Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Hiasan Dinding Kayu

4 min read

Gambar Hiasan Dinding Kayu

Dinding rumah bisa kamu sulap jadi lebih keren dengan hiasan dinding dari kayu. Yuk simak inspirasinya disini!

Buat kamu yang saat ini bingung seperti apa sih cara menghias dinding rumah menjadi lebih cantik, kamu bisa memilih hiasan dinding dari kayu yang unik, minim budget, dan bahkan bisa kamu buat sendiri dirumah lho.

Untuk mendapatkan bahan-bahan yang digunakan saat menciptakan karya seni sebagai hiasan dinding ini sangat mudah dan murah. Hal ini dikarenakan bahan yang dipakai bisa kamu dapat dari bahan-bahan bekas mebel atau bangunan yang tidak terpakai. Bentuk rumah dengan dinding yang sederhana akan menjadi lebih berwarna dan bercorak dengan hiasan dinding ini.

Penasaran seperti apa saja inspirasi hiasan kayu untuk dinding rumah yang bisa kamu pilih sebagai inspirasi ? Simak yuk!

Inspirasi Kreasi Hiasan Dinding dari Kayu

1. Lukisan dari Kayu

Hiasan Dinding Kayu

Jika kayu biasanya diolah menjadi berbagai macam mebel yang sangat membantu di rumah, kreasi kayu yang satu ini patut kamu coba. Lukisan yang biasanya dilukis dengan cat di atas kanvas, dapat dikreasikan dengan bahan yang tidak biasa untuk dijadikan bahan melukis, yakni kayu.

Kayu tipis ditata sedemikian rupa membentuk pola yang cantik di atas sebuah papan kayu berbentuk persegi panjang. Antara papan kayu dan kayu yang dijadikan motif memiliki warna yang berbeda, sehingga dapat terlihat dengan jelas motif yang akan timbul.

Tak hanya satu motif, kamu bisa membuatnya menjadi tiga motif yang dipasang berjejer pada dinding. Hiasan ini cocok di pasang di ruang tengah, tepatnya pada dinding yang dibawahnya terdapat sebuah meja.

2. Kreasi dari Kayu Palet Bekas

Hiasan Dinding Dari Kayu Bekas

Dinding rumah yang rata dan polos bisa kamu hias dengan cantik menggunakan kayu yang biasa dijadikan sebagai bantalan pengiriman barang. Potongan-potongan kayu tersebut ditata sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi area dinding yang dipilih.

Kayu dipotong persegi membentuk dadu berukuran sedang kemudian diberi warna yang menarik. Agar tidak monoton, dadu dipotong secara diagonal sehingga menciptakan tonjolan-tonjolan kayu yang cantik pada dinding.

Beri warna yang menarik dengan memilih warna yang senada atau warna yang beragam namun tetap bagus saat disatukan bersama. Warna alami kayu juga tak ada salahnya untuk kamu kombinasikan dengan warna lainnya.

3. Lukisan Palet Kayu

Hiasan Dinding Dari Kayu Palet

Kreasi palet kayu berikutnya tak jauh berbeda dari kreasi sebelumnya, namun ada hal yang membedakan, yakni adanya bantalan kayu yang menjadi media penopang potongan-potongan palet kayu yang telah dipotong dadu dan diagonal.

Jika kreasi sebelumnya menempel langsung dengan dinding, lukisan dari palet kayu ini lebih mudah untuk dipindahkan karena terdapat lempengan kayu di bawahnya. Namun secara keseluruhan pemandangannya akan sama dengan kreasi sebelumnya.

4. Hiasan dari Kayu Triplek

Hiasan Dinding Kayu Unik

Sisa-sisa kayu triplek bisa kamu manfaatkan menjadi hiasan dinding yang menarik, salah satunya kreasi yang satu ini. Cara membuat hiasan dinding dari kayu triplek ini sangat mudah dan hasilnya cukup cantik jika dipakai sebagai pajangan di ruang tengah.

Kamu hanya tinggal membentuk kayu menjadi bentuk segitiga berbagai ukuran dengan warna yang serasi, seperti putih, krem, coklat kayu, coklat tua, serta abu-abu. Kemudian tata segitiga-segitiga tersebut menjadi bentuk yang menarik seperti contoh gambar di atas.

5. Hiasan Mangkuk Bunga Kayu

Cara Memasang Hiasan Dinding Kayu

Hiasan yang satu ini bisa kamu jadikan hiasan yang multifungsi. Selain bisa dijadikan untuk mempercantik dinding di rumahmu, mangkuk-mangkuk berbentuk bunga bisa menjadi sandaran lampu yang menerangi ruangan.

Tak perlu menguras isi kantong untuk membuat hiasan yang satu ini karena hanya memanfaatkan kayu bekas. Nah, daripada dibuang begitu saja, mending kamu ubah menjadi hiasan dinding berbentuk bunga yang sangat cantik dan tentunya menampilkan sisi kreatif di rumahmu.

Hiasan ini cocok dipasang di dinding ruang tamu dekat bagian pojok ruangan. Hal ini akan membuat sudut ruangan menjadi lebih menarik dari biasanya.

6. Lukisan Kayu Corak Garis

Harga Hiasan Dinding Kayu

Lukisan kayu memang sangat digemari pecinta kreasi kayu untuk hiasan dinding. Hal ini dikarenakan bentuknya yang unik dan membuat ruang menjadi kian elok dipandang. Salah satu lukisan yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk kamu adalah corak garis-garis.

Pertemuan antara garis horizontal dengan garis diagonal membentuk corak yang begitu indah. Ditambah dengan pemilihan warna yang tidak monoton pada kayu, sehingga menciptakan keserasian antara garis yang satu dengan yang lainnya dalam sebuah frame.

7. Rak Dinding Kayu

Hiasan Dinding Dari Kayu Minimalis

Sisa lempengan kayu yang berukuran tanggung memang sangat disayangkan jika dibuang begitu saja. Untuk mengakalinya agar terpakai dan memiliki fungsi yang bermanfaat, kamu bisa mengubahnya menjadi rak dinding yang cantik.

Selain berguna untuk meletakkan barang-barang seperti buku, jam, dan yang lainnya, rak dinding minimalis ini bisa jadi hiasan dinding yang menawan. Kamu hanya tinggal meletakkan pot bunga atau hiasan meja kecil agar rak dinding lebih bervariasi dan berwarna.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya tinggal menempelkan lempengan kayu yang telah dipotong persegi di atas bidang kayu berbentuk persegi panjang. Untuk ukurannya, sesuaikan dengan panjang kayu yang tersedia atau sesuai selera.

8. Lukisan Palet Kayu Garis

Gambar Hiasan Dinding Dari Kayu

Palet kayu yang tidak terpakai memang banyak memunculkan ide-ide baru untuk mengolahnya menjadi sebuah hiasan yang menarik. Salah satunya lukisan dalam frame persegi ini yang sangat memukau. Jika sebelumnya palet dipotong menjadi bentuk dadu, kali ini palet dipotong agak panjang.

Potongan palet tersebut kemudian disusun membentuk segitiga dengan arah yang berbeda membentuk sebuah lukisan garis yang menarik seperti gambar di atas. Terdapat dua warna palet yang digunakan yakni warna krem dan coklat kayu biasa.

9. Lukisan Peta Dunia dari Kayu

Hiasan Dinding Kayu Minimalis

Masih membahas lukisan dari kayu sebagai hiasan dinding modern yang sangat artistik, kali ini kayu dikolaborasikan dengan paku dan tali yang membentuk lukisan peta dunia. Lukisan ini memakai teknik pointilis yakni berupa titik-titik atau bentuk bulat kecil menggunakan paku.

Paku yang telah memenuhi sketsa peta dunia kemudian dikaitkan dengan tali untuk membuat motif menjadi terlihat lebih jelas. Akibat dari adanya tali inilah yang membuat lukisan menjadi lebih menarik dan cantik ketika menempel pada dinding rumah.

10. Hiasan Kayu Abstrak

Model Hiasan Dinding Dari Kayu

Meskipun abstrak, tatanan kayu dengan berbagai warna dan berbagai ukuran membuatnya terlihat menarik. Kayu yang digunakan adalah kayu-kayu sisa olahan mebel yang tidak terpakai dengan bentuk persegi panjang. Mungkin kamu sering melihat kayu-kayu ini berakhir menjadi kayu bakar dan sebagainya.

Dengan sedikit keterampilan, kamu bisa menyulapnya menjadi sebuah karya seni yang mahal harganya. Sebisa mungkin, hindari menggunakan paku untuk menempelkan kayu tersebut karena dapat mengurangi estetika. Sebaiknya gunakan lem kayu agar lebih rapi dan indah.

11. Hiasan Dinding Kayu dan Kaca

Hiasan Dinding Dari Kayu Jati Belanda

Hiasan dinding hasil dari kreasi kayu jati yang satu ini terlihat eksotis dan mewah. Kamu bisa melihat adanya perpaduan kayu dengan kaca atau cermin. Meskipun hanya berupa lempengan kayu berbentuk persegi panjang yang dipasang berjejer satu dengan yang lainnya, tampilannya sangat mewah.

Hiasan ini cocok dipasang di ruang tamu dengan kursi warna senada, yakni warna krem. Ukiran-ukiran pada kayu yang membentuk bangun datar belah ketupat terlihat serasi saat memantulkan apa yang ada di depannya.

12. Kreasi Hiasan dari Palet Kayu Bentuk Rubik

Hiasan Dinding Dari Kayu Jati

Bentuk dadu atau kotak-kotak pada rubik bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang gemar dengan tatanannya yang menarik. Salah satu media yang bisa kamu gunakan adalah palet kayu yang ukurannya memang sudah terbentuk dan tinggal dipotong saja.

Cara membuatnya, kamu hanya tinggal memotong palet kayu yang memanjang menjadi bentuk dadu yang tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. Setelah itu amplas seluruh bagian agar lebih halus dan terlihat sedikit lebih berkilau.

Kamu bisa mengkreasikannya dengan membuat ketinggian yang berbeda dari masing-masing dadu, namun dengan ukuran yang sama pun tidak masalah. Agar lebih menarik, beri warna terlebih dahulu sebelum memasangnya di dinding maupun alas kayu.

Hunian yang indah dengan kreativitas yang tak terbatas akan menjadikan rumahmu kian betah untuk ditempati. Hiasan-hiasan di dinding, meskipun terbuat dari bahan bekas yang berharga murah, tidak akan menghalangi kamu mendapatkan dinding yang cantik jika kamu mengolahnya menjadi sebuah karya seni yang menarik.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *