Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Gazebo Bambu

5 min read

Gazebo Bambu Minimalis

Ingin membuat gazebo sendiri untuk halaman rumahmu ? Yu intip inspirasi dan harga gazebo bambu minimalis, sederhana, dan unik disini!

Gazebo Bambu – Gazebo adalah pelengkap yang dapat dijumpai di sekitar rumah. Tidak hanya untuk mempermanis taman maupun halaman rumah saja, gazebo juga dapat digunakan sebagai tempat menerima tamu maupun bercengkerama santai bersama keluarga. Ada begitu banyak model gazebo yang bisa kamu jadikan inspirasi. Salah satunya adalah gazebo bambu.

Gazebo semacam ini sering disebut sebagai gazebo etnik. Disebut demikian karena memang struktur gazebo ini kerap mengadaptasi bentuk bangunan etnik tertentu. Contohnya, Joglo yang berasal dari Jawa Tengah. Gazebo jenis ini tengah laris manisnya di pasaran. Bahkan saat ini banyak penjual yang memasarkan gazebo ini dalam wujud siap pasang.

Model Gazebo Bambu

1. Gazebo Etnik Pinggir Perkebunan

Gazebo Bambu

Gazebo etnik semacam ini tentu sangat pas dijadikan tempat bersantai dan bercengkerama bersama keluarga di kala senggang. Pas sekali bagi kamu yang tinggal di daerah perkebunan teh. Misalnya, pada jam makan siang. Jika ingin bersantai di malam hari, kamu juga bisa menambahkan pencahayaanm dari lampu neon.

Gazebo berdesain sederhana ini tentu dapat menjadi alternatif quality time bersama keluarga yang nyaman sambil menikmati sejuknya pemandangan perkebunan teh. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan rapat kerja bersama rekan kantor di gazebo ini.

Bahkan bila kamu hanya ingin mengerjakan tugas sekolah, kuliah maupun belajar biasa maka gazebo ini dapat menjadi alternatif yang boleh dicoba. Waktu akan berlalu tanpa terasa.

2. Gazebo Etnik Sederhana

Gazebo Bambu Sederhana

Kamu bisa menempatkan gazebo ini di halaman rumah tepat di sisi pepohonan rindang. Bangun gazebo dengan menempatkan jeda pada sisi lantai agar tidak terlalu mengembun ketika hujan datang. Tempatkan dua buah bangku memanjang yang menyatu dengan bangunan gazebo itu sendiri. Letakkan juga sebuah meja panjang di tengah gazebo.

Lepaskan suntukmu seharian dengan singgah bersantai di gazebo simpel ini. Bayangkan betapa sejuknya bersantai di gazebo ini sepulang dari kerja sambil menyesap secangkir teh hangat bersama keluarga terkasih. Pastinya akan sangat menenangkan.

3. Gazebo Konsep Bambu Ala Gubuk Petani

Gazebo Bambu Harga

Bagi kamu yang gemar dengan tampilan unik alias anti mainstream bisa langsung mencontek ide satu ini. Ini adalah tampilan gazebo yang sangat familiar dengan kondisi persawahan. Desain gazebo yang biasanya ditempatkan di daerah persawahan ini tentu bisa menjadi sesuatu yang berbeda bagi tampilan hunianmu.

Tempatkan gazebo ini pada salah satu sudut halaman sehingga kamu bisa singgah sewaktu-waktu semaumu. Jika diperlukan, kamu bisa menanam sejumlah tanaman hias daun untuk memberikan suasana segar pada gazebo tersebut.

4. Gazebo Konsep Bambu Nuansa Tropis

Gazebo Bambu Minimalis

Kunci utama kenyamanan gazebo semacam ini adalah lingkungannya yang asri. Kamu bisa menempatkan sejumlah pot-pot berisi tanaman hijau untuk menyejukkan suasana. Sembari menghabiskan waktu bersama keluarga, kamu juga bisa menikmati suata gemercik air menenangkan dari mini air mancur yang teelah ditambahkan.

Bila kamu ingin menambah nuansa religius, boleh saja menempatkan sebuah patung budha. Karena ini adalah gazebo yang menonjolkan kesan natural, maka kamu juga bisa menempatkan sejumlah bantal untuk bersantai dan tertidur dengan tenang.

5. Gazebo Etnik dengan Bambu Elegan

Gazebo Dari Bambu

Siapa bilang gazebo tidak boleh memiliki tampilan yang elegan? Ini dia contohnya. Jangan sampai kamu lewatkan detail desain gazebo semacam ini demi mewujudkan tempat singgah sekaligus bersantai bersama keluarga selain rumah. Anyaman bambu serta atam rumbia semacam ini tentu tidak hanya menawan saja, namun juga terkesan sangat nyaman ditempati.

Alih-alih mempertahankan warna natural dari bambu, kamu justru bisa mengecatnya dengan warna hitam kuat. Bangun juga tempat duduk atau semacam bangku yang menyatu dengan gazebo itu sendiri. Buatlah gazebo dengan konsep sedikit tinggi atau satu tingkat ke atas agar lantai tidak mudah mengembun dan dingin.

6. Gazebo Bambu Konsep Terbuka

Contoh Gazebo Bambu Sederhana

Apabila kamu memiliki hunian yang minimalis, tentu desain gazebo seperti ini bisa diterapkan pada halamanmu. Gazebo bambu dengan konsep terbuka seperti ini tentu akan mempermanis tampilan eksterior halaman hunianmu. Tidak melulu harus di depan rumah, kamu juga bisa menempatkannya di belakang rumah.

Kamu juga bisa menempatkannya pada salah satu sudut halaman rumah. Tambahkan juga latar belakang gazebo yang terbuat dari deretan bambu dengan warna alami. Untuk bagian lantainya, kamu bisa membuatnya dari kayu atau bambu. Pertahankan warna asli bambu agar semakin menghidupkan nuansa natural.

7. Gazebo untuk Menikmati Suasana Perkotaan

Rangka Gazebo Bambu

Gazebo yang terbuat dari bambu simpel ini sangat cocok ditempatkan pada halaman hunian yang ada di perkotaan. Selain memiliki desain anti ribet, gazebo ini tidak kalah nyamannya dibanding desain gazebo lain. Kamu bisa menempatkan pot-pot berisi tanaman hias seperti palem untuk menyejukkan suasana. Tempatkan tidak hanya dua buah saja. Kamu bisa memberikan sampai empat pot tanaman hias.

Sentuhkan nuansa modern pada bagian atapnya untuk memberikan kesan menarik.Letakkan juga sejumlah kursi kayu dan meja sebagai penyempurna lokasi bersantai bersama keluarga. Bahkan hanya untuk sekadar mengerjakan tugas, pekerjaan maupun belajar saja kamu sudah bisa sangat nyaman berada di gazebo ini.

Selain itu, desain gazebo ini juga cocok dijadikan sebagai mode usaha. Bagi kamu yang ingin membuat rumah makan atau semacam mini kafe, maka bisa menempatkan beberapa gazebo ini sebagai ikon usahamu. Dijamin, laris manis!

8. Gazebo dengan Detail Anyaman Memukau

Contoh Gazebo Bambu

Memiliki cukup space di halaman rumah rasanya sayang sekali jika tidak coba kamu tempatkan sebuah gazebo. Misalnya, gazebo yang terbuat dari anyaman bambu dengan detail memukau seperti ini. Tidak hanya memiliki detail anyaman yang bagus saja, desain gazebo ini juga cocok sekali ditempatkan pada hunian yang berada di pegunungan maupun perkotaan.

Bayangkan betapa segarnya udara pegunungan yang bisa kamu rasakan sembari bersantai di gazebo ini. Kamu juga bisa menghabiskan senja harimu bersama orang-orang terkasih sembari menyesap secangkir teh atau kopi di gazebo ini.

9. Gazebo Bambu dengan Konsep Terbuka Simpel

Gazebo Bambu Petung

Bagi kamu yang anti ribet tapi mau menempatkan sebuah gazebo pada halaman rumah, maka bisa langsung coba menerapkan desain ini. Desain gazebo semacam ini sangat cocok diterapkan pada hunian di pedesaan yang memiliki lahan cukup luas. Kamu bisa menghabiskan waktu senggangmu bersama orang-orang terkasih di gazebo simpel ini.

Bagian bawah gazebo cukup kamu semen saja. Berikan bangku panjang yang juga terbuat dari anyaman bambu agar nuansa alami tetap kental dalam gazebo tersebut. Bila perlu kamu bisa berikan pencahayaan berupa lampu jika ingin dijadikan sebagai tempat bersantai atau melepas pikiran di malam hari. Tidak perlu harus pencahayaan yang sangat terang, Kamu bisa memasang sebuah lampu neon saja.

10. Gazebo Desain Panggung

Gambar Gazebo Bambu

Ini adalah salah satu contoh desain gazebo yang sangat populer saat ini. Khususnya jika kamu mempunyai cukup lahan di halaman rumah, maka bisa langsung menempatkan gazebo dengan konsep semacam ini. Bangunlah sebuah gazebo dengan konsep panggung untuk memberikan lantai yang cukup hangat.

Tidak hanya cocok ditempatkan pada halaman rumah saja, gazebo semacam ini juga sangat pas bagi kamu yang ingin membuka sebuah mini kafe dengan konsep alami. Gazebo ini dapat memberikan pemandangan yang cukup indah bagi pengunjung kafe. Terlebih lagi jika kamu mendirikan kafe di lingkungan persawahan, tepi pantai maupun pegunungan.

11. Gazebo dengan Anyaman Bambu Detail Ala Jepang

Gazebo Bambu Murah

Desain gazebo semacam ini tentu membuatmu merasa seolah-olah tengah berada di Asia, khususnya Negeri Matahari Terbit. Dibangun dengan ornamen serba Asia, patung budha, bebatuan alami serta anyaman bambu yang amat mendetail tentu membuat gazebo ini memiliki nilai estetika yang tinggi. Jadi, tidak hanya nyaman saja melainkan juga begitu menawan.

Gazebo ini sangat cocok ditempatkan pada rumah-rumah di perkotaan maupun di pegunungan. Terlebih lagi di pegunungan, dengan udara masih segar dan bersih gazebo ini tentu dapat menjadi tempat beristirahat sejenak yang amat menenangkan. Kamu bisa meneguk secangkir ocha bersama orang-orang terdekatmu di gazebo ini untuk menyempurnakan nuansa negeri Sakura.

Bahkan gazebo seperti ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Bali baik untuk persinggahan pribadi maupun usaha penginapan mereka. Para pengusaha penginapan tepi pantai maupun resort-resort tertentu juga sudah marak menempatkan gazebo seperti ini.

12. Gazebo Cantik untuk Lahan Terbatas

Gazebo Bambu Unik

Bagi kamu yang memiliki lahan sempit namun ingin mendirikan sebuah gazebo, maka bisa coba meniru desain seperti ini. Tempatkan gazebo ini pada salah satu sudut halaman rumahmu. Lebih bagus lagi jika kamu menempatkannya dekat dengan sekumpulan dinding bunga-bunga berwarna kalem untuk menambah sejuk suasana gazebo.

Gazebo seperti ini tentu dapat menjadi alternatif tempat beristirahat yang cukup nyaman selain rumah. Nah, kamu juga bisa belajar maupun mengerjakan tugas-tugas kuliah yang menumpuk di gazebo ini. Apabila kamu mau bersantai di malam hari, maka tinggal tempatkan saja sebuah lampu dengan pencahayaan terbatas guna menambah syahdu suasana.

Harga Gazebo Bambu

Tidak melulu harus membangun dari 0, kamu juga bisa membeli gazebo siap pasang yang secara praktis bisa diletakkan pada halaman rumahmu. Adapun kisaran harga gazebo tahun 2020 ini nampak cukup bervariasi. Estimasi dana yang perlu kamu keluarkan untuk sebuah gazebo paling murah adalah Rp.950.000,00 tiap meter persegi.

Ini juga bergantung dari ukuran gazebo yang ditawarkan. Di samping itu, estimasi dana tersebut juga berbeda-beda bergantung kesulitan desain maupun lokasi kamu berada. Akan tetapi jika kamu membeli gazebo dalam jumlah banyak tentu bisa mendapatkan potongan harga. Misalnya, untuk keperluan usaha mini kafe di daerah pantai.

Berikut ini adalah rangkuman kisaran estimasi dana beli gazebo paling umum yang bisa dipertimbangkan:

No.Ukuran (m2)Estimasi
1.1 x 1Rp. 2.400.000,00.
2.1 x 1,5Rp. 2.850.000,00.
3.1,5 x 1,5Rp. 3.350.000,00.
4.1,5 x 2,5Rp. 3.800.000,00.
5.2 x 2Rp. 4.500.000,00.
6.2,5 x 2,5Rp. 5.600.000,00.
7.3 x 3Rp. 7.100.000,00.

Referensi 12 desain gazebo bambu beserta kisaran harganya tersebut kiranya dapat bermanfaat bagimu. Yang perlu diingat adalah sebelum menempatkan gazebo, kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu lokasi penempatannya.

Rawatlah gazebomu dengan seksama agar kebersihannya senantiasa terjaga sehingga selalu membuatmu nyaman berada di tempat mini rumah tersebut.

Gazebo Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Gorden

Bagas Kurnia Prasetyo
12 min read

Kursi

Bagas Kurnia Prasetyo
11 min read

Kursi Taman

Bagas Kurnia Prasetyo
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *