Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

7 Kelebihan Kanopi Baja Ringan dan Harga Terbaru 2021

3 min read

Kanopi Baja Ringan

Ada banyak jenis rangka yang bisa digunakan untuk memasang kanopi, mulai dari pipa stainless hingga baja ringan. Di antara semua jenis rangka, salah satu yang paling populer adalah kanopi baja ringan.

Ada banyak alasan pemilik hunian mempercayakan rangka kanopi kepada bahan baja ringan.

Selain masalah harga, kekuatan dan cara pemasangan juga menjadi pertimbangan. Selain itu, bahan ini lebih mudah ditemukan daripada bahan yang lainnya.

7 Alasan Kenapa Harus Memilih Kanopi Baja Ringan

7 Alasan Kenapa Harus Memilih Kanopi Baja Ringan

1. Desain Kanopi Baja Ringan Menarik

Baja ringan merupakan salah satu bahan rangka yang fleksibel dan mudah dalam pemasangannya. Dengan demikian, baja ringan dapat mengikuti setiap desain rangka yang dipilih oleh pemesannya.

Maka dari itulah, model dari kanopi yang menggunakan bahan ini cenderung lebih menarik karena bisa diadaptasikan ke dalam beragam desain.

Selain itu, sifatnya yang tidak mudah berkarat juga membantu tampilan kanopi untuk selalu terkesan rapi dan bersih. Dengan demikian, desain kanopi bisa bertahan dalam waktu lama dan masih terlihat menarik.

Kamu bisa mencoba berbagai desain, baik yang menggunakan tiang penyangga maupun tidak. Model kanopi gantung yang sedang populer juga cocok dipadukan dengan rangka baja ringan.

2. Kanopi Baja Ringan Anti Rayap

Karena terbuat dari bahan non kayu, maka bisa dipastikan bahan baja ringan anti terkena hama rayap. Kamu tidak perlu mengoleskan cairan khusus anti rayap, sebab hama tersebut jelas tidak akan menggerogoti baja ringan.

Namun demikian, jika unsur lain yang dikombinasikan dengan baja ringan adalah kayu, maka bisa jadi hama serangga ini bisa menyerang.

Solusinya tentu dengan membuat porsi rangka baja ringan yang lebih banyak dibandingkan dengan kayu.

Selain itu, selalu gunakan baja ringan sebagai rangka tiang penyangga, bukan sebagai bagian atapnya.

Dengan demikian, ketika kayu sudah lapuk, baja ringan masih meninggalkan konstruksi yang kokoh. Kamu hanya tinggal mengganti kayu atapnya saja, tanpa perlu mengganti tiangnya.

3. Cocok Digunakan untuk Teras dan Garasi Rumah

Seperti yang sudah disampaikan di atas, baja ringan memiliki bagian yang mudah dibentuk sehingga cocok digunakan untuk bagian mana saja di rumah.

Kamu bisa memasang kanopi ini di teras maupun garasi. Bahkan, baja ringan juga bisa dijadikan rangka kanopi untuk jendela dan juga pintu.

Untuk bagian teras, kamu bisa menggunakan model standar sehingga bisa sekaligus untuk menghalangi pandangan orang dari luar.

Sedangkan untuk bagian garasi, kamu bisa lebih berkreasi, misalnya dengan menggunakan bentuk dome maupun quarter round yang cukup populer.

Baja ringan berbentuk tipis namun tetap kokoh, dengan demikian, bahan ini tidak akan terlalu banyak memakan tempat.

Tentunya baja ringan sangat cocok digunakan untuk hunian mungil yang sederhana. Walaupun simpel, namun baja ringan juga tetap terlihat menarik.

4. Kanopi Baja Ringan Tidak Mudah Memuai dan Mengalami Penyusutan

Berbeda dengan rangka yang terbuat dari kayu maupun besi yang bisa mengalami perubahan ketika terjadi pergerakan suhu, baja ringan terbilang cukup stabil.

Bahan ini tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrim, sehingga tidak akan memuai maupun menyusut.

Dengan demikian, desain kanopi yang kamu inginkan tidak akan berubah karena penyusutan maupun pemuaian tersebut. Selain itu, kanopi menjadi awet karena tidak pernah mengalami perubahan bentuk karena perubahan rangka.

Hal inlah yang membuat rangka yang terbuat dari baja ringan cenderung memiliki umur pakai yang panjang. Bahkan rangka ini bisa bertahan lebih dari sepuluh tahun, dan tetap beridir kokoh.

5. Memiliki Sifat Non-Combustible

Arti dari non combustible adalah bahan ini tidak mudah menjalarkan api dan tentunya tidak mudah terbakar.

Dengan demikian, kamu tidak perlu takut ketika terjadi kebakaran, sebab api tidak akan membesar karena tidak doyan dengan bahan baja ringan.

Ketika terjadi kebakaran, api akan cenderung ditahan oleh bahan ini sehingga juga akan memudahkan proses pemadaman api.

Dengan alasan tersebut, bahan baja ringan sangat cocok untuk wilayah yang memiliki suhu cukup panas yang rentan dengan kebakaran.

6. Kanopi Baja Ringan Lebih Ramah Lingkungan

Proses pembuatan baja ringan tidak membutuhkan kayu yang harus diambil dari hutan, ataupun tidak seperti besi yang bisa berkarat karena proses oksidasi. Baja ringan cenderung lebih go green karena tidak meninggalkan residu ketika pemasangan.

Selain itu, baja ringan juga tidak mengeluarkan zat racun yang berbahaya. Bahan ini tidak berbau maupun meninggalkan bekas yang bisa merusak sekeliling. Hal itulah yang membuat baja ringan banyak diminati.

Dengan menggunakan baja ringan, kamu tidak perlu menebang pohon di hutan. Umur pakai baja ringan yang panjang juga membuat kanopi ini tidak menambah daftar barang rongsokan yang cepat sekali dibuang.

7. Kanopi Baja Ringan Kokoh

Walaupun sekilas terlihat rapuh karena cukup tipis, namun nyatanya baja ringan malah lebih kokoh dan tahan lama.

Proses pembuatan bahan ini tentunya juga melibatkan kehadiran baja yang sudah barang tentu terkenal akan keawetan dan ketahanannya..

Kendati demikian, baja ringan memang berbeda dengan baja nirkarat atau stainless steel, terutama dari komposisi baja yang terkandung di dalamnya.

Hal inilah yang menyebabkan bobot dari baja ringan lebih kecil daripada stainless steel. Dengan pemasangan dan desain yang tepat, kanopi dengan baja ringan bisa digunakan untuk desain yang beraneka ragam.

Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter

Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter

NoRangkaProfilRengBahan AtapHarga
1Baja Ringan DobelC7D33OndulineRp. 375.000
2Baja Ringan DobelC7D33SpandekRp. 350.000
3Baja Ringan DobelC7D33Go GreenRp. 335.000
4Baja Ringan DobelC7D33PolikarbonatRp. 370.000
5Baja Ringan DobelC7D33AlderonRp. 570.000

JenisModelBahanHarga Per Meter Persegi
Kanopi AtapEkonomisGo GreenRp. 220.000
Kanopi AtapStandarRp. 270.000
Kanopi AtapEleganRp. 320.000
Kanopi AtapCremonaRp. 370.000
Kanopi AtapRangka SingleZincalumeRp. 250.000
Kanopi AtapRangka Double BoxZincalumeRp. 340.000
Kanopi AtapRangka SinglePolikarbonatRp. 360.000
Kanopi AtapRangka SingleGenteng MetalRp. 330.000
Kanopi AtapRangka Double BoxGenteng MetalRp. 380.000
Kanopi AtapRangka SingleOndulineRp. 390.000
Kanopi AtapRangka Double BoxOndulineRp. 440.000
Kanopi AtapRangka SingleAlderonRp. 460.000
Kanopi AtapRangka Double BoxAlderonRp. 540.000
Kanopi AtapRangka Double BoxPolikarbonatRp. 410.000
Kanopi AtapRangka SingleSolartuffRp. 410.000
Kanopi AtapRangka Double BoxSolartuffRp. 460.000

Baca Juga :

7 Jenis Atap Kanopi Yang Populer Di Indonesia

Memilih kanopi baja ringan yang terbaik sebenarnya tidak susah. Kamu hanya perlu memahami kebutuhan hunian dan menyesuaikannya dengan bahan yang ada di pasaran. Dengan demikian, hunian akan terasa lebih nyaman karena model dan bahan pilihan yang sesuai.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Kanopi Kayu

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Kanopi Kaca

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *