Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

8 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Bangunan

8 min read

Merk Semen Terbaik

Merk Semen Terbaik – Semen adalah salah satu komponen terpenting dalam proses pembangunan sebuah rumah.

Jika kualitas semen yang digunakan kurang bagus bisa berdampak buruk pada ketahanan bangunan tersebut.

Merk semen terbaik di pasaran sebenarnya sudah cukup banyak dengan harga yang bervariasi.

Kalau saat ini kamu masih bingung memilih merk semen berkualitas, maka ulasan lengkap mengenai 13 merk semen terbaik berikut ini perlu kamu simak.

Bukan hanya mengulas merk semen saja, kamu juga bisa mengetahui informasi lengkap tentang tips memilih semen terbaik untuk membangun rumah.

8 Rekomendasi Merk Semen Terbaik di Indonesia

1. Semen Tiga Roda

Semen Tiga Roda

Semen Tiga Roda termasuk salah satu merk semen paling terkenal di Indonesia.

Bukan hanya populer, merk semen ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya apalagi sudah memenuhi beragam standarisasi produk mulai dari SNI (Standar Nasional Indonesia) hingga European Standard.

Beragam standarisasi tersebut membuat semen ini bisa dipakai untuk pembangunan berskala nasional dan juga dapat digunakan untuk kebutuhan pembangunan di luar negeri.

Hebatnya lagi, Tiga Roda termasuk jenis semen yang ramah lingkungan sehingga bisa digunakan di berbagai kondisi alam.

Salah satu keunggulan semen ini adalah bisa menghasilkan plester atau beton yang lebih rapat dan halus. Hal tersebut tentu akan membuat sebuah bangunan menjadi lebih kokoh.

Semen merk Tiga Roda ini juga terkenal memiliki ketahanan yang bagus sebab tidak mudah retak dan lebih cepat kering.

Semen merk Tiga Roda ini juga dibekali dengan Master Tech Formula sehingga bisa diaplikasikan pada bermacam-macam bagian dari sebuah bangunan.

Bukan hanya untuk bagian dinding bangunan saja, namun semen ini dapat pula dijadikan sebagai salah satu bahan utama membuat lantai semen.

Tiga Roda juga dikenal sebagai merk semen yang terdiri dari berbagai macam jenis, contohnya seperti:

  • Semen PCC (Portland Composite)

Semen jenis ini biasanya paling bagus digunakan untuk memasang paving block, beton umum, beton pracetak, batu bata dan lain sebagainya.

  • Semen Portland II

Semen jenis ini memiliki daya tahan yang baik terhadap serangan sulfat, sehingga bagus diaplikasikan untuk pemasangan beton.

  • Semen OWC (Oil Well Cement)

Semen jenis ini termasuk jenis semen khusus yang lazim digunakan sebagai penyekat pengeboran sumur minyak.

Kualitas yang dimiliki oleh produk semen merk Tiga Roda ini tentu selaras dengan harganya. Harga semen ini terbilang cukup mahal sekitar Rp60.000 – Rp75.000

2. Semen Holcim/Dynamix

Semen Holcim Semen Dynamix

Berbeda dengan merk semen lainnya, Semen Holcim ini punya keunggulan khusus yaitu dilengkapi dengan micro filter particle.

Berkat adanya partikel mineral berukuran mikro itu, maka semen ini dapat menghasilkan permukaan bangunan yang halus.

Keunggulan lain dari semen yang kini lebih dikenal dengan nama Semen Dynamix ini adalah termasuk semen yang ramah lingkungan.

Hal tersebut bisa dibuktikan dari adanya sertifikasi Green Label. Sementara itu, untuk harganya di pasaran semen merk ini dibanderol sekitar Rp60.000 – Rp70.000.

3. Semen Garuda

Semen Garuda

Sama dengan merk semen lainnya, kualitas dari Semen Garuda juga tidak diragukan sebab dilengkapi pula dengan sertifikasi SNI.

Ciri paling menonjol dari semen merk Garuda ini adalah kedap air dan juga tahan terhadap serangan sulfat sehingga kualitas konstruksi akan bisa bertahan lama.

Harga semen ini terbilang lebih murah dibanding merk lainnya hanya sekitar Rp40.000 hingga Rp55.000 saja.

Walau harganya lebih terjangkau, namun semen merk Garuda ini tidak mudah retak dan juga tetap mampu menghasilkan permukaan bangunan yang halus.

Semen merk Garuda ini dapat digunakan oleh mereka yang ingin membangun rumah namun dengan budget yang tidak terlalu besar.

Harga murah namun kualitas semen merk ini bisa dibilang tidak murahan dan layak dijadikan sebagai salah satu bahan baku membangun rumah.

4. Semen Padang

Semen Padang

Merk Semen Padang merupakan merk semen tertua di Indonesia.

Bukti bahwa pabrik semen ini bisa bertahan hingga saat ini tentu menandakan bahwa kualitas dari semen merk ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sesuai namanya, pabrik semen ini berlokasi di Sumatera Barat tepatnya di kawasan Indarung yang dikenal sebagai daerah penghasil bahan baku pembuatan semen terbaik di tanah air.

Di pasaran semen merk ini biasanya dibanderol di kisaran harga Rp60.000 – Rp70.000.

Merk semen ini juga memiliki cukup banyak keunggulan di antaranya seperti:

  • Membuat bangunan lebih kokoh sebab lebih tahan terhadap serangan sulfat
  • Menghasilkan permukaan bangunan yang lebih halus
  • Ramah lingkungan

Ketiga keunggulan tersebut tentu membuat semen merk ini layak dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Harga tinggi dari semen ini sebanding dengan kualitas yang dihasilkan sehingga konsumen pun tidak akan merasa kecewa telah merogoh kocek cukup dalam hanya untuk membeli semen.

5. Semen Gresik

Semen Gresik

Selain SNI, Semen Gresik juga dikenal sebagai merk semen yang punya sertifikasi ISO 14001 yang menandakan bahwa produk tersebut adalah produk yang ramah lingkungan.

Harga semen merk ini juga termasuk cukup terjangkau, sekitar Rp65.000 – Rp70.000 saja.

Terdapat tiga keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan semen ini, di antaranya seperti:

  • Semakin Lama Semakin Kuat

Unsur pozzolan yang terkandung dalam semen jenis PPC dari merk ini akan memberikan daya kuat tekan secara berkelanjutan.

Hal tersebut disebabkan karena proses reaksi hidrasi akan terus berlangsung hingga terjadi peningkatan kuat tekan sehingga menyebabkan semakin lama semakin kuat.

  • Tahan terhadap Serangan Sulfat dan Asam

Unsur pozzolan yang terkandung dalam semen ini dalam jangka panjang akan membentuk senyawa baru yang memiliki sifat lebih tahan terhadap serangan sulfat dan juga asam.

Senyawa baru itu terbentuk dari proses reaksi antara kalsium oksida bebas yang kemudian bereaksi pula dengan pozzolan serta air.

  • Tahan Retak

Unsur pozzolan yang terkandung dalam semen ini membuat suhu yang terbebas ketika proses reaksi semen dengan air menjadi semakin rendah. Hal seperti itu tentu membuat resiko keretakan semen akan semakin rendah.

6. Semen Batu Raja

Semen Batu Raja

Semen Batu Raja juga termasuk salah satu merk semen terbaik di Indonesia.

Merk semen ini juga cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau hanya sekitar Rp55.000 – Rp85.000 saja.

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh semen ini, di antaranya seperti:

  • Praktis dan lebih mudah diaduk sehingga bisa membuat pekerjaan lebih mudah
  • Tidak mudah retak sebab panas hidrasi yang dihasilkan cukup rendah
  • Dapat menghasilkan permukaan bangunan/plasteran yang lebih halus
  • Tahan terhadap serangan sulfat dan kedap air

Semen merk Batu Raja memang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, namun kualitas yang diberikan oleh produk semen ini tidak akan membuatmu kecewa.

7. Semen Merah Putih

Semen Merah Putih

Produk Semen Merah Putih telah diakui mampu memenuhi standarisasi bukan hanya sesuai ketentuan SNI saja melainkan juga sesuai dengan standar mutu Eropa.

Konsistensi terhadap kualitas produk itulah yang membuat semen merk Merah Putih ini bisa memberi hasil akhir terbaik pada sebuah bangunan.

Semen yang diproduksi dengan teknologi mutakhir ini memiliki cukup banyak keunggulan sehingga dapat membuat sebuah bangunan bisa berdiri lebih kokoh dan tahan lama.

Semen ini juga terbilang sangat mudah diaplikasikan pada berbagai permukaan bangunan.

Semen merk Merah Putih dikenal sebagai salah satu produk semen yang punya karakteristik butiran unik sehingga membuat proses pencampuran semen menjadi lebih mudah.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh merk semen ini di antaranya seperti:

  • Mampu Memperkuat Struktur Bangunan dengan Baik

Salah satu kebutuhan dasar dari sebuah bangunan adalah kemampuan dalam menopang beban.

Kemampuan tersebut juga perlu dipertahankan dalam berbagai kondisi iklim dan cuaca apapun.

Oleh sebab itu, diperlukan bahan baku termasuk semen dengan kualitas terbaik. Merah Putih termasuk merk semen berkualitas yang telah sesuai standar baik standar dalam negeri ataupun luar negeri.

  • Memiliki Daya Tahan Lebih Lama dan Mampu Bertahan dalam Berbagai Kondisi Lingkungan

Penggunaan unsur pozzolan akan menghasilkan reaksi yang tepat untuk membentuk senyawa baru sehingga mampu memberi ketahanan sebuah konstruksi bangunan dalam jangka panjang.

Bangunan tersebut juga bisa bertahan lama di lingkungan dengan kadar garam dan sulfat yang cukup tinggi.

  • Proses Pengerjaan Lebih Mudah

Proses pengerjaan yang menggunakan semen merk ini terbilang cukup mudah.

Misalnya saja, dalam proses pembuatan campuran beton mulai dari proses penuangan, perataan hingga pemadatan dapat berlangsung lancar tanpa adanya pemisahan.

Ciri lain butiran semen merk Merah Putih ini adalah gradasi ukuran butiran yang membuat semen ini dapat lebih mudah diaduk tanpa air yang terlalu berlebihan.

Ciri seperti itu juga menandakan bahwa produk semen ini juga bisa menghasilkan permukaan bangunan yang halus serta tidak mudah retak.

Di pasaran harga semen merk Merah Putih ini terbilang cukup terjangkau untuk semua kalangan. Kisaran harganya hanya sekitar Rp40.000 – Rp60.000 saja.

8. Semen Jakarta

Semen Jakarta

Semen ini juga termasuk merk semen berkualitas unggul. Bukan hanya itu saja, merk semen ini juga lebih hemat digunakan dan lebih cepat kering.

Dibanding merk semen lainnya, Semen Jakarta terbilang paling murah hanya sekitar Rp35.000 – Rp45.000 saja.

3 Jenis Semen Campur Terbaik di Indonesia

3 Jenis Semen Campur di Indonesia

1. Portland Composite Cement (PCC)

Semen jenis ini biasanya dipakai sebagai bahan pengikat untuk pembuatan konstruksi beton.

Namun, bukan hanya sebatas konstruksi beton saja, sebab PCC juga sering digunakan untuk proses pemasangan batu bata, paving block, plester, beton pra cetak dan lain-lain.

Jenis semen ini termasuk jenis yang kedap air dan mampu bertahan dari serangan sulfat. Semen jenis ini juga bisa menghasilkan permukaan acian yang lebih halus dan pastinya tidak mudah retak.

2. White Portland Cement (Semen Putih)

White Portland Cement biasanya dipakai sebagai penutup lapisan keramik. Semen yang dibuat dari proses pembuatan khusus ini juga bisa dijadikan sebagai penutup celah pembatas antara gypsum dan sering pula dijadikan sebagai sarana dekoratif.

Produk semen putih dengan kualitas paling unggul biasanya dibuat dari bahan mentah yang mengandung oksida manganese dan oksida besi yang sangat rendah bahkan di bawah 1%.

3. Super Portland Pozzolan Composite Cement (PPC)

Jenis semen ini biasanya paling sering digunakan untuk membangun sebuah bangunan bertingkat.

Super Portland Pozzolan Composite Cement ini termasuk jenis semen yang sangat tahan terhadap serangan sulfat sehingga paling cocok apabila digunakan pada bangunan yang berlokasi di area tepi pantai.

5 Tips Memilih Semen untuk Bangunan Rumah

5 Tips Memilih Semen untuk Rumah

Mengetahui merk semen terbaik tidak cukup untuk mempermudah memilih semen untuk digunakan pada konstruksi bangunan.

Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat akan memilih semen untuk membangun sebuah rumah.

1. Mengetahui Tipe Semen yang Dibutuhkan

  • Tipe Semen Abu-abu

Semen abu-abu dikenal pula dengan jenis semen Portland (PCC) merupakan jenis semen yang paling sering dipakai untuk beragam keperluan.

Kamu biasanya akan menemukan jenis semen ini pada proses pembuatan beton sampai plester.

Semen tipe ini terdiri dari bahan baku berupa baku kapur yang dipanaskan dalam sebuah proses yang disebut tanur.

Menggunakan jenis semen ini harus dicampur dengan pasir dalam komposisi tertentu agar bisa menghasilkan adukan yang tepat.

  • Tipe Semen Putih

Sesuai nama tipenya maka sudah pasti warna semen ini adalah putih.

Warna tersebut dihasilkan dari bahan yang mengandung unsur magnesium oksida rendah dan juga besi. Tipe semen seperti ini jarang dijadikan untuk membuat pondasi atau beton.

Umumnya tipe semen putih dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dari semen abu-abu.

Semen putih lebih sering dipakai untuk keperluan yang bersifat dekoratif contohnya seperti pemasangan lantai keramik.

  • Tipe Semen Mortar

Tipe semen berikutnya yang perlu kamu tahu adalah semen mortar yang dikenal pula dengan sebutan semen instan.

Hal tersebut disebabkan karena dalam sebuah karung, tipe semen ini sudah terdiri dari semen, filler, pasir serta zat khusus yang membuat semen mortar bisa lebih cepat kering.

Maka dari itu, semen tipe mortar ini lebih praktis untuk digunakan, sebab kamu hanya perlu mencampurnya dengan air untuk bisa mendapat tingkat kekentalan yang sesuai dengan keinginan.

Setelah sudah tercampur rata kamu bisa langsung mengaplikasikan semen mortar tersebut.

Selain lebih praktis, tipe semen mortar juga bisa mengurangi resiko kegagalan dalam proses pencampuran sebab komposisi bahan bangunan yang terkandung dalam semen tersebut terbilang sudah cukup tepat.

Hal tersebut akan membuat permukaan bangunan terlihat lebih halus.

Jika komposisi campuran semen dan pasir kurang tepat, maka kualitas permukaan yang dihasilkan juga terlihat lebih kasar dan cenderung mudah retak atau bocor.

Di pasaran kamu bisa menemukan beragam jenis semen mortar dengan komposisi berbeda sebab digunakan untuk keperluan yang berbeda.

Semen mortar yang berfungsi sebagai perekat batu bata, tentu akan memiliki komposisi kandungan bahan bangunan yang berbeda dengan semen mortar yang digunakan untuk memasang keramik.

Baca Juga :

Daftar Harga Semen Instan Mortar Terbaru 2020

2. Mengetahui Ciri Semen Berkualitas

  • Butiran Lembut

Salah satu ciri semen berkualitas adalah memiliki butiran yang lembut bahkan ukurannya sekecil debu.

Saat dipegang butiran semen tidak terasa kasar ataupun menggumpal. Semen dengan kualitas seperti itu bisa menghasilkan bangunan yang berkualitas unggul.

Hindari memilih semen yang butirannya terasa kasar apalagi jika sudah ada yang menjadi kerikil. Semen dengan ciri seperti itu sudah pasti berkualitas jelek.

Satu lagi yang perlu kamu lalukan untuk memeriksa kualitas semen yaitu dengan cara menekan semen.

Jika ketika ditekan semen terasa lembut maka kualitasnya bagus, namun jika ditekan terasa keras maka semen kurang bagus kualitasnya sebab terlalu lama disimpan dalam gudang.

  • Mengapung dalam Air

Ciri semen berkualitas lainnya adalah apabila digunakan maka semen yang bercampur dengan air tidak akan langsung tenggelam melainkan sementara waktu mengapung.

Jadi, apabila kamu menemukan semen yang langsung tenggelam saat dicampur dengan air itu tandanya kualitas semen tidak bagus.

  • Lamanya Semen Kering

Ciri semen berkualitas juga bisa dilihat dari lamanya waktu kering semen tersebut.

Semakin cepat kering sering diartikan bahwa semen tersebut berkualitas bagus. Namun, ada pula sebagian orang yang beranggapan jika semen cepat kering maka permukaannya akan cenderung lebih mudah retak.

3. Pengemasan Bagus (Kemasan Tertutup Sempurna)

Semen yang berkualitas bagus juga harus dikemas dengan bagus, dalam hal ini maksudnya adalah pengemasan semen harus tertutup sempurna.

Semen yang sudah dalam keadaan terbuka walau celah terbukanya hanya sedikit sekalipun maka akan membuat kualitas semen jadi menurun.

Kemasan semen yang kurang tertutup secara sempurna akan membuat semen menggumpal.

Maka dari itu saat akan membeli semen kamu harus jeli dalam memperhatikan kondisi dari kemasan semen. Pilih semen dengan kondisi kemasan yang tidak rusak agar tekstur dan kualitas semen tetap bagus.

4. Terdapat Logo Sertifikasi SNI di Kemasannya

Sertifikasi SNI merupakan standar yang harus dipenuhi oleh sebuah produk yang diperjualbelikan di Indonesia.

Oleh sebab itu, semen yang sudah memiliki logo SNI di kemasannya maka bisa dipastikan sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan.

Produk semen yang sudah memiliki logo sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) di kemasannya berarti sudah bisa dijamin kualitasnya.

Semen berstandar SNI itu dengan kata lain sudah teruji dan layak digunakan untuk menjadi salah satu bahan baku pembuatan bangunan.

5. Pertimbangkan Harga

Kualitas semen memang harus diperhatikan, namun harga juga perlu menjadi bahan pertimbangan.

Apalagi kalau kamu ingin membuat sebuah bangunan dengan skala yang cukup besar. Pertimbangan biaya harus benar-benar matang sebelum membeli bahan bangunan termasuk semen.

Hitung kebutuhan bahan baku bangunan secara teliti termasuk kebutuhan semen yang kamu butuhkan.

Cara seperti itu bertujuan untuk menghindari agar pembelian semen yang terlalu banyak dan malah membuatmu mengeluarkan biaya yang lebih tinggi melebihi budget yang tersedia.

Tipe semen yang bermacam-macam juga perlu kamu jadikan bahan pertimbangan.

Ada kalanya dalam proses pembangunan diperlukan beberapa tipe semen sekaligus. Oleh sebab itu kamu perlu perencanaan dan perhitungan matang sebelum membeli semen.

Perkirakan berapa banyak semen abu-abu yang dibutuhkan untuk pembuatan beton, flooring, pondasi dan lain-lain.

Perkirakan pula berapa banyak semen putih yang kamu butuhkan saat proses pemasangan lantai keramik, atau berapa banyak semen mortar yang dibutuhkan untuk plester dan lain-lain.

Oleh sebab itu kamu perlu memperhatikan harga tiap jenis semen yang akan digunakan. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan jangan lupa tambahkan pula biaya pengangkutan semen ke tempat pembangunan rumah tersebut.

Bangunan kokoh dan tahan lama serta tidak mudah retak tentu menjadi idaman banyak orang.

Tidak ada salahnya menyiapkan budget lebih besar untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dengan membeli bahan baku berkualitas unggul termasuk saat membeli semen.

Baca Juga :

30+ Daftar Harga Semen Per Sak Terbaru & Terlengkap 2020

Mengetahui macam-macam merk semen terbaik memang sangat diperlukan termasuk mengenal jenis semen dan cara paling efektif untuk bisa mengetahui ciri semen berkualitas. Proses pembangunan sebuah rumah sangat membutuhkan semen berkualitas unggul agar lebih kokoh dan tahan lama.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *