Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Besi UNP

3 min read

Harga Besi UNP

Tahukah kamu tentang besi UNP? Secara garis besar, besi UNP merupakan sebuah besi yang banyak digunakan sebagai dudukan atau sambungan dari atap bangunan. Besi ini lebih banyak digunakan pada proses konstruksi. Harga besi UNP memang lebih mahal dibandingkan dengan besi pada umumnya.

Berdasarkan bentuknya besi UNP memiliki bentuk melengkung seperti huruf U.

Bentuk dan ukuran besi ini telah memenuhi standar dari konstruksi di Eropa. Karena bentuknya yang menyerupai huruf U maka sering juga disebut dengan kanal U.

Kegunaan Besi UNP kanal U

Kegunaan Besi UNP Kanal U

Sebagian besar pada proses konstruksi, besi ini digunakan sebagai penutup dan purlin yang terletak pada atap bangunan.

Namun sebenarnya, material ini juga bisa berfungsi sebagai penopang dinding, serta bagian truss pada komponen rangka.

Kegunaan lain dari besi kanal U ini juga sebagai material pada konstruksi bak mobil, anak balok, struktur tangga, serta juga sebagai balok penutup dudukan atap bangunan.

Jika diamati, besi ini juga bisa ditemukan pada material pembuat kontainer sampah dan juga gardu listrik.

Pada proyek pembangunan yang berskala besar, besi UNP ini bahkan menjadi material penting ketika membuat struktur anti gempa pada konstruksi gedung-gedung pencakar langit.

Masih banyak kegunaan lainnya yang tentunya sangat bermanfaat untuk proses pembangunan.

Kelebihan Besi UNP

Kelebihan Besi UNP

Setelah melihat kegunaan yang dimiliki oleh besi UNP tersebut, pasti ada keunggulan yang dimilikinya.

Selain dari banyaknya kegunaan dalam proses konstruksi, di bawah ini adalah beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki oleh besi UNP.

1. Kemudahan Instalasi

Penggunaan besi kanal U pada konstruksi ini memberikan kemudahan dalam proses instalasinya. Pemasangannya cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan baut. Lebih praktis dibandingkan jenis besi yang lainnya.

2. Penyambungan Dapat Menggunakan Las

Selain pemasangan menggunakan baut, juga bisa dilakukan penyambungan dengan sistem las. Pengelasan ini bermanfaat untuk semua bentuk keperluan konstruksi. Instalasi menjadi lebih mudah dan hemat waktu.

3. Memiliki Nilai Fungsi

Kelebihan dari besi UNP adalah memiliki daktilitas yang tinggi.

Pengertian dari daktilitas adalah suatu ketahanan bidang ketika ditarik. Sebuah besi yang memiliki daktilitas yang tinggi, jumlah muainya akan lebih kecil pada saat terjadi penarikan.

Semakin tinggi nilai daktilitasnya akan semakin baik pula material tersebut. Artinya, bahan mendapatkan pengolahan yang baik hingga penempaan. Dengan begitu besi tidak mudah memuai maupun hancur.

4. Mudah dalam Pemeliharaan

Besi UNP ini memiliki sifat yang ramah lingkungan dan mudah dalam pemeliharaannya. Tidak terdapat perlakuan khusus untuk pemeliharaannya. Sifatnya awet dan mudah dibersihkan sehingga akan menghemat biaya pemeliharaan.

5. Struktur Kuat

Seperti yang telah diketahui, bahwa besi baja merupakan bahan yang memiliki ketahanan yang tinggi.

Tidak jarang hampir semua konstruksi menggunakan besi jenis ini sebagai bahan konstruksi. Dengan material yang berstruktur kuat akan membuat bangunan juga awet dan tahan lama.

Ukuran Besi Kanal U

Ukuran Besi Kanal U

Seperti halnya jenis besi yang lainnya, besi kanal U juga memiliki beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Terdapat 10 ukuran besi yang bisa dipilih dengan ukuran berat yang berbeda-beda. Selain itu harga besi UNP per batang juga akan berbeda sesuai ukurannya.

1. Besi kanal UNP 5

Ukuran besi kanal U yang pertama adalah ukuran UNP 5. Besi ini memiliki berat sekitar 31 kg. Jika diukur panjang dan lebarnya, sekitar 50 x 38 x 5 mm. Ukuran ini adalah ukuran terkecil besi kanal UNP.

2. Besi kanal UNP 6,5

Ukuran selanjutnya adalah ukuran 6,5. Berat besi ini adalah 42 kg per satuannya.  Ukuran yang tertera pada produk adalah 65 x 42 x 5 mm.

3. Besi kanal UNP 7,5

Besi kanal U juga hadir dengan nomor 7,5. Nomor ini didasarkan pada ukurannya yaitu 75 x 40 x 5 mm. Sedangkan untuk berat besi tersebut mencapai 45,52 kg untuk satu batang besi.

4. Besi Kanal UNP 8

Varian besi kanal yang cukup banyak memang dimaksudkan agar memudahkan pengguna dalam memilih ukuran besi yang sesuai. Ukuran 8 ini memiliki berat sekitar 49 kg. UNP 8 ini hadir dengan ukuran 80 x 45 x 6 mm.

5. Besi Kanal UNP 10

Ukuran menengah bisa didapatkan dari UNP 10 ini. Besi kanal UNP 10 atau besi UNP 100 ini memiliki ukuran sedang yaitu 100 x 50 x 5 mm.

Perhitungan berat besi ini sekitar 56,2 kg. Cukup membutuhkan alat khusus untuk mengangkat atau memindahkan besi ini.

6. Besi Kanal UNP 12

Kategori besi kanal UNP 12 ini lebih berat dibandingkan dengan kategori sebelumnya. Dengan ukuran yang cukup besar yaitu 120 x 55 x 7 mm, besi ini memiliki berat sekitar 80 kg.

7. Besi Kanal UNP 12,5

Sedikit di atas kategori sebelumnya, terdapat besi kanal UNP dengan kategori 12,5. Beratnya sama dengan kategori 12 yaitu 80 kg. Perbedaan pada besi ini terletak pada ukurannya yang sedikit lebih panjang yaitu 125 x 65 x 6 mm.

8. Besi Kanal UNP 14

Ukuran yang lebih besar lagi juga dimiliki besi kanal UNP. Ukuran 14 ini hadir dengan berat 96 kg. Cukup berat untuk satu batang besi.

Ukuran yang dimiliki adalah 140 x 60 x 7 mm. Ukuran ini akan lebih banyak digunakan untuk konstruksi yang besar pula.

9. Besi Kanal UNP 15

Dua ukuran terbesar yang ada pada besi kanal UNP adalah ukuran 15 dan 16. Untuk ukuran 15 ini besi memiliki berat maksimal 112 kg. Sedangkan ukuran yang tersedia adalah 150 x 75 x 6,5 mm.

10. Besi Kanal UNP 16

Terakhir adalah ukuran besi kanal UNP 16. Ukuran terbesar besi kanal UNP yang ada di pasaran saat ini. Beratnya mencapai 113 kg. Sedangkan untuk ukurannya adalah 160 x 65 x 7,5 mm.

Daftar harga Besi UNP Terbaru 2021

Daftar Harga Besi UNP Terbaru 2021

Nama Produk Ukuran Panjang Harga
Besi UNP Kanal U 50 50 x 38 x 5 mm 6 m Rp100.000
Besi UNP Kanal U 65 65 x 42 x 5 mm 6 m Rp155.000
Besi UNP Kanal U 80 80 x 45 x 5 mm 6 m Rp180.000
Besi UNP Kanal U 100 100 x 50 x 5 mm 6 m Rp245.000
Besi UNP Kanal U 120 120 x 55 x 6 mm 6 m Rp356.000
Besi UNP Kanal U 150 150 x 75 x 6,5 mm 6 m Rp641.000
Besi UNP Kanal U 200 200 x 80 x 7,5 mm 6 m Rp1.150.000

Pada dunia konstruksi, penggunaan kanal U adalah sesuatu hal yang sangat lazim digunakan. Terutama untuk bangunan besar yang membutuhkan struktur yang kuat dan tahan lama.

Dengan menggunakan kanal U ini bangunan jadi lebih kokoh. Harga besi UNP memang cukup tinggi sesuai dengan kualitasnya.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *