Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Kolam Renang Rumah

7 min read

Kolam Renang Untuk Rumah Kecil

Desain Kolam Renang Rumah – Keberadaan kolam renang rumah bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap saja. Kolam renang juga bisa membuat penghuni rumah menjadi lebih sehat karena bisa memudahkan mereka untuk berolahraga, sekaligus dapat pula dijadikan sebagai penghilang rasa penat dari segala aktivitas sehari-hari. Sayangnya, mendesain kolam renang yang tepat bukan perkara yang mudah.

Berikut ini ruangarsitek telah merangkum inspirasi contoh desain kolam renang yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Desain-desain kolam renang yang akan diulas ini juga terdiri dari berbagai model mulai dari yang minimalis di lahan yang sempit hingga kolam renang yang dibuat di lahan yang luas dan terlihat sangat mewah. Simak yuk!

1. Kolam Renang Rumah Minimalis

1. Kolam Renang di Tengah Rumah

Kolam Renang Rumah Minimalis

Jika ingin privasi tetap terjaga namun dengan suasana outdoor, maka kamu bisa menempatkan kolam renang di bagian tengah rumah. Desain kolam renang yang dikenal pula dengan istilah courtyard ini letaknya berada tepat di tengah rumah dan dikelilingi oleh ruangan lain, sehingga kolam renang ini bisa juga dijadikan sebagai area pemandangan asri yang bisa dinikmati dari berbagai sudut rumah.

2. Kolam Renang Persegi Panjang di Tengah Rerumputan

Kolam Renang Lantai 2

Desain kolam renang berbentuk persegi panjang ini ditempatkan di halaman belakang yang penuh tumbuhan hijau dan rerumputan. Jadi, sembari berenang di kolam renang itu, kamu juga akan dimanjakan dengan keasrian pemandangan dari pepohonan dan rerumputan hijau di sekeliling kolam renang.

3. Kolam Renang Mungil di Bagian Atas Rumah

Kolam Renang Untuk Rumah

Menempatkan kolam renang di bagian atas rumah bisa dijadikan sebagai pilihan jika kamu ingin bebas berenang dan berjemur namun privasi tetap terjaga, seperti contoh kolam renang berukuran kecil ini. Tambahkan sun lounger dengan rangka kayu (kursi malas untuk berjemur) sehingga kamu bisa lebih nyaman menikmati hangatnya sinar matahari di pinggir kolam renang.

Hanya saja, jika kamu ingin menempatkan kolam renang di bagian atas rumah, maka ada beberapa hal penting yang jangan lupa untuk diperhatikan, yaitu kekuatan struktur dari bangunan untuk menopang kolam renang. Selain itu, perhatikan pula lapisan kedap air, pastikan berfungsi dengan baik sehingga tidak akan terjadi kebocoran.

4. Kolam Renang dengan Pinggiran Batu Granit

Kolam Renang Rumah Pribadi

Batu alam seringkali digunakan untuk membuat kolam renang, khususnya ditempatkan di bagian tepi dari kolam renang.

Salah satu contoh batu alam yang digunakan adalah batu granit seperti terlihat pada bagian pinggir dari kolam renang ini. Nuansa minimalis bercampur sedikit sentuhan mediterania juga terasa dari beberapa pot pohon palem yang ditempatkan di pinggiran kolam renang.

5. Kolam Renang dengan Ornamen Air Terjun Mini

Kolam Renang Untuk Rumah Kecil

Meski desain kolam renang ini minimalis, namun dengan tambahan ornamen berupa tiga air terjun mini membuatnya menjadi terlihat lebih elegan.

Penambahan beberapa kursi untuk berjemur juga semakin memberi kesan nyaman, apalagi di dekat kolam renang tersebut ada ruang keluarga dan ruang makan yang sengaja didesain dengan konsep semi-outdoor.

6. Kolam Renang dengan Pinggiran Dek Kayu

Kolam Renang Rumah Terbagus

Halaman belakang yang tidak terlalu luas, masih bisa disulap menjadi kolam renang, Meskipun ukuran dari kolam renang tidak terlalu besar, namun tetap terlihat menarik dengan adanya pemilihan dek kayu yang dijadikan sebagai pinggiran kolam renang sekaligus berfungsi sebagai teras belakang rumah.

7. Kolam Renang yang Menyatu dengan Ruang Makan Outdoor

Foto Kolam Renang Rumah Minimalis

Menikmati berbagai makanan lezat bersama keluarga akan terasa menyenangkan di tempat yang sejuk, oleh sebab itu, cukup banyak hunian yang ruang makannya dibuat dengan gaya outdoor dan di dekatnya ada kolam renang.

Contohnya seperti kolam renang ini yang di bagian tepinya juga ditempatkan beberapa kursi untuk berjemur.

8. Kolam Renang di Dekat Ruang Santai Keluarga

Variasi Kolam Renang Rumah

Penempatan kolam renang yang tepat akan semakin menambah keindahan sebuah rumah, seperti kolam renang yang letaknya ada di dekat ruang santai keluarga ini. Apalagi ruang santai keluarga sengaja didesain dengan konsep semi-outdoor sehingga semakin memberikan kesejukan dan ketenangan yang berasal dari area kolam renang.

9. Kolam Renang Luas Dikelilingi Tumbuhan Hijau

Reka Bentuk Kolam Renang Rumah

Kolam renang ini termasuk kolam renang dengan ukuran yang cukup luas, untuk menambah keindahan ditempatkan pula deretan tumbuhan hijau.

10. Kolam Renang Minimalis dengan Aksen Lengkung

Kolam Renang Rumah Tinggal

Desain kolam renang pribadi di rumah tidak hanya terbatas pada desain persegi atau persegi panjang saja. Kamu juga bisa mendesain dengan gaya yang unik, seperti contohnya dengan memberikan aksen lengkung di salah satu bagian dari kolam renang.

11. Kolam Renang yang Dikelilingi Taman Bunga

Ukuran Kolam Renang Rumah Kecil

Lahan terbatas masih tetap bisa dimanfaatkan sebagai area kolam renang. Kolam renang juga bisa terlihat lebih cantik dengan hadirnya taman bunga mungil di pinggiran kolam renang.

12. Kolam Renang Bernuansa Alam Tropis

Kolam Renang Untuk Rumah Minimalis

Kolam renang minimalis ini dikelilingi dengan berbagai pepohonan yang hanya bisa tumbuh di alam tropis. Kesan natural dan lebih dekat dengan alam semakin terasa dengan penggunaan dek kayu di tepi kolam renang.

13. Kolam Renang yang Menyatu dengan Elemen Batu Alam

Kolam Renang Rumah Kecil

Desain kolam renang mungil ini terlihat unik dan cantik dengan hadirnya elemen bebatuan alam di sekitar kolam renang. Selain itu, penambahan ornamen air terjun dan beberapa tanaman hias semakin mempercantik tampilan kolam renang rumah tersebut.

14. Kolam Renang dengan Pinggiran Batu Marmer

Kolam Renang dengan Pinggiran Batu Marmer

Penggunaan batu marmer di bagian tepi atau pinggiran kolam renang dapat memberikan kesan elegan dari sebuah kolam renang.

15. Kolam Renang dengan Aksen Anak Tangga

Kolam Renang Rumah dengan Aksen Anak Tangga

Penggunaan aksen anak tangga pada sebuah kolam renang dapat mengesankan bahwa kolam tersebut cukup dalam. Selain itu juga bisa memberikan kesan elegan daripada hanya sekadar menggunakan pegangan tangga kolam renang yang terbuat dari bahan stainless.

16. Kolam Renang Bergaya Klasik Double Roman

Gambar Kolam Renang Rumah Minimalis

Meskipun berukuran mini, namun kesan klasik dan elegan sangat kental terlihat dari kolam renang yang didesain bergaya klasik double roman ini.

Gaya klasik double roman pada sebuah kolam renang bisa dilihat dari penambahan bentuk setengah lingkaran di kedua bagian lebar dari kolam renang tersebut. Tampilan kolam renang semakin cantik dengan hadirnya ornamen air terjun dan taman kecil.

17. Kolam Renang yang Bagian Dalamnya Dihiasi dengan Keramik Mosaic

Desain Kolam Renang Rumah Minimalis

Sebuah kolam renang akan semakin terlihat menawan dengan penggunaan keramik mosaic yang dipasang di bagian dalam kolam renang.

Keramik mosaic yang digunakan biasanya berukuran antara 3 hingga 8,5 cm. Namun, pada kolam renang yang mengusung konsep minimalis, sebaiknya menggunakan keramik mosaic yang berukuran kecil.

18. Kolam Renang yang Dipagari Tumbuhan Hijau

Contoh Kolam Renang Minimalis

Kesan alami dan sejuk sangat terasa dari kolam renang yang dipagari dengan berbagai tumbuhan hijau. Penempatan sejumlah tanaman bunga juga akan membuat area di sekitar kolam renang jadi semakin indah.

19. Kolam Renang Berbentuk Seperti Buah Mangga

Desain Kolam Renang Rumah Modern Minimalis

Kolam renang ini terbilang cukup unik, sebab bentuknya menyerupai buah mangga. Desain kolam renang ini ternyata memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, sebab sudut-sudutnya berbentuk semi lingkaran yang tumpul.

Kolam renang dengan bentuk ini juga bisa didesain dengan tingkat kedalaman yang berbeda.

20. Kolam Renang Berdesain Unik

Kolam Renang Rumah Unik Minimalis

Kolam renang mungil ini berdesain unik dengan lengkungan di berbagai sisinya.

Penambahan ornamen tempat perapian yang ditempatkan di atas ornamen air mancur seakan memadukan kesan sejuk dan hangat di area kolam renang tersebut.

2. Kolam Renang Rumah Mewah

1. Kolam Renang Indoor Bertema Hitam Putih

Foto Kolam Renang Rumah Mewah

Kombinasi warna hitam dan putih memang tidak pernah salah, seperti yang terlihat pada kolam renang indoor yang elegan di bawah ini.

Selain kolam renang berbentuk persegi panjang, dalam ruangan tersebut juga terdapat sebuah jacuzzi yang digunakan untuk tempat berendam air panas.

2. Kolam Renang Berbentuk Zig Zag

Inspirasi Kolam Renang Rumah Mewah

Kolam renang yang mengusung konsep infinity pool ini didesain dengan bentuk zig zag.

Kolam renang unik ini juga dilengkapi dengan area meja dan kursi untuk bersantai sambil menikmati makanan lezat dan tentunya tetap dimanjakan dengan pemandangan laut yang menakjubkan, apalagi ketika matahari terbenam.

3. Kolam Renang dengan Pemandangan Alam Terbuka

Kolam Renang Rumah Lantai 2

Kolam renang yang mengusung konsep infinity pool memang cocok jika diterapkan pada rumah yang lokasinya ada di tempat yang tinggi, misal seperti di pegunungan atau tebing.

Berenang sembari melihat panorama alam sekitar yang indah tentu sangat menyenangkan.

4. Kolam Renang Bernuansa Tropis

Kolam Renang Rumah Tingkat

Desain kolam renang berdesain kontemporer ini terlihat sangat unik. Kamu bisa meletakkan beberapa kursi sebagai tempat berjemur dan di bagian sisi lainnya kamu bisa menempatkan tempat bersantai dengan atap sehingga saat bersantai kamu tidak kepanasan.

Kesan tropis semakin terasa dengan adanya beberapa tumbuhan khas daerah beriklim tropis, misal seperti pohon kelapa atau pohon palem.

5. Kolam Renang Indoor Bertema Bumi Langit

Kolam Renang Rumah Mewah

Tema “bumi langit” sangat terasa dalam kolam renang indoor ini. Warna cokelat seperti tanah yang menggunakan bahan kayu di bagian dasar ruangan dan pinggiran kolam renang melambangkan bumi sedangkan bagian atap plafon ruangan dan tiang penyangga menggunakan warna biru sehingga seperti langit.

Penambahan furniture berbahan kayu juga semakin memberikan kesan natural pada ruangan ini.

6. Kolam Renang di Balkon

Kolam Renang Rumah

Bukan hanya ukurannya yang besar, namun kolam renang di balkon ini juga akan membuatmu bisa menikmati kesejukan dan keindahan alam sekitar dengan lebih leluasa. Jangan lupa tempatkan kursi untuk berjemur dan sofa nyaman untuk bersantai.

7. Kolam Renang yang Langsung Menghadap Laut

Kolam Renang Lantai Atas

Konsep infinity pool memang dapat memberikan sensasi berenang yang berbeda dari biasanya, apalagi jika tempat tinggalmu itu berada di dekat laut dan berada di tempat yang cukup tinggi, maka lokasi tersebut sangat cocok untuk membuat kolam renang berkonsep tanpa batas dan langsung menghadap laut, seperti contohnya kolam renang di bawah ini.

8. Kolam Renang di Tengah Hamparan Padang Rumput Hijau

Kolam Renang Rooftop Rumah

Area kolam renang ini sangat luas, letaknya yang berada di tengah hamparan padang rumput hijau tentu akan memanjakan mata siapapun yang berenang di kolam renang tersebut. Pemilihan warna hitam untuk pinggiran kolam renang dan furniture pelengkap di area kolam renang memberikan kesan modern.

9. Kolam Renang dengan Batuan Alam dan Perosotan

Desain Kolam Renang Belakang Rumah

Kolam renang berbentuk seperti pulau yang memiliki banyak lengkungan ini, memang terlihat sangat natural, sebab pemilihan material untuk membuat kolam renang, terbuat dari bebatuan alam. Selain dihiasi dengan beberapa air terjun buatan, kolam renang ini juga dilengkapi dengan perosotan.

10. Kolam Renang dengan Ornamen Goa

Kolam Renang Rumah Mewah Modern

Kolam renang mewah memang seringkali dilengkapi dengan banyak ornamen unik dan menarik, salah satunya seperti ornamen goa yang ada di kolam renang ini.

Selain goa, tentunya di sekitar area kolam renang juga dilengkapi dengan beberapa bangku yang berfungsi sebagai tempat untuk bersantai dan berjemur menikmati hangatnya sinar matahari.

11. Kolam Renang Elegan Berlapis Marmer

Gambar Kolam Renang Rumah Mewah

Kolam renang di dalam ruangan ini sangatlah indah dan benar-benar mencerminkan kesan elegan. Mulai dari dasar kolam renang, pinggiran kolam renang hingga tiang penyangga ruangan, semuanya menggunakan batu marmer yang sangat mahal harganya.

12. Kolam Renang Bernuansa Klasik

Inspirasi Kolam Renang Rumah Mewah

Konsep klasik yang diusung oleh kolam renang ini terlihat dari penggunaan enam tiang berukuran besar yang berfungsi sebagai penyangga ruangan. Penggunaan batu marmer sebagai dasar ruangan dan pemilihan warna-warna pastel yang lembut semakin menegaskan kesan klasik.

13. Kolam Renang Papan Catur

Model Kolam Renang Rumah Mewah

Salah satu aspek paling mencolok pada kolam renang ini adalah pemilihan motif dasar dari kolam renang yaitu motif papan catur. Selain dasar kolam renang yang bermotif unik, area kolam renang, juga terlihat sangat menyegarkan mata, sebab banyak pepohonan khas daerah beriklim tropis di sekitar kolam renang.

14. Dua Kolam Renang dalam Satu Tempat

Model Kolam Renang Mewah

Kolam renang mewah yang satu ini, terdiri dari dua jenis kolam renang. Meskipun terlihat berada dalam satu tempat, namun sebenarnya dua kolam ini merupakan kolam yang terpisah, sebab kolam yang lebih kecil itu berisi air hangat dan kolam yang lebih luas ukurannya berisi air dingin.

15. Kolam Renang Modern dengan Pencahayaan Berkonsep Futuristik

Kolam Renang Modern dengan Pencahayaan Berkonsep Futuristik

Kolam renang indoor berkonsep modern ini terlihat simple namun tetap menawan, apalagi sistem pencahayaan yang terlihat sangat futuristik, sebab penempatan lampunya berada di sela-sela atap plafon. Penggunaan pintu kaca juga dapat membuat pencahayaan dalam ruangan kolam renang ini semakin terang, karena sinar matahari bisa langsung masuk ke dalam ruangan.

16. Kolam Renang Bernuansa Romantis

Kolam Renang Rumah Mewah Bernuansa Romantis

Desain kolam renang yang dapat dihiasi dengan cahaya temaram dari lentera dan lilin saat malam hari ini benar-benar mampu menghadirkan suasana romantis.

Pemasangan instalasi lampu berbentuk lentera ataupun tempat untuk memasang lilin di tepi kolam renang bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik untuk menghadirkan suasana romantis, khususnya ketika kamu sedang berdua dengan pasangan menikmati makan malam di pinggir kolam renang.

17. Kolam Renang Indoor dengan Atap Kaca Transparan

Kolam Renang Indoor dengan Atap Kaca Transparan

Jika kamu ingin tetap merasakan pencahayaan alami dari sinar matahari saat berenang di kolam renang indoor, maka desain kolam renang dengan atap kaca transparan ini sangat cocok untuk diterapkan.

18. Kolam Renang Indoor yang Menenangkan

Kolam Renang Indoor yang Menenangkan

Pemilihan warna cokelat pada bagian lantai dan dinding pada kolam renang indoor ini mampu menciptakan sensasi yang menenangkan.

Jernihnya air kolam renang terlihat kontras dengan warna cokelat di seluruh ruangan, jangan lupa pula menempatkan furniture seperti kursi dan sofa untuk bersantai dengan warna yang senada.

19. Kolam Renang Elegan dengan Pencahayaan Unik

Kolam Renang Elegan dengan Pencahayaan Unik

Kolam renang dalam ruangan yang didominasi dengan warna putih ini memang terlihat sangat elegan, apalagi sistem pencahayaan yang terbilang unik, karena terdapat lampu pada bagian dalam kolam renang.

20. Kolam Renang Infinity Pool Berkonsep Modern Tropis

Kolam Renang Infinity Pool Berkonsep Modern Tropis

Kolam renang yang mengusung desain infinity pool juga bisa dirancang dengan konsep modern tropis.

Pada area kolam renang ini bisa terlihat penggunaan dek kayu untuk jalan menuju kolam renang. Selain itu terdapat pula furniture berwarna cerah lengkap dengan bangku untuk berjemur dan payung besar sebagai peneduh dari sinar matahari.

Selain menentukan desain, masih ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan saat membuat kolam renang rumah, baik itu yang berkonsep minimalis ataupun yang mewah.

Beberapa faktor yang tidak kalah pentingnya itu diantaranya seperti tingkat kedalaman kolam yang diinginkan, bahan material yang digunakan serta bagaimana proses perawatan dari kolam renang tersebut.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

One Reply to “Kolam Renang Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *