Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Besi Hollow

4 min read

Harga Besi Hollow

Harga Besi Hollow – Besi hollow menjadi material besi yang saat ini banyak digunakan untuk membangun konstruksi rumah. Besi hollow biasa digunakan sebagai material untuk membuat pagar, railing, plafon rumah, maupun kebutuhan lainnya.

Salah satu alasan mengapa besi hollow banyak dipilih adalah harganya yang terjangkau dan juga tersedia dalam berbagai jenis ukuran, berat, dan ketebalan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Karena besi hollow masih termasuk ke dalam jenis besi HSS, besi hollow tidak hanya memiliki penampang berbentuk segi empat bujur sangkar dan juga memiliki ukuran besi yang tidak hanya besi hollow 4×4 saja.

Nah, untuk memastikan dan menyesuaikan dengan kebutuhanmu berikut jenis besi hollow berdasarkan ukuran, bahan pembuatan, dan ketebalannya.

Jenis Besi Hollow

Harga Besi Hollow Terbaru

1. Besi Hollow Galvanis

Harga besi hollow galvanis bergantung pada lapisan coating yang digunakan. Lapisan coatin ini mempengaruhi kekuatan besi Hollow terhadap karat dan juga daya tahannya terhadap perubahan cuaca.

Dalam besi hollow galvanis terkandung komposisi 97% zinc, 1 % aluminium, dan 2% lainnya adalah bahan-bahan pendukung yang membuat besi Hollow menjadi semakin kokoh dan tahan lama.

Namun, beberapa produk besi galvanis yang beredar di pasaran memiliki komposisi bahan 98% zinc dan 2 % aluminium. Selain dilapisi dengan lapisan coating yang kuat, besi hollow galvanis ini dibentuk melalui proses galvanisasi yang bertujuan untuk melapisi besi dengan pelapis anti karat.

Ukuran besi hollow galvanis yang banyak beredar di pasaran mulai dari ukuran 0,3 cm hingga 0,5 cm. Besi hollow Galvanis sering digunakan sebagai material pembuatan pagar rumah.

2. Besi Hollow Galvalum

Jika dinilai dari kekuatan dan ketahanan terhadap korosi dan karat besi hollow Galvalume dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dari jenis besi hollow lainnya.

Lapisan yang terkandung dalam hollow Galvalume yang biasa digunakan untuk rangka plafon sama dengan kandungan besi baja ringan profil C untuk rangka atap yaitu 43,5% unsur besi, 55 unsur aluminium, dan 1,5% lapisan silicon.

Satu hal yang juga harus kamu perhatikan, besi hollow Galvalume ini akan mudah keropos jika bersentuhan langsung dengan semen. Jadi, dalam pengaplikasiannya harus lebih teliti dan hati-hati.

3. Besi Hollow Gypsum

Besi hollow Gypsum menjadi salah satu material bangunan yang saat ini mulai banyak digunakan untuk membuat rangkat plafon pada gedung atau rumah hunian. Sifatnya yang kokoh dan tahan lama menjadi poin plus mengapai besi hollow Gypsum banyak diminati.

Dibandingkan dengan kayu, tentu besi yang satu ini jauh lebih murah, ringan, kokoh, dan tahan lama terutama aman dari serangan rayap.

Bahan dasar hollow gypsum terbuat dari stainless dan meni. Lapisan cat yang biasa digunakan hollw gypsum biasanya berwarna hijau atau merah.

Besi hollow gypsum juga memiliki berbagai jenis ukuran, mulai dari ukuran 0,3 mm hingga 0,4 mm. Jika dibandingkan besi hollow lainnya harga besi hollow gypsum adalah yang paling murah.

Kelebihan Besi Hollow

Daftar Harga Besi Hollow

Kalau kamu masih ragu menggunakan besi Hollow, kamu wajib menyimak kelebihan besi hollow berikut ini!

1. Mudah Diaplikasikan

Besi hollow bisa dgunakan untuk kebutuhan apapun karena dijual dalam bentuk batangan. Kamu bisa menghitung pembelian berdasarkan pada ukuran penampang dan ketebalannya.

2. Daya Tahan yang Kuat

Besi hollow juga memiliki daya tahan yang kuat dan bagus karena telah dilengkapi dengan lapisan anti karat. Selain tahan dari korosi dan karat besi hollow juga tahan rayap sehingga bisa awet dan tahan lama.

3. Perawatan yang Mudah

Karena telah dicoating dengan lapisan khusus agar terhindar dari karat, korosi, dan serangan rayap maka besi hollow tidak membutuhkan treatment khusus. Kamu tinggal memakainya tanpa repot melakukan perawatan.

4. Harga Ekonomis

Besi hollow bisa menjadi alternatif untuk membuat rangka konstruksi menggantikan material kayu. Nah, tentunya hal ini akan memangkas biaya yang akan kamu keluarkan.

Sesuaikan dengan budget kamu, karena ketiga jenis besi hollow yang telah dijelaskan diatas lebih murah jika kamu memilih kayu sebagai material bangunan.

Kekurangan Besi Hollow

Meskipun besi hollow memiliki banyak kelebihan, namun tetap saja besi hollow memiliki beberapa kekurangan yang juga harus menjadi pertimbangan buat kamu. Berikut kekurangannya:

1. Besi hollow kurang mampu menahan beban yang berat. Itulah mengapa besi yang satu ini jarang digunakan untuk konstruksi atap rumah hunian.

2. Jika dibandingkan dengan harga baja ringan, harga besi hollow lebih mahal. Namun, hal ini sebanding dengan kelebihan yang telah disebutkan diatas.

3. Besi hollow tidak boleh bersentuhan langsung dengan semen karena akan membuat besi hollow mudah keropos dan mengalami korosi.

Ukuran Besi Hollow

Besi hollow tersedia dalam berbagai jenis ukuran, setiap ukuran besi hollow memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih tahu lebih detail simak penjelasan berikut.

1. Ukuran Besi Hollow Untuk Railing

Terdapat dua jenis railing yang sering kita temui, yaitu railing tangga dan railing pagar. Keduanya dibuat menggunakan besi hollow yang memiliki ketebalan mumpuni.

Maka dari itu sangat disarankan untuk memilih hollow Galvanis jika ingin membuat railing tangga dan pagar.

Ukuran Besi Hollow untuk Railing Tangga

Besi Hollow Railing Tangga

Untuk membuat railing tangga, terdapat dua pilihan. Jika kamu menggunakan model tangga spiral atau tangga minimalis yang tidak panjang dan terlalu curam maka bisa memilih besi hollow ukuran 4×4.

Besi hollow berukuran 1,2 mm sudah cukup untuk digunakan sebagai pegangan tangga ( handle ) dan juga tiang penyangga. Untuk jari-harinya menggunakan besi hollow 2×4 cm dengan ketebalan 1,2 mm.

Ukuran Besi Hollow untuk Railing Pagar

Besi Hollow Railing Pagar

Untuk membuat railing pagar rumah minimalis yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Kamu bisa memakai besi hollow 4×4 dengan ketebalan 1,6 mm untuk struktur utamanya.

Sedangkan untuk jari-jari railing pagar bisa menggunakan besi hollow ukuran 2×4 dengan ketebalan 1,2 mm.

Namun, jika rumah hunianmu berukuran besar sebaiknya menggunakan besi hollow ukuran 5×10 dengan ketebalan 1,6 mm dan bes hollow ukuran 4×4 dengan ketebalan 1,2 mm untuk jari-jari railinya.

2. Ukuran Besi Hollow untuk Rangka PLafon

Besi Hollow untuk Rangka Plafon

Besi hollow juga biasa digunakan untuk membuat rangka utama plafon. Besi hollow 4×4 menjadi ukuran besi yang banyak dipilih. Ukuran besi hollow 4×4 ini adalah sebutan untuk besi hollow dengan panjang x lebar penampang sebesar 40 mm x 40 mm.

Besi hollow galvalum merupakan jenis besi hollow yang sering digunakan untuk membuat rangka plafon rumah.

Sedangkan untuk besi hollow yang digunakan sebagai penopang plafon gypsum, bisa memilih ukuran besi hollow 20 mm x 40 mm.

3. Ukuran Besi Hollow untuk Furniture

Besi Hollow untuk Furniture

Saat ini besi hollow juga sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat furniture rumah. Khususnya masyarakat yang lebih menyukai konsep arsitektur industrialis yang mengedepankan furniture dengan konsep warna monokromatik.

Ada banyak ragam furniture yang bisa dibuat dari material besi hollow dan kayu, diantaranya: partisi ruangan, meja, lemari dapur, meja TV, hingga rak piring.

Untuk membuat furniture konsep industrial berukuran besar, kamu bisa menggunakan besi hollow berukuran 3,6×3,6 dengan ketebalan 1,2 mm hingga 1,6 mm.

Daftar Harga Besi Hollow Terbaru

Ukuran Panjang Harga
20 x 40 x 0,3 mm (Plafon) 4 Meter Rp 13.000
32 x 32 x 0,25 mm (Plafon) 4 Meter Rp 19.500
17 x 35 x 0,25 mm (Plafon) 4 Meter Rp 18.500
35 x 35 x 0,3 mm (Plafon) 4 Meter Rp 23.500
16 x 32 x 0,25 mm (Plafon) 4 Meter Rp 15.500
20 x 20 x 1,5 mm 6 Meter Rp 71.000
30 x 15 x 1,5 mm 6 Meter Rp 81.000
30 x 30 x 1,5 mm 6 Meter Rp 112.000
30 x 30 x 1,7 mm 6 Meter Rp 144.000
40 x 20 x 1,5 mm 6 Meter Rp 112.000
40 x 20 x 1,7 mm 6 Meter Rp 144.000
40 x 40 x 1,7 mm 6 Meter Rp 198.000
40 x 40 x 2,7 mm 6 Meter Rp 252.000
50 x 50 x 1,7 mm 6 Meter Rp 364.000
50 x 50 x 2,7 mm 6 Meter Rp 172.000
60 x 30 x 1,5 mm 6 Meter Rp 225.000
60 x 30 x 1,7 mm 6 Meter Rp 252.000
60 x 40 x 1,7 mm 6 Meter Rp 566.000
75 x 75 x 2,7 mm 6 Meter Rp 292.000

 

Baca juga: Harga Besi Siku

Tips Membeli Besi Hollow

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli besi hollow, apapun jenis maupun ukurannya sebaiknya terlebih dahulu kamu memperhatikan tips membeli besi hollow dari kami. Berikut tipsnya.

  • Pilih Sesuai Fungsi. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu untuk tetap berpegang pada prinsip membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan dan fungsi. Jangan tergiur dengan harga besi hollow yang lebih murah tanpa memperhatikan fungsi dan kebutuhan.
  • Perhatikan Harga dan Produk. Kemudian yang harus diperhatikan adalah memilih produk. Pilih jenis produk yang sudah banyak dikenal dan dibanderol dengan harga kompetitif. Jika kamu menemukan lebih dari satu merk besi, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu harga dari kedua produk tersebut. Jika ternyata harga besi hollow dari keduanya beda tipis, maka pilih harga yang lebih mahal.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

4 Replies to “Harga Besi Hollow”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *