Bagas Kurnia Prastyo Seorang Internet Marketer khususnya di bidang SEO, tumbuh dan besar di Lampung. Suka menulis artikel seputar home design.

Desain Dapur Terbuka

7 min read

Desain Dapur Terbuka Minimalis Sederhana

Biar masak makin asik ❤️ yuk coba terapkan desain dapur terbuka minimalis ini.


Setiap pemilik rumah pasti menginkan ruang khusus yang terbuka di rumahnya. Ruang terbuka di rumah bisa dijadikan salah satu poin keindahan pada rumah kamu dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Salah satu ruang terbuka yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah desain dapur terbuka yang akan menambah betah Kamu saat beraktivitas di dapur.

Dapur merupakan ruangan terpenting dalam desain rumah seseorang. Tanpa dapur rumah akan menjadi sepi karena dapur bisa dijadikan sumber kehangatan dalam rumah.

Dengan adanya dapur, kekeluargaan bisa terjalin erat saat menyiapkan makanan dan membantu anggota keluarga. Dapur merupakan tempat untuk memenuhi kebutuhan manusia yakni makanan dan minuman.

Beberapa perancang bangunan memiliki inovasi desain untuk dapur rumah yang berbeda dengan yang biasanya, termasuk desain terbuka.

Selain menarik, konsep dapur terbuka akan memberikan kehangatan tersendiri bagi pemilik rumah dan keluarga.

Berikut merupakan beberapa desain untuk dapur dengan konsep terbuka yang mungkin bisa kamu terapkan pada desain rumah kamu :

Desain Dapur Terbuka Minimalis

Desain dapur terbuka untuk hunian minimalis memang banyak dipilih orang yang memiliki rumah tidak terlalu luas.

Dengan desain minimalis pada dapur ini akan membuat ruang menjadi lebih luas dan lapang.

Umumnya, dapur akan didesain tanpa sekat dengan ruangan lainnya, baik ruang keluarga maupun ruang tamu.

1. Dapur Terbuka Minimalis Untuk Lantai Atas

Desain Dapur Terbuka

Jika kamu memiliki rumah dengan lebih dari satu lantai namun cukup minimalis untuk penataan ruangannya, kamu bisa mencoba desain dapur yang satu ini.

Dapur didominasi dengan warna putih, abu-abu, dan warna alami kayu. Warna-warna tersebut terlihat pada warna lantai, lampu, kursi, meja, dan berbagai perabotan rumah yang ditata sedemikian rupa agar rapi.

Tak lupa, untuk menambah kesan terbuka dengan alam, kamu bisa menyiasatinya dengan menambah kaca lebar di bagian dinding agar pepohonan dan langit di area luar bisa terlihat dengan jelas.

Untuk pemilihan meja dan kursi, pilih meja dengan bentuk persegi panjang dengan warna alami kayu. Untuk kursi, agar cocok dengan meja, pilih yang memiliki sandaran punggung persegi panjang juga.

Lampu yang dipilih merupakan lampu gantung dengan bentuk memanjang atau lonjong, serta untuk mempercantik dapur tambahkan juga lampu stand berbentuk bulat dengan warna putih.

2. Dapur Terbuka Minimalis di Area Halaman

Desain Dapur Minimalis Terbuka

Jika kamu mempunyai halaman cukup luas di rumahmu, desain untuk dapur kamu bisa menjadi tempat yang menarik.

Letak dapur yang bersebelahan dengan halaman rumah bisa menambah angin sejuk saat makan atau berkumpul keluarga di ruang makan.

Dapur memiliki pintu-pintu yang tinggi dengan pemilihan kaca tembus pandang. Bisa dibilang mirip seperti jendela besar yang menjadi dinding.

Untuk penataan perabotan di dapur, kamu bisa memilih meja makan yang terbuat dari kayu berbentuk persegi panjang dengan warna coklat tua.

Kursi yang dipilih merupakan kursi yang berkaki kecil agar pemandangan di dapur tidak begitu sesak oleh perabotan.

Pemilihan meja dapur dari bahan kayu dan lantai yang memiliki motif dan berwarna cerah membuat ruangan terlihat lapang.

3. Dapur Terbuka Minimalis di Belakang Rumah

Dapur Terbuka Minimalis di Belakang Rumah

Area belakang rumah kamu pun bisa dijadikan desain dapur yang sangat elegan dan menyenangkan saat bersantai.

Konsep dapur terbuka yang satu ini memiliki pencahayaan yang cukup terang karena atap dibuat terbuka dengan akrilik bening yang bisa tembus cahaya.

Dapur didesain seperti ruangan santai dengan penambahan taman beralaskan rumput sintetis dan tanaman hijau merambat.

Hal yang menarik terlihat dari desain meja dan kursi makan yang terbuat dari kayu yang terlihat seperti kayu di belah dan dibentuk persegi panjang untuk dijadikan tempat duduk dan meja tanpa desain khusus.

Ditambah lagi dengan taplak meja persegi panjang kecil yang menambah imut dapur kamu. Dinding dapur pada bagian meja dapur juga dibiarkan dan tidak diplester atau diberi acian semen.

4. Dapur Terbuka Minimalis di Bagian Samping Rumah

Dapur terbuka minimalis di bagian samping rumah

Jika kamu tidak memiliki bagian belakang rumah yang cukup untuk dibuat dapur, bagian samping rumah pun bisa kamu jadikan area dapur yang menyenangkan dan membuat betah pastinya.

Desain dapur ini akan terlihat memanjang vertikal karena memang ditempatkan di samping rumah. Penambahan batu-batu koral putih bisa meningkatkan kesan luas pada dapur kamu.

Karena bentuknya memanjang vertikal, maka pemilihan kursinya pun berbeda dengan saat dapur dibangun di bagian belakang rumah.

Pemilihan meja dan kursi yang tepat yakni meja yang berbentuk bulat serta kursi dengan sandaran bulat atau lonjong yang mengelilinginya.

Dapur kamu akan terlihat seperti kafe yang memiliki kesan santai untuk sekadar menikmati kopi dan makanan kecil.

5. Dapur Terbuka Minimalis Desain Minibar

Desain Dapur Mungil Terbuka

Jika kamu menyukai desain dapur yang menyerupai bar, maka tak ada salahnya jika mendesain dapur terbuka dengan konsep minibar yang satu ini.

Dapur dengan desain ini memiliki area yang luas dengan banyak kursi yang terlihat. Terdapat bagian outdoor dan indoor yang dipisah tanpa sekat.

Kursi-kursi tinggi yang mengelilingi area memasak menjadi salah satu poin menarik dari desain ini.

Untuk pemilihan furnitur indoor, warna yang dipilih cenderung gelap pada area memasak dan warna kayu cerah pada bagian meja makan yang berbentuk persegi panjang dengan kursi yang didesain ramping.

Sedangkan pada furnitur outdoor kursi yang dipilih merupakan kursi santai. Selain itu penambahan tanaman merambat juga menambah cantik dapur dengan desain ini.

Desain Dapur Terbuka Sederhana

Jika kamu merupakan orang yang suka dengan desain dapur yang sederhana, dapur terbuka dengan desain yang cukup simpel bisa kamu terapkan di rumah.

Kesederhanaan desain tersebut bisa nampak dari penataan perabotan dapur, maupun ukuran dapur dan perabotan yang dipilih.

Namun desain dapur terbuka yang sederhana berikut ini bisa terlihat sangat elegan dan nyaman saat ditempati.

1. Dapur Terbuka Sederhana dengan Furnitur Kayu

Desain Dapur Terbuka Dibelakang Rumah

Desain sederhana pertama yakni bertemakan kayu dan rerimbunan. Seperti namanya, desain furnitur yang ada di dapur semuanya terbuat dari kayu.

Meskipun ada beberapa furnitur yang tidak terbuat dari kayu, penambahan beberapa tanaman dan bebatuan di pojok ruangan akan menambah kesan rimbun di dapur kamu.

Meskipun rimbun, dapur dengan konsep ini tetap nyaman untuk dijadikan tempat bersantai menikmati masakan karena kamu akan merasakan indahnya menyatu dengan alam.

2. Dapur Terbuka Sederhana dengan Dinding Batu dan Bambu

Desain Dapur Dan Ruang Makan Terbuka

Desain dapur ini cocok untuk kamu yang senang dengan konsep hutan dalam rumah.

Dapur yang didesain sederhana dengan furnitur yang berwarna abu-abu dan hitam berbentuk mungil.

Ditambah pencahayaan secara langsung dari atap yang tembus pandang, serta dinding-dinding yang dipasang dengan aksen bebatuan dan juga tanaman bambu, menambah eksotis dapur yang satu ini.

Pada bagian dinding yang terdapat tanaman bambu tersebut bagian atap dibuat terbuka tanpa atap, agar saat hujan turun air bisa masuk menggenangi area cekung di depannya.

Tidak terbayang bagaimana sejuknya saat hujan turun di dapur ini, bukan ?

3. Dapur Terbuka Sederhana yang Menyatu dengan Area Kolam Renang

Desain Dapur Terbuka Minimalis

Dapur dengan desain ini bisa dibilang sangat sederhana karena tidak adanya ruang makan yang tersedia.

Dapur dibuat menyatu dengan area outdoor, tepatnya dengan diberi sekat dinding namun kusen yang dipasang sangat lebar sehingga kolam renang bisa diakses keluar masuk dengan mudah.

Untuk furnitur dapur dibuat memanjang dan terlihat seperti lorong.

4. Dapur Terbuka Sederhana di Area Outdoor

Dapur terbuka sederhana di area outdoor

Dengan kesederhanaan yang ditampilkan pada desain dapur yang satu ini justru akan menampilkan kesan hangatnya suasana saat berkumpul.

Area dapur yang terpisah dengan area rumah, tepatnya seperti teras depan atau belakang rumah yang dijadikan area dapur.

Penempatan furnitur dan perabotan seperti kompor dan alat pemanggangan pun terlihat sangat sederhana.

Kursi yang dipilih pun hanya kursi-kursi kayu kecil dan meja bundar yang ditambah hiasan pot dan pohon sintetis. Terdapat pula kursi sandaran dari kain untuk bersantai.

5. Dapur Terbuka Sederhana dengan Lighting

Desain Dapur Kecil Terbuka

Desain sederhana dengan konsep terbuka pada dapur ini terlihat sangat hangat dan nyaman.

Terutama pada bagian kursi dan meja yang berukuran mungil serta area memasak yang cukup kecil dan sederhana.

Mungkin pilihan desain ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak ruang di dalam rumah.

Kesan hangat disajikan dengan penambahan lampu gantung yang menerangi ruangan. Bagian dinding juga dilengkapi dengan jendela yang bisa dilipat jika dibuka untuk melihat area outdoor berupa kolam ikan kecil.

Desain Dapur Terbuka Tipe 36

Rumah bertipe 36 mengharuskan kamu untuk pandai-pandai dalam menata dan membagi ruangan di dalam rumah.

Rumah yang sempit tidak selamanya menghambat kreatifitas dalam penataan ruangan, salah satunya yakni desain dapur untuk rumah bertipe 36 ini.

Dengan penataan yang menarik, ruangan dapur akan terlihat cukup dan nyaman.

1. Dapur Terbuka Tipe 36 dengan Taman

Desain Dapur Terbuka Tipe 36

Meskipun berukuran mini, dapur ini terkesan sangat elegan dan romantis.

Area memasak yang tidak begitu luas ditambah dengan pemilihan meja dan kursi makan yang sangat elegan membuat kamu dijamin nyaman saat makan di sini.

Meja yang dipilih berupa meja persegi kecil yang dikelilingi kursi putih dengan sandaran lumayan tinggi. Alat makan juga ditata sedemikian rupa di atas meja.

Sembari menikmati hidangan, kamu akan bisa memandang keindahan area taman dari tempat duduk kamu.

2. Dapur Terbuka Tipe 36 Tanpa Meja Makan

Desain Dapur Terbuka Rumah Type 36

Salah satu siasat yang bisa digunakan untuk mengatasi dapur yang sempit yakni dengan meniadakan meja makan. Makan bisa dilakukan di ruang keluarga atau di dapur dengan kursi kecil.

Desain dapur ini meskipun sempit namun akan bisa leluasa saat memasak karena area memasak dibuat memanjang.

Penambahan bunga dan jendela yang terbuka akan menambah eksotis dapur saat memasak.

3. Dapur Terbuka Tipe 36 dengan Kursi Minimalis

Desain Rumah Dengan Dapur Terbuka

Area memasak yang ditata secara menyiku pada sudut dapur akan bisa menghemat space pada dapur kamu.

Selain itu kamu bisa menambahkan kursi memanjang dari kayu dan meja yang menempel dengan area memasak di bagian tengah agar terlihat lebih luas.

Untuk menambah elegan pada ruangan, tambahkan lampu gantung berbentuk corong panjang.

4. Dapur Terbuka Tipe 36 yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Desain Dapur Terbuka Sederhana

Desain dapur terbuka untuk rumah tipe 36 ini memiliki konsep kehangatan dalam keluarga.

Pasalnya, area dapur menjadi satu dengan ruang keluarga yang tidak dibatasi dengan sekat apapun. Area memasak diletakkan di belakang kursi-kursi untuk bersantai bersama keluarga.

Tak lupa agar memberikan kesan terbuka pintu yang dipilih merupakan pintu dengan kaca lebar.

5. Dapur Terbuka Tipe 36 Bergaya Colorfull

Contoh Desain Dapur Terbuka Minimalis

Desain dapur yang satu ini cocok untuk kamu yang suka dengan warna-warna yang beragam.

Berbeda dengan desain-desain sebelumnya, dapur terbuka ini memiliki warna yang lebih beragam.

Dinding pada area memasak dibuat dari keramik bercorak warna-warni yang disusun dan ditempel dengan penataan yang rapi.

Terdapat juga sofa untuk bersantai serta dinding-dinding dengan bingkai gambar menarik.

Desain Dapur Terbuka dengan Taman

Taman merupakan salah satu bagian rumah yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan quality time bersama keluarga terutama anak-anak.

Taman yang indah pada rumah akan bisa melepaskan penat, terlebih saat menikmati hidangan di ruang makan.

Berikut merupakan desain dapur dengan konsep terbuka dan menyatu dengan taman yang bisa kamu terapkan :

1. Dapur Terbuka dengan Taman dan Lampu Besar

Contoh Gambar Desain Dapur Terbuka

Kesan yang akan ditampilkan dari desain dapur ini adalah kesan teduh dan kehangatan.

Meja makan yang dibuat memanjang berbentuk persegi dengan kursi yang memiliki tempat sandaran yang rendah ditambah lampu gantung besar di atasnya.

Jendela dibuat melebar yang bisa dibuka kapanpun dan menyatu dengan taman.

2. Dapur Terbuka dengan Taman dan Kolam Renang

 

 

Dari gambar terlihat sangat mewah dan elegan. Dapur dengan desain ini memadukan keindahan penataan ruang makan dan dapur yang dominan berwarna krem dengan area outdoor yang menyatu tanpa sekat apapun.

Di area taman, terdapat kursi memanjang dan payung besar di atasnya seperti di pantai yang dapat digunakan untuk bersantai dan kolam untuk berenang.

3. Dapur Terbuka dengan Taman dan Desain Dua Ruangan

Desain Dapur Terbuka Mewah

Desain yang satu ini bisa dibilang unik tanpa meninggalkan kesan elegan dan mewah.

Dua ruangan dipadukan menjadi satu dengan sekat pintu kaca yang bisa dilipat serta pemandangan kolam biru di luarnya yang menyatu dengan area indoor.

Mungkin desain dapur ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah luas dengan anggota keluarga yang banyak.

4. Dapur Terbuka Outdoor dengan Pepohonan

Desain Dapur Terbuka Di Halaman Belakang

 

Dapur ini memang ditempatkan di area outdoor yang dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman lain yang membuat teduh area dapur.

Meja makan yang terbuat dari kayu dengan gaya klasik diletakkan memanjang beserta kursi yang bergaya sama. Tentu akan ada sensasi bebas saat memasak dan menikmati makanan di dapur yang satu ini.

5. Dapur Terbuka Outdoor dengan Taman dan Lantai yang Luas

Desain Dapur Terbuka Dengan Taman

Untuk membuat model dapur ini, dibutuhkan area yang luas. Lantai pada area memasak dibuat dengan rumput hijau, sedangkan untuk area makan dibuat dengan lantai dari keramik.

Perpaduan dua jenis lantai ini akan membuat dapur kamu menjadi lebih menarik dan terlihat unik. Untuk hiasan dinding juga dipasang hiasan berbentuk dedaunan, dan tak lupa tanaman dalam pot juga disertakan.

Bagaimana dengan beberapa desain dapur konsep terbuka di atas ?

Menarik dan unik tentunya.

Kamu bisa mencoba desain di atas sesuai dengan selera kamu dan tentunya disesuaikan dengan luas area di rumah kamu.

Bagas Kurnia Prastyo Seorang Internet Marketer khususnya di bidang SEO, tumbuh dan besar di Lampung. Suka menulis artikel seputar home design.

One Reply to “Desain Dapur Terbuka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *