Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Bunga Aglonema

6 min read

Bunga Aglonema

Bunga aglonema merupakan jenis tanaman yang belakangan ini menjadi buruan para pecinta tanaman hias. Kebanyakan orang-orang mengaku sudah cukup jatuh hati untuk memiliki aglonema. Maka dari itu, tanaman hias ini dijadikan koleksi yang memiliki keindahan tersendiri.

Daya tarik yang utama dari tanaman ini ada pada daun-daun cantiknya. Jika ditempatkan di dalam ruangan, maka aglonema akan memberikan impresi tersendiri bagi setiap mata yang memandangnya. Bahkan tanaman hias ini juga sudah banyak dijumpai di daratan Eropa dan Amerika Serikat.

11 Jenis Bunga Aglonema yang Populer di Indonesia

Aglonema merupakan jenis tanaman yang diyakini berasal dari Asia dan menyebar sampai ke China Selatan, Thailand, Birma hingga Indonesia. Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Araceae ini juga memiliki varian begitu beragam seperti:

1. Aglonema Pride of Sumatera

Aglonema Pride of Sumatera

Sedikit lebih murah daripada aglonema bidadari, namun tidak membuat keindahan aglonema pride of Sumatera berkurang. Jenis aglonema ini merupakan yang pertama sebagai aglonema dengan warna merah memukau. Aglonema ini sudah terkenal sejak tahun 1993. Mungkin sebelum kamu lahir.

Walaupun sudah terkenal sejak lama, namun tidak membuat popularitas aglonema pride of Sumatera berkurang. Secara keseluruhan bentuk aglonema ini mempunyai daun yang kompak elips memanjang sempurna. Kemudian pada bagian tangkainya berwarna pink dengan bercak hijau gelap.

Selain berwarna hijau gelap, bercak tersebut juga ada yang berawarna pink maupun menrah menyala. Kamu bisa mendapatkan aglonema ini dengan harga berkisar dari Rp.95.000,00 saja. Tanaman hias ini seringkali disebut sebagai si cantik yang memiliki warna merah menyala terang.

2. Aglonema Bidadari

Aglonema Bidadari

Jika berbicara tentang aglonema termahal, tentu kamu harus berkenalan dengan aglonema bidadari terlebih dahulu. Kemahalan dari varian aglonema ini tidak lain karena kombinasi warna daunnya yang begitu cantik dan menawan. Harganya berkisar mulai dari Rp.100.000,00.

Kombinasi warna dari aglonema bidadari di antaranya jingga, pink, hijau hingga kuning. Kemudian bagian tangkainya yang menjadi penopang biasanya memiliki warna merah muda dengan bagian ujungnya tumbuh berbagai macam bercak-bercak hijau. Pastinya membuat siapa saja akan terpesona melihatnya.

Wajar sekali rasanya jika tanaman ini disebut sebagai aglonema bidadari karena terlihat amat cantik. Kamu bisa meletakkan aglonema di ruang kerjamu atau interior rumah sebagai hiasan. Apalagi jika kamu mau menambahkan ornamen lampu neon. Pastinya akan sangat terlihat begitu memukau.

3. Aglonema Red Ruby

Aglonema Red Ruby

Aglonema red ruby juga bisa menjadi alternatif pilihanmu untuk menjadi hiasan interior maupun eksterior rumah. Disebut sebagai red rubby karena tanaman hias ini hanya memiliki sedikit saja warna hijau dan cenderung didominasi dengan warna merah pada bagian daunnya.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias yang bisa berumur panjang. Tanaman ini juga mampu untuk mempertahankan kesegaran daunnya selama kurun waktu bertahun-tahun lamanya.Tentu saja bunga ini akan memberikan penampilan yang begitu sempurna bagi rumahmu.

Tanaman aglonema dengan kisaran harga sekitar Rp.90.000,00 ini mempunyai cara perawatan yang begitu mudah. Agar bisa tumbuh dengan optimal, maka kamu perlu memberikannya pupuk sebanyak dua minggu sekali. Lakukan penyiraman setidaknya sehari sekali agar daun aglonema tidak menjadi kering.

4. Aglonema Adelia

Aglonema Adelia

Mendengar namanya saja sudah sangat cantik. Benar begitu, bukan? Aglonema adelia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang juga memiliki warna merah. Tahukah kamu bahwa penamaan tanaman ini diambil dari salah seorang kolektor tanaman hias dari Manila bernama Adelia Angeles.

Jenis tanaman ini mempunyai bentuk daun yang relatif besar, mengkilap sekaligus mempesona. Hal ini diperoleh tentu saja karena adanya kombinasi dominan warna merah dan hijau yang begitu intens. Menariknya, aglonema adelia bisa tumbuh mencapai ukuran 30 sentimeter. Bisa kamu bayang?

Pertumbuhan ini bisa terjadi jika memakai tanah subur. Jangan lupa tempatkan tanaman ini di tempat semi panas dan tidak langsung terpapar sinar matahari. Lakukan juga penyiraman tanaman secara rutin agar tanaman tetap tumbuh baik. Harga tanaman ini cuma 60 ribuan saja. Sangat terjangkau, bukan?

5. Aglonema Moonlight

Aglonema Moonlight

Aglonema moonlight menjadi salah satu jenis aglonema terbaik dan terfavorit yang ada di Indonesia. Kebanyakan orang menyukai tanaman ini karena mempunyai tampilan yang begitu ideal. Terlebih pada bagian daun yang membulat cekung layaknya mangkok.

Corak tanaman ini juga begitu khas dengan adanya tulang daun yang berwarna merah. Karena keindahan yang dimilikinya membuat aglonema ini termasuk jenis tanaman cukup mahal. Harga belinya saja setara dengan aglonema bidadari yaitu Rp.100.000,00.

Aglonema moonlight sebetulnya punya begitu banyak varian yang semuanya sama-sama indah dan berkarakter. Jenis-jenis aglonema moonlight di antaranya aglonema moonlight merah, moonlight gerhana, moonlight serat emas serta moonlight bay.

6. Aglonema Lipstik (Siam Aurora)

Aglonema Lipstik (Siam Aurora)

Dikenal sebagai aglonema yang murah meriah, tidak lantas membuat aglonema lipstik kalah pamor dengan jenis bunga aglonema lainnya. Namun, apakah kamu sudah tahu mengapa tanaman ini disebut sebagai aglonema lipstik? Nampaknya kamu akan merasa bingung dengan julukan ini.

Ya, tentu saja karena tanaman ini memiliki tepian daun berwarna merah seperti lisptik pada umumnya. Aglonema yang bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp.25.000,00 saja ini mempunyai daun berwarna merah yang kemudian dipertegas dengan warna hijau daun amat mengkilap dan mempesona.

Selain itu, bentuk daunnya meruncing ke bawah sehingga menambah nilai cantik dari tanaman hias ini. Jika kamu mau memiliki tanaman aglonema lipstik dengan warna merah menyala, maka cobalah sinari tanamanmu dengan pencahayaan matahari cukup. Jangan terpapar secara langsung, ya.

7. Aglonema Claudia

Aglonema Claudia

Ini adalah jenis aglonema yang kerap disebut sebagai si pucat. Hal ini karena aglonema claudia mempunyai bentuk permukaan daun berwarna hijau pucat dan cenderung hijau kekuningan. Struktur daunnya sangat rapih dengan penyebaran yang begitu merata. Komposisinya juga sangat teratur sempurna.

Aglonema yang asli berasal dari Thailand ini umum diletakkan di dekat jendela. Hal ini akan membuat pemandangan sekitar kian cantik dan menenangkan. Perawatan tanaman hias ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu rutin melakukan penyiraman setiap hari dan pemupukan sekitar sebulan sekali.

Walaupun tergolong memiliki warna sederhana, akan tetapi persoalan harga tentu akan membuatmu berdecak kagum. Harga bunga aglonema ini bisa mencapai Rp.135.000,00. Sehingga jenis aglonema ini seringkali disebut sebagai tanaman hias aglonema termahal. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

8. Tanaman Aglonema Legacy

Tanaman Aglonema Legacy

Pasti kamu pernah melihat bunga aglonema ini. Aglonema legacy merupakan jenis tanaman yang paling sering dijumpai dimana-mana karena bisa tumbuh dengan sangat mudah. Walaupun demikian, harganya termasuk mahal. Untuk memilikinya, kamu bisa merogoh kocek sampai Rp.95.000,00.

Aglonema legacy merupakan jenis aglonema yang mempunyai daun berwarna hijau cenderung kuning dengan adanya bercak hijau merata ke seluruh permukaan daun. Di samping itu, bentuk daunnya juga merucing di ujung. Keunikan lainnya dari aglonema ini ialah daunnya dibatasi oleh tulang daun merah.

Jenis aglonema yang cukup banyak dicari ini akan sangat cantik dijadikan sebagai pemanis eksterior hunian. Bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai tanaman hias untuk interior rumah. Kalau kamu punya balkon, maka taruh saja tanaman ini disana. Dijamin rumahmu akan terlihat semakin asri.

9. Aglonema Cinta

Aglonema Cinta

Mendengar namanya saja tentu bisa membuat hatimu berbunga-bunga. Terlebih saat kamu tahu betapa cantiknya bentuk tanaman ini. Pasti kamu langsung sepakat kalau tanaman ini menjadi favorit para pecinta tanaman hias. Terlebih kaum wanita yang ingin menghias rumah dengan begitu indah.

Warna daun aglonema cinta merupakan perpaduan antara warna oranye, pink, hijau dan kuning yang semuanya serba oriental. Karena ada unsur serba pink tersebut, maka tanaman ini sering disebut sebagai tanaman tanda cinta kasih yang sangat menawan hati.

Aglonema bisa tahan terhadap suhu ruangan. Hal ini menjadikan tanaman hias ini kerap diletakkan di dalam ruangan sebagai pemanis interior. Kamu bisa menanamnya sendiri secara praktis tanpa perlu repot ini dan itu. Tahukah kamu kalau tanaman ini juga termasuk mahal. Harga jualnya saja berkisar 100 ribuan.

10. Aglonema Widuri

Aglonema Widuri

Mau memiliki tanaman aglonema dengan harga terjangkau? Coba saja pilih aglonema widuri. Harga belinya saja hanya berkisar Rp.75.000,00. Walaupun terbilang cukup terjangkau, namun keindahannya juga tidak kalah. Jika dilihat dari bentuknya, maka daya tarik utamanya ada pada bagian tulang daunnya.

Tulang daun aglonema widuri berwarna merah menyala. Helaian daunnya berwarna kekuningan dengan bercak hijau yang relatif sedikit. Di samping itu, beberapa aglonema widuri juga memiliki spot hijau yang lebar dengan dominasi warna pink. Tentunya terlihat sangat cantik dan memikat hati.

Bentuk daun aglonema widuri cenderung oval dengan permukaan justru terlihat cekung. Untuk membudidayakan tanaman ini sangatlah mudah. Bahkan tanaman ini diklaim bisa tumbuh dengan sangat cepat tanpa perlu perawatan ekstra dari pemiliknya.

11. Aglonema Red Kochin

Aglonema Red Kochin

Aglonema dengan karakteristik warna merah ini sangat banyak memiliki peminat. Tampilannya benar-benar cantik dan sangat mengagumkan. Warnanya yang cenderung menyala tersebut bisa dijadikan sebagai pemanis ruangan sehingga menjadikannya terlihat kian istimewa.

Daun tanaman ini hampir keseluruhannya berwarna  merah. Hanya tepiannya saja yang menyisakan warna hijau. Selain itu, tangkai tanaman ini juga relatif panjang sehingga terlihat menjuntai sangat cantik. Tidak heran jika tanaman hias ini juga sering disebut sebagai manee srisuk.

Varian aglonema red kochin juga sangat beragam. Mulai dari aglonema red kochin merapi, brown, tembaga, pink, paramruay hingga golden love. Umumnya jenis-jenis aglonema ini banyak dijumpai di tempat teduh. Saat menanam tanaman ini, kamu jangan sampai lupa rutin memberikannya kompos.

Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema

Agar bunga aglonema yang kamu miliki bisa tumbuh dengan subur dan bagus, maka kamu perlu merawatnya secara optimal. Walaupun perawatannya mudah karena tidak perlu pencahayaan alami, akan tetapi kamu mesti tetap memperhatikan hal-hal detail lainnya terkait perawatan aglonema ini.

1. Siapkan Media Tanah Terbaik

Media tanah sangat penting menjadi faktor bagus dan cantiknya tanaman aglonema yang kamu miliki. Untuk membudidayakan tanaman ini dengan baik, maka kamu perlu menyiapkan media tanah yang bagus dengan kriteria pH di antara 6 sampai 7.

Agar lebih mudah, kamu bisa mulai mencampurkan humus daun dengan pasir. Takaran yang kamu butuhkan untuk membuat media tanah terbaik ialah 3 : 1 antara humus daun dan pasir. Hal ini dimaksudkan agar tanah tidak terlalu keras.

2. Berikan Pupuk

Seluruh tanaman yang ditanam tentu membutuhkan pupuk agar bisa terus tumbuh dengan subur. Tanpa terkecuali aglonema. Aglonema membutuhkan nutrisi yang cukup lewat pupuk darimu. Kamu bisa memberikannya pupuk dalam waktu dua minggu secara rutin.

Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan pupuk terbaik untuk merawat tanaman aglonema yang dimiliki. misalnya, vitabloom, growmore, hyponex, gandasil D hingga NPK. Pilih mana yang menurutmu bagus untuk tanamanmu.

3. Penyiraman Tanaman

Terakhir yang tidak kalah penting ialah penyiraman tanaman. Lakukan penyiraman tanaman secara rutin setiap hari dengan takaran yang seimbang baik dari bentuk bibit bunga aglonema hingga menjadi tanaman. Penyiraman yang dilakukan setiap sekali sehari ini bertujuan agar tanah tetap bisa terus gembur.

Dengan demikian, maka tanaman aglonema yang kamu miliki bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Siramilah secara merata setiap hari. Saat perawatan yang kamu berikan optimal, tentu akan menjadikan tanamanmu terus tumbuh dengan sangat cantik. Kamu harus percaya ini!

Bunga aglonema tentu bisa menjadi pilihan tanaman hias terbaik yang layak kamu pertimbangkan.

Apalagi untuk dijadikan sebagai hiasan indoor maupun outdoor rumahmu. Kamu juga bisa membudidayaknnya agar memperoleh manfaat ekonomis dari tanaman tersebut.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

One Reply to “Bunga Aglonema”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *