Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Cat Genteng

3 min read

Harga Cat Genteng

Genteng merupakan salah satu material atap yang banyak digunakan. Fungsi atap ini sangat penting dalam melindungi rumah dari sinar matahari dan juga terpaan hujan. Genteng ini perlu dicat agar awet. Beberapa pilihan harga cat genteng terbaik bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan.

Selain memiliki fungsi sebagai pelindung rumah, atap genteng juga membuat tampilan eksterior rumah menjadi lebih menarik. Untuk itulah pentingnya memilih cat terbaik agar tampilan genteng menjadi lebih sempurna.

6 Jenis Cat Genteng Terbaik

Memilih cat genteng terbaik bukan hanya akan menghasilkan finishing yang memberikan tampilan sesuai keinginan, namun juga melindungi material genteng agar lebih optimal.

Di pasaran saat ini ada beberapa jenis cat genteng yang bisa kamu pilih.

1. Alkyd Syntetic

Alkyd Syntetic

Jenis cat pertama yang bisa kamu gunakan adalah cat yang memiliki formula alkyd syntetic. Jenis cat ini memiliki karakter kuat, serta memiliki ketahanan yang sangat baik dari pengaruh cuaca hingga jamur yang tumbuh pada genteng.

Alkyd syntetic akan memberikan finishing dengan efek glossy yang tentu saja membuat tampilan genteng lebih mewah. Material genteng yang bisa kamu aplikasikan dengan cat jenis ini antara lain genteng tanah liat dan beton.

2. Acrylic Resin

Acrylic Resin

Alternatif jenis cat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memperindah tampilan genteng adalah cat berbahan acrylic resin. Kamu bisa mengaplikasikan cat ini pada permukaan genteng dengan bahan tanah liat, asbes, hingga beton.

Keunggulan dari jenis cat ini adalah memiliki lapisan film yang keras, lebih cepat kering, dan memiliki ketahanan yang baik. Selain itu genteng terlihat lebih sempurna dengan finishing glossy yang dihasilkan jenis cat ini.

3. Styrene Acrylic

Styrene Acrylic

Salah satu jenis cat genteng yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah yang berbahan dasar styrene acrylic. Kandungan bahan ini memiliki kemampuan untuk melindungi permukaan genteng dengan baik dari pengaruh cuaca baik panas maupun hujan.

Selain itu bahan ini juga memberikan perlindungan dari ancaman lumut dan jamur pada genteng. Finishingnya glossy sehingga membuat tampilan genteng lebih menarik.

Kelebihan bahan ini selain dapat digunakan untuk genteng dari tanah liat, juga bisa untuk bahan asbes dan beton.

4. Zinc Chromate Primer

Zinc Chromate Primer

Meskipun genteng tanah liat masih banyak digunakan, namun saat ini beberapa orang sudah mulai beralih ke genteng metal. Alasanya adalah genteng ini memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dari material tanah liat.

Lapisan cat yang digunakan untuk genteng metal ini, harus menggunakan cat khusus. Jenis cat ini mengandung zinc chromate yang dapat melindungi metal dari kemungkinan terjadinya korosi.

Dengan lapisan cat ini, genteng akan menjadi lebih awet dalam jangka waktu yang cukup panjang.

5. Cat Genteng Waterproof

Cat Genteng Waterproof

Kamu pasti sudah tidak asing dengan cat jenis ini. Sesuai dengan namanya, jenis cat yang satu ini merupakan cat anti bocor. Kamu bisa menggunakan cat ini sebagai cat dasar agar retakan pada permukaan genteng dapat ditutupi dengan baik.

Cat genteng waterproof ini memiliki sifat yang kedap air, anti leleh, anti alkali, elastis, serta anti jamur.

Kegunaannya bukan hanya dapat diaplikasikan pada permukaan genteng tanah liat saja, namun bisa juga untuk atap dari asbes, seng, beton, bahkan kayu.

6. Cat Pernis Thinner

Cat Pernis Thinner

Cat pernis thinner terbuat dari bahan dasar thinner (solvent base). Selain memiliki hasil akhir yang terlihat mengkilap, jenis cat ini juga mempunyai ketahanan yang kuat dari cuaca. Pernis thinner akan lebih melindungi dari terpaan panas maupun hujan yang cukup lebat.

Keunggulan lainnya adalah mampu mengurangi debu yang menempel pada permukaan genting. Dengan keunggulan ini, tampilan genteng akan lebih bersih. Selain itu warna cat genteng juga tidak mudah luntur.

Baca Juga :

Daftar Harga Genteng Beton Terbaru Tahun 2021. Alternatif Genteng Keramik!

5 Rekomendasi Cat Genteng Terbaik 2021

5 Rekomendasi Cat Genteng Terbaik 2021

Dari beberapa jenis cat yang telah disebutkan diatas, kamu bisa mendapatkan beberapa merk cat terbaik di pasaran saat ini.

Harga cat genteng ini juga cukup bervariasi, sesuai dengan jenis dan ukuran beratnya. Berikut adalah rekomendasi cat genteng yang bisa kamu pilih.

1. Nippon Paint Matex – Rp 50 ribu (1 liter)

Cat ini merupakan produk keluaran dari Nippon Paint. Dari sekian banyak varian yang ada, cat genteng nippon ini menjadi cat yang paling banyak digemari. Harga cat genteng ini cukup murah sekitar Rp 50.000 untuk kemasan 1 liter. Kelebihan yang cat genteng matex.

  • Varian warnanya cukup beragam.
  • Tahan dari pengaruh panasnya terik matahari.
  • Harganya murah namun berkualitas.
  • Mampu menangkal panas sehingga tidak masuk ke dalam rumah.
  • Cat awet dan tidak mudah mengelupas.

2. Dulux Watershield – Rp 167 ribu (2,5 liter)

Dulux juga menjadi salah satu cat yang populer. Khusus cat genteng ini, hadir dalam satuan 2,5 liter dan harga yang lebih murah. beberapa keuntungan cat dulux ini adalah.

  • Tekstur cat tebal dan memiliki tingkat daya tahan yang cukup lama.
  • Finishing glossy membuat kesan genteng yang menarik.
  • Genteng terlindung dari lumut dan jamur.
  • Perawatannya mudah dan dalam jangka panjang.

3. Avian Paint Avitex Roof – Rp 119 ribu (4 kg)

Salah satu merk yang juga tak kalah pamornya adalah avian. Banyak varian cat yang dikeluarkan oleh merk ini. cat genteng dari avian ini hadir dalam volume 4 kg dengan harga pasaran sekitar Rp. 119.000.

  • Memiliki tingkat keawetan yang tinggi.
  • Cat lebih cepat kering setelah diaplikasikan.
  • Cat ini khusus untuk genting dengan material tanah liat.

4. Jotun Jotaproof – Rp 146 ribu (2,5 liter)

Kamu pasti juga tidak asing dengan merk Jotun. Salah satu merk cat terbaik yang juga memiliki varian cat genteng ini, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

  • Sifatnya anti bocor.
  • Lebih tahan lama setelah diaplikasikan.
  • Finishing matte yang elegan.
  • Dapat digunakan pada semua jenis atap kecuali material beton.

5. No Drop – Rp 47 ribu (1 kg)

Cat genteng no drop ini menjadi favorit untuk jenis cat anti bocor. Selain aplikasi di genteng, bisa juga diaplikasikan pada permukaan material lainnya. kelebihannya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki sifat anti rembes dan anti bocor.
  • Lapisan cat lebih tebal dan tahan lama.
  • Tahan dari segala cuaca ekstrim.
  • Bisa juga digunakan sebagai cat dinding.

Daftar Harga Cat Genteng Terbaru 2021

Selain beberapa merk cat genteng yang telah disebutkan diatas, masih banyak merk cat genteng lainnya yang juga bisa dijadikan pilihan.

Secara umum, memilih cat genteng perlu disesuaikan dengan jenis genteng yang digunakan, serta kondisi hunian.

Dibawah ini adalah daftar harga cat genteng terbaru 2020.

Merk Cat Berat Harga
Cat Express 1 kg Rp 50.000
Cat Belazo 2,5 liter Rp 170.000
Cat Disnilux 2,5 liter Rp 140.000
Penta Genteng 2,5 liter Rp 135.000
Envi Roof Paint 1 kg Rp 52.000
Mowilex Roof Paint 2,5 liter Rp 180.000
Tamitex Genteng 2,5 liter Rp 160.000

Baca Juga :

Daftar Harga Genteng Metal Pasir Berbagai Merek Terbaru 2021 | Disertai Penjelasan

Penggunaan cat genteng akan lebih memaksimalkan fungsi genteng sebagai pelindung rumah. Sebenarnya di pasaran cukup banyak merk cat genteng yang tersedia.

Beberapa merk cat seperti cat genteng propan, cat genteng sanlex, dan cat genteng mowilex juga memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

2 Replies to “Harga Cat Genteng”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *