan tak enak dipandang.

Solusi penggunaannya plafon ini yaitu dengan menempatkan plafon di bagian yang tak lembab atau bagian yang tidak sering terkena air.

3. Sensitif Pada Benturan

Kekurangan lainnya pada plafon tipe gypsum ini adalah bahannya lebih sensitif terutama pada benturan. Jika terjadi benturan pada plafon, efek kerusakannya cukup besar. Bukan hanya benturan besar, benturan kecil pun biasanya akan membuat plafon retak atau patah.

4. Perawatan Harus Dilakukan Secara Berkala

Walaupun cara merawatnya mudah dan tidak rumit, tetapi waktu perawatannya harus lebih sering dari plafon lainnya. Supaya tidak terjadi kerusakan berat, maka kamu harus merawatnya lebih sering. Misalnya untuk proses pengecatan maupun mengganti bagian yang rusak.

Model Plafon Gypsum Minimalis

1. Plafon dengan Pencahayaan Romantis

Harga Plafon Gypsum

Bentuk plafon ini persegi panjang yang dibagi menjadi empat bagian. Kemudian ditambahkan lampu di sela-sela plafon tersebut.

Sehingga tampilannya lebih modern dan romantis. Pencahayaan yang cukup banyak akan membuat siapapun betah berada di sana.

2. Plafon Berbentuk Sederhana dengan Lampu Bulat

Harga Gypsum Plafon

Bentuk plafon yang satu ini sangat sederhana karena bentuknya pun datar dan memanjang, tanpa ada ornamen khusus yang menghiasinya.

Hanya ada beberapa jenis lampu berbentuk bulat yang ditanam di atasnya, agar terlihat lebih modern dan elegan.

3. Plafon Memanjang dengan Lampu di Setiap Sisinya

Model Plafon Gypsum

Pemasangan lampu pada plafon untuk membuat setiap bagiannya terang dan elegan, tentu harus dibuat dengan desain yang sesuai.

Misalnya pada desain plafon yang satu ini, yang dimana setiap bagian sisinya dipasangi lampu berwarna kuning sehingga pencahayaannya pun lebih pas.

4. Plafon Tipe Gypsum dengan Motif Garis di Bagian Tengah

Gypsum Minimalis

Plafon ini menarik karena bagian tengahnya mengusung motif garis berwarna putih dan menjadi elemen yang berbeda.

Sedangkan di bagian lainnya menggunakan warna biru muda, dan lampu kuning muda berbentuk bulat di tanam di masing-masing sisinya. Model pewarnaan plafon ini mengikuti konsep pewarnaan keseluruhan ruangan yaitu biru putih.

5. Bentuk Plafon Melingkar

Plafon Gypsum Minimalis

Bentuk plafon yang satu ini cukup unik karena menggunakan model melingkar hampir menyerupai bentuk setengah lingkaran, tetapi dibuat berkelok di bagian akhirnya. Warna plafonnya yaitu paduan antara biru tua dan putih.

6. Aneka Ragam Model dan Motif

Gypsum Plafon

Supaya tidak bosan dengan model plafon yang itu-itu saja, maka kamu bisa membuat desain plafon yang dibuat beberapa garis di bagian tengah lalu khusus untuk lampu dibuat memanjang di bagian sisinya.

7. Plafon dengan Lingkaran di Bagian Tengah

Biaya Pemasangan Plafon Gypsum

Bentuk plafon gypsum ini kotak dan dibuat model bertingkat. Namun untuk penambahan aksen yang unik, pada bagian tengahnya ditambahkan bentuk lingkaran seperti palung.

Lingkaran besar yang berakhir menjadi lingkaran kecil dan bolong di bagian tengah.

8. Plafon Kotak-Kotak

Harga Borongan Plafon Gypsum

Plafon ini sengaja dibuat bentuk kotak-kotak di bagian tengah lalu di bagian sisinya berbentuk persegi panjang. Penempatan lampu tepat berada di bagian dalam plafon.

Pemilihan warna disesuaikan dengan warna keseluruhan pada ruangan yaitu mengusung warna coklat nan elegan.

9. Model Plafon Lingkaran

Plafon Rumah Gypsum

Bentuk luar plafon yaitu kotak, lalu di bagian dalamnya berbentuk lingkaran yang juga disertai dengan lampu yang menerangi. Pola kotak dan lingkaran yang dipadukan pada plafon tersebut, mengusung model geometris kekinian.

10. Pola Drop Ceiling

Model Gypsum Ruang Tamu Minimalis

Pola serta bentuk plafon yang satu ini sangat unik, karena mengusung pola drop ceiling yang juga banyak digunakan di rumah-rumah perkotaan atau pada rumah-rumah mewah. Meskipun konsepnya sederhana, namun bentuk dan desain plafon ini sangat memukau.

11. Motif Kotak Bulat-bulat

Contoh Model Plafon Gypsum

Motik plafon ini lebih unik lagi, bentuknya kotak dan dikombinasikan dengan bulat-bulat seperti polkadot di dalam kotak tersebut. Jika kamu menggunakan pola seperti ini, pilih warna putih atau warna-warna yang cenderung netral.

12. Plafon Mewah Minimalis

Plafon Mewah Minimalis

Tampilan keseluruhan ruangan pada rumah ini terlihat mewah dan berkelas, tetapi model plafon yang digunakannya minimalis dan memberi kesan elegan.

Tambahan lampu di sekeliling bagian plafon yang ukurannya kotak, membuat desain plafon lebih menarik dan tidak terlalu polos.

13. Plafon dengan Motif Ukiran

Model Plafon Gypsum Minimalis

Warna putih yang dominan dengan bentuk plafon sederhana, bisa diakali dengan tambahan ukiran berbentuk klasik yang memiliki daya tarik tersendiri.

Kesan yang ditimbulkan dari bentuk plafon ini adalah glamour dan berkelas.

14. Plafon Kotak Memanjang

Harga Lis Plafon Gypsum

Plafon kotak-kotak datar alias tidak bertingkat dilengkapi dengan bulat-bulat di bagian dalam kotak, membuat tampilan plafon ini lebih eksklusif.

Warna putih mendominasi hampir seluruh bagian plafon. Sehingga ruangan menjadi terasa lebih sejuk.

15. Plafon Datar Sederhana

List Gypsum Minimalis

Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan banyak aksen atau ornamen pada desain plafon, kamu bisa menggunakan desain yang satu ini.

Modelnya biasa saja, sederhana, datar dan tanpa tambahan apapun. Kamu bisa menambahkan motif awan pada plafon, agar tidak terlalu polos.

16. Plafon dengan Kipas Gantung

Daftar Harga Plafon Gypsum

Bentuk plafon ini sebenarnya sederhana saja, dan mengusung desain minimalis modern.

Namun agar tak terkesan terlalu polos, maka bisa kamu tambahkan kipas gantung berwarna keemasan agar kipas terlihat lebih mengkilap saat lampu dinyalakan.

17. Plafon Colorfull

Foto Plafon Gypsum Terbaru

Jika bosan berkreasi pada bentuk plafon, maka kamu bisa berinovasi pada pilihan warna yang colorfull.

Misalnya pada plafon futuristik yang satu ini, kamu bisa memilih warna hijau dan kuning mencolok agar ruangan terkesan lebih ceria. Tambahkan juga kipas angin gantung mungil berwarna coklat tua.

18. Plafon Bermotif

Variasi Plafon Gypsum

Supaya plafon di rumahmu tidak terkesan biasa saja, maka kamu bisa tambahkan motif geometris yang rapi dengan warna oranye mencolok. Jadi, walaupun modelnya biasa saja plafon ini akan tampak menarik dengan motifnya yang unik.

19. Plafon Pink Untuk Kamar Anak

Plafon Gypsum Harga

Plafon ini mengikuti tema warna kamar anak perempuan yang berwarna pink.

Bentuknya yang modern dan seperti bunga menggunakan warna pink, hingga terlihat sangat indah dan lucu. Pada bagian tengahnya dipasang lampu kuning berbentuk bulat.

20. Plafon Berpola Huruf S

Rangka Plafon Gypsum

Pemilihan model plafon yang beraneka ragam memang sering membingungkan.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengusung bentuk yang unik, misalnya pada penempatan lampu huruf S. Pada bagian lainnya dipasang lampu gantung dengan tali keriting unik.

21. Plafon Seperti Labirin

Foto Plafon Gypsum

Keunikan dari plafon rumah ini adalah bentuk kotak-kotaknya yang hampir menyerupai sebuah labirin.

Selain itu, pemilihan warnanya juga cukup eksentrik, yaitu menggunakan warna putih dan biru hingga menimbulkan kesan elegan modern. Pada sela-sela plafon, terdapat warna hitam polos yang semakin menguatkan kesan elegan pada plafon tersebut.

22. Plafon dengan Banyak Lampu

Plafon Gypsum Murah

Jenis plafon gypsum ini dipasang pada sebuah ruangan gedung atau aula yang megah, mewah dan berukuran luas.

Modelnya sederhana tapi dipasang banyak lampu hingga ruangan terlihat penuh dengan pencahayaan yang matang.

23. Plafon Berbentuk Ular Melingkar

Motif Plafon Gypsum Minimalis

Plafon pada ruangan ini bentuknya seperti ular-ular kecil yang saling melingkar.

Pemilihan warnanya pun sangat pas, yaitu mengusung warna merah hati menyala. Pada sekeliling bentuk ular tersebut dipasang lampu hingga membuat tampilan plafon terlihat lebih mewah.

24. Plafon Menggantung

Gambar Plafon Gypsum

Bila ingin menambah kesan unik dan menarik pada desain plafon misalnya untuk ruangan kamar tidur, kamu bisa menggunakan model plafon menggantung sederhana namun eksentrik.

Pilih warna netral seperti putih, atau bisa disesuaikan dengan tema warna yang dipilih pada ruangan kamar tersebut.

25. Desain Plafon Simpel Minimalis

Desain Plafon Simpel Minimalis

Desain plafon yang sederhana dan menggunakan konsep minimalis ini terlihat sangat modern, dan cocok dipasang di ruangan mana saja.

Lampu yang dipasang di setiap sisinya membuat ruangan menjadi lebih berwarna dan lebih terlihat ceria.

26. Plafon dengan Lampu Klasik Mewah

Harga Plafon Gypsum Per Meter Persegi

Jika kamu memilih model plafon yang biasa saja, maka kamu bisa menambahkan lampu gantung dengan desain mewah sekaligus klasik.

Model plafon seperti ini bisa kamu terapkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

27. Plafon Berrongga

Model Plafon Gypsum Terbaru

Model dan pola yang digunakan pada plafon ini ada pada bentuk rongga acak, pola ini paduan dari bentuk geometris yang sangat menarik.

Ditambah juga dengan pencahayaan yang pas, dan dilengkapi dengan kombinasi warna oranye yang nyentrik.

28. Kumpulan Lingkaran

Contoh Plafon Gypsum

Ingin menggunakan model dan pola plafon yang berbeda? Coba deh pola plafon yang satu ini.

Lingkaran yang dibuat berkumpul, dan mengusung warna merah serta abu-abu elegan nan cantik. Tambahkan juga lampu gantung kristal untuk menambah kesan mewah.

29. Bentuk Plafon Trapesium

Desain Plafon Gypsum

Bentuk plafon yang satu ini hampir menyerupai bentuk trapesium yang bagian tengahnya menggunakan warna emas menyala. Sehingga keseluruhan ruangan ini seperti terlihat mengkilap dan menawan.

30. Plafon Berbentuk Bunga

Pasang Plafon Gypsum

Plafon dengan bentuk bunga berukuran besar juga akan menambah meriah ruangan di rumahmu. Pilih warna netral seperti putih untuk menyesuaikan dengan warna cat di ruangan.

Supaya tidak terlalu polos, kamu juga bisa menambahkan motif yang sesuai dengan bentuk bunga tersebut atau ukiran dedaunan.

31. Motif Bunga Klasik

Motif Plafon Gypsum

Menambahkan motif bunga dengan kesan klasik, juga bisa menambah suasana ruangan menjadi lebih hidup.

Seperti motif bunga pada ruangan ini, dengan warna oranye yang kalem. Motifnya juga sangat klasik dan eksklusif. Pada beberapa bagiannya juga ditambahkan ukiran klasik yang sangat indah.

32. Plafon Kotak Emas

Harga Plafon Gypsum Terbaru

Bentuknya sederhana dan hanya berbentuk kotak-kotak saja. Namun untuk membuat desain plafon tidak tampak polos, kamu bisa menambahkan motif klasik berwarna emas.

Bagian sisinya menggunakan warna coklat tua dan bagian lainnya menggunakan warna putih tulang.

33. Nuansa Abu-abu Metalik

Gambar Model Plafon Gypsum

Kemewahan terlihat jelas pada plafon ini, apalagi dominasi warna abu-abu metaliknya yang membuat ruangan ini terlihat sangat glamour.

Bagian tengah plafon berbentuk bulat dengan motif klasik berwarna emas. Tambahan itu juga yang membuat tampilan plafon ini sangat glamour.

34. Plafon Futuristik

Desain Plafon Gypsum Minimalis

Konsep plafon yang satu ini sangat futuristik dan elegan. Selain itu, pemilihan warnanya juga cocok sekali.

Yaitu warna oranye menyala dengan warna hitam sebagai pemanis. Bentuknya bulat dan melingkar, dan dipadukan dengan tiga buah persegi panjang yang berwarna hitam tadi.

35. Motif Bunga Nan Indah

Gambar Plafon Gypsum Terbaik

Motif rangkaian bunga nan indah pada plafon berlatar putih ini cocok diterapkan pada teras rumah, yang konsepnya terbuka dan sangat bernuansa alam.

Misalnya teras rumah kamu dibuat menjadi ruang santai terbuka dengan beberapa sofa atau tempat duduk yang nyaman. Nah, motif plafonnya bisa menggunakan motif ini, supaya tampak adem dan sejuk.

Daftar Harga Plafon Gypsum Terbaru

JenisUkuranSatuanHarga
Jayaboard9mm (1.20×2.40)LembarRp.65.000
Elephant9mm (1.20×2.40)LembarRp.63.000
Knauf9mm (1.20×2.40)LembarRp.61.000
Star9mm (1.20×2.40)LembarRp.61.000
Aplus9mm (1.20×2.40)LembarRp.60.000

Keseluruhan desain, model, bentuk dan pola plafon gypsum ini merupakan inspirasi tepat bagi kamu, yang ingin menggunakan model plafon kekinian.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Plafon GRC

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Jenis Plafon

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Rumah Type 70

Bagas Kurnia Prasetyo
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *