Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Desain Dapur Minimalis 3×3

6 min read

Desain Dapur Minimalis 3x3

Desain dapur minimalis 3×3 mulai menjadi pilihan untuk dihadirkan ke dalam rumah minimalis modern karena ukurannya ideal dan compact.

Setiap desain dapur dirancang untuk dapat berfungsi secara maksimal. Bahkan dengan ukuran yang minim, dapur bisa dibagi menjadi dua area untuk memasak dan ruang makan.

Jika kamu tertarik menghadirkan dapur minimalis 3×3 untuk hunian idaman, simak inspirasinya di bawah ini.

Model Dapur Minimalis 3×3 Meter

1. Dapur Minimalis 3×3 Gaya Modern

Dapur Minimalis 3x3 Gaya Modern
Pinterest.com

Tanpa detail rumit, konsep desain gaya modern bisa kamu pilih untuk dapur minimalis 3×3 agar terlihat luas dan sangat rapi.

Dengan desain ini, kamu bisa memaksimalkan semua ruang yang ada untuk meja dapur dan rak dinding fungsional sehingga tempat penyimpanan (storage) pada dapur terpenuhi.

2. Dapur Minimalis L-Shaped Ukuran 3×3

Dapur Minimalis L-Shaped Ukuran 3x3
Pinterest.com

Dapur minimalis ukuran 3×3 ini dibuat berbentuk L-Shaped menggunakan kitchen set yang didominasi warna putih.

Selain dapat memaksimalkan ruang dan membuat area penyimpanan lebih banyak, desain ini juga tampak manis meskipun minimalis.

3. Desain Dapur Sederhana Kombinasi Kayu

Desain Dapur Sederhana Kombinasi Kayu
Pinterest.com

Elemen kayu dan warna putih merupakan kombinasi antara dua unsur yang dapat menghasilkan tampilan minimalis sekaligus eksotik.

Selain itu, dapur yang didominasi oleh unsur kayu juga terasa lebih hangat dan natural. Apalagi dengan finishing bercorak gelap seperti ini.

4. Desain Dapur U-Shaped Ukuran 3×3

Desain Dapur U-Shaped Ukuran 3x3
Pinterest.com

Salah satu tantangan saat mendesain dapur minimalis adalah menghadirkan storage yang memadai. Kamu bisa terapkan desain dapur dengan pola bentuk U semacam ini.

Tidak hanya membuat area penyimpanan semakin besar, area sirkulasi yang terpusat pada pola U juga memudahkan penghuni rumah dalam aktivitas memasak setiap harinya.

5. Kitchen Island Pengganti Meja Makan

Kitchen Island Pengganti Meja Makan
Pinterest.com

Menggabungkan dapur dan ruang makan menjadi satu kesatuan merupakan solusi terbaik untuk diaplikasikan pada rumah minimalis yang punya lahan terbatas.

Supaya ruang gerak pada dapur tetap leluasa, gunakan kitchen island sebagai pengganti meja makan. Dengan begini, kamu bisa menyajikan dan menyantap makanan di satu ruangan saja.

6. Pencahayaan Maksimal dengan Skylight

Pencahayaan Maksimal dengan Skylight
Pinterest.com

Pencahayaan adalah salah satu kunci dari desain dapur minimalis. Untuk itu, jangan ragu mengaplikasikan skylight agar cahaya yang diterima dapur jadi lebih maksimal.

Tak hanya menjadikan ruangan terasa terang dan luas, pencahayaan alami juga dapat membantu mengurangi kelembapan pada dapur dan membunuh berbagai bakteri yang ada.

7. Nuansa Putih Untuk Dapur Minimalis Scandinavian

Nuansa Alami dengan Material Natural
Pinterest.com

Salah satu gaya desain yang sangat cocok dengan konsep minimalis adalah scandinavian.

Sangat mudah menghadirkan gaya scandinavian pada dapur minimalis ukuran 3×3, kamu cukup gunakan kitchen set sederhana warna putih dan dekorasi lampu gantung yang menjadi focal point sekaligus ciri khas gaya scandinavian.

8. Dapur Minimalis 3×3 Compact dan Terang

Dapur Minimalis 3x3 Compact dan Terang
Pinterest.com

Dengan penataan dan pemilihan perabot yang tepat, desain dapur minimalis dapat terasa lebih lapang dengan fungsi yang tetap terpenuhi.

Selain memanfaatkan meja bar sebagai meja makan, memberikan pencahayaan yang cukup dari lampu dan jendela akan membuat ruangan terlihat lebih terang dan luas.

9. Dapur Minimalis Modern 3×3 Industrial Style

Dapur Minimalis Modern 3x3 Industrial Style
Pinterest.com

Industrial style adalah konsep yang menggabungkan kemudahan penggunaan barang dan estetika desain menjadi satu kesatuan.

Jika kamu ingin membawa sesuatu yang berbeda pada desain dapur minimalis, coba terapkan konsep industrial style yang memang sangat cocok untuk kaum milenial saat ini.

10. Kombinasi Kitchen Set Stainless Steel

Kombinasi Kitchen Set Stainless Steel
Pinterest.com

Ukuran yang cukup sempit membuat dapur minimalis 3×3 lebih mudah kotor karena semua aktivitas dilakukan berdekatan dan bersama-sama.

Agar proses bersih-bersih jauh lebih mudah, kamu bisa mengaplikasikan kitchen set stainless steel. Selain mudah dibersihkan, kitchen set ini juga lebih kuat dan tahan lama.

11. Nuansa Alami dengan Material Natural

Nuansa Alami dengan Material Natural
Pinterest.com

Hidupkan suasana hangat pada dapur minimalis menggunakan kayu dengan pola yang lembut dan tidak terkesan berlebihan.

Untuk membuat kesan natural dari pola kayu menjadi kontras dan tampil lebih menonjol, kamu bisa aplikasikan warna-warna terang pada dinding atau perabot lain yang digunakan.

12. Dapur Minimalis 3×3 Gaya Kontemporer

Dapur Minimalis 3x3x Gaya Kontemporer
Pinterest.com

Penempatan kitchen island di dapur tidak hanya menghemat ruangan tapi juga menghadirkan gaya kontemporer yang lebih modern dan kekinian.

Dominasi warna putih menciptakan ilusi dapur yang lebih luas dan lapang. Jangan lupakan keberadaan lampu-lampu gantung yang semakin mempermanis tampilan dapur.

13. Dapur Minimalis 3×3 Bentuk Memanjang

Dapur Minimalis 3x3 Bentuk Memanjang
Pinterest.com

Dapur minimalis ukuran 3×3 biasanya tidak menyediakan banyak area untuk memasak sehingga kamu harus lebih kreatif dalam menyiasati luas ruangan.

Salah satu solusi agar dapur tetap fungsional adalah dengan membuat meja dapur yang memanjang. Tak perlu khawatir, meja dapur seperti ini sudah cukup luas dan standar.

14. All In-White, Desain Dapur Minimalis Lapang dan Bersih

All In-White, untuk Dapur Minimalis Lapang dan Bersih
Pinterest.com

Desain minimalis terkenal dengan nuansa putih yang total, mulai dari pemilihan cat dinding, lantai, perabot, plafon, hingga furniture yang digunakan.

Tidak hanya membuatnya menjadi lebih terang, kehadiran warna putih pun dapat menjadikan dapur minimalis ukuran 3×3 terkesan lebih luas, bersih, dan rapi.

15. Tema Monokrom untuk Dapur Minimalis 3×3

Tema Monokrom untuk Dapur Minimalis 3x3
Pinterest.com

Tema monokrom alias hitam putih seperti ini juga bisa kamu aplikasikan pada dapur minimalis milikmu. Tak hanya fungsional, tapi juga menarik secara visual.

Supaya tidak terkesan gelap dan suram, maksimalkan pencahayaan yang ada pada dapur. Jika pencahayaan terpenuhi, warna gelap seperti hitam pun nggak jadi masalah.

16. Dapur Minimalis Mewah Ukuran 3×3

Dapur Minimalis Mewah Ukuran 3x3
Pinterest.com

Dapur minimalis ini tampak begitu mewah dengan furniture warna gelap yang mengkilap. Meski hanya ada kitchen set dan meja dapur panjang namun sudah sangat menarik perhatian.

Tambahan dekorasi lampu warna kuning yang kontras di salah satu sisi dinding juga semakin mempertegas kesan mewah dan elegan pada dapur minimalis ini.

17. Dapur Minimalis dengan Storage yang Besar

Dapur Minimalis dengan Storage yang Besar
Pinterest.com

Desain dapur yang satu ini mengacu pada penempatan meja dapur dan lemari dinding supaya dapur minimalis memiliki storage yang cukup banyak.

Meja dapur dan lemari dinding menempati segala sisi dapur sehingga terlihat penuh. Meski begitu, dapur ini tetap memiliki space dan ruang gerak yang cukup leluasa.

18. Sentuhan Berbeda dengan Warna Gelap

Sentuhan Berbeda dengan Warna Gelap
Pinterest.com

Selain putih, warna gelap seperti hitam sangat membantu dapur ukuran 3×3 tidak gampang terlihat kotor dan selalu tampak rapi.

Apalagi jika kamu termasuk orang yang sibuk dan tidak bisa membersihkan dapur setiap saat, warna ini sangat membantu daripada warna yang terang.

19. Meja Dapur Lurus untuk Space yang Lebih Lega

Meja Dapur Lurus untuk Space yang Lebih Lega
Pinterest.com

Penempatan meja dapur yang tepat merupakan solusi terbaik untuk menciptakan space yang lebih lega pada dapur minimalis ukuran 3×3.

Tanpa lemari dinding, kamu bisa tempatkan meja panjang sebagai meja makan. Jangan lupa beri bukaan yang lebar untuk sirkulasi udara dan pencahayaan yang maksimal.

20. Desain Dapur Minimalis yang Cantik

Desain Dapur Minimalis yang Cantik
Pinterest.com

Sebagai ruangan yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari, area dapur harus dibuat semenarik mungkin supaya tidak membosankan.

Kamu bisa tambahkan beberapa dekorasi seperti lampu gantung, wallpaper dinding yang motifnya cerah, dan beberapa pot tanaman hias yang sekaligus membawa suasana sejuk dan alami pada dapur.

21. Dapur Minimalis Dengan Jendela Besar

Dapur Minimalis Dengan Jendela Besar
Pinterest.com

Untuk mengurangi bau tak sedap yang mengendap di dapur, pastikan untuk memasang jendela besar yang dekat dengan area memasak di dapur minimalis milikmu.

Tak hanya itu, jendela besar juga membawa penghawaan yang baik pada dapur minimalis 3×3 yang areanya cukup kecil.

22. Konsep Open Kitchen di Dapur Minimalis

Konsep Open Kitchen di Dapur Minimalis
Pinterest.com

Konsep open kitchen akhir-akhir memang tengah populer di dunia kuliner. Banyak restoran dan cafe yang membuat pengunjung bisa melihat aktivitas memasak para koki secara langsung.

Kamu juga bisa membuat konsep open kitchen ini dirumah. Tak hanya unik dan kekinian, tapi juga menjadi daya tarik bagi anak-anak dan penghuni rumah lainnya.

23. Dinding Dapur Minimalis 3×3 Motif Batu Alam

Dinding Dapur Minimalis 3x3 Motif Batu Alam
Pinterest.com

Memberi sedekit sentuhan bernuansa alam dapat membawa perbedaan yang cukup signifikan untuk dapur minimalis di rumah.

Selain menjadi elemen dekorasi yang menarik, batu alam ini berfungsi sebagai pelapis dinding agar tidak mudah kotor dan basah saat aktivitas memasak setiap hari.

24. Gaya Vintage yang Cantik dan Manis

Gaya Vintage yang Cantik dan Manis
Pinterest.com

Jika kamu berencana menciptakan dapur yang lebih klasik, coba terapkan gaya vintage dengan dekorasi yang sederhana melalui motif wallpaper dinding.

Supaya gaya vintage semakin terlihat, tambahkan hiasan dari tekstur kayu dan lukisan kecil di dapur. Mejanya bisa menggunakan material marmer atau granit.

25. Kontras Warna Untuk Membagi Area Dapur

Kontras Warna Untuk Membagi Area Dapur
Pinterest.com

Pembagian area dapur tidak hanya melalui material saja, tetapi juga dapat diterapkan dengan membedakkan warnanya.

Pilihlah warna yang benar-benar kontras, seperti contoh di atas. Warna biru muda untuk area kitchen set, dan warna coklat muda untuk area kitchen bar. Sangat cantik bukan?

26. Penyimpanan di Sudut Ruang Dapur 3×3

Penyimpanan di Sudut Ruang Dapur 3x3
Pinterest.com

Walaupun ukuran dapur sudah cukup ideal, kamu tetap membutuhkan tempat untuk menyimpan peralatan masak dan peralatan makan lainnya.

Oleh karena itu, manfaatkan sudut ruang dapur untuk tambahan area penyimpanan. Ciptakan rak-rak manis dan minimalis dengan beberapa susun.

27. Kembali Ke Nuansa Tradisional

Kembali Ke Nuansa Tradisional
Pinterest.com

Secara keseluruhan, kitchen set dengan unsur kayu membuat dapur minimalis ini tampak kembali ke nuansa yang tradisional.

Meskipun cukup sederhana, suasananya terasa sangat hangat dan nyaman. Ditambah dengan keberadaan meja dan kursi makan yang bisa digunakan oleh dua orang.

28. Suasana Dapur Ala Cafe dengan Lampu Unik

Suasana Dapur Ala Cafe dengan Lampu Unik
Pinterest.com

Desain dapur yang satu ini terlihat sangat cozy layaknya cafe berkat pemilihan bentuk dan material yang tepat.

Selain itu, tambahan beberapa lampu gantung tepat di atas meja dapur juga menjadi elemen penting sebagai focal point pada ruangan.

29. Konsep Dapur Minimalis 3×3 Simetris

Konsep Dapur Minimalis 3x3 Simetris
Pinterest.com

Konsep lain yang juga cocok diaplikasikan pada dapur minimalis ukuran 3×3 adalah membentuk sistem yang simetris.

Konsep ini memiliki kelebihan dari segi visual dan fungsi. Secara visual, dapur menjadi sangat rapi dan terorganisir. Secara fungsi, penempatan kitchen set dan meja makan dalam satu ruang memudahkan aktivitas sehari-hari.

30. Dapur Minimalis 3×3 dengan Permainan Warna

Dapur Minimalis 3x3 dengan Permainan Warna
Pinterest.com

Ruangan dapur minimalis 3×3 yang sempit bukan suatu halangan untuk kamu bisa bermain dengan warna-warna yang berani.

Kamu bisa menggunakan 2-3 pilihan warna-warni dengan tone cerah dan terang yang akan membawa aksen keceriaan dan nuansa baru pada dapur minimalis. Jangan lupakan hiasan dan dekorasi lainnya.

So, dari 30 desain dapur minimalis 3×3 diatas, mana yang jadi favoritmu?

Saat memilih desain dapur jangan hanya melihat dari keindahannya saja, tetapi sesuaikan dengan konsep rumah atau gaya interior yang ingin ditampilkan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa temukan berbagai artikel menarik lainnya hanya di ruangarsitek.id ya!

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *