Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Besi Beton

3 min read

Jenis Besi Beton

Besi beton adalah salah satu jenis bahan bangunan yang biasa digunakan untuk kebutuhan konstruksi, sehingga besi beton memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Itulah mengapa harga besi beton harus menjadi perhitungan yang matang bagi para kontraktor mengingat fungsi besi yang satu ini sangatlah penting.

Maka penting menentukan ukuran dan jumlah besi beton yang digunakan agar besi yang dipilih mampu menopang beban dan membuat bangunan semakin kokoh.

Terdapat beberapa jenis besi beton yang banyak dipilih oleh para pelaku bisnis atau kontraktor. Hal ini harus disesuaikan dengan ukuran, jenis, dan model bangunan yang akan dibuat nantinya.

Jenis Besi Beton

Harga Besi Beton

Sebelum mengetahui harga besi beton terbaru yang ada di pasaran saat ini, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis besi beton seperti apa yang perlu kamu beli. Sehingga pertimbangan sebelum membeli besi beton lebih matang.

1. Besi Beton Ulir

Sesuai dengan namanya jenis besi beton ini memiliki struktur berbentuk ulir yang ada di sepanjang permukaan batangnya.

Motif dan bentuknya pun bermacam-macam karena setiap pabrik memiliki cetakan yang berbeda-beda. Bukan tanpa alasan, bentuk ulir pada besi yang satu ini mampu membuat besi memiliki daya rekat yang sangat tinggi dan mampu menopang beban dengan lebih kokoh dan kuat.

2. Besi Beton Polos

Kemudian ada besi beton polos dimana memang memiliki struktur besi yang polos, licin, dan halus dengan penampang bundar.

Besi beton polos ini banyak digunakan sebagai pembungkus untuk besi beton ulir. Dan besi beton yang satu ini banyak dibandrol dengan harga yang murah yang bisa kamu jumpai di toko material di seluruh daerah.

3. Besi Siku

Besi siku tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan membuat rak saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai besi beton. Jenis besi yang satu ini berbentuk siku dan biasanya memiliki panjang 6 meter per batang.

Harga besi siku ini juga ditentukan oleh kualitas material yang digunakan serta ukuran yang ingin kamu beli. Makin besar dan makin berkualitas bahan dasar pembuatannya maka harganya akan semakin mahal.

4. Besi Hollow

Jenis besi beton yang satu ini berbentuk kotak memanjang seperti pipa.

Besi hollow biasanya digunakan untuk membuat kerangka plafon serta partisi dinding. Selain itu besi hollow juga banyak digunakan untuk membuat rangka kanopi, railing, hingga pagar rumah. Harga besi hollow per batang juga sangat bervariasi sesuai dengan kualitas dan ukuran.

5. Besi H-Beam

Besi H-Beam ( Hot Rolled ) memiliki bentuk seperti huruf H. Jenis besi beton yang satu ini sangat kokoh dan kuat dan sering digunakan untuk konstruksi gedung bertingkat dan apartemen.

Harga besi H-Beam ditentukan dari ukuran dan kualitas material dasar pembuatan besi tersebut. Semakin bagus kualitasnya maka tentu akan semakin mahal harganya.

6. Besi WF

Besi WF ( Wide Flange ) memiliki kekuatan yang bagus baik kekuatan daya tarik dan tekanan. Struktur besi beton yang satu ini sangat padat sehingga lebih kokoh dan kuat.

Jika kamu ingin membuat kontruksi bangunan yang besar dibutuhkan ukuran dan jumlah besi dalam jumlah yang besar juga. Nah, berikut ini daftar harga besi beton terbaru yang bisa menjadi referensi ketika berencana memilih besi beton sebagai material bangunan.

Daftar Harga Besi Beton Terbaru

Jenis Besi BetonUkuranHarga
Besi Beton 8 TJ SNI7,5 mmRp 43.000
Besi Beton 10 TJ SNI9,5 mmRp 63.000
Besi Beton 12 TJ SNI11,5 mmRp 85.900
Besi Beton D 10 TJ SNI9,5 mmRp 66.000
Besi Beton D 13 TJ SNI12,5 mmRp 105.250
Besi Beton D 16 TJ SNI15,5 mmRp 170.450
Besi Beton D 19 TJ SNI18,5 mmRp 226.000
Besi Beton D 13 IBD SNI ( Ulir )12,8 mmRp 113.500
Besi Beton D 16 IBD SNI ( Ulir )15,8 mmRp 166.800
Besi Beton D 19 IBD SNI ( Ulir )18,8 mmRp 225.900
Besi Beton 16 TJ SNI ( Polos )15,5 mmRp 156.000
Besi Beton 8 SRB SNI7,1 mmRp 40.900
Besi Beton 10 SRB SNI9,1 mmRp 65.000
Besi Beton 12 SRB SNI11,2 mmRp 85.450
Besi Beton D 13 SRB SNI12,2 mmRp 110.500
Besi Beton D 16 SRB SNI15,2 mmRp 160.900
Besi Beton 8 IBD SNI7,8 mmRp 50.600
Besi Beton 10 IBD SNI9,8 mmRp 660.000
Besi Beton 12 IBD SNI11,8 mmRp 99.400
Besi Beton 8 SPI BJKU7 mmRp 35.900
Besi Beton 10 SPI BJKU8,7 mmRp 55.000
Besi Beton 12 SPI BJKU10,5 mmRp 79.500
Besi Beton  8 MSS BJKU6,2 mmRp 35.000
Besi Beton 10 MSS BJKU8 mmRp 50.900
Besi Beton 12 MSS BJKU9,5 mmRp 70.000

Ukuran Besi Beton

Ukuran Besi Beton

Faktor penting lain yang harus diperhatikan sebelum membeli besi beton untuk konstruksi adalah ukurannya, mengingat hal ini nantinya akan digunakan untuk menghitung jumlah berat besi beton yang dibutuhkan.

Ukuran besi beton sangat dibutuhkan untuk keperluan proyek pembangunan maupun renovasi yang akan dikerjakan. Nah, dari ukuran ini para kontraktor bisa mengkalkulasi berapa jumlah dana yang dibutuhkan sehingga lebih efisien.

Ukuran besi beton di pasaran sangat bervariasi, maka segala sesuatu yang menyangkut besi beton harus ditetapkan dengan standar berat dan ukuran sesuai standar nasional Indonesia (SNI). Namun, realitanya tetap ada perbedaan sebab semua produk besi beton tidak memiliki ukuran yang sama persis.

Notes :

  • Harga Besi Beton diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan dari kami.
  • Harga Besi Beton bisa berbeda-beda di setiap daerah.

Nah, itulah tadi beberapa jenis dan harga besi beton yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat sebuath bangunan, gedung bertingkat, atau rumah hunian.

Dengan memahami betul konstruksi seperti apa yang akan kita buat tentu akan lebih tepat dalam memilih jenis besi seperti apa yaang harus dipilih.

Semoga informasi kali ini bermanfaat, kamu bisa juga menyimak ulasan Harga Besi Siku yang telah Ruangarsitek.id bahas sebelumnya.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :
                                 
       

One Reply to “Harga Besi Beton”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *