Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Atap Spandek

3 min read

Harga Atap Spandek

Salah satu material berkualitas untuk material atap rumah adalah spandek. Tidak perlu khawatir, material ini ternyata bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Harga atap spandek saat ini sangat bervariasi. Hal ini tergantung dari jenis dan ukuran atap tersebut.

Penggunaan atap spandek dapat menjaga nilai estetika suatu bangunan. Jadi, atap ini tidak hanya bisa dilihat dari fungsinya saja.

Memilih jenis atap ini bisa disesuaikan dengan konsep bangunan. Dengan demikian, hunian akan terlihat lebih menarik dan modern.

7 Jenis Atap Spandek Terbaik yang Sering Digunakan

Seiring berkembangnya zaman, penggunaan material atap semakin bervariasi. Banyak orang yang beralih dari atap genteng ke atap spandek karena keunggulan yang ditawarkan.

Selain itu, atap jenis ini lebih memiliki kesan modern sehingga diminati banyak orang.

Sebelum memasang atap spandek, sebaiknya lakukan survei kecil-kecilan mengenai harga atap spandek terkini.

Seperti material bangunan pada umumnya, jenis atap ini juga memiliki harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, simak beberapa jenis atap spandek beserta harganya berikut ini.

1. Atap Spandek Pasir

Atap Spandek Pasir

Dinamai atap spandek pasir karena dalam proses pembuatannya meliputi material pasir. Terutama pada bagian finishingnya. Bahan dasar atap spandek ini adalah dari logam aluminium dan seng. Setelah itu, di tahap akhir atap dilapisi dengan material pasir.

Pelapisan tersebut berfungsi untuk meminimalisir kebisingan yang mungkin menimpa atap. Misalnya saat hujan turun yang terkadang percikannya mengeluarkan suara yang bising.

Meski terkesan sepele, suara bising yang dihasilkan air hujan kerap mengganggu dan membuat penghuni tidak nyaman. Hal tersebut juga berlaku ketika memasang atap spandek untuk tempat komersial.

Baca Juga :

7 Jenis Atap Kanopi Yang Populer Di Indonesia

2. Atap Spandek Lengkung

Atap Spandek Lengkung

Ciri utama atap spandek ini sudah pasti ada pada bentuknya. Jenis atap spandek ini melengkung dengan material dasar aluminium yang kokoh. Atap spandek lengkung kerap kali digunakan pada konstruksi kanopi di sebuah bangunan.

Jenis atap spandek ini dikenal tahan karat di berbagai cuaca. Selain itu, sifatnya juga sangat kuat sehingga membuat bangunan tahan lama.

Penggunaan atap spandek ini harus pada bagian yang tepat dimana atap berbentuk melengkung dibutuhkan.

Dengan teknik pemasangan yang tepat, kamu bisa mendapati hunian atau gedung yang terlihat menarik dengan atap lengkung ini.

3. Atap Spandek Zincalume

Atap Spandek Zincalume

Jenis atap spandek ini dikenal dengan kualitasnya yang baik. Mengingat material yang menyusunnya berupa logam aluminium 55%, seng 43,5 %, dan silikon 1,5%. Kombinasi logam aluminium dan seng membuat atap ini lebih kuat dan kokoh.

Selain itu, atap ini juga bersifat anti karat. Tak heran jika jenis ini termasuk yang banyak diminati. Dengan memilih atap yang anti karat, tampilan rumah dari luar pun terlihat menarik.

Atap spandek jenis ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang mencari atap spandek dari bahan yang kokoh. Dengan memilih atap spandek yang awet, pastinya akan mencegah pengeluaran lebih besar di masa depan.

4. Atap Spandek Kliplok

Atap Spandek Kliplok

Teknologi profil kunci di dalamnya membuat atap spandek ini dikenal kuat. Atap spandek kliplok ini memiliki sistem pengikat yang terpasang dengan baik di dalamnya. Teknologi ini juga yang membuat jenis atam ini lebih tahan terhadap kebocoran.

Bagi yang ingin memasang atap dengan proteksi lebih, jenis atap spandek ini bisa menjadi pilihan. Bangunan akan tampak kokoh dengan atap spandek kliplok yang terpasang kuat.

Atap kliplok bisa menjadi solusi yang tepat bagi ruangan yang sering kena kebocoran.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan biaya lebih untuk pemasangan atap jenis ini. Selain bisa mencegah atap bocor, tampilan luar rumah pun akan terlihat lebih elegan.

5. Atap Spandek Laminasi

Atap Spandek Laminasi

Salah satu jenis atap spandek lainnya yang dikenal kuat adalah atap spandek laminasi. Material bangunan ini terbuat dari aluminium dan seng. Selain itu, di luarnya telah dilengkapi lapisan foil sehingga menambah kekuatan atap ini.

Keunggulan lainnya dari atap ini adalah pemasangannya yang tidak terlalu memakan waktu lama.

Dengan demikian, konstruksi hunian pun akan selesai lebih cepat. Meski demikian, kamu tidak perlu meragukan kekuatan atap spandek ini walaupun mudah dipasang.

Lapisan foil di permukaan atap ini membuatnya tampak mengkilap. Tak heran jika atap spandek jenis ini juga bisa menambah kesan menari pada tampilan luar rumah.

6. Atap Spandek Transparan

Atap spandek bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak ingin memasang atap dari aluminium dan seng. Tampilan atap ini begitu berbeda karena terbuat dari kaca atau plastik transparan.

Atap spandek transparan bisa diterapkan di area tertentu sebagai pelindung rumah. Atap jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan tampilan luar rumah yang unik.

Dengan ikut memperhitungkan harga borongan pasang atap spandek, hal ini akan membuat pembangunan lebih efektif. Termasuk ketika memilih atap spandek transparan yang bisa digunakan di berbagai bangunan.

7. Atap Spandek Warna

Atap Spandek Warna

Atap spandek warna sangat cocok bagi kamu yang ingin menambah kesan artistik pada tampilan luar rumah. Pada dasarnya, jenis atap spandek ini tidak jauh berbeda dengan atap spandek Zincalume. Termasuk dalam hal material yang digunakan.

Salah satu hal yang membedakan adalah pada lapisan coating yang diberi berbagai macam warna.

Tidak hanya dapat menambah nilai estetik, pemberian warna ini dapat meningkatkan daya tahan atap. Tak heran jika harga spandek atap warna dikenal lebih mahal dibanding jenis lainnya.

Daftar Harga Atap Spandek Terbaru 2021

Daftar Harga Atap Spandek Terbaru 2021

Sesuai ulasan di atas, jenis atap spandek memang begitu beragam. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan konsep bangunan yang dikerjakan. Setelah mengetahui jenisnya, hal yang tak kalah penting adalah berapa harga atap spandek per lembar?

Harga atap jenis ini dipengaruhi oleh tipe dan ketebalan atap spandek itu sendiri. Mencari tahu harga atap yang akan digunakan penting dilakukan agar kamu bisa menyesuaikannya dengan budget.

Adapun daftar harga atap spandek yang berlaku di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya adalah sebagai berikut.

No Jenis Atap Spandek Ketebalan Lebar Harga Per Meter
1 Atap Spandek Pasir 0.30 mm 1 m Rp80.000
2 Atap Spandek Pasir 0.35 mm 1 m Rp90.000
3 Atap Spandek Pasir  0.40 mm 1 m Rp100.000
4 Atap Spandek Pasir  0.45 mm 1 m Rp110.000
5 Atap Spandek Pasir  0.50 mm 1 m Rp115.000
6 Atap Spandek Warna 0.30 mm 750 mm Rp58.000
7 Atap Spandek Warna 0.35 mm 750 mm Rp68.000
8 Atap Spandek Warna 0.40 mm 750 mm Rp78.000
9 Atap Spandek Warna 0.45 mm 750 mm Rp88.000
10 Atap Spandek Warna 0.50 mm 750 mm Rp98.000
11 Atap Spandek Zincalume 0.25 mm 1 m Rp50.000
12 Atap Spandek Zincalume 0.30 mm 1 m Rp60.000
13 Atap Spandek Zincalume  0.35 mm 1 m Rp70.000
14 Atap Spandek Zincalume 0.40 mm 1 m Rp80.000
15 Atap Spandek Zincalume 0.45 mm 1 m Rp95.000
16 Atap Spandek Tebal 0.25 mm 1 m Rp50.000
17 Atap Spandek Tebal 0.30 mm 1 m Rp60.000
18 Atap Spandek Tebal 0.35 mm 1 m Rp70.000
19 Atap Spandek Tebal 0.40 mm 1 m Rp80.000
20 Atap Spandek Tebal 0.45 mm 1 m Rp95.000
21 Atap Spandek Tebal 0.50 mm 1 m Rp105.000

Baca Juga :

Harga Asbes Terlengkap 2021 untuk Kebutuhan Material Rumah

Mengetahui harga atap spandek memang penting dilakukan. Sama halnya dengan analisa harga satuan pekerjaan atap spandek dalam konstruksi bangunan.

Dengan demikian, atap rumah akan tetap terlindungi dan memiliki tampilan menarik.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *