Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Genteng Beton

3 min read

Daftar Harga Genteng Beton Terbaru

Harga genteng beton di pasaran memang cukup beragam karena tersedia dalam berbagai warna dan juga model. Hal tersebut membantu kamu bisa lebih mudah untuk menghitung biaya anggaran pembangunan atap yang sesuai dengan kebutuhan.

Bukan hanya harga gentengnya saja, kamu juga harus memperhitungkan harga nok genteng beton.

Nok merupakan komponen terpenting dalam pembuatan atap, karena berfungsi sebagai pengunci antara dua sisi bilah atap agar tidak mudah rusak dan memiliki nilai estetika yang indah.

Kelebihan Genteng Beton

Kelebihan Genteng Beton

Genteng beton merupakan salah satu material atap terbaik yang memiliki banyak kelebihan.

Tak heran jika material ini sangat populer dan banyak digunakan. Apa saja kelebihan dari material genteng yang satu ini, simak uraiannya sebagai berikut.

1. Mampu Memantulkan Panas

Beton memiliki sifat isolasi termal sehingga sangat efektif digunakan untuk menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim.

Genteng beton sangat cocok digunakan di negara beriklim panas karena mampu memantulkan panas matahari secara lebih maksimal.

Kondisi ini membuat suasana di rumah bisa tetap sejuk dan nyaman saat panas matahari sedang menyengat.

2. Memiliki Daya Tahan yang Lebih Kuat

Jika dibandingkan dengan jenis material yang lainnya, genteng beton memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih besar sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama dan tidak mudah rusak.

Atap yang dibangun dari genteng beton diketahui mampu bertahan hingga 20 tahun. Dengan begitu kamu bisa tetap nyaman tanpa harus memikirkan biaya perbaikan atap untuk jangka waktu dekat.

3. Harga Lebih Murah

Harga genteng beton flat lebih mahal dibandingkan dengan genteng dengan desain gelombang. Hal tersebut terjadi karena model flat lebih banyak disukai dan populer di pasaran.

Namun jika dibandingkan dengan genteng jenis lain seperti keramik, material beton bisa dikatakan lebih terjangkau. Dengan harga terbaik, kamu bisa membangun atap rumah yang kokoh dan tahan lama.

4. Tersedia Pilihan Warna dan Desain yang Beragam

Genteng beton tersedia dalam berbagai warna dan desain yang menarik sehingga mampu menunjang nilai estetika sebuah rumah agar terlihat lebih menawan. Setiap warna dan model akan dijual dengan harga yang berbeda.

Hal tersebut terjadi karena bahan dasar cat minyak dan air yang digunakan juga berbeda. Genteng beton juga tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga dapat disesuaikan dengan desain serta bangunan rumah yang kamu inginkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus cermat memilih desain genteng beton yang sesuai dengan karakteristik rumah dan anggaran yang dimiliki.

5. Tidak Mudah Berubah Bentuk dan Bisa Dicat Ulang

Beton disusun atas material yang kuat sehingga tidak mudah berubah bentuk. Selain itu permukaan beton dilapisi dengan bahan khusus yang membuat warnanya tidak mudah memudar.

Namun ketika sudah dipakai dalam kurun waktu puluhan tahun wajar saja tidak warnanya sedikit memudar. Ketika hal tersebut terjadi kamu tidak perlu khawatir, karena permukaan genteng beton bisa dicat ulang dengan mudah.

Kamu hanya perlu menggunakan pelapis khusus yang bisa memancarkan kembali warna dasarnya. Proses pembuatan genteng sekarang tidak membutuhkan proses pembakaran sehingga bentuknya tidak mengalami perubahan saat diproduksi.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kebocoran atap yang mungkin terjadi akibat pembentukan celah yang ada antar genteng.

6. Mampu Menahan Serangan Biologis

Genteng beton sangat cocok untuk rumah yang ada di pinggir jalan karena tersusun atas material yang bersifat isolasi akustik dan termal.

Genteng beton mampu menyerap polusi suara serta perubahan suhu udara secara lebih maksimal, sehingga penghuni bisa tetap merasakan kenyamanan saat berada di rumah.

Meskipun berada di pinggir jalan, kamu tidak akan merasakan kebisingan karena keramaian jalan jika menggunakan genteng beton.

7. Tidak Mudah Berkarat

Selain tahan terhadap panas, genteng beton juga tahan air sehingga tidak mudah berkarat. Hal tersebut terjadi karena beton dibangun atas bahan utama semen hidrolik yang dicampur beberapa bahan lainnya, sehingga memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Tak heran jika atap beton mampu menghadapi berbagai jenis iklim ekstrim yang seringkali berubah.

Kekurangan Genteng Beton

Kekurangan Genteng Beton

Setiap material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk itu kamu harus mengetahui spesifikasinya secara detail agar bisa mempertimbangkan material yang akan dipilih dengan baik. Berikut beberapa kekurangan genteng beton.

1. Proses Pemasangan Lebih Lama

Material beton memiliki berat massa yang lebih besar dibandingkan dengan material yang lainnya sehingga proses pemasangannya harus dikerjakan oleh beberapa orang. Hal tersebut membuat proses pemasangan berlangsung lebih lama.

Proses pemasangan juga harus mengikuti prosedur dan standar yang sesuai agar genteng beton dapat terhubung dengan sempurna. Bisa dikatakan pemasangannya cukup rumit dan membutuhkan keterampilan khusus.

2. Memiliki Bobot yang Lebih Berat

Di antara berbagai keunggulannya, genteng beton ternyata juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah dari segi beratnya. Genteng beton lebih berat jika dibandingkan dengan jenis material lainnya.

Berat genteng beton diketahui mencapai 60 kg/m2, sehingga kamu perlu memastikan kondisi struktur atap dalam kondisi bagus dan kuat sebelum memasangnya.

3. Membutuhkan Perawatan yang Lebih Ekstra

Meskipun memiliki daya tahan yang lebih tinggi, genteng beton membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Hal tersebut perlu dilakukan agar kualitas beton dapat terus terjamin dan tahan lama.

Perawatan ekstra yang bisa diberikan berupa pemberian emulsi dan pelapis khusus. Perawatan ini harus dilakukan sekitar 1-2 kali dalam setiap bulan.

Material beton memiliki struktur yang berpori sehingga harus diberikan lapisan khusus agar tidak mengalami kelembaban yang mampu merusak kondisi beton.

Daftar Harga Genteng Beton Terbaru

Berikut daftar harga genteng beton per m2 untuk beberapa jenis.

No Type Harga
1 Genteng Flat Multiline Rp12.900
2 Genteng Rabi Flat Rp11.800
3 Genteng Mutiara Jakarta Rp11.700
4 Genteng Mutiara Jakarta Flat Rp11.700
5 Genteng AM Flat Rp12.300
6 Genteng Triple S flat Rp6.950
7 Genteng Mutiara Yogyakarta Flat Rp11.900
8 Genteng Elabana Rp10.700
9 Genteng Monier Gelombang Rp10.850
10 Genteng Triple S Flat Rp8.100
11 Genteng Cisangkan Flat Rp12.700
12 Genteng Rabi Flat Rp7.400
13 Genteng Monier Gelombang Rp6.850
14 Genteng AM flat Rp7.900
15 Genteng Garuda Rp11.400

Baca Juga :

7 Kelebihan Kanopi Baja Ringan & Harga Terbaru 2020

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan dan harga genteng beton, membuat kamu bisa mempertimbangkan material yang digunakan secara lebih cermat. Pemilihan material yang cocok akan menonjolkan karakteristik rumah sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *