Bagas Kurnia Prastyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat. Selamat membaca !
Home » Dapur » Wastafel Cuci Piring

Wastafel Cuci Piring

5 min read

Wastafel

Ini nih 8 desain wastafel cuci piring yang bisa kamu pakai di rumah ❤.

Tahukah kamu, dapur menjadi salah satu ruangan yang juga penting dalam sebuah rumah. Bayangkan kalau kamu punya dapur dengan desain yang bukan hanya modern, tetapi konsepnya juga sesuai dengan keinginan.

Maka kamu bisa membuat desain wastafel cuci piring minimalis, atau memberinya tema sesuai dengan tema ruangan dapur kita.

Wastafel kini sudah menjadi salah satu elemen penting atau yang wajib ada di sebuah dapur.

Sehingga desainnya yang berbeda dan kekinian, bisa menjadi pemanis ruangan dapur.

Kegiatan memasak dan mencuci piring akan menjadi kegiatan yang menyenangkan loh.

Berikut ini ada beberapa pilihan desain atau model wastafel cuci piring yang konsepnya unik, menarik, kekinian dan nyaman digunakan.

Kepoin yuk!

1. Wastafel Cuci Piring Rustic

Wastafel Cuci Piring Rustic
Wastafel Cuci Piring Rustic

Kalau kamu memiliki konsep atau tema untuk ruangan dapur, yang bergaya sangat modern maka kamu bisa pilih model wastafel cuci piring dengan gaya rustic.

Jenis wastafel ini menggunakan material bahan kuningan, yang sudah tentu sangat kuat.

Buat kamu yang senang dengan model atau desain yang berbeda, gaya rustic ini sangat cocok.

Tampilannya memang cenderung lusuh, beda halnya dengan wastafel berbahan stainless steel yang terlihat lebih bersih dan cemerlang.

Bentuk wastafel yang panjang, bisa kamu padukan lagi dengan kabinet yang dibuat dari bahan kayu. Jangan lupa pilih bahan kayu yang kualitasnya oke ya.

Sehingga walaupun hasilnya sederhana saja, tapi tampilannya tetap terlihat sangat memukau.

Biasanya gaya rustic ini dipakai oleh masyarakat di pedesaan, yang dimana looknya memang sangat natural.

Namun dengan konsep dapur yang modern, tentu kamu bisa menyesuaikan modelnya dengan konsep dapurnya.

Selain dipadukan dengan kabinet berbahan kayu, kamu juga bisa menambahkan desain kran wastafelnya yang juga unik dan meminjam desain tempat cuci piring di pedesaan.

Bagaimana dengan pemilihan warna?

Bisa disesuaikan dengan dominan warna pada dapur kamu, atau bisa juga menggunakan warna-warna netral seperti abu-abu, putih atau silver.

Wastafel bergaya rustic ini juga dianggap aman bagi anak-anak.

Kamu bisa membuat ukuran wastafel cuci piring yang tidak terlalu tinggi, supaya mudah dijangkau.

2. Wastafel Cuci Piring Vintage

Wastafel Cuci Piring Vintage
Wastafel Cuci Piring Vintage

Kini banyak orang yang senang dengan konsep desain interior dengan kembali ke gaya zaman dahulu, atau yang biasa disebut dengan vintage.

Sama halnya dengan desain untuk wastafel cuci piring, yang juga bisa mengusung gaya vintage tapi tetap kekinian.

Kamu bisa menggunakan material bahan keramik, untuk wastafel dengan gaya vintage ini.

Salah satu keunggulan wastafel dengan bahan keramik, adalah lebih mudah dibersihkan.

Misalnya dari noda makanan atau minuman yang mengotori wastafel tersebut. agar gaya vintagenya lebih terasa, kamu juga bisa memadukan dengan kabinet yang berbahan kayu berkualitas baik.

Atau bisa juga dipadukan dengan kabinet dengan beberapa jumlah laci, yang juga berfungsi untuk menaruh berbagai perlengkapan dapur.

Kalau kamu senang dengan gaya vintage seperti ini, maka kamu bisa menyiapkan rak piring yang letaknya tak jauh dari wastafel.

Hal itu akan memudahkan kamu dalam meniriskan piring atau gelas yang sudah dicuci, dan tidak akan membuat bak menjadi lembab.

Gimana, konsep wastafel yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik bukan?

3. Wastafel Cuci Piring Deep Dink

Wastafel Cuci Piring Deep Dink
Wastafel Cuci Piring Deep Dink

Dengan tumpukan perabotan, piring, mangkok dan gelas yang telah selesai digunakan makan atau memasak, tentu membutuhkan bak cuci piring yang cukup besar untuk menampung semuanya.

Nah, model wastafel yang satu ini pas banget buat kamu yang biasanya mencuci seluruh perabotan sehabis makan dan masak dalam satu waktu.

Wastafel cuci piring deep pink, merupakan jenis wastafel yang bagian baknya lebih menjorok ke dalam. Sehingga jenis wastafel ini sanggup menampung perabotan dalam jumlah banyak.

Desain wastafel seperti ini akan tampak sempurna, kalau kamu mengusung desain dapur yang minimalis modern. Atau dibuat lebih sederhana tanpa banyak aksen di sekitarnya.

Selain tampilannya yang sangat modern, kelebihan dari wastafel deep pink ini juga sangat aman digunakan.

Karena dengan kedalaman yang cukup, piring, gelas dan perabotan lainnya yang terbuat dari kaca tak akan mudah jatuh atau tergelincir.

Ditambah dengan bak lainnya yang berfungsi untuk mengeringkan perabotan yang sudah dicuci.

Bila memungkinkan kamu juga bisa menambahkan saringan di bagian atas bak yang difungsikan untuk mengeringkan perabotan yang telah dicuci.

Atau penutup bak berwarna putih. Yang kontras dengan warna baknya yang berwarna hitam. Paduan warnanya usahakan yang sesuai, agar terlihat lebih segar dan enak dipandang.

4. Wastafel Cuci Piring Multifungsi

Wastafel Cuci Piring Multifungsi
Wastafel Cuci Piring Multifungsi

Satu lagi model wastafel yang akan membuat tampilan dapurmu semakin oke dengan sederet manfaatnya adalah, wastafel cuci piring multifungsi.

Sesuai dengan namanya, jenis wastafel ini memang punya banyak fungsi.

Misalnya kamu bisa melakukan kegiatan lainnya selain mencuci piring, seperti memotong sayuran atau bahan makanan yang akan diolah tanpa harus mengotori dapur.

Model wastafel multifungsi ini memiliki ukuran yang cukup panjang, dengan model keran yang minimalis modern.

Kamu juga bisa menambahkan bagian lainnya, misalnya di bagian kanan ada tempat khusus untuk menaruh peralatan memasak. Sedangkan di bagian kiri ada tempat khusus untuk meniriskan piring, gelas dan perabotan lainnya yang telah dicuci.

Bila memungkinkan, kamu juga bisa menaruh beberapa toples kopi, gula, susu, teh dan yang lainnya di bagian kanan.

5. Wastafel Cuci Piring Built-In

Wastafel Cuci Piring Built-In
Wastafel Cuci Piring Built-In

Ingin punya model wastafel cuci piring yang praktis sekaligus serba guna?

Kamu bisa mencoba menggunakan wastafel dengan model built-in. material bahan westafel ini bisa menggunakan apa saja.

Bisa juga dipadukan dengan bahan marmer agar terlihat lebih elegan. Atau disesuaikan lagi dengan area di bagian blackslash dapur yang kamu gunakan.

Namun untuk bahan material marmer memang lebih awet dan tahan lama, karena lebih tahan goresan dan mudah dibersihkan bila terkena noda kotoran atau sisa makanan.

Jenis wastafel yang satu ini hampir sama dengan wastafel multifungsi, karena ada dua bak yang bisa digunakan.

Kegunaannya bisa untuk menaruh perabotan di bagian kiri dan bagian kanan khusus untuk mencuci.

6. Wastafel Cuci Piring American Standard

Wastafel Cuci Piring American Standard
Wastafel Cuci Piring American Standard

Biasanya model wastafel yang satu ini digunakan pada rumah-rumah bergaya mewah, megah, kontemporer, atau modern minimalis.

Gaya american standart memiliki desain yang lebih sederhana, tetapi model baknya dibuat lebih elegan. Pilihan warna putih yang dominan juga menjadi keunggulan dari wastafel bergaya american standar ini.

Keunikan lain yang khas dari wastafel bergaya america standar ini adalah bagian kerannya, yang bentuknya tak kalah elegan dengan model baknya.

Yaitu keran berbahan stainless steel yang bisa digeser dengan mudah. Agar desainnya terlihat lebih menarik, kamu bisa memadukannya dengan kemari berukuran kecil.

Kemudian gunakan laci di bagian bawahnya. Yang juga bisa dipakai untuk menyimpan berbagai peralatan makan atau memasak.

Sederhana tapi tetap elegan bukan?

7. Wastafel Cuci Piring Stainless

Wastafel Cuci Piring Stainless
Wastafel Cuci Piring Stainless

Untuk ruangan dapur yang sempurna, kamu bisa memilihkan desain wastafel yang beda dari yang lain. Wastafel dengan bahan stainless steel adalah jenis wastafel yang paling banyak digunakan.

Karena bahannya memang lebih baik dan lebih nyaman digunakan, tahan lama, mudah dibersihkan, dan juga merupakan jenis bahan anti karat.

Jika kamu memilih wastafel dengan bahan stainless, maka kamu bisa pilih desainnya yang tidak sama dengan model wastafel kebanyakan.

Misalnya kamu membuat wastafel cuci piring yang letaknya berpisah dengan bagian atau furnitur lainnya yang ada di dapur.

Bentuknya dibuat memanjang ke samping, dengan jenis keran yang juga memanjang.

Model wastafel yang satu ini akan sangat mendukung estetika ruangan dapurmu, dan tentunya membuat betah siapapun yang memasak atau mencuci piring di sana.

Harga wastafel cuci piring berbahan stainless ini sangat beragam, ada yang murah ada pula yang harganya lebih dari 2 juta.

Biasanya harga akan menyesuaikan dengan model, desain, dan jenis bahan yang digunakan.

Tertarik dengan model wastafel yang satu ini?

Yuk bikin konsep dan desainnya dari sekarang.

8. Wastafel Cuci Piring Batu Alam

Wastafel Cuci Piring Batu Alam
Wastafel Cuci Piring Batu Alam

Satu lagi model dan desain wastafel yang unik, dengan tampilan yang sangat berbeda.

Yaitu wastafel dengan bahan batu alam yang indah. Konsep ini cocok untuk kamu yang senang dengan konsep alam, atau back to nature.

Untuk pemilihan bahan batu alamnya juga bisa disesuaikan dengan selera kamu, dan bahan yang berkualitas baik.

Corak dan motif pada wastafel batu alam ini beraneka ragam. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera, misalnya warna coklat muda dengan corak yang sangat mirip dengan batu pada umumnya. Atau bisa juga memilih bahan batu alam berwarna hitam.

Pemilihan warna ini bisa disesuaikan lagi dengan dominan warna pada ruangan dapurmu.
Pemilihan kerannya, sebaiknya pilih keran yang biasa saja.

Dengan desain yang sederhana, tidak banyak aksen, dan berbahan stainless. Wastafel berbahan batu alam ini juga bisa kamu gunakan, bila konsep dapurmu bergaya vintage atau jadul.

Karena pemilihan bak berbahan batu alam, biasanya dikombinasikan dengan dapur dengan aksesn vintage yang lengkap.

Masih ada banyak bahan lainnya selain batu alam, yang bisa kamu gunakan dalam membuat wastafel cuci piring di ruangan dapur.

Berikut ini beberapa panduan dalam memilih bahan wastafel yang tepat :

1. Cast Iron

Adalah jenis bahan logam yang cukup berat yang biasanya dilapisi lagi dengan bahan enamel.

Kelebihannya ada pada permukaannya yang halus, sehingga akan lebih mudah dibersihkan.

2. Porselen

Adalah bahan keramik dengan dasar tanah liat yang termasuk pada jenis bahan yang tahan lama, awet, dan permukaannya pun lebih mudah dibersihkan.

Bahan porselen juga bisa retak atau terkelupas.

Tetapi hanya jika terkena dengan benda berat atau keras. Sejauh ini bahan porselen termasuk jenis bahan yang aman untuk wastafel.

3. Glass

Adalah bahan material yang banyak dibuat dari jenis bahan bak cuci di kapal-kapal. Terdapat pilihan warna yang cukup beragam.

Bahan atau material glass dengan bahan kaca, akan menambah kreatifitas pada dekorasi yang tak ada batasnya.

Sayangnya, bahan ini agak sulit dibersihkan dan biasanya meninggalkan bekas.

Dari ke-8 model, desain, jenis dan bahan wasfatel cuci piring yang bisa kamu pilih ini mana yang paling menarik perhatianmu?

Tapi apapun pilihanmu, sebaiknya pilih jenis wastafel yang bahannya kuat, tahan lama, dan bisa berfungsi dengan baik.

Bagas Kurnia Prastyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat. Selamat membaca !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
error: Konten ini dilindungi !!