Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Harga Cat Avian

3 min read

Harga Cat Avian

Memilih cat harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Jika kamu ingin mengecat permukaan kayu maka harus menggunakan cat khusus kayu. Salah satu cat yang direkomendasikan adalah cat Avian. Selain kualitasnya yang terjamin, harga cat Avian juga terbilang terjangkau.

Dari banyaknya merek cat kayu yang ada, memang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Namun paling tidak cat Avian ini adalah cat kayu yang memiliki daya tutup maksimal dengan finishing yang terlihat glossy atau mengkilap.

Kelebihan Cat Avian

Dari beberapa sumber yang ada, sebenarnya cat Avian ini bisa juga diaplikasikan pada permukaan besi.

Walaupun sejatinya cat ini diperuntukkan sebagai cat kayu namun permukaan besi juga bisa ditutup sempurna dengan cat ini. Berikut beberapa kelebihan dan cat Avian tersebut.

1. Kilap Sempurna

Formula yang terkandung dalam cat Avian ini memberikan efek kilap yang sempurna yang terlihat menarik.

Bukan hanya berlaku pada permukaan kayu, namun ketika mengaplikasikan pada permukaan besi juga akan mendapatkan hasil yang sama.

2. Anti Karat

Kelebihan dari cat besi Avian ini adalah anti karat. Permukaan bidang yang telah tertutup menggunakan cat ini, akan aman dari munculnya karat terutama pada permukaan besi.

Walaupun benda tersebut berada di luar rumah, jangan khawatir akan berkarat.

3. Cepat Kering

Salah satu hal yang banyak disukai oleh pengguna cat Avian adalah cepat kering.

Setelah proses pengecatan, waktu yang dibutuhkan agar kering sempurna hanya sekitar 2 hingga paling lama 4 jam. Lebih hemat waktu dan tenaga.

4. Tahan Cuaca Ekstrim

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki musim panas dan hujan. Kadang kala cuaca tersebut bisa sangat ekstrim sehingga membuat beberapa bangunan dan bidang menjadi cepat rusak.

Salah satu keunggulan dari cat Avian ini, memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap terpaan panas dan hujan yang ekstrim.

Kayu maupun besi yang telah dilapisi dengan cat tersebut lebih awet dan tahan lama baik warna maupun catnya.

5. Daya Tutup Sempurna

Penggunaan cat Avian pada permukaan kayu, bisa memberikan hasil berupa permukaan yang halus dan pori-pori yang tertutup sempurna.

Seperti yang kita ketahui bahwa tekstur kayu terkadang ada pori-pori yang terlihat jelas. Cat ini mampu menutupinya dengan sempurna.

6. Daya Rekat Maksimal

Di samping memberikan hasil pengecatan yang sempurna, cat Avian juga memiliki daya rekat maksimal.

Hal ini akan sangat membantu mempertahankan daya tahan cat serta kecerahan warna pada permukaan kayu dan besi. Cat juga tidak mudah mengelupas sehingga lebih awet.

7. Fleksibel

Cat Avian memiliki sifat yang fleksibel sehingga cat tidak mudah retak.

Dengan pengaplikasian yang benar, cat akan merekat sempurna dan fleksibel mengikuti permukaan kayu dan besi. Kamu tidak perlu sering-sering mengecat kembali sehingga lebih hemat.

8. Anti Rayap

Perlindungan cat Avian bukan hanya sampai di situ. Ketika cat digunakan pada permukaan kayu maka cat ini akan berfungsi sebagai antirayap. Kayu akan lebih awet dari ancaman rayap penyebab kayu keropos.

9. Harga Terjangkau

Harga cat Avian sangat terjangkau dan sebanding dengan kualitas yang diterima.

Apabila dibandingkan dengan perlindungan yang didapatkan, harga tersebut sangat pas. Cat Avian lebih hemat karena tahan lama dan tidak mudah luntur.

10. Banyak Pilihan Warna

Tidak seperti cat kayu dan besi yang lainnya, cat Avian ini memiliki ragam warna yang sangat variatif.

Coraknya elegan dan bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan serta selera penggunanya. Kayu dan besi akan tampak lebih indah dan menarik.

Kekurangan Cat Avian

1. Harus Dicampur Menggunakan Thinner

Salah satu kekurangan pada cat Avian ini adalah cat tidak bisa langsung digunakan tanpa dicampur terlebih dahulu dengan menggunakan thinner.

Avian memang belum memiliki produk cat kayu water based atau cat minyak Avian, sehingga sebelum digunakan harus dicampur dengan thinner.

2. Warna Terbatas untuk Seri Tertentu

Pada cat Avian Gloss, warna yang disediakan hanya ada 4 macam saja. Varian tersebut antara lain natural white, chili red, white, dan carror.

Mungkin bagi beberapa pengguna warna tersebut kurang memuaskan dan tidak banyak yang tertarik.

3. Harga Cukup Mahal

Walaupun harga akan sebanding dengan kualitas, namun di pasaran harga cat Avian masih terbilang mahal dibandingkan dengan merk cat lainnya.

Bagi yang mengutamakan kualitas dan daya tahan, pasti tetap akan memilih cat Avian tersebut.

4. Tidak Memiliki Banyak Pilihan Ukuran

Cat Avian ini memang tidak memiliki varian ukuran yang cukup banyak. Hanya ada 3 satuan ukuran kaleng kecil yaitu ¼, ½, dan 1 kg saja.

Tentu saja hal ini cukup menyulitkan bagi pengguna yang mungkin mencari cat dengan ukuran tertentu misal ukuran 5 kg.

5. Harus Menggunakan Cat Dasar

Untuk penggunaan pada permukaan kayu, harus menggunakan cat dasar terlebih dahulu agar hasil akhir menjadi lebih halus.

Cat dasar ini juga berfungsi sebagai penutup bekas lubang atau pori-pori yang tampak pada permukaan kayu

Cara Menggunakan Cat Avian

Cara Menggunakan Cat Avian

Sebelum mengaplikasikan cat pada permukaan kayu maupun besi, penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan cat dengan benar.

Hal ini agar bisa mendapatkan manfaat dari cat secara sempurna. Cara penggunaannya cukup mudah, simak ulasan di bawah ini.

1. Tahap Pertama

  • Siapkan permukaan kayu atau besi yang akan dicat. Bersihkan terlebih dahulu permukaan bidang tersebut dari berbagai macam kotoran, minyak, debu, hingga cat lama yang mungkin telah mengelupas.
  • Khusus untuk permukaan kayu, aplikasikan terlebih dahulu Avian Loodmenie pada seluruh permukaan kayu. Tujuannya adalah agar kayu tahan dari ancaman rayak dan menjadi keropos.
  • Apabila ada beberapa permukaan yang berlubang karena bekas paku, bisa mempergunakan Avian Plamir atau wood filler. Produk ini akan membuat permukaan kayu menjadi rata kembali dan lebih mudah untuk di cat kembali.

2. Tahap Kedua

  • Siapkan cat dasar dengan menggunakan cat Avian berwarna putih.
  • Aplikasikan cat dasar pada tersebut pada permukaan kayu dengan tujuan untuk menutup pori-pori kayu sehingga permukaan menjadi lebih halus.

3. Tahap Ketika

  • Proses pengecatan sudah bisa dilakukan ketika cat dasar sudah kering sempurna.
  • Encerkan terlebih dahulu cat kayu Avian dengan thinner enamel sebanyak 5-10%.
  • Jika akan digunakan dengan cara disemprot, encerkan cat hingga 50% agar hasil menjadi lebih maksimal.
  • Lakukan pengecatan pada permukaan kayu sebanyak dua lapis untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Daftar Harga Cat Avian Terbaru 2021

Daftar Harga Cat Avian Terbaru 2021

SatuanHarga
Avian Gloss ¼ kgRp18.000
Avian Gloss ½ kgRp33.000
Avian Gloss 1 kgRp58.000
Avian Gloss ¼ kgRp18.000
Avian Matt ½ kgRp33.000
Cat Avian 1 kg MattRp58.000
Avian Yoko 0,7 literRp44.000
Avian Glovin 0,8 literRp49.000
Lenkote Platinum 0,9 literRp103.000

Baca Juga :

Daftar Harga Cat Kayu Per Kg Terbaru 2021

Kayu dan besi adalah sebuah bidang yang tidak bisa dicat dengan sembarangan. Perlu menggunakan cat khusus seperti cat Avian agar permukaannya tertutup sempurna.

Jangan lupa untuk memperhatikan cara pengecatan yang benar. Produk lain dari Avian adalah cat tembok Avian yang tidak kalah berkualitas.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *