Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Kanopi Kayu

4 min read

Kanopi Kayu

Sama seperti sampul buku dan majalah, teras menjadi daya tarik pertama bagi sebuah rumah di mata orang yang memandangnya.

Dengan alasan tersebut, banyak pemilik rumah yang mendesain teras dan halaman depan seindah mungkin, salah satunya dengan kanopi kayu.

Penggunaan kanopi bukan hanya berguna untuk memperindah saja, tetapi juga untuk melindungi semua benda yang berada di bawahnya dari panas dan hujan.

Desain semacam ini semakin banyak menjadi pilihan, terutama ketika konsep green living gencar digaungkan.

Kenapa Memilih Kanopi Kayu?

Kenapa Memilih Kanopi Kayu

1. Bahan Lebih Ringan

Dibandingkan dengan material lain, kayu memang relatif lebih ringan. Hal ini tentu memudahkan bagi tukang yang akan memasang kanopi dalam hal memindahkan material, sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.

Selain itu, pengerjaan menjadi lebih mudah karena bobotnya yang ringan, sehingga tidak perlu banyak orang untuk mengerjakannya.

Walaupun ringan, namun kayu juga kokoh sehingga tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Lebih Hemat

Jika kamu ingin menghemat anggaran untuk membuat kanopi, maka bahan dari kayu bisa menjadi alternatif. Memang selama ini kayu yang terkenal awet dan tahan lama adalah jati, namun harganya juga tentu lebih mahal.

Walau demikian, kamu tidak perlu kuatir. Ada banyak kayu lain yang juga awet dan tahan lama, namun harganya tidak terlalu mahal.

Dengan demikian, kamu bisa lebih hemat, dibandingkan harus menggunakan material besi baja.

Selain itu, pengerjaan kanopi dari kayu lebih cepat dan mudah. Hal ini akan membuat Anda lebih bisa menekan pengeluaran pada bagian tukang dan waktu pengerjaan.

3. Kesan Alami

Salah satu keunggulan yang dimiliki kayu adalah kesannya yang sederhana dan natural.

Hal ini akan membuat hunian Anda menjadi lebih terasa nyaman dan juga sejuk. Keberadaan kayu juga membuat rumah Anda tampak lebih membumi sehingga enak untuk ditinggali.

Kesan dekat dengan alam juga menimbulkan perasaan tenang dan rileks, sehingga siapapun yang ada di rumah Anda bisa merasa santai.

4. Mudah Dibentuk

Jika kamu menginginkan kanopi yang berbeda dengan kanopi yang sudah ada, maka bahan kayu adalah pilihan yang tepat. Sebab, kayu adalah material yang mudah dibentuk.

Hal ini membuatmu mudah memilih desain yang bisa diaplikasikan dengan kanopi dari kayu.

Selain itu, bentuk kayu yang langka yang terbentuk dari alam juga bisa digunakan. Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga untuk pembentukan. Bahkan, menggunakan bentuk asli kayu juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

5. Bernilai Estetis

Kayu pada dasarnya sudah memiliki nilai seni. Setiap ulir kayu yang muncul secara alami merupakan kelebihannya yang nampak dibandingkan dengan kanopi jenis lainnya.

Selain itu, material dari kayu lebih fleksibel dipadukan dengan material lain..

Kamu bisa mengkreasikan kanopi sesuai dengan desain dan gaya yang kamu inginkan. Dengan demikian kamu akan memiliki kanopi kayu teras yang berbeda dari yang ada di pasaran.

Kamu tidak perlu terpaku dengan standar yang ada, sebab semakin tidak pasaran desainnya maka akan memiliki nilai seni yang lebih.

Baca Juga :

20+ Gambar Desain Kanopi Minimalis untuk Garasi Kecil. Jadi Tampak Cantik & Mewah!

Cara Membuat Kanopi dari Kayu

Cara Membuat Kanopi dari Kayu

Ada 6 langkah membuat kanopi dari kayu, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah 1

Sebelum membangun kanopi dari kayu, tentu yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah desain model kanopi.

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui panjang dan jumlah kayu yang dibutuhkan, peralatan yang harus disiapkan dan juga luas lahan yang akan dikerjakan.

Untuk ukuran standar kanopi biasanya membutuhkan empat tiang dengan tinggi masing-masing kurang lebih 3 meter, ditambah dengan empat balok yang akan diletakkan sebagai atap sepanjang masing-masing 3 meter.

Tentunya ini bukan sebuah keharusan, namun ukuran ini bisa dijadikan referensi. Kamu bisa menyesuaikan dengan ruangan yang akan kamu gunakan.

  • Langkah 2

Bor empat tiang penyangga di bagian tengah dengan kedalaman sekitar 5 – 8 cm. Sesuaikan lebarnya dengan ukuran balok atap. Nantinya keduanya akan disambungkan dengan memakai baut.

  • Langkah 3

Ukur dan pastikan letak posisi tiang penyangga. Gali lubang pada teras atau tempat kanopi akan diletakkan, yaitu yang sudah ditandai sebelumnya. Buat lubang sedalam kurang lebih 1 meter. Pastikan lubang cukup untuk dimasuki tiang penyangga.

Jika kamu menggunakan ukuran standar, maka jarak tiap tiang penyangga yang disarankan adalah sekitar 2- 3 meter. Kemudian tanam tiang penyangga dan isi lubang dengan tanah. Padatkan tanah agar dapat membantu tiang berdiri tegak.

  • Langkah 4

Buat lubang pada balok atap sepanjang 7 – 8 cm guna menempatkan baut. Letakkan balok atap di atas balok tiang dan pastikan sejajar. Baut dengan kencang.

  • Langkah 5

Lakukan seperti langkah 4 untuk ujung dari balok atap yang satunya. Lakukan lagi langkah ini pada balok atap yang lainnya.

  • Langkah 6

Bentangkan bahan yang akan digunakan sebagai atap, misalnya kain, fiberglass atau yang lainnya. Paku atau baut material atap tersebut pada balok atap untuk menjaga kestabilan letaknya.

7 Desain Kanopi Kayu Unik dan Inspiratif

1. Kanopi Kayu dengan Rangka Kayu

Kanopi Kayu Dengan Rangka Kayu

Selain di teras, Kamu juga bisa memasang model kanopi kayu pada halaman belakang. Dengan demikian, ruangan ini bisa menjadi tempat relaksasi yang menyenangkan untuk semua penghuni rumah.

Gunakan warna coklat muda yang kalem dengan warna coklat lainnya sehingga menambah kesan adem dan nyaman untuk halaman belakang rumahmu.

Untuk mempercantik tampilan kanopi, kamu juga bisa menambahkan tanaman rambat atau gantung. Hal ini juga akan menambah kesan asri yang menenangkan.

2. Kanopi Kayu dengan Rangka Besi

Kanopi Kayu Dengan Rangka Besi

Seperti yang kamu tahu, bahan kayu memang bisa dipadukan dengan material lain seperti besi. Jika kamu ingin kanopi dengan citarasa berbeda, maka kamu bisa mencoba memadukan rangka besi dengan balok kayu untuk atapnya.

Selain itu, tampilan modern semacam ini bisa memancarkan aura dinamis. Kombinasi kayu dan besi juga menciptakan kanopi yang awet karena lebih kuat.

Jangan lupa pula untuk menambahkan desain sekat pada atap agar halaman tetap bisa mendapatkan sinar matahari namun tetap terasa sejuk.

3. Kanopi Kayu Berpadu dengan Kain

Kanopi Kayu Berpadu Dengan Kain

Kamu pasti sering melihat di serial televisi yang menunjukkan kanopi yang berhiaskan kain bergelantungan.

Fungsi kain ini memang berbeda dari kelambu, sebab kain ini memang berfungsi sebagai atap.

Penggunaan kain sebagai atap ini tentu lebih murah dibandingkan dengan bahan yang lain.

Untuk menambah kenyamanan, maka lebih baik memasang kain yang bisa disesuaikan panjangnya, bukan yang dibaut mati.

Hal ini akan mempermudah siapapun yang ada di bawah kanopi untuk menyesuaikan bentuk atap sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain nyaman, tentunya kain-kain yang menjuntai ini memberi nilai estetika tersendiri.

4. Kanopi Kayu Modern

Kanopi Kayu Modern

Desain kanopi memang terus bertambah dari hari ke hari. Jika dahulu kanopi harus memiliki empat tiang sebagai penyangga, maka sekarang kamu bisa menggunakan hanya dua tiang saja atau sesuai dengan kebutuhan.

Konsep modern ini membuat ruang gerak yang lebih luas karena tidak terhalang oleh tiang penyangga kanopi.

Selain itu, atap yang tampak seperti melayang ini juga membuat kesan yang unik dan berbeda. Kamu juga bisa mengecat tiang kanopi menggunakan warna hitam agar lebih terkesan modern dan chic.

5. Kanopi Kayu Dirangkai dengan Tanaman

Kanopi Kayu Dirangkai Dengan Tanaman

Mendapatkan ruangan bersantai yang sejuk tentunya adalah nilai tambah yang diinginkan banyak orang untuk huniannya.

Kamu tidak perlu harus menanam pohon besar untuk mendapatkan suasana ini.

Kamu bisa menghiasi kanopi dari kayu dengan tanaman hias maupun tanaman rambat. Hal ini akan menambah kesan asri yang adem.

Warna hijau yang menghidupkan kanopi yang berwarna alam membuat tempat ini akan menjadi tempat paling nyaman di halaman maupun teras rumah.

6. Kanopi Kayu Unik

Kanopi Kayu Unik

Bicara masalah desain tentunya tidak terlepas dari proses kreativitas pemiliknya. Hal ini juga bisa diterapkan dalam pembuatan kanopi dari kayu.

Jika selama ini tiang penyangga kanopi selalu berbentuk lurus, Kamu bisa mencoba dengan bereksperimen menggunakan bentuk tiang yang berbeda.

Pilihan tiang yang dibuat condong dan langsung menempel pada tembok merupakan pemandangan yang cukup asing namun masih bisa diterima.

Walaupun terlihat tidak biasa, namun hal ini akan membuat kanopi rumahmu menjadi kanopi yang menarik.

7. Kanopi Kayu Kombinasi Bambu

Kanopi Kayu Kombinasi Bambu

Jika Kamu bosan dengan perpaduan antara kayu dengan kayu, atau kayu dengan besi, maka kamu bisa mencoba untuk membuat kanopi dari kayu dengan kombinasi bambu kuning.

Selain membuat suasana tampak lebih cerah, bambu juga membantu kanopi dari kayu menjadi lebih kokoh.

Namun jika kamu susah menemukan bambu kuning, maka bambu hijau biasa pun dapat digunakan. Perpaduan kayu dan bambu juga menambah kesan alami yang menyenangkan.

Baca Juga :

Bikin Dilirik Tetangga, Ini 10 Model Kanopi Jendela Buat Rumahmu

Pemilihan kanopi kayu belum lama ini menjadi tren, bahkan hingga sekarang. Materialnya yang mudah ditemukan, serta sifat kayu yang mendinginkan membuat teras maupun halaman rumah yang menggunakan kanopi menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *