Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

7 Inspirasi Denah Rumah Type 54 Minimalis Terbaru 2021

2 min read

Denah Rumah Type 54

Mengetahui denah rumah type 54 sangat penting kalau kamu ingin membangun hunian seluas 54 m2. Bangunan yang ideal sebagai tempat tinggal keluarga kecil dengan 1 atau 2 orang anak. 

Hunian tipe 54 umumnya memiliki 2 sampai 3 kamar, dapur dan ruang tamu yang bisa difungsikan sebagai ruang keluarga. Sisa lahan di bagian depan dan belakang lumayan memadai untuk disulap jadi taman. 

Harga Rumah Type 54

Dibandingkan dengan tipe 60 dan 70, harga rumah tipe 45 jelas lebih murah. Hunian tipe 45 biasanya dibangun di atas tanah 90 m2, 120 m2 atau bahkan 150 m2.

Rumah tipe 54 dijual dengan harga yang bervariasi tiap daerah. Sebagai gambaran, berikut daftar harga rumah tipe 54 di berbagai tempat: 

  1. Area Jabodetabek harganya antara 170 juta rupiah – 1 miliar rupiah;
  2. Area Surabaya harganya sekitar 500 juta rupiah – 1,2 miliar rupiah;
  3. Area Medan harganya sekitar 560 juta rupiah;
  4. Area Denpasar harganya antara 700 juta rupiah – 1 miliar rupiah. 

7 Contoh Denah Rumah Type 54

1. Rumah Type 54 Open Space

Denah Rumah Type 54 Sederhana

Cara paling manjur untuk menciptakan ruangan yang lebih luas adalah dengan menerapkan konsep open space. Untungnya, rumah tipe 54 sering berkonsep sama dengan membiarkan ruang keluarga dan ruang tamu terhubung tanpa sekat dinding. 

Pada denah, kamu bisa melihat kalau ruangannya terasa lapang, kan? 

Ada dua kamar tidur bersebelahan dan dapur yang terpisah. Istimewanya lagi, rumah ini punya taman depan yang luas dan halaman belakang yang memadai.

2. Rumah Type 54 Dua Lantai

Model Denah Rumah Type 54

Tidak mustahil bagi keluarga besar untuk tinggal di rumah tipe 54. Kamu bisa menyiasatinya dengan membangun hunian 2 lantai sehingga memuat lebih banyak ruang. 

Pada denah rumah type 54 dua lantai ini, ada 4 kamar yang dibagi rata per lantai. Dapur, ruang makan dan ruang tamu dibuat tanpa pembatas di lantai bawah sehingga rumah tidak sesak. 

3. Rumah Type 54 dengan Halaman yang Luas

Gambar Denah Rumah Type 54 Minimalis

Rumah tipe 54 bisa mewujudkan impian kamu untuk memiliki halaman yang luas. Bukan hanya halaman depan tapi juga halaman belakang. 

Bagian dalam rumah terisi oleh 2 kamar yakni kamar utama dan kamar anak. Ruang keluarga, dapur dan ruang makan menyatu tanpa pembatas berupa dinding atau perabot rumah. 

4. Rumah Type 54 Minimalis 

Gambar Denah Rumah Type 54

Pencinta hunian yang minimalis wajib meniru denah rumah type 54 ini. Pilihan cocok sebagai tempat tinggal keluarga kecil yang memiliki 1 atau 2 anak. 

Ada 2 kamar yang salah satunya cukup untuk double bed. Dapur dibangun terpisah sedangkan ruang tamu dan ruang keluarga menyatu. 

Desain rumah ini tetap menawarkan garasi mobil dan pekarangan depan – belakang yang memadai. 

5. Rumah Type 54 yang Memiliki Ruangan Lengkap

Desain Denah Rumah Type 54

Denah ini cocok kalau kamu menginginkan hunian tipe 54 yang ruangannya lengkap. Ada 2 kamar tidur yang cukup luas, dapur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, garasi dan halaman. 

Hanya dapur, ruang keluarga dan ruang makan yang tidak diberi pembatas sehingga rumah terasa lega. 

6. Rumah Type 54 Konsep Green Living

Contoh Gambar Denah Rumah Type 54

Salah satu kriteria dalam konsep green living adalah sebuah kualitas udara yang terjaga di dalam rumah. Caranya bisa dengan membuat ruang terbuka hijau di sekitar rumah. 

Inspirasinya bisa kamu dapatkan dari denah rumah type 54 ini. Taman hijau bukan hanya ada di pekarangan depan dan belakang, tapi juga ada di samping rumah. 

Bagian dalam rumah yang dibuat open space semakin melancarkan sirkulasi udara. 

7. Rumah Type 54 dengan 3 Kamar Tidur

Denah Rumah Type 54 dengan 3 Kamar Tidur

Rumah tipe 54 yang dibangun di atas tanah seluas 120 m2 bisa memiliki 3 kamar yang luasnya mencukupi. Cocok kalau keluarga kamu terdiri dari orang tua dan 2 anak.

Satu kamar utama dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Sedangkan ruang keluarga sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu sehingga menghemat space. 

Baca Juga :

Dengan mengenal berbagai denah rumah type 54, kamu bisa lebih kreatif saat membangun rumah. Tidak harus selalu 2 kamar atau tidak harus menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *