Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Dapur Minimalis 2×3

4 min read

Dapur Minimalis 2x3

Dapur minimalis 2×3 bisa dikreasikan menjadi dapur yang cantik dan nyaman, dengan penataan dan pemilihan furniture yang fungsional.

Meski memiliki luas ruangan yang terbatas, kamu tetap bisa membuat dapur minimalis milikmu terlihat menawan dan menarik dengan beberapa trik yang inspiratif.

Bukan hanya soal konsep desain minimalis, dapur ukuran 2×3 bisa disiasati dengan pilihan layout dan berbagai kitchen appliance dengan penggunaan rak penyimpanan fungsional.

Keterbatasan ruang bukanlah suatu alasan untuk tidak berkreasi, 15 inspirasi desain dibawah ini akan membantu mewujudkan dapur minimalis impianmu.

15 Desain Dapur Minimalis 2×3 yang Unik & Fungsional

1. Dapur Minimalis 2×3 Bentuk U

Dapur Minimalis 2x3 Bentuk U
Pinterest.com

Untuk dapur minimalis yang punya ruang terbatas bahkan cenderung sempit, menerapkan konsep dapur letter U merupakan pilihan yang paling tepat.

Dapur berbentuk U memungkinkan kamu memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan peralatan serta membuat proses memasak lebih cepat dan efisien.

Hanya saja, desain ini membuat area sirkulasi di tengah dapur minimalis 2×3 menjadi lebih sempit sehingga tidak muat untuk digunakan banyak orang.

2.Dapur Minimalis 2×3 Bentuk L

Dapur Minimalis 2x3 Bentuk L
Pinterest.com

Salah satu solusi menciptakan ruang gerak yang lebih leluasa pada dapur minimalis ukuran 2×3 adalah meletakkan meja dapur memanjang berbentuk L.

Kamu bisa menempatkan area cuci piring berhadapan dengan jendela besar yang sekaligus berfungsi sebagai pencahayaan alami dan sirkulasi udara.

Tak hanya membuat ruang gerak lebih lega, desain dapur seperti ini juga ideal dan sangat fungsional untuk aktivitas memasak setiap harinya.

3. Permainan Warna Pada Dapur Minimalis

Permainan Warna Pada Dapur Minimalis 2x3
Pinterest.com

Permainan warna juga dibutuhkan saat mendesain dapur minimalis agar dapur terlihat lebih menarik, tidak kaku dan membosankan.

Kamu bisa mengaplikasikan sedikit warna kontras pada elemen tertentu, misalnya warna kuning cerah untuk meja makan dan rak dinding dekorasi.

Meskipun sedikit, pengaplikasian warna kontras pada dapur minimalis ukuran 2×3 dapat membuat tampilannya terlihat berbeda tanpa perlu khawatir berlebihan.

4. Ekstra Storage di Dapur Minimalis 2×3

Dapur Minimalis 2x3 dengan Ekstra Storage
Pinterest.com

Jika ukuran dapur tidak cukup luas, kamu perlu sedikit berinovasi agar tempat penyimpanan punya banyak ruang untuk menampung lebih banyak barang.

Kamu bisa gunakan kitchen set yang ukurannya besar dan tinggi dengan rak dinding 2 tingkat seperti diatas.

Supaya tidak terlihat memenuhi dapur, sesuaikan warna kitchen set yang kamu pilih dengan warna dinding dapur yang digunakan.

5. Dapur Minimalis 2×3 Gaya Scandinavian

Dapur Minimalis 2x3 Gaya Scandinavian
Pinterest.com

Gaya scandinavian memang paling cocok diaplikasikan pada rumah minimalis, termasuk desain dapur ukuran 2×3.

Selain nuansa putih, motif wallpaper dinding seperti di atas juga semakin memperkuat gaya scandinavian yang ingin ditampilkan pada dapur minimalis.

Ditambah dengan adanya karpet cerah yang menjadi focal point dan membuat ruangan jadi lebih fresh, ceria, serta tidak membosankan.

6. Hadirkan Bukaan Besar Untuk Pencahayaan Maksimal

Hadirkan Jendela Besar Untuk Pencahayaan Maksimal
Pinterest.com

Pencahayaan sangatlah penting dalam menata dapur minimalis karena dapat membuat suasananya terasa lebih lapang dan lega.

Maksimalkan pencahayaan alami dengan menghadirkan jendela-jendela besar. Akan lebih bagus lagi jika jendela menghadap langsung ke taman yang ditumbuhi tanaman hijau untuk menyegarkan mata.

Selain pencahayaan alami, lengkapi juga dapur minimalis milikmu dengan lampu-lampu gantung dan lampu dinding pada kitchen set.

7. Dapur Minimalis Multifungsi Ukuran 2×3

Dapur Minimalis Multifungsi Ukuran 2x3
Pinterest.com

Jangan khawatir jika tidak ada cukup ruang untuk tempat mencuci, kamu bisa meletakkan mesin cuci dibawah meja dapur untuk menciptakan ruang yang multifungsi.

Selain lebih hemat tempat, kamu bisa melakukan dua kegiatan sekaligus. Pekerjaan rumah lebih cepat selesai dan kamu pun memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai.

Supaya tampilan dapur tetap rapi dan menarik, pilih mesin cuci yang warnanya sama dengan kitchen set yang digunakan.

8. Desain Dapur Minimalis 2×3 Nuansa Natural

Desain Dapur Minimalis 2x3 Bernuansa Natural
Pinterest.com

Dapur minimalis bisa kamu kreasikan lebih lanjut dengan pengaplikasian elemen natural pada dapur lewat finishing kayu.

Tidak hanya terkesan natural, dominasi material kayu juga membuat suasana dapur jadi lebih hangat dan nyaman untuk aktivitas memasak setiap hari.

Desain seperti ini juga sah-sah saja selama pola finishing yang kamu gunakan tidak terlalu ramai yang malah membuat dapur terasa penuh dan sesak.

9. Desain Dapur Minimalis 2×3 Mewah dan Elegan

Desain Dapur Minimalis 2x3 Mewah dan Elegan
Pinterest.com

Jika warna putih membawa kesan yang lebih luas pada dapur, maka warna-warna gelap seperti hitam akan membuat dapur terlihat mewah dan elegan.

Kamu bisa memadukannya dengan material stainless steel untuk membantu menghidupkan kesan mewah yang dibawa oleh warna hitam pada dapur minimalis ukuran 2×3.

Supaya tidak terlalu gelap, berikan sentuhan warna terang pada beberapa elemen seperti plafon, dinding, dan keramik lantai dapur.

10. Konsep Terbuka Untuk Dapur Minimalis 2×3

Konsep Terbuka Untuk Dapur Minimalis 2x3
Pinterest.com

Menerapkan konsep terbuka merupakan salah satu cara paling efektif untuk membuat dapur minimalis ukuran 2×3 terlihat lebih luas dan lega.

Tanpa partisi ataupun dinding penghalang, biarkan dapur milikmu menyatu dengan fungsi ruang lain seperti ruang makan atau bahkan ruang keluarga.

Untuk membedakan setiap fungsinya, kamu bisa memanfaatkan kitchen island sebagai pembatas atau memilih warna yang berbeda untuk area memasak dengan area ruang makan.

11. Dapur Minimalis di Bawah Tangga

Dapur Minimalis 2x3 di Bawah Tangga
Pinterest.com

Memanfaatkan area bawah tangga sebagai dapur minimalis bisa jadi solusi supaya rumah mungil tidak terasa sesak dan sempit.

Jika kamu tertarik dengan dapur ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih desain kitchen set yang cocok dari segi ukuran dan warnanya.

Meskipun kitchen set terletak di bawah tangga, dapur tetap terlihat rapi dan bisa memuat banyak perangkat seperti tempat cuci piring, kulkas, dispenser, dan lain-lain.

12. Konsep Minibar Untuk Dapur Minimalis 2×3

Konsep Minibar Untuk Dapur Minimalis 2x3
Pinterest.com

Cara lain untuk membuat dapur ukuran 2×3 meter tampak lebih luas adalah menghilangkan sekat dinding dengan ruang di sebelahnya.

Hampir sama dengan konsep terbuka, desain ini membuat area dapur dan ruang makan menjadi satu dengan tampilan layaknya minibar.

Jangan lupa tambahkan kursi-kursi tinggi yang stylish sebagai kursi makan sekaligus dekorasi yang mempercantik tampilan ruangan.

13. Minimalisir Pola di Dapur

Minimalisir Pola di Dapur Minimalis 2x3
Pinterest.com

Banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan dalam menata dapur minimalis ukuran 2×3, termasuk pola dan warna yang diterapkan.

Untuk menghindari kesan terlalu padat, sesak, berantakan, dan norak, meminimalisir penggunaan terlalu banyak pola dan warna pada dapur perlu dilakukan.

Cukup pilih 2-3 warna dengan kombinasi yang pas. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pola pada dinding dan lantai, pilihlah yang motifnya sama.

14. Dapur Minimalis Nuansa Pedesaan

Desain Dapur Minimalis 2x3 Nuansa Pedesaan
Pinterest.com

Dapur ini menggabungkan konsep minimalis dengan desain interior bergaya farmhouse yang sangat kental dengan nuansa pedesaan.

Apalagi plafon yang digunakan adalah material kayu tanpa finishing yang cukup sederhana namun sangat indah secara keseluruhan.

Agar semakin kental nuansa pedesaan, kamu bisa tambahkan beberapa perabot kayu seperti kursi kayu, meja kayu, hingga keranjang buah dari kayu.

15. Hiasan Dapur dengan Tanaman Hijau

Hiasan Dapur Minimalis 2x3 dengan Tanaman Hijau
Pinterest.com

Menambahkan beberapa jenis tanaman hijau baik di meja maupun lantai dapur, dapat membuat suasana dapur jadi lebih segar dan sehat.

Kamu bisa pilih tanaman dari jenis sayur-sayuran atau tanaman hias yang bisa menyerap udara kotor sehingga udara dapur selalu bersih.

Tapi bagi kamu yang terlalu sibuk dan merasa tidak ada waktu untuk merawatnya, ganti tanaman hidup dengan tanaman tiruan yang hanya berfungsi sebagai hiasan saja.

Itulah beberapa desain dapur minimalis 2×3 yang apik dan fungsional untuk bisa kamu wujudkan dirumah. Semoga bermanfaat dan membantu kamu menemukan desain hunian terbaik ya.

Temukan berbagai inspirasi hunian menarik lainnya hanya di ruangarsitek.id!

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

2 Replies to “Dapur Minimalis 2×3”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *