Bagas Kurnia Prastyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat. Selamat membaca !

Ruang Tamu Minimalis

16 min read

Ruang Tamu Minimalis 3x3

Buat ruang tamu rumah minimalis kamu jadi taman surga bagi tamu spesialmu dengan desain ini ! Cek yuk. ❤️


Memiliki rumah yang indah dan nyaman merupakan impian setiap orang. Baik itu untuk keluarga yang sudah lama berumah tangga ataupun untuk keluarga baru.

Dengan memiliki rumah yang indah dan nyaman akan membuat suasana hati menjadi senang.

Salah satu ruangan penting di rumah yang wajib diperhatikan adalah ruang tamu.

Ruangan ini menjadi ruang yang paling sering dikunjungi oleh orang lain, sehingga kerapiannya harus benar-benar diperhatikan.

Untuk Anda yang tidak memiliki ruang tamu yang luas maka bisa menerapkan model ruang tamu minimalis seperti berikut ini :

Desain Ruang Tamu Minimalis

Desain ruang tamu minimalis ditujukan untuk Anda yang ingin memiliki ruang tamu yang indah dan rapi namun ukuran ruangannya kecil.

Dengan penataan ruangan yang tepat maka  ruang tamu yang berukuran kecil akan nampak indah dan bahkan bisa terlihat lebih luas daripada ukuran aslinya.

Penataan desain ruang tamu minimalis yang dimaksud meliputi pemilihan sofa, warna cat dinding yang pas, dan penerapan hiasan dinding yang sesuai.

Dengan memilih penataan desain dengan benar maka ruang tamu Anda akan terlihat indah dan nyaman. Berbagai benda yang ada di ruang tamu minimalis tersebut akan saling mengisi dan melengkapi satu sama lain.

1. Cat dinding putih untuk kesan luas dan lapang

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Salah satu cara membuat ruang tamu minimalis terlihat luas dan lapang adalah dengan memilih warna putih sebagai cat dinding minimalis.

Cat dinding putih ini akan memberi efek lebih terang dan mengusir kesan sempit pada ruangan. Kamu bisa padukan dengan warna netral dan lembut untuk menghindari ruang terkesan ramai dan sesak.

2. Buat kesan cukup elegan dengan aksen mewah

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Desain ruang tamu minimalis ini terlihat cukup elegan dengan perabotan dan aksen dekoratif yang mewah, serta sentuhan warna-warni yang apik.

Tidak perlu banyak hal untuk menciptakan kesan elegan. Kamu bisa manfaatkan meja marmer sebagai titik fokus yang menarik.

Tambahan karpet dan tanaman hijau di sudut ruangan membuat ruang tamu terasa lebih hangat dan nyaman. Cermin starburst di dinding juga menambahkan kilau tanpa berlebihan.

3. Palet warna monokrom pada ruang tamu minimalis

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Buat suasana ruang tamu minimalis agar tidak monoton dengan sentuhan palet warna monokrom. Warna monokrom akan terlihat lebih elegan dan masuk pada gaya desain apapun.

Selain itu, perpaduan warna hitam, putih, dan abu-abu juga akan membuat ruang tamu minimalis terlihat lebih modern dan eye catching.

4. Kombinasi dinding putih dengan perabot warna-warni

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Selain warna monokrom, kamu juga bisa menciptakan suasana berbeda dengan sentuhan warna-warni yang kreatif.

Agar desain ini terlaksana, pastikan dinding dan langit-langit ruangan berwarna putih. Setelah itu, baru kamu bisa menggunakan perabot warna-warni dalam nuansa pastel dan berani.

5. Gaya scandinavian pada ruang tamu minimalis

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Sebagai salah satu gaya desain terfavorit dan dianggap kekinian, gaya scandinavian mampu memberikan nuansa lebih hangat dan tidak monoton pada ruang tamu minimalis.

Selain itu, desain bergaya scandinavian juga terkesan lebih tenang dan santai meski menggunakan dekorasi yang cukup sederhana.

6. Ruang tamu minimalis dengan sentuhan Pop-Art

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Cara lain untuk menghilangkan kesan monoton dan membosankan pada ruang tamu minimalis adalah dengan memberikan sedikit sentuhan Pop-Art.

Menggunakan perabot dan dekorasi dengan warna-warna kontras khas Pop-Art akan lebih menonjol dan membuat ruang tamu minimalis terasa jauh lebih hidup dan berwarna.

7. Sentuhan alami untuk ruang tamu minimalis

Deasin ruang tamu minimalis
pinterest.com

Salah satu dekorasi yang nggak boleh ketinggalan dalam setiap desain ruangan adalah menambahkan sentuhan alami menggunakan tanaman hias.

Selain menghidupkan kesan lebih natural dan alami pada interior ruangan, dekorasi tanaman hias juga lebih menarik dan membuat suasana ruang tamu jadi lebih segar.

8. Desain ruang tamu minimalis dengan konsep terbuka

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Jangan pernah ragu untuk menggabungkan fungsi ruang lain dalam satu ruangan yang lebih luas. Mulai dari ruang keluarga, ruang makan, bahkan dapur bisa kamu satukan dengan ruang tamu minimalis.

Konsep desain seperti ini bisa kamu wujudkan dengan menghilangkan atau meminimalisir sekat ruang dan biarkan setiap fungsi membuat ruangan yang sama.

9. Tambahan dinding warna hitam dalam ruang tamu minimalis

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Siapa bilang warna hitam tidak bisa digunakan untuk ruangan minimalis. Buktinya, desain ruang tamu minimalis ini mengaplikasikan warna hitam pada salah satu sisi dindingnya.

Dinding hitam akan menambah kesan elegan yang berbeda. Supaya ruangan tidak terasa sempit atau suram, perbanyak bukaan jendela dan gunakan perabot berwarna cerah dan netral.

10. Nyaman dengan sofa sectional

Desain ruang tamu minimalis
pinterest.com

Sofa sectional berbentuk “L” adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan tempat duduk di ruang tamu minimalis.

Selain nyaman, desain ruang tamu yang satu ini juga cukup seimbang dan indah dengan adanya tanaman-tanaman hias di setiap sisi.

Desain Ruang Tamu Sederhana

Selain ruang tamu yang memiliki tampilan mewah, ternyata ruang tamu dengan tampilan sederhana juga bisa Anda pilih.

Dengan tampilannya yang sederhana akan membuat ruang tamu terlihat lebih elegan, namun harus diimbangi dengan penataan yang tepat pula.

Desain ruang tamu yang sederhana bisa Anda dapatkan dengan cara menata furniture dan perlengkapan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Berbeda halnya jika Anda berniat untuk menata ruang tamu agar tampil mewah, maka barang-barang yang ditata juga memiliki harga yang lebih mahal.

Untuk mendapatkan ruang tamu minimalis yang sederhana Anda juga bisa menyiasatinya dengan meletakkan furniture  buatan sendiri yang terlihat unik dan menarik.

Selain itu, membeli barang di toko barang bekas juga tidak ada salahnya, akan tetapi pastikan barang tersebut masih awet dan terawat.

1. Simple dengan sedikit dekorasi

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Jika ingin menciptakan desain ruang tamu sederhana, kurangi penggunaan dekorasi yang berlebihan dan tidak terlalu dibutuhkan.

Dekorasi yang sederhana akan membuat ruang tamu tidak terkesan sesak, penuh, dan sempit sehingga lebih nyaman digunakan.

2. Ruang tamu sederhana yang fungsional

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Sebagai salah satu bagian terpenting, desain ruang tamu tentu perlu mempertimbangkan aspek fungsionalitas. Kunci dari desain ini adalah menempatkan segala sesuatu sesuai tempatnya dan selalu terorganisir.

Meski begitu, desain ruang tamu sederhana tetap harus dibuat simple, rapi, dan jauh dari kesan berantakan.

3. Desain ruang tamu sederhana ala coastal

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Saat melihat ruang tamu seperti ini, kamu pasti langsung merasa seperti berada di rumah tepi pantai dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Kombinasi antara warna putih dan biru memang menjadi trik utama dalam menciptakan coastal style di ruang tamu sederhana milikmu.

4. Desain ruang tamu sederhana tapi elegan

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Ciptakan kesan elegan yang tak berlebihan dengan menerapkan desain ruang tamu sederhana yang satu ini.

Tanpa banyak perabot dan dekorasi, kesan elegan bisa kamu dapatkan dengan mengusung konsep monokromatik kombinasi warna hitam dan putih.

5. Ruang tamu sederhana tanpa kursi

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Jika ukuran ruang tamu di rumahmu cukup sempit, kamu bisa menerapkan desain ruang tamu sederhana tanpa kursi.

Sebagai alas duduk, kamu bisa mengganti kursi dengan karpet, bantal sofa, atau bean bag. Dijamin, desain ini tidak akan mengurangi tingkat kenyamanan di ruang tamu.

6. Ruang tamu sederhana di sudut ruangan

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Ubah sudut ruangan di rumahmu menjadi ruang tamu yang menarik dengan dekorasi sederhana.

Gunakan furniture yang penting saja, seperti sofa, meja kopi, dan kursi single. Untuk dekorasi, jadikan salah satu sisi dinding sebagai galeri foto minimalis.

7. Gaya modern dengan furniture gelap

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Furniture berwarna gelap bisa membuat ruang tamu sederhana menjadi lebih modern dan bergaya.

Gunakan sofa hitam sebagai titik fokus pada desain ini. Agar tidak suram, tambahkan tanaman hijau dan karpet permadani yang eye catching.

8. Ruang tamu sederhana minimalis

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Gaya minimalis memang cocok banget jika diterapkan pada ruang tamu sederhana. Cukup gunakan sofa, meja, kursi dan sedikit dekorasi untuk mewujudkan desain ini.

Tanpa banyak perabot, kamu sudah bisa mendapatkan ruang tamu sederhana yang nyaman dan indah dipandang mata.

9. Sentuhan vintage untuk ruang tamu sederhana

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Terkadang, kamu juga perlu memberi sentuhan yang berbeda pada ruang tamu sederhana.

Misalnya, dengan menggunakan furniture bergaya vintage. Ruang tamu sederhana dengan sentuhan gaya vintage akan terlihat lebih unik dengan suasana yang berbeda.

10. Ruang tamu sederhana dan murah

Desain ruang tamu sederhana
pinterest.com

Salah satu keuntungan menerapkan desain ruang tamu sederhana adalah hemat biaya pengeluaran.

Ruang tamu sederhana tidak butuh terlalu banyak furniture dan dekorasi yang bisa menguras kantong.

Ruang Tamu Mewah Minimalis

Untuk Anda yang menyukai hal-hal yang terlihat mewah maka memiliki ruang tamu minimalis yang terlihat mewah juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan memilih konsep yang mewah maka ruang tamu yang berukuran kecil akan terlihat indah dan menarik.

Untuk memiliki ruang tamu minimalis yang terlihat mewah Anda bisa memilih warna cat dinding krem dengan dipadukan sofa berwarna krem.

Selanjutnya tambahkan hiasan dinding serta wallpaper dinding yang sesuai dengan sofa dan warna dinding.

Dengan menerapkan konsep tersebut maka ruang tamu minimalis yang Anda miliki akan terlihat begitu indah dan elegan.

Selain itu, perhatikan pula konsep penataan furniture-nya agar terlihat lebih hidup dan menarik.

Warna dasar dan pencahayaan juga harus diperhatikan dengan cermat agar ruangan terlihat lebih ceria dan nyaman ditempati.

Gunakan aksesoris ruangan secukupnya agar ruangan terlihat lebih indah dan luas.

1. Ruang tamu mewah klasik

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Hadirkan kesan klasik pada ruang tamu mewah dengan furniture unik dan detail-detail ukiran di dindingnya.

Kesan mewah akan semakin terasa dengan sentuhan warna gold yang mendominasi. Kamu juga bisa pasang lukisan yunani kuno untuk mempertegas kesan klasik yang ditampilkan.

2. Mewah dengan lampu gantung kristal

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Ruang tamu mewah selalu identik dengan adanya lampu gantung mewah yang menarik perhatian.

Jika ruang tamu di rumahmu didominasi oleh warna putih, jangan lupa gunakan lampung gantung kristal untuk menjadi focal point di ruangan.

3. Ruang tamu mewah minimalis

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Siapa bilang desain ruang tamu mewah hanya bisa diterapkan pada ruangan yang berukuran besar?

Buktinya, ruang tamu minimalis ini bisa tampil mewah dengan dekorasi yang simple dan gak berlebihan.

4. Ruang tamu mewah yang elegan

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Desain ruang tamu yang satu ini cocok banget buat kamu penyuka kesan mewah dan elegan.

Sofa mewah berwarna silver terlihat cocok dipadukan dengan sofa pink yang mempermanis ruangan.

Jangan lupakan keberadaan lampu gantung mewah dan karpet berbulu yang nggak kalah menarik perhatian.

5. Ruang tamu mewah modern

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Desain ruang tamu mewah bergaya modern ini terlihat sangat simple tanpa banyak perabot dan dekorasi yang memenuhi ruangan.

Cukup dengan satu set sofa modern, meja marmer dan lampu gantung unik, kamu sudah bisa menciptakan ruang tamu yang mewah dan penuh gaya.

6. Ruang tamu dengan satu set sofa mewah

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Salah satu cara untuk menciptakan ruang tamu yang mewah dan berkelas adalah dengan memilih perabot yang digunakan.

Kamu bisa gunakan satu set sofa mewah berbahan halus dan empuk, yang dilengkapi dengan meja mewah di tengahnya.

7. Furniture gold untuk kesan ruang tamu mewah

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Furniture berwarna gold yang digunakan ini bisa membuat ruang tamu yang awalnya biasa saja menjadi lebih mewah.

Sentuhan warna gold yang tajam terlihat sangat cocok berpadu dengan ruangan yang didominasi oleh warna-warna lembut dan netral.

8. Ruang tamu mewah dengan furniture kayu

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Diisi dengan sofa model lawas yang dilengkapi dengan perabot berbahan kayu, membuat ruang tamu ini terlihat simple namun mewah.

Apalagi dengan dominasi warna kayu yang sangat natural menjadikan ruang tamu mewah ini terasa sangat hangat dan nyaman.

9. Sentuhan vintage pada ruang tamu mewah

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Jika kamu ingin merasakan suasana ruang tamu mewah yang lebih berbeda, coba deh berikan sedikit sentuhan vintage pada perabotnya.

Gaya vintage ini bisa kamu hadirkan pada sofa dan kursi tamu yang modelnya lawas dan unik. Jangan lupa juga tambahkan meja-meja kecil yang senada.

10. Suasana mewah dan glamour dengan lampu gantung

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Ciptakan suasana glamour pada ruang tamu mewah menggunakan lampu gantung yang berkilauan seperti ini.

Tidak hanya satu, kamu bahkan bisa menggunakan 4 lampu gantung sekaligus untuk menjadi focal point yang mengagumkan di dalam ruangan.

Ruang Tamu Kecil Minimalis

Ruang tamu minimalis memang identik dengan ukuran ruangannya yang kecil. Seperti di kota-kota besar dengan ukuran lahan yang kecil, maka membuat ruangan yang kecil menjadi salah satu pilihannya.

Dengan menerapkan penataan yang tepat maka ruang tamu kecil yang Anda miliki akan terlihat indah dan menawan.

Agar ruangan terlihat lebih luas Anda bisa bermain dengan ragam warna, contohnya adalah warna-warna yang cerah dengan dikombinasikan dengan warna lain yang berbeda.

Untuk desain yang digunakan adalah desain klasik dengan meletakkan berbagai furniture dengan ukuran kecil agar tidak memakan terlalu banyak tempat.

Sedangkan untuk warna bantal, lukisan, meja, dan aksesoris usahakan untuk menggunakan warna-warna yang netral.

1. Desain ruang tamu kecil dengan warna-warna terang

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Warna-warna terang seperti hijau, kuning, dan biru muda akan membuat suasana ruangan menjadi lebih terbuka dan nyaman.

Warna-warna terang ini juga menjadi fokus dan mengalihkan perhatian orang-orang dari ukuran ruang tamu yang kecil dan sempit.

2. Ruang tamu kecil yang super nyaman

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Untuk membuat ruang tamu kecil menjadi nyaman, pilihlah ukuran sofa yang cukup besar.

Tambahan meja kecil warna-warni dan dekorasi minimalis lainnya membuat ruang tamu ini lebih enak dipandang.

3. Konsep terbuka untuk solusi ruang tamu kecil

Ruang tamu mewah minimalis
pinterest.com

Salah satu alternatif untuk menyulap desain ruang tamu kecil menjadi nyaman adalah dengan menggunakan konsep ruang terbuka.

Gabungkan ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga dengan menghilangkan sekat pembatasnya.

4. Tambahkan cermin sebagai bagian desain ruang tamu kecil

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Selain mengusung konsep ruang terbuka, coba gunakan cermin agar ruang tamu yang kecil dan sempit tampak lebih leluasa.

Kamu bahkan bisa memasang cermin besar di dinding sebagai tambahan dekorasi ruangan.

5. Ruang tamu kecil minimalis yang terang

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Usir kesan sesak dan sempit pada ruang tamu kecil dengan membuat ruangan yang terang secara maksimal.

Kamu bisa membuat banyak bukaan agar sinar matahari bisa masuk ke rumah. Jika ingin lebih maksimal, buat ruang tamu dengan dominasi warna putih yang terang.

6. Bermain pola, warna, dan tekstur untuk desain ruang tamu kecil

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Pada desain ruang tamu kecil, kamu bisa aplikasikan pola-pola tertentu yang pastinya tetap simple dan tidak berlebihan.

Pola-pola ini bisa kamu temukan pada taplak meja, karpet, bantal sofa, atau bahkan wallpaper. Biar lebih menarik, kamu juga bisa bermain tekstur dan sentuhan warna-warna yang cantik.

7. Ruang tamu kecil dengan sentuhan mewah

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Ciptakan kesan mewah pada ruang tamu kecil minimalismu menggunakan dekorasi warna emas seperti ini.

Meja bundar, karpet kulit, kap lampu, dan dekorasi dinding bernuansa emas ini benar-benar menciptakan kesan mewah dan menjadi focal point yang menarik.

8. Perpaduan desain yang nyaman dan penuh gaya

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Mengubah ruang tamu yang kecil dan sempit menjadi nyaman digunakan bisa kamu lakukan dengan cara menambah dekorasi yang penuh gaya.

Penataan yang rapi menjadi kunci utama untuk membuat ruang tamu kecil minimalis semakin nyaman.

9. Lebih lapang dengan sedikit perabotan

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Cara paling efektif untuk membuat ruangan kecil terasa lebih lapang adalah dengan mengurangi perabot yang digunakan.

Jadi, cobalah menggunakan perabot-perabot utama saja yang sangat diperlukan pada desain ruang tamu kecil milikmu.

10. Maksimalkan ukuran furniture

Ruang tamu kecil minimalis
pinterest.com

Kebanyakan orang mungkin merasa ragu untuk mengisi ruang tamu kecil dengan perabot atau furniture berukuran besar.

Namun, desain yang satu ini justru memaksimalkan luas ruangan dengan penggunaan furniture besar yang bisa menampung lebih dari 4 orang.

Dan pastinya, tidak ada kesan sempit dan sesak pada desain ruang tamu kecil yang satu ini.

Ruang Tamu Minimalis Lesehan

Ruang tamu lesehan juga bisa Anda terapkan untuk desain ruang tamu minimalis.

Justru dengan menerapkan ruang tamu lesehan akan membuat ruang tamu menjadi terlihat luas, karena tidak membutuhkan sofa yang berukuran besar.

Ruang tamu lesehan bisa menggunakan meja berukuran kecil untuk meletakkan makanan dan minuman untuk tamu yang datang ke rumah.

Hal yang tidak boleh terlupakan saat mendesain ruang tamu lesehan adalah pada alas duduk yang digunakan. Pastikan untuk memilih alas duduk yang nyaman dan mudah dibersihkan.

Selain itu, pilihlah warna yang cenderung gelap untuk menyamarkan noda yang ada pada alas duduk tersebut.

Sedangkan untuk bagian lain seperti warna tembok dan aksesoris bisa disesuaikan dengan warna alas duduk yang digunakan, akan tetapi lebih berwarna cerah agar ruangan terlihat lebih luas dan segar.

1. Super nyaman dengan tema lesehan Zen

Ruang tamu minimalis lesehan
pinterest.com

Untuk membuat ruang tamu lesehan tampil harmonis, kamu perlu memperhatikan arah masuknya cahaya dan penggunaan elemen alam.

Posisikan karpet dan alas duduk pada bagian yang terkena cahaya matahari, serta tambahkan tanaman hias dan karpet anyaman untuk menyejukkan suasana.

2. Bean bag untuk ruang tamu lesehan

Ruang tamu minimalis lesehan
pinterest.com

Hadirkan kenyamanan di ruang tamu lesehan dengan menggunakan alas duduk yang super empuk seperti bean bag.

Supaya terlihat lebih modern dan kekinian, gunakan bean bag memanjang yang tampil chic dengan motif geometris hijaunya ini.

3. Konsep lesehan dengan bangku dan coffe table

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Berbeda dengan sofa yang memakan tempat, coffe table dan bangku mini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga lebih fleksibel digunakan.

Selain itu, desain ruang tamu lesehan dengan penataan kedua furniture ini juga lebih menarik dan jauh dari kesan monoton.

4. Ciptakan nuansa boho dari kasur tipis

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Selain bean bag, kamu juga bisa menggunakan kasur tipis sebagai alas duduk yang nyaman. Kasur tipis yang bentuknya flat sangat cocok digunakan pada ruang tamu lesehan.

Supaya lebih menarik, tambahkan bantal-bantal kecil dengan warna dan corak yang cantik.

5. Ruang tamu lesehan ala modern minimalis

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Buat ruang tamu lesehan bergaya modern minimalis menggunakan karpet permadani berbulu dengan rumbai pada tepinya.

Untuk warna, kamu bisa sesuaikan dengan interior. Supaya lebih nyaman dan tetap indah, coba gunakan bean bag sebagai sandaran duduk.

6. Karpet permadani untuk ruang tamu lesehan

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Untuk desain ruang tamu lesehan, gunakan karpet permadani sebagai alas lantai sekaligus memperindah interior ruangan.

Jangan lupa sediakan bantal-bantal empuk dan meja kopi kecil untuk menyajikan kudapan dan minuman.

7. Ruang tamu minimalis lesehan ala Jepang

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Konsep ruang tamu lesehan memang sangat terkenal di Jepang. Ruang tamu lesehan ala jepang terkesan sangat simple dan minimalis.

Cukup gunakan meja kayu dan bantal-bantal kecil sebagai alas duduk. Supaya lebih terasa suasana oriental jepang, gunakan material kayu untuk lantai dan plafon ruangan.

8. Colorful dengan karpet yang eye catching

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Karpet tidak hanya berfungsi sebagai alas duduk saja lho, tetapi juga bisa memperindah dan menambah estetika ruangan.

Untuk itu, pilihlah karpet lantai dengan warna-warna cantik yang eye catching agar ruang tamu lesehan tidak terlihat monoton.

9. Ruang tamu lesehan ala bohemian

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Satu lagi konsep ruang tamu lesehan yang gak boleh kamu lewatkan yaitu konsep ala bohemian.

Untuk konsep ini, kamu harus memilih karpet yang warnanya nyentrik seperti merah, kuning, dan hijau.

Jangan ragu mengkombinasikan warna dan motif yang berbeda-beda, karena semakin banyak justru akan terlihat semakin bergaya.

10. Playfull dengan ayunan gantung

Ruang tamu lesehan minimalis
pinterest.com

Penataan ruang tamu dengan konsep lesehan juga bisa merangkap fungsinya menjadi ruang santai.

Kalau kamu ingin memaksimalkan fungsi tersebut, kamu bisa memasang ayunan gantung dengan tambahan dekorasi yang cantik.

Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3 x 3

Memiliki ruang tamu minimalis dengan ukuran 3 x 3 tidak akan menjadi halangan untuk mendesain ruang tamu menjadi indah dan menawan.

Berbagai teknik penataan yang tepat bisa dilakukan agar ruang tamu yang berukuran kecil tersebut terlihat lebih luas serta nyaman ditinggali.

Memilih warna dinding dan sofa yang tepat dan serasi sangat dianjurkan agar ruang tamu terlihat indah. Untuk dinding dengan warna cokelat maka Anda bisa memilih sofa dengan warna yang lebih gelap, seperti hitam atau cokelat tua.

Konsep pencahayaannya juga harus diperhatikan dengan cermat dan terukur agar mampu menerangi setiap sudut ruangan, namun tidak menyebabkan silau.

Pencahayaan yang tepat akan membuat ruang tamu ukuran 3 x 3 yang Anda miliki terlihat begitu menawan.

Anda juga bisa menambahkan lukisan yang sesuai serta lampu hiasan untuk menjadikan ruangan lebih hidup. Pasanglah lukisan dengan jumlah secukupnya saja agar ruangan terlihat manis saat dilihat.

Untuk ruang tamu minimalis ukuran 3 x 3 Anda bisa menerapkan konsep klasik agar terlihat lebih unik dan menarik.

1. Ruang tamu 3×3 ala skandinavia

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Memiliki style yang sangat mudah diikuti, desain ala skandinavia ini mengedepankan tampilan ruangan yang rapi dan minimalis.

Gaya ini pun bisa diterapkan pada ruang tamu 3×3 milikmu. Dengan gaya skandinavia ini, ruang tamu minimalismu akan terlihat lapang dan gak membosankan.

2. Desain monokrom

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Dengan meja bundar berwarna putih dan sofa hitam, desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3 milikmu akan tampak sederhana namun elegan.

Unsur monokrom ini bisa kamu aplikasikan pada tirai, karpet, sarung bantal, bahkan hiasan-hiasan dinding yang digunakan.

3. Konsep natural dengan elemen kayu

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Ciptakan suasana yang natural dan lebih hangat pada ruang tamu minimalis ukuran 3×3 menggunakan elemen kayu.

Kamu bisa gunakan meja kayu, sofa kayu, pajangan kayu, dan lantai bermaterial kayu. Agar senada, pilih warna-warna yang lembut seperti putih dan coklat susu.

4. Ruang tamu 3×3 ala shabby chic

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Ingin sesuatu yang berbeda untuk ruang tamu mungilmu, coba deh terapkan desain bergaya shabby chic yang cantik ini.

Cukup gunakan perabot dan dekorasi berwarna pastel dengan perpaduan motif floral. Untuk mempertegas kesan shabby chic, gunakan furniture lama yang antik dan unik.

5. Desain ruang tamu 3×3 yang penuh warna

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Desain ruang tamu yang satu ini menerapkan konsep penuh warna dengan motif ceria yang berhasil membawa atmosfer baru pada ruang tamu ukuran 3×3.

Tanpa mengurangi kesan minimalis, sofa dan bantal warna-warni serta karpet bermotif unik digunakan untuk memperindah ruang tamu ini.

6. Ruang tamu 3×3 simple minimalis

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Kalau kamu lebih mengutamakan kenyamanan pada ruang tamu minimalis ukuran 3×3, cukup gunakan furniture yang penting saja.

Tidak perlu menggunakan banyak dekorasi, kamu cukup bermain pada kombinasi warna serta motif pada karpet dan bantal sofa.

7. Desain ruang tamu 3×3 modern minimalis

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Minimalis selalu identik dengan gaya modern. Begitupun dengan desain ruang tamu ukuran 3×3 yang satu ini.

Didominasi oleh warna monokromatik seperti hitam dan putih, ruang tamu ini tampil modern namun tetap minimalis dan nggak berlebihan.

8. Elemen vintage untuk desain ruang tamu minimalis 3×3

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Ciptakan ruang tamu minimalis ukuran 3×3 yang lebih cantik menggunakan elemen vintage berupa sofa bermotif.

Selain sofa bermotif, kamu juga bisa gunakan furniture lama dan dekorasi antik untuk mempertegas kesan vintage yang ingin dimunculkan.

9. Desain floral klasik

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3 yang satu ini mengusung elemen klasik seperti bantal bermotif floral, lukisan tua, dan dekorasi lainnya.

Tidak hanya menciptakan kesan modern pada ruang tamu 3×3, desain klasik yang ditata dengan benar juga mampu menghidupkan suasana.

10. Tampil sederhana dengan desain ruang tamu 3×3

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3x3
pinterest.com

Desain ruang tamu yang satu ini benar-benar mengusung prinsip minimalis dengan baik.

Tidak berlebihan dan tampil seadanya, desain ruang tamu ukuran 3×3 ini lebih mengutamakan kenyamanan dengan tambahan hiasan pohon yang terlihat sejuk dimata.

Interior Ruang Tamu Minimalis

Penataan interior ruang tamu minimalis memang harus diperhatikan dengan cermat agar ruang tamu terlihat indah dan nyaman saat ditempati.

Saat ini konsep interior ruang tamu minimalis yang paling banyak diminati adalah konsep modern dan mewah.

Dengan menerapkan kedua konsep ini ruang tamu yang berukuran kecil menjadi lebih istimewa dan menarik.

Dengan menerapkan penataan yang pas maka ruang tamu minimalis akan terlihat lebih luas, sehingga membuat nyaman saat digunakan.

Selain menerapkan desain interior yang pas, Anda juga harus memperhatikan pula hiasan dinding dan pencahayaan yang digunakan.

Pasang hiasan dinding secukupnya dengan warna-warna yang sesuai dengan  warna dinding.

Pencahayaan juga harus diatur sedemikian rupa agar ruang tamu menjadi nyaman, indah, dan modern.

Desain interior ruang tamu minimalis harus diatur sedemikian rupa agar rapi dan teratur.

Warna sofa dan lantai juga harus diperhatikan agar terlihat serasi dan menunjang keindahan dari ruang tamu minimalis yang Anda miliki.

Selain memiliki pencahayaan dan pewarnaan yang seimbang, Anda juga harus meletakkan hiasan dinding serta lampu yang unik agar menambah keindahan dari ruang tamu minimalis.

Ruangan dengan ukuran yang kecil sekalipun jika ditata sedemikian rupa dengan maksimal maka akan menjadi ruangan yang indah dan serasi.

Memilih sofa yang terbuat dari kayu juga bisa menjadi pilihan yang tepat agar konsep klasik semakin menonjol. Anda juga bisa menambahkan alas karpet yang lembut dan nyaman sebagai pijakan saat ada tamu yang datang.

Untuk memiliki ruang tamu minimalis yang terlihat modern pastinya harus menerapkan teknik-teknik  tertentu.

Baik itu, dari pemilihan sofa, warna cat dinding, warna lantai, pencahayaan, lukisan dinding, serta aksesoris lainnya.

Berikut ini merupakan tips mengaplikasikan desain interior ruang tamu minimalis :

  • Sofa Ruang Tamu

Sofa pada ruang tamu minimalis harus ditata sedemikian rupa agar terlihat rapi dan indah. Untuk konsep ruangan sempit Anda bisa menatanya menjadi letter L dengan meja di tengahnya.

Konsep ini akan membuat ruangan yang sempit menjadi terlihat lebih luas.

  • Lampu Hias

Fungsi utama lampu hias selain sebagai pencahayaan adalah menjadikan ruang tamu terlihat lebih cantik.

Dalam memilih lampu hias sebaiknya sesuaikan dengan cat dinding, tingkat pencahayaan, penempatan lampu, ukuran lampu, hingga bentuk lampu hias.

  • Warna Cat Dinding

Warna cat dinding harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh agar ruang tamu terlihat cantik.

Warna cat dinding bisa disesuaikan dengan warna sofa dan furniture lainnya yang ada di ruang tamu.

Warna sofa dan furniture lain yang ada di ruang tamu akan menjadi perpaduan warna yang saling melengkapi agar terlihat lebih indah.

Dalam memilih cat dinding sebaiknya pilih yang berwarna cerah agar ruangan terlihat lebih luas.

Memilih warna yang gelap tidak dianjurkan, karena ruangan akan terlihat lebih sempit dan kurang baik untuk perkembangan psikologi jangka panjang.

Cat dinding dengan warna putih atau krem lebih dianjurkan, karena ruangan terlihat lebih luas. Selain itu, kedua warna tadi memberikan kesan ceria dan terang terhadap ruang tamu minimalis yang Anda miliki.

  • Wallpaper Dinding

Anda juga harus memilih wallpaper dinding yang tepat untuk ruang tamu minimalis agar terlihat lebih elegan. Wallpaper dinding yang dipilih bisa tanpa motif ataupun yang bermotif, sesuaikan dengan selera masing-masing.

  • Hiasan Dinding

Memasang hiasan dinding akan membuat ruang tamu minimalis yang Anda miliki menjadi lebih indah dan menarik.

Hiasan dinding yang dipasang bisa buatan sendiri ataupun dengan membelinya di toko hiasan dinding.

Adapun jenis hiasan dinding yang bisa digunakan seperti bunga-bunga dari kertas, tanaman dalam pot kecil, lukisan atau gambar yang diberi bingkai.

Dalam memasang hiasan dinding sebaiknya tidak terlalu berlebihan, karena ruangan akan terlihat sempit dan berantakan.

Gunakan hiasan dinding sewajarnya saja. Anda juga bisa menambahkan cermin yang besar agar ruangan terlihat lebih luas dari ruangan aslinya.

  • Masukkan Perabotan Ke Lemari

Jika Anda memiliki perabotan di ruang tamu sebaiknya masukkan ke dalam lemari.

Dengan begitu maka ruangan akan terlihat rapi dan jauh dari kesan berantakan.

Perabotan yang berada di luar lemari akan membuat ruang tamu menjadi terlihat sempit serta berantakan.

Demikianlah beberapa desain ruang tamu minimalis beserta teknik desain ruang tamu minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah.

Dengan mempelajari desain ruang tamu minimalis terlebih dahulu, maka Anda akan lebih mudah menentukan desain ruang tamu minimalis mana yang akan digunakan.

Semoga informasi tentang desain ruang tamu minimalis di atas bermanfaat untuk Anda semua.

Bagas Kurnia Prastyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat. Selamat membaca !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten ini dilindungi !!