Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Besi WF

3 min read

Besi WF

Harga Besi WF – Dalam pembuatan konstruksi bangunan dibutuhkan besi WF supaya lebih efisien dalam menahan beban. Pada saat ini telah banyak pekerja konstruksi yang memilih menggunakan besi WF sebagai salah satu material bangunan.

Hal tersebut dikarenakan besi WF berupa elemen yang sangat bagus untuk menahan tekanan aksial. Pada kesempatan kali ini kamu akan mengetahui apa itu besi WF, fungsinya, harga, serta tips membelinya.

Apa Itu Besi WF?

Apa Itu Besi WF

Besi WF (wide flange) adalah suatu lempengan baja yang kekuatannya sangat tinggi dan ditujukan untuk menahan beban dari bangunan.

Struktur kepadatan yang dimiliki besi ini cukup tinggi. Meskipun begitu, berat besi WF cenderung ringan, sehingga mudah dioperasikan.

Dengan adanya material ini dapat membuat bentuk konstruksi bangunan menjadi lebih efisien.

Ketika melihat material ini mungkin kamu akan mengira bahwa besi WF serupa dengan besi H-beam. Tampilan kedua material tersebut memang sama.

Akan tetapi, besi WF mempunyai gaya tarik dan juga tekan lebih tinggi dibandingkan dengan besi H-beam.

Ukuran dimensi besi H-beam lebih lebar dibandingkan dengan ukuran besi WF. Tujuan utama digunakannya material ini adalah untuk menjadikan konstruksi bangunan lebih kokoh dan efisien.

Terdapat tiga macam besi WF, yakni:

  • Wide Flange I
  • Wide Flange H
  • Wide Flange Beam

Ketiga jenis besi wide flange mempunyai kegunaan yang berbeda dalam pembangunan. Material ini mempunyai 2 macam ukuran standar, yakni panjang besi WF 6 meter dan 12 meter. Perhatikan tabel berat besi WF berikut:

UkuranBerat
150 x 75 x 5 x 7 mm – 12 M168 kg
200 x 100 x 5,5 x 8 mm – 12 M256 kg
250 x 125 x 6 x 8 mm – 12 M355,2 kg
300 x 150 x 6,5 x 9 mm – 12 M440,4 kg
350 x 175 x 7 x 11 mm – 12 M595,2 kg
400 x 200 x 8 x 13 mm – 12 M792 kg

Fungsi Besi WF

Fungsi Besi WF

Fungsi utama besi wide flange dalam kegiatan konstruksi pembangunan adalah sebagai material untuk membuat rangka gedung. Tidak jarang juga pekerja konstruksi menggunakan material ini untuk membuat fondasi bangunan.

Hal tersebut dikarenakan besi WF mempunyai kekuatan yang seimbang pada daya tarik dan tekan.

Maka dari itu tidak heran jika besi ini dijadikan sebagai material yang sangat penting dalam bidang konstruksi. Banyak sekali konstruksi yang memakai material ini, seperti gedung, jembatan, dan lain sebagainya.

Adapun fungsi yang dimiliki besi WF dalam konstruksi, adalah sebagai berikut:

1. Memperkokoh dan Memperkuat Fondasi

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa besi wide flange dapat digunakan untuk membuat fondasi karena kekuatannya. Pada umumnya bangunan dapat mengalami keretakan di usia 10 hingga 20 tahun.

Dengan menggunakan besi WF bangunan dapat tahan lebih lama atau awet. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang ingin membangun suatu bangunan.

2. Dapat Menahan Gaya Gravitasi Bangunan

Permasalahan yang sering timbul dalam membangun suatu gedung ialah tentang gaya gravitasi. Seringkali waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih lama karena sulit dalam menyeimbangkan gaya gravitasi.

Dengan bantuan besi WF gaya gravitasi suatu bangunan dapat ditahan. Oleh sebab itu, pekerjaan yang memakai besi wide flange akan lebih selesai dilakukan.

3. Menjadikan Kanopi Terlihat Lebih Modern

Penting sekali membuat kanopi pada bangunan, baik perumahan maupun badan usaha. Tujuan pembuatan kanopi adalah untuk mengurangi percikan hujan dan panas matahari masuk ke bangunan.

Kanopi pada bangunan dapat diperkuat dengan menggunakan besi wide flange. Dengan menggunakan besi ini, kanopi yang kamu buat akan terlihat lebih modern dan kuat.

4. Pelengkap Tiang Pancang

Tiang pancang atau kontur tanah bangunan yang kurang stabil harus dilengkapi dengan besi Wf. Hal ini bertujuan agar bangunan menjadi lebih kuat.

5. Sistem Pelindung Tanah yang Tidak Stabil

Pada umumnya kontur tanah di setiap daerah mempunyai kestabilan yang berbeda-beda. Apabila kontur tanah tidak stabil maka dapat membahayakan bangunan. Oleh karena itu, di dunia konstruksi diperlukan adanya penguat berupa besi WF.

6. Bangunan Menjadi Lebih Efisien

Bangunan yang menggunakan besi wide flange diklaim cenderung lebih tahan lama dan efisien. Maka dari itu, tidak perlu melakukan renovasi secara berkala. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan.

Bahan Pembuat Besi WF

Bahan Pembuat Besi WF

Besi WF ditujukan agar suatu bangunan dapat berdiri lebih kokoh. Oleh sebab itu, bahan yang digunakan untuk membuat besi ini bukanlah bahan yang gampang rapuh.

Apabila bahan pembuat besi WF mudah rapuh, maka terdapat kemungkinan bahwa benda yang ditopang akan mudah hancur pula.

Pada umumnya besi WF dibuat dari bahan baja yang masih berbentuk balok. Proses pembuatan material ini adalah dengan pembentukan melalui proses baja canai panas atau biasa disebut dengan hot rolled steel.

Daftar Harga Besi WF Terbaru 2021

Daftar Harga Besi WF Terbaru

Berikut beberapa contoh harga besi wide flange yang dapat kamu jadikan referensi sebelum membelinya:

Ukuran per 12 MeterBerat (Kg)Harga Besi WF per KgHarga Besi WF per Batang
L 150 x 150 x 7 x 10378Rp15.500Rp5.859.000
L 200 x 200 x 8 x 12599Rp15.500Rp9.284.500
L 250 x 250 x 9 x 14859Rp15.500Rp13.314.500
L 300 x 300 x 10 x 151128Rp15.500Rp17.484.000
L 250 x 350 x 12 x 191644Rp15.500Rp28.482.000
L 400 x 400 x 13 x 212064Rp5.500 

Rp31.992.000

Tips Membeli Besi WF

Tips Membeli Besi WF

Sebenarnya besi WF merupakan material yang mudah ditemukan. Kamu dapat menjumpai material ini di berbagai macam toko bangunan.

Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati saat membeli besi WF karena banyak produk palsu yang beredar di pasaran.

Tipsnya adalah jangan mudah tergiur ketika ada penjual menawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran.

Pada dasarnya besi WF terbuat dari baja dan berfungsi untuk menguatkan bangunan, sehingga tidak mungkin jika harga material ini jauh berbeda.

Saat membeli besi WF sebaiknya kamu menanyakan tentang materialnya kepada penjual.

Besi WF yang seharusnya kamu beli tentu harus sudah mempunyai standar SNI. Material bangunan yang tidak memiliki standar SNI tentu akan menyebabkan bangunan cepat roboh.

Baca Juga :

Daftar Harga Besi Siku Berbagai Ukuran Lengkap Terbaru 2021

Tentu saja robohnya bangunan dapat merugikan serta membahayakan nyawa orang yang sedang berada di dalam bangunan tersebut. Pastikan besi WF yang kamu beli mempunyai kualitas yang baik dan material baja yang asli.

Besi wide flange telah menjadi material yang sangat dibutuhkan pada konstruksi bangunan. Manfaat serta kegunaan material ini sangat banyak dan menjadikan bangunan lebih aman digunakan.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *