Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Tanaman Indoor

8 min read

Tanaman Indoor

Menjelang hari raya tentu kamu ingin mempercantik tampilan rumah. Bukan hanya bagian outdoor saja yang terpenting, namun bagian indoor juga perlu. Untuk membuat tampilan indoor rumah berbeda, kamu juga bisa menggunakan tanaman indoor.

Tanaman seperti ini sangat banyak jenisnya dan pastinya bukan hanya sekedar bisa mempercantik tampilan dalam hunianmu, namun juga bisa menjadikan tampilan kian asri. Kamu tinggal pilih saja tanaman mana yang sesuai dengan tema hunianmu.

15 Tanaman Indoor yang Hits di Tahun 2021

Pusing memilih tanaman indoor mana yang cocok dengan tema rumahmu? Cobalah pilih beberapa dari rekomendasi berikut. Pilih mana yang menurutmu sesuai dengan tema indoor rumah untuk kamu terapkan nantinya. Pastinya akan membuat tampilan rumahmu kian cantik dan menawan.

1. Kadaka

Kadaka

Apakah kamu sudah pernah mendengar nama tanaman cantik ini? Mungkin kalau sudah melihat wujudnya, kamu akan manggut-manggut. Ya, kadaka bisa menjadi pilihan tanaman yang dijadikan hiasan untuk keperluan indoor rumahmu.

Kadaka merupakan jenis tanaman hias indoor yang mempunyai bentuk paku-pakuan dan bisa tumbuh dengan baik di lingkungan sejuk. Umumnya kadaka akan tumbuh dengan menempel kepada jenis tanaman lainnya. Walaupun demikian, kadaka tetap bisa ditempatkan di pot sendirian dengan baik.

Bentuknya yang begitu cantik tentunya akan membuat banyak orang merasa tertarik sekaligus penasaran. Sekilas bagian daun kadaka mirip lidah yakni menjulur ke semua arah. Saat menempatkan tanaman ini, pastikan jangan sampai langsung terkena sinar matahari langsung.

2. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Kamu pasti sudah tidak merasa asing dengan tanaman ini, bukan? Tanaman yang mempunyai nama lain yaitu sansevieria ini beberapa tahun belakang menjadi tren tanaman hias dengan banyak penggemar di seluruh Indonesia.

Selain cantik, lidah mertua ternyata juga gampang sekali dirawat sehingga seringkali disebut sebagai tanaman yang tahan banting. Jadi, sebagai pemiliknya kamu tidak perlu lagi meluangkan waktu cukup banyak guna bisa merawat tanaman ini dengan baik.

Bukan hanya mampu mempermanis tampilan indoor rumah saja, akan tetapi lidah mertua juga bisa memberikan jenis dampak bagus bagi kesehatan. Misalnya, sebagai pemasok oksigen, anti kanker hingga pembersih udara alami. Wajar jika lidah mertua juga dikenal sebagai tanaman indoor pembersih udara.

3. Monstera

Monstera

Melihat bentuknya, pasti kamu tidak akan merasa asing lagi dengan tanaman monstera. Dinamakan monstera bukan karena wujudnya mirip monster. Hanya saja tanaman ini mempunyai pertumbuhan yang cukup aneh dan tergolong tidak lazim layaknya tanaman lain secara umum.

Bagian tengah daunnya pasti berlubang sehingga nampak begitu aneh. Hal inilah yang membuat mosntera jauh lebih dikenal dengan nama janda bolong. Belakangan ini tanaman ini sedang mahal-mahalnya. Maka dari itu, kamu harus merawatnya dengan baik ketika memilikinya.

Bahkan kabar terakhir mengatakan bahwa harga tanaman ini mencapai 250 jutaan. Tidak hanya mampu mempermanis tampilan hunian, akan tetapi janda bolong juga bagus untuk memperbaiki kualitas udara sekaligus menyegarkan mata yang lelah. Selain itu, hunianmu akan terasa jauh lebih elegan dengan ini.

4. Philodenron

Philodenron

Tahukah kamu bahwa philodenron merupakan tanaman dengan jenis talas-talasan. Philodenron sendiri bisa berbentuk merambat maupun yang tidak merambat. Akan tetapi, belakangan ini yang menjadi favorit banyak orang justru philodenron yang tumbuh secara tidak merambat.

Tentunya tanaman ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untukmu. Pastinya ruangan rumahmu akan terasa kian manis dan benar-benar memukau. Tanaman ini juga begitu tahan terhadap AC dan tidak tahan dengan sinar matahari langsung. Maka dari itu, philodenron cocok sekali diletakkan di dalam rumah.

Jangan khawatir. Perawatan tanaman ini terbilang relatif mudah. Kamu bisa merawatnya tanpa perlu pusing. Menariknya, philodendron juga bagus untuk kesehatan. Misalnya, mengurangi polusi udara hingga sebagai tanaman anti kanker.

5. Bunga Mawar

Bunga Mawar

Kamu tentu kenal baik dengan bunga mawar, bukan? Ya, tanaman cantik ini bisa menjadi salah satu mood booster yang ditempatkan jika ditempatkan di dalam rumahmu. Saat kamu sedang badmood, maka cobalah lihat bunga mawar. Pastinya rasa kesal, lelah dan bosanmu akan menghilang seketika.

Mungkin kamu hanya tahu kalau bunga mawar bisa menjadi bunga tanda kasih sayang saja. Namun ternyata masih banyak kegunaan dari bunga ini. Pastinya yang utama adalah untuk melengkapi keindahan interior rumahmu dengan sangat sempurna.

Bahkan rumahmu akan terasa jauh lebih segar dan wangi. Selain itu, bunga mawar juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubu sehingga bisa tahan melawan berbagai macam ancaman penyakit berbahaya. Bagaimana menurutmu, sudah mau mencoba menanam bunga mawar di dalam rumah?

6. Lavender

Lavender

Selain mawar, kamu juga bisa coba menempatkan sebuah pot berisikan bunga lavender. Membayangkan aromanya saja sudah terasa kian syahdu dan menyenangkan. Apalagi jika kamu menempatkannya di lokasi yang tepat. Sudah wangi, cantik pula. Itulah mengapa banyak yang suka dengan bunga lavender.

Wangi yang dikeluarkan oleh bunga lavender sangat ampuh memberikan kesan rileks bagi orang-orang yang duduk di sekitarnya. Wajar sekali rasanya jika banyak pengharum ruangan hingga obat pengusur nyamuk dan serangga yang menggunakan aroma lavender sebagai wangi andalannya.

Tentunya akan sangat menarik jika memiliki tanamannya langsung daripada pembeli pengharum ruangan beraroma serupa, bukan? Tidak hanya mampu memiliki bunga yang indah saja, akan tetapi kamu juga bisa menghirupnya langsung dengan sangat tenang.

7. Anggrek

Anggrek

Anggrek dapat menjadi pilihan terbaik untuk tanaman hias yang ditempatkan di setiap sudut rumah. Warnanya yang cantik dengan jenis beragam tentu akan memberikan keindahan tersendiri ketika ditempatkan di dalam rumah. Contohnya, anggrek cattleya, dendrobium, tebu, bulan atau kasut kumis.

Pilih jenis anggrek mana yang menurutmu paling cocok ditempatkan di dalam rumah. Sesuaikan juga dengan tema ruangan, ya. Walaupun tidak sewangi mawar maupun geranium, akan tetapi keindahan anggrek sungguh tidak dapat disamakan dengan keindahan bunga hias lainnya.

Aromanya sangat khas begitupula dengan kecantikan yang dimilikinya. Kalau kamu suka anggrek dengan bentuk imut layaknya bayi yang memiliki kantung tidur, maka cobalah memiliki anggrek kasut kumis. Namun, jika kamu mau anggrek yang unik maka coba saja memiliki anggrek monyet.

8. Geranium

Geranium

Bagaimana jika kamu mencoba menempatkan sebuah pot berisikan bunga geranium? Bunga yang mempunyai aroma serupa dengan mawar ini juga sangat menarik untuk mempermanis tampilan rumahmu. Tentunya kamu harus coba memilikinya sekarang juga!

Jenis tanaman indoor yang kerap dijadikan sebagai bahan utama pembuatan parrfum ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghias interior rumahmu dengan sangat ciamik! Ruanganmu akan terasa kian wangi secara alami dengan adanya bunga geranium.

Siapa saja yang datang dan singgah di dekat bunga tersebut, maka akan merasa begitu nyaman dan cukup tenang. Jadi, selain terlihat cantik, ruanganmu juga bisa kian rileks. Coba tempatkan di ruang tamu, ruang menonton TV hingga kamar pribadimu dan rasakan betapa menyenangkannya memiliki geranium.

9. English Ivy

English Ivy

Namanya saja sudah keren, bagaimana dengan bentuk aslinya? English ivy pastinya sangat bagus untuk memperindah interior rumahmu. Pastinya akan membuatmu semakin rileks dan tenang ketika melihat bunga ini ada di dalam rumah.

Dengan menempatkan bunga ini di dalam ruangan, maka juga akan membuat ruangan di dalam rumahmu kian bersih dan terjaga kualitas udaranya. Kamu bisa menempatkannya secara menggantung maupun di pot biasa yang diletakkan di atas meja. Wajar jika English ivy juga dikenal sebagai tanaman gantung.

Tanaman asli dari daratan Eropa dan Asia Barat ini akan memberikan nuansa tersendiri bagi interior rumahmu. Di samping itu, tanaman cantik ini juga berkhasiat untuk berbagai macam keperluan kesehatan. Misalnya, antioksidan, anti peradangan, membantu meredakan batuk dan masih banyak lagi manfaatnya.

10. Lily

Lily

Lily merupakan bunga berwarna putih yang terlihat begitu cantik dan anggun. Saat melihatnya dijamin akan membuat siapapun merasa tertarik. Hal ini membuat Lily sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk mempermanis tampilan rumahmu dengan sangat baik.

Bukan hanya bentuknya saja yang terlihat cantik sekaligus khas bak lonceng saja, melainkan juga aromanya yang tiada duanya. Sadar atau tidak aroma bunga lily bisa membuat moodmu membaik. Bahkan rasa lelah seharianamu bisa sirna setelah berkegiatan di luar ruangan.

Bunga lily juga sangat bagus untuk kesehatan. Selain bisa menjadi hiasan rumahmu, lily juga dapat kamu pakai untuk meredakan demam, proses regenerasi kulit, memperbaiki kesehatan mental, obat mata, mengobati saluran kandung kemih yang terkena infeksi hingga obat amandel yang alami.

11. Pappermint

Pappermint

Sebagian dari kamu pasti tahu kalau pappermint sangat bagus dijadikan hias makanan maupun minuman. Namun, tahukah kamu kalau pappermint juga sangat cantik dijadikan tanaman hias dalam ruangan sekaligus menjadi pengusir serangga pengganggu yang ada di dalam rumahmu.

Seperti halnya laba-laba. Laba-laba sangat benci pappermint dan tanaman lain yang berbau menyengat. Tempatkan saja pappermint di dalam pot kecil dan taruh di sejumlah sudut di dalam ruanganmu. Selain bisa menyimpannya sebagai tanaman hias, kamu juga boleh mengambilnya untuk menu masakanmu.

Saat dipakai untuk hidangan, pappermint bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya, mengatasi permasalahan kulit, melegakan pernapasan, mengatasi adanya gangguan pencernaan, merawat kerusakan rambut hingga menjaga kesehatan mulut. Jadi, apakah kamu tertarik?

12. Marigold

Marigold

Ingin punya tanaman indoor yang juga bisa dijadikan sebagai tanaman pengusir hewan pengganggu? Coba saja tempatkan marigold di dalam rumahmu. Walaupun mempunyai tampilan yang sangat cantik dengan kelopak bunga kuning merekah, akan tetapi aromanya cukup menyengat cenderung kurang sedap.

Aroma yang dikeluarkan oleh marigold rupanya sangat ampuh untuk mengusir laba-laba maupun serangga pengganggu lainnya. Cocok sekali bagi kamu yang benci dengan serangga. Tempatkan saja marigold di rumahmu untuk membuatmu tetap nyaman bersantai.

Kamu bisa meletakkan marigold di jendela maupun ventilasi. Tanaman asal Amerika ini seringkali disebut sebagai bunga tahi ayam, randa, kenikir, ades atau kencana jika disebut oleh orang-orang Indonesia. Bagusnya lagi, marigold juga bisa mengobati masalah menstruasi serta menopause dengan sangat baik.

13. Pennyroyal

Pennyroyal

Jika kamu mau punya tanaman hias yang terbilang unik dan berbeda dari lainnya, maka cobalah untuk menempatkan pennyroyal di dalam rumahmu. Tanaman ini memang masih sangat jarang dijumpai di daratan Asia. Jenis tanaman perdu dengan aroma layaknya mint ini ternyata memiliki tampilan indah.

Karena baunya yang sangat menyengat, wajar saja jika tanaman ini sangat dibenci oleh laba-laba dan beberapa serangga lainnya. Bahkan termasuk nyamuk. Jadi, kamu bisa coba menempatkan pennyroyal di dalam rumahmu untuk mencegah datangnya penyakit DBD, malaria dan sebagainya.

Kamu bisa coba tempatkan pennyroyal di jendela maupun fentilasi rumahmu untuk mengusir berbagai macam serangga pengganggu. Selain untuk hiasan dan pengusir serangga, ternyata pennyroyal juga baik untuk obat pencernaan, relaksasi ototo, perawatan kulit, teh hingga obat topikal.

14. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Wujudnya yang cantik tentu membuat lidah buaya juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias untuk memperindah tampilan rumahmu. Selain cantik, lidah buaya juga gampang sekali ditanam dan diurus. Tentu saja tidak akan membuatmu repot apalagi cemas memperhatikan pertumbuhannya.

Apalagi jika mengingat bahwa lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan, tentunya akan membuat kamu tidak perlu berpikir dua kali untuk menanamnya. Lidah buaya sangat bagus untuk mengatasi kulit kering karena mempunyai kandungan vitamin A, C dan E yang cukup banyak di dalamnya.

Selain itu, lidah buaya juga ampuh menghilangkan jerawat sampai 35%. Wajar rasanya jika lidah buaya menjadi favorit para wanita Indonesia. Lidah buaya juga bisa dipakai untuk membersihkan make up, khususnya bagi pemilik kulit sensitif sehingga hasilnya tidak akan membuat kulit menjadi iritasi.

15. Citrus

Citrus

Pilihan terakhir untuk tanaman hias dalam rumahmu adalah citrus. Tanaman kategori citrus yang bisa ditanaman untuk hiasan interior rumahmu di antaranya jeruk maupun lemon. Pilih saja yang menurutmu paling digemari. Kamu juga bisa menanam jeruk nipis di dalam pot mini untuk diletakkan di dalam rumah.

Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman citrus tentunya akan mampu mengusir serangga yang coba mengganggumu. Kamu pasti sering mendengar penyemprot ruangan yang memiliki aroma jeruk dan sejenisnya, bukan? Banyak merk pengharum ruangan menggunakan citrus sebagai wnagi andalannya.

Tanaman citrus ternyata juga cukup bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya, untuk mengurangi risiko batu ginjal, mencegah kanker pencernaan, menyerap zat besi secara maksimal, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, memperkuat sistem kekebalan tubuhmu, melawan keriput hingga mengurangi perut kembung.

Cara Merawat Tanaman Indoor yang Benar

Tanaman hias dalam ruangan memang sangat cantik dan begitu beragam variasinya. Kamu cukup pilih saja yang mana menurutmu bagus dan ingin dijadikan hiasan interior rumahmu. Selain itu, jangan lupa memberikan perawatan yang baik.

Merawat tanaman semacam ini memang gampang-gampang susah. Kamu harus benar-benar mulai memperhatikan bagaimana cara merawat tanaman indoor dengan seksama. Berikut merupakan tata cara merawat sekaligus mengurus tanaman hias tersebut dengan baik yang perlu kamu terapkan.

1. Lakukan Pemupukan Tanaman Indoor

Lakukan Pemupukan Tanaman Indoor

Pemupukan tanaman sangat penting untuk tetap bisa menjaga kualitas tanah dan tanaman hias tersebut. Jangan lupa pilih pupuk yang mempunyai kandungan fosfor, kalium serta nitrogen seimbang. Jadi, tidak disarankan untuk asal dalam memilih pupuk, ya.

Kalium, nitrogen dan fosfor yang seimbang pastinya sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan bagian batang, akar hingga daun tanaman hiasmu. Kalau kamu menemukan daun yang mulai menguning, maka buanglah. Semprotkan juga insektisida untuk membunuh hama dan penyakit lainnya.

2. Pilih Pot yang Pas

Pilih Pot yang Pas

Karena akan ditempatkan di dalam rumah, maka sebaiknya kamu memilih media tanam berupa pot yang pas. Pot yang pas akan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang tanaman hiasmu nantinya. Sesuaikan dengan ukuran tanaman maupun jenisnya dengan sangat baik.

Apabila kamu salah dalam memilih pot, tentu pertumbuhan tanaman menjadi tidak maksimal. Pilih salah satu antara pot plastik atau pot tanah liat. Pot dari tanah liat pasti mempunyai tingkat kelembapan bagus. Kalau pot dari plastik, maka bisa menjaga kelembapan lebih lama lagi. Pastikan drainasenya juga baik.

3. Perhatikan Tingkat Kelembapan Tanaman Indoor

Perhatikan Tingkat Kelembapan Tanaman Indoor

Hal yang tidak kalah penting dari menanam tanaman hias dalam ruangan ialah memperhatikan tingkatan kelembapan tanaman. Pantau secara rutin bagaimana tingkat kelembapannya dengan seksama. Jika air terlalu banyak, maka bisa dipastikan kalau tanaman akan menjadi terlalu basah sehingga berjamur.

Cukuplah untuk menyiram tanaman tersebut dan biarkan air siraman mengalir lewat lubang drainase yang sudah ada di bawah pot. Jika kamu menyimpan tanaman hias di dalam ruangan dengan kondisi ber-AC, maka sebaiknya jauh lebih memperhatikan kelembapannya.

4. Perhatikan Suhu dan Pencahayaan Tanaman Indoor

Perhatikan Suhu dan Pencahayaan Tanaman Indoor

Jangan lupa perhatikan juga urusan suhu serta pencahayaan tanaman tersebut. Walaupun pencahayaan indoor terbatas, namun tetap pastikan bahwa tanaman yang kamu tanam cukup menerima pencahayaan. Tetap saja, tanaman akan membutuhkan cahaya untuk proses fotosintesis, bukan?

Cobalah keluarkan tanamanmu dari dalam ruangan setidaknya setiap satu atau dua minggu sekali. Namun, pastikan jangan terlalu lama. Cukuplah membiarkan tanaman tersebut di luar ruangan sekitar dua sampai tiga jam saja. Hindari pencahayaan yang berlebihan, ya.

Kini kamu tidak perlu mempermanis ruangan dengan lukisan maupun bingkai foto saja. Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman indoor untuk keperluan tersebut. Pilih tanaman mana yang menurutmu bagus dan mudah dalam hal perawatan. Hal ini tentu karena kesibukan setiap orang pasti berbeda-beda.

Menempatkan tanaman hias seperti ini di dalam rumah, bukan hanya mampu mempermanis tampilan ruangan saja. Akan tetapi, tanaman ini juga mampu memberikan begitu banyak manfaat baik bagi kesehatanmu. Yuk, pilih tanaman hias terbaik versimu sekarang juga!

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *