Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

9 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari | Kamu Sudah Tau ?

4 min read

Manfaat Batu Bara

Siapa bilang batu bara cuma bermanfaat sebagai bahan bakar saja? Ternyata, banyak manfaat batu bara yang jarang terungkap, tapi sangat dirasakan oleh banyak orang. Kamu penasaran apa saja manfaat tersebut?

Indonesia dikenal sebagai produsen batu bara terbesar di dunia, beberapa daerah menjadi pusatnya seperti sejumlah kawasan di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Kandungannya yang sangat lengkap, mulai dari oksigen, karbon, dan hidrogen menjadi salah satu alasan batu bara menjadi sangat populer untuk dimanfaatkan.

9 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-Hari

Ternyata, ada sembilan manfaat dari batu yang terbuat dari endapan bersifat organik di alam ini. Terselubung, tapi benar-benar luar biasa dirasakan oleh banyak orang! Apa manfaat batu bara tersebut?

1. Hangatkan Ruangan

Hangatkan Ruangan

Sejak dulu, batu bara sudah banyak digunakan sebagai penghangat ruangan, terutama di rumah yang berada di daerah dingin, seperti di Eropa dan sekitarnya.

Biasanya rumah-rumah tersebut memiliki perapian di dalamnya, yang terhubung langsung pada cerobong asap.

Untuk menghidupkan api dan kayu bakarnya, batu baralah yang digunakan, berbentuk balok atau briket khusus. Fungsinya untuk mempertahankan nyala api selama mungkin, supaya ruangan tetap hangat meskipun cuaca dingin ekstrim di luar.

2. Untuk Industri Kertas

Pada industri kertas dengan kapasitas besar, butuh alat khusus untuk mengolah bahan utamanya yaitu serat pohon.

Serat ini akan dipisahkan menjadi bagian yang nantinya diolah jadi lembaran kertas. Prosesnya sangat panjang dan cukup rumit serta butuh pemanasan stabil.

Batu bara memiliki manfaat menstabilkan panas ketika serat diolah, sehingga tercipta bahan baku kerja terbaik untuk menghasilkan kertas berkualitas.

Makanya para pemilik industri kertas sangat bergantung pada batu bara, sebagai salah satu bahan bakar proses produksi.

3. Untuk Pembuatan Pupuk

Untuk Pembuatan Pupuk

Di bidang pertanian, batu bara juga sangat penting, lho. Salah satunya untuk pengolahan berbagai jenis pupuk.

Terutama yang perlu proses pembakaran khusus jangka panjang, sehingga muncul gas khusus yang akan membantu terciptanya pupuk terbaik untuk tanaman.

Pembakaran dari batu bara pada proses pembuatan pupuk tersebut, juga menghasilkan beberapa produk kimia penting. Fungsinya sangat variatif bagi dunia pertanian, tergantung jenis bahan kimia yang dihasilkan.

Selanjutnya, bahan kimia itu juga dipadukan dengan berbagai bahan organik untuk menghasilkan pupuk.

Komposisinya disesuaikan pada kebutuhan pupuk, dari masing-masing tanaman, sebab beda tanaman tentu beda nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang.

4. Untuk Industri Berbahan Aluminium

Untuk Industri Berbahan Aluminium

Buat kamu yang suka minuman kaleng, punya produk perlengkapan dapur yang terbuat dari aluminium. Sekarang saatnya mengetahui bahwa proses pembuatannya melibatkan batu bara. Kenapa begitu?

Aluminium yang dihasilkan dari pemisahan baja dengan logam lainnya itu, perlu pembakaran dengan tingkat panas yang tinggi. Batu bara menjadi bahan bakar yang mampu melakukannya dengan baik.

Setelah aluminium terbentuk, batu bara masih akan membantu proses berikutnya yaitu untuk mengolah aluminium menjadi berbagai bentuk, ukuran, dan jenis produk.

Mulai dari bahan penting untuk konstruksi bangunan, alat dapur, sampai alat pertanian modern.

Tapi, memang penggunaannya untuk pembuatan produk aluminium skala besar. Bukan homemade yang jenis produk dan jumlahnya terbatas.

5. Untuk Industri Pembangkit Listrik

Karena kualitas panasnya yang bertahan lama dan bisa dipakai berulang kali, batu bara jadi salah satu bahan bakar penting dalam proses menghasilkan listrik, lho.

Baik itu melalui pembangkit listrik bertenaga air, dimana batu bara diolah menjadi bentuk uap panas yang akan membantu proses air menjadi tenaga listrik. Begitu juga dengan pembangkit listrik menggunakan tenaga surya, panas bumi, dan uap.

Proses kerjanya adalah sama, dimana batu bara akan menggerakkan turbin yang sudah diisi oleh energi air, uap, surya, maupun gas bumi. Kemudian turbin yang sudah bergerak, akan menghasilkan listrik untuk disalurkan sesuai kebutuhan.

Berdasarkan penghitungan yang dilakukan oleh sejumlah pihak, ditemukan kondisi bahwa dengan menggunakan batu bara sebagai bahan bakar, maka generator mampu menghasilkan listrik lebih banyak dan hemat bahan bakar.

6. Untuk Industri Farmasi Obat-obatan

Di dunia farmasi, manfaat dari batu bara juga sangat penting khususnya untuk menghasilkan berbagai jenis obat-obatan kimia. Tapi, bukan batu bara mentah, ya, melainkan yang sudah diolah lebih lanjut.

Batu bara tersebut akhirnya menjadi bentuk berbagai zat kimia seperti Fenol, Metanol, dan banyak lagi.

Bahan ini biasanya berbentuk bubuk, kemudian dipadukan dengan bahan lain menjadi obat-obat yang sangat bermanfaat bagi penyembuhan penyakit.

Proses memurnikan batu bara ini memang tidak mudah, melibatkan berbagai alat dengan teknologi canggih supaya hasilnya aman untuk dikonsumsi manusia.

Selain itu, juga akan melewati proses panjang mulai dari observasi hingga sertifikasi sampai bisa masuk ke tubuh manusia.

7. Untuk Industri Semen

Batu bara bermanfaat dalam pembuatan semen, diolah dari berbagai material organik dan buatan.

Mulai dari Oksida Besi, Silika, Kalsium Karbonat, dan Oksida Aluminium. Untuk menghasilkan semen berkualitas, semua bahan tersebut diolah dalam beberapa proses.

Salah satu prosesnya adalah pembakaran bahan, dimana batu bara menjadi bahan bakarnya. Konsistensi panas dalam waktu lama, juga membuat prosesnya jadi lebih baik.

Ditambah pula batu bara bisa digunakan dua kali, sehingga biaya produksi bisa dihemat lebih banyak.

Kebanyakan industri semen di Indonesia maupun dunia, masih sangat menggantungkan aktivitasnya pada batu bara.

Untungnya, hingga saat ini Indonesia masih menghasilkan banyak batu bara yang mampu memenuhi kebutuhan produksi semen tersebut.

8. Untuk Industri Baja

Untuk Industri Baja

Beda dengan manfaat bada industri lain, pada pembuatan baja berkualitas manfaat batu bara adalah sebagai salah satu material pentingnya. Baja mentah diolah bersama batu bara setelah pengkajian metalurgi dari jenis batu tersebut.

Biasanya batu bara yang digunakan adalah jenis yang sudah dipanaskan tanpa menggunakan udara.

Jenis batu bara ini disebut batu bara kokas. Dalam penggunaannya juga memanfaatkan bahan besi khusus dan karbon, sehingga baja yang dihasilkan lebih baik.

Setelah itu, baja siap pakai tersebut diolah sesuai jenis industri. Seperti dalam pembuatan mesin-mesin untuk kebutuhan harian rumah tangga, alat pertanian manual maupun modern, hingga rangka dari berbagai alat transportasi terkini.

9. Lain-Lain

Selain delapan manfaat di atas, masih banyak manfaat lain yang juga bisa dirasakan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Seperti:

  • Membantu proses pengolahan dari biji plastik, menjadi plastik siap pakai dimana batu bara jadi bahan bakarnya. Proses ini menggunakan alat khusus dan bisa mengolah biji plastik dalam jumlah besar.
  • Bentuk sampingan dari batu bara, juga membantu menyempurnakan proses pewarnaan plastik yang sudah diolah. Sehingga bisa diproses menjadi berbagai produk yang punya fungsi penting, bagi manusia, seperti alat rumah tangga hingga material bangunan.

Batu bara terbaik yang dipakai juga akan membantu proses berjalan lancar, cepat dan hasilnya sesuai target. Dengan begitu, plastik siap digunakan untuk pembuatan berbagai produk.

Selain itu, juga bermanfaat untuk mewarnai berbagai produk lainnya. Dimana hasil pewarnaan yang melibatkan batu bara, memiliki hasil lebih maksimal dibandingkan tanpa melibatkan batu bara atau zat sampingannya.

  • Manfaat di bidang pengolahan kosmetik, seperti sabun mandi batangan dan cair. Batu bara yang sudah diolah menjadi bahan kimia tertentu, membantu meningkatkan aroma sabun jadi lebih wangi dan tahan lama, lho.
  • Batu bara juga menghasilkan bahan untuk mengeraskan material tertentu. Biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai jenis kendaraan, hingga pembuatan alat-alat olahraga yang bisa kamu temukan di pusat kebugaran atau milik personal.

Proses pengerasan bahan ini berbeda-beda pada setiap produk, ada yang hanya menggunakan zat sampingan batu bara tersebut.

Tapi, ada juga yang membutuhkan zat tambahan. Misalnya dalam mengeraskan bemper mobil atau pembuatan rangka alat gym.

  • Menjadi bahan bakar cair yang kualitasnya jauh di atas rata-rata bahan bakar minyak lainnya. Alasannya, dalam proses penyulingan batu bara pakai teknik-teknik tertentu, sehingga kemurnian bahan bakar lebih optimal.

Bahan bakar cair berbentuk minyak ini memang agak sulit didapat dan harganya mahal. Tapi, ketika dipakai sesuai fungsinya mampu meminimalisir kerusakan barang hingga apapun yang dialirinya.

Ternyata, sangat banyak manfaat batu bara yang tak sepopuler bahan bakar kereta api dan kapal laut zaman dulu.

Baca Juga :

Daftar Harga Baja Ringan Per Batang & Biaya Pemasangan!

Bahkan semua sektor industri yang ujung-ujungnya menghasilkan produk kebutuhan manusia, tak lepas dari peran serta batuan berwarna hitam pekat tersebut. Bersyukurlah karena kamu tinggal di Indonesia yang punya sumber batu bara berlimpah!

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *