Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Hebel Per Kubik

4 min read

Daftar Harga Hebel Per Kubik Terlengkap dan Terbaru

Harga Hebel Per Kubik – Hebel merupakan istilah populer dari bata ringan yang sering dijadikan sebagai bahan bangunan untuk menggantikan peran bata merah.

Hebel sendiri terdiri dari dua jenis dan dijual dengan harga bervariasi sesuai tipe dan ukurannya. Semakin besar ukurannya, maka harga hebel per kubik pun semakin tinggi.

Jenis Hebel

1. Bata Ringan Hebel AAC

Bata Ringan Hebel AAC

Jenis hebel memiliki kualitas yang berbeda sebab masing-masing jenis hebel atau bata ringan itu dibuat dari bahan yang berbeda.

Bata ringan hebel AAC umumnya terbuat dari campuran semen, kapur, pasir kwarsa, air, sedikit gypsum, kemudian ditambah dengan aluminium pasta sebagai pengembang.

Proses membuat bata ringan hebel AAC itu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 7-8 jam hingga terjadi pengembangan adonan yang sempurna.

Selanjutnya, dilakukan proses pengeringan dalam sebuah autoclave chamber yang memiliki tekanan tinggi dengan suhu 183 derajat Celcius.

Bata ringan hebel ini warnanya putih dan proses pemasangannya membutuhkan bahan perekat khusus, bukan hanya sekadar semen biasa. Biasanya bata ringan jenis AAC lebih sering digunakan sebagai bahan pembuat dinding rumah.

Harga bata hebel jenis AAC ini terbilang masih cukup terjangkau. Biasanya bata hebel dijual per kubik, sehingga kamu perlu memesan dalam jumlah cukup besar.

2. Bata Ringan Hebel CLC

Bata Ringan Hebel CLC

Bata ringan hebel jenis CLC ini juga dikenal sebagai bata konvensional yang terbuat dari pasir sungai atau pasir tambang, semen, serta busa organik. Ketiga bahan tersebut membuat busa yang dihasilkan saat pengadukan bahan menjadi kurang stabil dan hanya berfungsi untuk membungkus udara saja.

Proses produksi bata ringan CLC terbilang lebih modern dan bobotnya terasa lebih berat dibanding dengan bata ringan jenis AAC.

Bata ringan CLC ini juga bisa langsung dipasang dengan semen biasa. Kualitas bata ringan hebel CLC ini juga tidak kalah bagus dengan bata ringan jenis AAC.

Jenis bata ringan ini bahkan lebih mudah untuk dijadikan sebagai dinding rumah. Hal tersebut disebabkan karena bata ringan ini bisa mudah untuk digergaji.

Selain itu, jenis bata ringan hebel CLC ini dapat menyerap air lebih sedikit yang menyebabkan air sulit untuk merembes.

Bata ringan ini dipasarkan dalam dua jenis yaitu yang memiliki ketebalan 7,5 cm dan 10 cm. Harga hebel 1 kubik sebenarnya sama, yang membedakan hanyalah isinya.

Kalau kamu beli dengan ketebalan 7,5 cm, maka bata ringan yang didapatkan akan lebih banyak dibanding bata ringan dengan ketebalan 10 cm.

3 Merk Hebel Terbaik di Indonesia

1. Hebel Citicon

Hebel Citicon

Merk hebel Citicon termasuk merk bata ringan yang paling sering digunakan untuk membangun rumah. Teknologi aerasi yang digunakan membuat bata ringan hebel merk ini lebih kuat dibanding dengan batu bata pada umumnya. Kekuatan hebel Citicon bahkan bisa dibilang setara dengan beton.

Walau terbilang sangat kuat, namun hebel Citicon ini tetap memiliki bobot ringan, sehingga memudahkan proses pemasangan.

Harga bata ringan hebel Citicon ini terbilang masih cukup terjangkau. Secara sekilas hebel merk Citicon ini memiliki bentuk yang sama dengan bata ringan produksi pabrikan lainnya.

Namun, kamu bisa memastikan produk bata ringan asli merk Citicon dengan memperhatikan dua hal ini, yaitu terdapat embos bertuliskan CITICON dan terdapat pula kode produksi yang terdiri dari campuran angka dan huruf. Kode produksi tersebut ada di bawah embos “CITICON”

3. Hebel Multicon

Hebel Multicon

Hebel Multicon ini dibuat dari bahan anorganik, sehingga bisa bertahan dari serangan api hingga 1500 derajat Celcius. Keunggulan lain dari bata ringan jenis ini adalah memiliki kemampuan menahan suara yang cukup baik.

Bata ringan Multicon ini dipasarkan dengan ukuran 60 cm x 20 cm. Namun, ketebalannya bervariasi mulai dari 7,5 cm, 10 cm, 12,5 cm, 15 cm hingga 20 cm.

Biasanya harga hebel per kubik untuk merk ini sama, hanya saja jumlah bata ringan yang akan didapatkan berbeda.

Semakin tebal jenis bata ringan yang kamu beli maka semakin sedikit jumlah bata ringan yang kamu dapatkan. Oleh sebab itu, sebelum membeli sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan bata ringan yang akan kamu gunakan.

4. Hebel Broco

Hebel Broco

Hebel Broco adalah salah satu merk bata ringan hebel lainnya yang tidak kalah bagus kualitasnya. Merk ini memiliki ciri khas yang ringan namun padat. Oleh sebab itu, bata ringan merk ini bisa diaplikasikan untuk bagian bangunan internal ataupun eksternal.

Hebel Broco dikenal pula sebagai salah satu merk bata ringan yang memiliki sifat thermal yang bagus, sehingga cocok diaplikasikan untuk penghematan energi.

Merk bata ringan hebel ini sekarang sudah mulai banyak peminatnya sebab dimensi potongan yang presisi membuat permukaannya terlihat rapi.

Potongan presisi dan permukaan rapi tersebut setidaknya akan membuat proses pembangunan rumah menjadi lebih cepat sebab dapat mengurangi waktu, tenaga kerja, dan bahan finishing yang digunakan. Selain itu, bata ringan merk Broco juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi ramah lingkungan.

Per kubik bata ringan merk Broco ini dijual dengan harga sekitar Rp. 600.000,- sampai Rp. 800.000,- sedangkan untuk harga hebel satuan hanya sekitar Rp. 10.000,- saja.

Daftar Harga Hebel Per Kubik Terbaru

1. Daftar Harga Hebel AAC

UkuranJenisHarga per Kubik
60 x 20 x 7.5 cmHebel Broco Grade A+ AACRp. 600.000,-
60 x 20 x 10 cmHebel Broco Grade A+ AACRp. 600.000,-
60 x 20 x 10 cmHebel Elephant Block AACRp. 800.000,-
60 x 20 x 7.5 cmHebel AlfaRp. 620.000,-
60 x 20 x 7.5 cmHebel SakaRp. 620.000,-
60 x 20 x 7.5 cmHebel Grade A AACRp. 500.000,-
60 x 20 x 10 cmHebel Grade A AACRp. 500.000,-

2. Daftar Harga Hebel CLC

UkuranJenisHarga per Kubik
60 x 20 x 7,5 cmHebel NSR CLCRp. 600.000,-
60 x 20 x 10 cmHebel NSR CLCRp. 600.000,-

Daftar Harga Semen Perekat Hebel

Proses pemasangan bata ringan hebel itu membutuhkan perekat khusus bukan semen biasa.

Oleh sebab itu, kalau kamu ingin membangun rumah menggunakan bata ringan hebel, maka kamu juga harus tahu harga perekat hebel.

Harga semen khusus bata ringan hebel itu bervariasi sebab ada banyak merk perekat hebel. Berikut ini ada daftar harga semen hebel lengkap dari berbagai macam merk yang dijual dalam kemasan berukuran 40 kg:

Merk PerekatHarga
Demix A-1Rp. 65.000,-
Leichtrix Broco LM 301Rp. 70.000,-
Mortar Utama MU 380Rp. 100.000,-
Mortar Utama MU 301Rp. 80.000,-
Aplus 220Rp. 60.000,-
LV-500Rp. 55.000,-
Karya Mortar Thin BedRp. 52.500,-
Multi Bond MB-838Rp. 60.000,-
Super Thinbed SP – 100Rp. 57.500,-
Global Union GU – 500Rp. 58.000,-
RAPI RM – 120Rp. 77.500,-
AM 48Rp. 82.000,-
Dura 100Rp. 65.000,-
Powerbond PRO – 888Rp. 68.000,-

Kelebihan Hebel

Kelebihan Hebel

  1. Bobot lebih ringan dibanding dengan batu bata merah biasa
  2. Ukuran lebih besar dibanding dengan batu bata merah biasa, sehingga proses pengerjaan untuk membuat bangunan bisa lebih cepat
  3. Ukuran seragam sehingga hasil dinding yang terbuat dari bata ringan terlihat lebih rapi
  4. Daya tahan baik
  5. Kedap air sehingga air tidak mudah merembes
  6. Tahan api
  7. Kedap suara
  8. Penggunaan perekat lebih hemat
  9. Proses pemasangan cukup mudah
  10. Proses pemasangan lebih cepat

Kekurangan Hebel

  1. Harus menggunakan perekat khusus tidak bisa hanya direkatkan dengan semen biasa
  2. Harga perekat bata ringan hebel lebih mahal jika dibanding dengan semen biasa yang digunakan untuk merekatkan batu bata merah
  3. Masih banyak tukang bangunan yang kurang bisa memasang bata hebel
  4. Diperlukan tenaga pemasang bata ringan yang berpengalaman agar hasil terlihat lebih rapi
  5. Bata ringan biasanya dijual per kubik
  6. Kalau terkena air lebih sulit kering
  7. Ukuran besar sehingga banyak sisa bata terbuang
  8. Harga bata ringan sedikit lebih mahal dibanding dengan bata merah biasa
  9. Cukup sulit didapatkan
  10. Hanya toko bahan bangunan besar yang menjual jenis bata hebel ini dan biasanya hanya dijual dalam volume besar.

Simak juga info daftar harga bangunan lainnya :

Bata hebel terdiri dari berbagai macam jenis dan merk. Masing-masing bata ringan tersebut punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Selain itu, harga hebel per kubik antara satu merk dengan merk lainnya juga sama.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *