Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Semen Gresik

3 min read

Daftar Harga Semen Gresik Terbaru 2021

Dalam dunia konstruksi, semen menjadi bagian penting yang wajib ada dalam proses pembangunan. Salah satu semen yang sangat terkenal dan memiliki kualitas terpercaya adalah Semen Gresik. Tidak heran kalau harga Semen Gresik sedikit lebih mahal dibandingkan semen lokal lainnya.

Jika kamu ingin membangun rumah yang kokoh, tidak ada salahnya untuk menggunakan harga dari Semen Gresik sebagai tolak ukur untuk menentukan estimasi biaya. Kalaupun akhirnya menggunakan semen merek lainnya, maka persiapan biaya yang dilakukan tidak akan kekurangan dan justru sisa.

Kelebihan Semen Gresik

Kelebihan Semen Gresik

Banyaknya penggunaan Semen Gresik untuk hunian pribadi ataupun fasilitas umum di Indonesia, tentu saja bukan tanpa alasan. Semen lokal yang berasal dari Gresik ini menjadi pilihan banyak orang karena memiliki beragam kelebihan dibandingkan semen lainnya. Kelebihan tersebut meliputi :

1. Cepat Kering

Sebagian besar pembangunan fasilitas umum oleh pemerintah selalu menggunakan Semen Gresik. Salah satu kelebihannya karena semen ini sangat cepat kering. Jadi fasilitas yang dibangun bisa cepat digunakan.

2. Kuat Tekan Awal

Kelebihan semen yang memiliki kekuatan pada tekanan awal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kekuatan bangunan dalam jangka waktu lama. Tidak heran kalau semen ini dikenal dengan slogannya yang kokoh tak tertandingi.

3. Bebas Retak

Penggunaan bahana-bahan berkualitas mendukung kekuatan semen setelah kering. Bahkan saat terkena cuaca ekstrem, bahan ini tidak akan mudah retak seperti merek semen lain yang harganya lebih murah.

4. Teruji Ramah Lingkungan

Berbeda dengan campuran semen lain yang sering menggunakan bahan kimia berbahaya, merek Semen Gresik ini justru sangat aman dan ramah lingkungan. Hal ini sudah dibuktikan melalui uji coba yang dilakukan oleh sistem dari manajemen ISO 1400 .

5. Hasil Lebih Halus

Meski ada beberapa jenis semen merek ini yang memiliki tingkat kehalusan berbeda, tapi secara keseluruhan hasil dari Semen Gresik jauh lebih halus dibandingkan semen lain. Bahkan perbedaannya sangat terlihat jelas saat semen sudah mengering.

6. Mudah Digunakan

Aplikasi semen cukup mudah dengan hanya mencampur beberapa air di dalamnya. Semen bisa merekat sempurna tanpa proses pengolahan yang rumit.

7. Bahan Baku Berkualitas

Walaupun bahannya ramah lingkungan, tapi kualitas bahan baku yang dipakai pada seluruh campuran semen memiliki kualitas yang terjamin. Jadi, kelebihannya tidak hanya terlihat dari tampilannya saja, tapi juga dari daya tahannya yang sangat lama dan tidak mudah retak.

8. Produk dalam Negeri

Kelebihan terakhir yang patut dibanggakan dari produk Semen Gresik ini adalah dari produsennya yang murni dari dalam negeri. Semen Gresik dibuat dan diolah di Indonesia serta didistribusikan ke berbagai daerah.

Semen ini adalah satu-satunya semen lokal yang memiliki kualitas internasional sehingga tidak kalah dengan kualitas semen luar negeri. Tidak heran jika nilai saham dari semen ini cukup menambah pemasukan pemerintah Indonesia dan juga menguntungkan masyarakat penggunanya.

5 Jenis Semen Gresik

Untuk menyesuaikan penggunaannya, Semen Gresik mengeluarkan beberapa jenis produk yang memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Beberapa jenis Semen Gresik yang bisa dipakai sesuai kebutuhannya adalah sebagai berikut.

1. Portland Pozzoland Cement (PPC)

Portland Pozzoland Cement (PPC)

 

Ciri khas yang sekaligus menjadi keunggulan semen jenis ini adalah dari bahannya yang bisa tahan terhadap sulfat dan asam. Dua kandungan ini biasanya rentan terdapat pada bangunan yang berada di luar ruangan dan sering terkena hujan ataupun panas.

Kekuatannya terhadap asam dan sulfat disebabkan karena di dalamnya terdapat campuran pozzolan, gypsum, serta terak. Dengan kelebihan tersebut Semen Gresik jenis PPC sering digunakan untuk membangun konstruksi beton untuk digunakan sebagai kepentingan umum.

Misalnya dermaga, jalan raya, bendungan, fondasi, irigasi, dan berbagai bangunan umum yang rentan terkena air dan panas terik. Dengan menggunakan semen jenis PPC, maka bangunan tidak akan mudah retak.

2. Ordinary Portland Cement (OPC)

Ordinary Portland Cement (OPC)

Keunggulan semen jenis OPC ini sekilas mirip dengan PPC karena penggunaannya juga sering untuk bangunan dan fasilitas umum. Namun, ketahanannya pada sulfat hanya sampai pada tingkat sedang saja.

Penggunaannya yang sering dipakai pada bangunan umum disebabkan karena pertimbangan bahannya yang sangat cepat kering. Bahannya juga sangat rekat dan kedap air, jadi aman digunakan untuk membangun bangunan yang lokasinya dekat dengan air.

3. Super White Cement

Super White Cement

Sesuai namanya, semen jenis ini memiliki warna putih yang membuatnya terlihat seperti kapur. Namun, tentu saja kekuatannya sama dengan semen warna hitam pada umumnya. Tampilannya yang memiliki warna putih ini disebabkan karena bahan yang digunakan menggunakan Fe203 yang rendah.

Adapun daya rekat semen sangat kuat sehingga kerap kali digunakan untuk menambal atau menutupi keretakan pada dinding tanpa merusak tampilan dinding yang identik berwarna putih.

Kekuatannya yang setara dengan Portland tipe V membuat semen ini juga efektif digunakan untuk membangun jembatan, dermaga, dan sejenisnya. Selama ketahanan sulfat tinggi dan hidrasi rendah, semen ini cukup kokoh dan tahan lama.

4. Portland Composite Cement (PCC)

Portland Composite Cement (PCC)

Tidak berbeda jauh dengan semen jenis PPC, semen ini masih tergolong semen hidrolis yang berisi campuran gypsum dan pozzolan. Pengolahannya juga dicampur dengan bubuk bahan anorganik untuk meningkatkan kerekatannya.

Keunggulan semen terdapat pada sifatnya yang kedap air dan permukaannya yang halus. Aplikasinya juga tergolong cukup mudah dengan memberikan hasil yang kuat tanpa retak.

Contoh pembangunan yang biasa menggunakan semen ini adalah pelabuhan, rumah pemukiman, serta berbagai bangunan di tepi pantai.

5. Spesial Blended Cement

Spesial Blended Cement

Sesuai namanya, jenis semen yang satu ini memang spesial dan dibuat oleh Semen Gresik untuk kebutuhan khusus. Dalam semen ini terdapat campuran bahan silica amorf yang tahan terhadap sulfat. Ini disebabkan karena bahan campuran tersebut mampu menghilangkan efek calsium hidroksida.

Selain itu, hidroksida juga mampu membuat beton lebih kedap air sehingga tidak bisa ditembus zat natrium clorida yang menyebabkan korosi.

Dengan kelebihan tersebut, semen jenis blended ini sangat cocok diaplikasikan pada bangunan yang dekat dengan laut atau berada di bawah laut. Misalnya sandaran dermaga atau jembatan yang menyeberangi lautan.

Daftar Harga Semen Gresik Terbaru 2021

Buat kamu yang merasa tertarik menggunakan semen jenis ini, bisa mempersiapkan dana jauh hari sebelum pembangunan. Pemilihan semen bisa menyesuaikan kebutuhan. Kalau kebutuhan sedikit bisa menggunakan harga Semen Gresik 40 kg yang lebih murah, demikian sebaliknya.

Berikut adalah kisaran harga Semen Gresik sesuai jenis dan penggunaannya.

Jenis Semen Bobot Kemasan Kisaran Harga
Portland Pozzoland Cement 40 kg Per sak / karung Rp40.000,00 – Rp48.000,00

 

50 kg Per sak / karung Rp52.000,00 – Rp62.000,00
Ordinary Portland Cement 40 kg Per Sak / karung Rp48.000,00 – Rp51.000,00
50 kg Per Sak / karung Rp56.000,00 – Rp60.000,00
Super White Cement 40 kg Per Sak / karung Rp95.000,00 – Rp132.000,00
Portland Composite Cement 40 kg Per Sak / karung Rpp42.000,00 – 47.000,00
50 kg Per Sak / karung Rp58.000,00 – Rp70.000,00
Spesial Blended Cement Bentuk Curah Tidak tersedia harga Semen Gresik per sak untuk jenis ini.

Apabila membeli secara online atau melalui market place, harga dari semua jenis Semen Gresik ini memang cenderung lebih terjangkau. Tapi tentu saja ada biaya pengiriman yang harus kamu tanggung sesuai beratnya bobot semen. Oleh karenanya, lebih baik membeli langsung di toko bangunan terdekat.

Kisaran harga Semen Gresik sebenarnya hanya memiliki selisih sedikit dengan harga semen merek lainnya. Walaupun terlihat mahal, segala kelebihan dan beragam jenis yang disediakan semen ini cukup mendukung bangunan yang ingin kamu dirikan agar lebih kokoh dan tahan lama.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *