Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Desain Rooftop

2 min read

Desain Rooftop

Rooftop menjadi salah satu bagian rumah yang mulai diperhatikan, khususnya pada rumah bergaya modern minimalis. Pasalnya, Rooftop bisa digunakan sebagai area multifungsi, seperti tempat menjemur pakaian, tempat untuk berkebun, atau bahkan tempat bersantai yang nyaman untuk keluarga.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyulap rooftop menjadi area outdoor yang nyaman. Asalkan rancanganya tepat, memaksimalkan area rooftop di rumah minimalis bukanlah suatu masalah. Bahkan, kamu bisa merombaknya sendiri dengan mengikuti inspirasi desain rooftop berikut ini.

10 Desain Rooftop yang Nyaman dan Cantik

1. Desain rooftop sederhana ala lesehan

Desain rooftop sederhana ala lesehan

Desain rooftop yang pertama sangat cocok diterapkan pada rumah kecil yang tidak terlalu luas. Alih-alih menggunakan sofa atau kursi, kamu bisa menyulap rooftop menjadi area nongkrong lesehan yang estetik seperti contoh di atas.

Siapkan beberapa bantalan duduk atau beanbag, serta meja kecil untuk tempat menaruh cemilan. Sebagai alas, kamu bisa pasang karpet hijau yang menyerupai rumput dan tambahkan juga tanaman hias untuk menyejukan suasana.

2. Desain rooftop minimalis anti ribet

Desain rooftop minimalis anti ribet

Jika kamu ingin desain rooftop minimalis anti ribet namun tetap nyaman dan estetik, kamu pasti suka dengan inspirasi desain yang satu ini. Tak perlu banyak perabotan, cukup hadirkan sepasang sofa dan meja minimalis berwarna putih.

Untuk melindungi dari sinar matahari, cukup bangun atap pelindung atau pargola kayu yang diperkuat dengan dinding kawat dan tanaman merambat untuk membuat suasana lebih rindang, sejuk dan nyaman.

3. Desain rooftop yang asri dengan taman

Desain rooftop yang asri dengan taman

Desain rooftop ini cocok untuk kamu yang suka berkebun atau menanam bunga. Kamu bisa menyulap atap rumah menjadi rooftop garden yang sejuk dan asri. Mulai dari tanaman hias dalam pot, bunga-bunga cantik, hingga sayuran hijau bisa menjadi dekorasi rooftop rumahmu.

Untuk menciptakan kesan yang lebih alami dan natural, gunakan deck kayu sebagai lantai rooftop dan area terbuka yang ditumbuhi rumput. Jangan lupa letakan meja dan kursi taman yang cantik untuk duduk santai bersama keluarga.

4. Desain rooftop sederhana yang mungil

Desain rooftop sederhana yang mungil

Dengan mengusung aksen natural yang alami, rooftop mungil ini terlihat sangat nyaman dan estetik meskipun dekorasinya sederhana. Semuanya terbuat dari kayu, mulai dari dinding kayu, lantai kayu, hingga bangku kayu yang permanen.

Penambahan taman kecil di kedua sisi membuat rooftop mungil ini semakin cantik. Supaya lebih multifungsi, kamu juga bisa menambahkan meja dan kursi taman minimalis.

5. Desain rooftop dengan tenda kain

Desain rooftop dengan tenda kain

Mendesain area rooftop dengan dek kayu dapat membuat suasana berkumpul lebih akrab untuk pemilik rumah dan keluarga. Ditambah dengan dudukan sofa yang nyaman membuat orang lebih santai dan semakin betah disana.

Untuk melindungi dari paparan sinar matahari, kamu bisa memasang tenda kain di atas area sofa. Selain hemat budget, dekorasi kain ini juga tampak lebih estetik dipandang mata.

6. Desain rooftop dengan atap kanopi

Desain rooftop dengan atap kanopi

Cantik dan manis, itulah kesan yang pertama kali didapat saat melihat desain rooftop yang satu ini. Perpaduan warna putih dan biru lembut menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.

Ditambah dengan atap kanopi yang menaungi area sofa membuat suasana tetap teduh di kala terik matahari. Tak perlu menambah dekorasi yang berlebihan, kamu hanya perlu menambahkan bunga-bunga dan tanaman hijau agar terlihat fresh dan sejuk.

7. Desain rooftop minimalis dengan jacuzzi

Desain rooftop minimalis dengan jacuzzi

Rooftop bisa disulap menjadi area multifungsi. Tak hanya menjadi tempat berkumpul dan bersantai, rooftop juga bisa menjadi tempat relaksasi dengan menambahkan bak berendam jacuzzi.

Dengan adanya jacuzzi, penghuni rumah dapat menenangkan diri sambil melihat pemandangan yang indah dari atap rumah. Ditambah dengan pencahayaan yang tepat membuat suasana semakin romantis dan hangat.

8. Desain rooftop ala rumah korea

Desain rooftop ala rumah korea

Jika suka menonton drama korea, kamu pasti pernah melihat scene yang menunjukan rooftop mereka. Dengan luas yang tidak seberapa, kamu bisa mendekorasi rooftop menjadi tempat yang romantis dan hangat seperti di atas.

Tak hanya nyaman, tapi juga mewah. Kamu bisa memasang set sofa modern dan sepasang kursi outdoor untuk bersantai. Dekorasi lampu-lampu gantung membuat suasana semakin hangat dan cantik di malam hari.

9. Desain rooftop sebagai ruang makan dan dapur outdoor

Desain rooftop sebagai ruang makan dan dapur outdoor

Salah satu desain rooftop paling kreatif adalah memasang dapur terbuka lengkap dengan area makan di rooftop. Ini adalah pilihan terbaik untuk menikmati pengalaman memasak yang menyenangkan bersama keluarga.

Karena letaknya di atap, jadi semua furniture dan peralatan memasak harus merupakan furniture outdoor yang tahan terhadap paparan sinar matahari serta aman ketika hujan.

10. Desain rooftop dengan kolam renang minimalis

Desain rooftop dengan kolam renang minimalis

Tak puas dengan jacuzzi? Kamu bisa membuat kolam renang minimalis di rooftop seperti contoh desain yang satu ini. Kamu bisa berenang sambil menikmati pemandangan yang cantik di malam hari.

Supaya privasi tetap terjaga, kamu bisa memasang tembok atau dinding kaca. Jangan lupa tambahkan beberapa outdoor lounge chair untuk menjadi tempat duduk santai bersama pasangan.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :
                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *