Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Rumah Type 70

8 min read

Denah Rumah Type 70 dengan 2 Kamar Anak

Ingin bangun rumah type 70 ? ❤️ Simak desain, denah, RAB, dan estimasi biaya bangun rumahnya disini.

Rumah type 70 adalah tipe rumah yang tergolong besar dan luas. Rumah ini cocok untuk keluarga menengah dan menengah ke atas dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

Dimensi dari rumah type 70 cukup bervariasi, mulai dari 7 x 10 m hingga 5 x 14 m. Rumah tipe ini biasanya memiliki hingga 4 kamar tidur, dengan ekstra ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. 

Dari segi layout, rumah type 70 cocok dibangun di beberapa tipe lahan. Seperti lahan dengan luas 120 m2 dan 150 m2.

Misalnya untuk lahan 120 m2 dengan dimensi 8 x 15 m, ini sudah sangat ideal untuk dibangun rumah type 70. Bagian depan bisa dijadikan garasi dan halaman, sedangkan bagian belakang rumah bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka.

Rumah type 70 menjadi salah satu tipe rumah yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Selain ukurannya yang luas, rumah type 70 juga memiliki variasi desain yang cukup menarik. 

Kamu bisa mengkreasikan desain rumah type 70 dengan dekorasi dan furniture yang elegan serta modern. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan lahan ekstra untuk membuat taman mini yang menambah keindahan rumah. 

Desain dan Denah Rumah Minimalis Type 70

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membangun rumah type 70, lebih baik cari dulu ide denah rumah yang paling sesuai kebutuhan. 

Karena ada banyak sekali ide rumah type 70 yang tersebar luas di internet, kami telah merangkum desain dan denah rumah type 70 terbaik yang bisa menginspirasi.

Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Rumah Minimalis Type 70

Rumah Type 70

Denah rumah minimalis type 70 ini memiliki 4 kamar tidur dengan master bedroom. 2 dari 4 kamar tidur dilengkapi dengan kamar mandi didalamnya. Sedangkan 1 kamar mandi luar untuk digunakan bersama-sama.

Area dapur, ruang makan dan ruang tamu disatukan sehingga terlihat lebih lapang dan lega. Ruang tamu sekaligus merangkap sebagai ruang keluarga untuk menghemat tempat. 

Meskipun mengusung konsep yang sederhana, denah rumah ini terlihat sangat nyaman dihuni apalagi dilengkapi teras kecil untuk bersantai di depan rumah.

2. Desain Rumah Minimalis Modern Type 70

Denah Rumah Minimalis Type 70

Denah rumah yang satu ini mengusung konsep one space dengan menghilangkan sekat antara dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. 

Sama seperti denah rumah type 70 lainnya, denah ini juga memiliki 4 kamar tidur dengan kamar mandi dan toilet pribadi. 

Hal paling menarik dari denah rumah ini adalah masih bisa memiliki garasi yang besar dan teras belakang meskipun sudah diisi dengan 4 kamar.

3. Denah Rumah dengan Mini Garden

Denah Rumah Type 70 dengan Mini Garden

Nah, jika anda menginginkan nuansa rumah yang sejuk dan asri, maka denah rumah ini cocok menjadi inspirasi. 

Selain memiliki taman di halaman depan, rumah ini juga dilengkapi dengan mini garden indoor yang berada tepat di samping dapur dan ruang makan. 

Area taman dibatasi langsung dengan pintu kaca transparan. Selain indah, keberadaan mini garden juga membuat suasana rumah jadi lebih sejuk, fresh, dan sehat.

4. Denah Rumah Memanjang

Denah Rumah Type 70 Memanjang

Denah rumah type 70 ini dibuat dengan pola memanjang. Memiliki 4 kamar tidur yang diletakkan bersisian dan 2 kamar mandi untuk digunakan bersama. 

Area dapur, ruang makan, dan ruang keluarga digabungkan dalam satu ruangan. Sedangkan, ruang tamu berada terpisah dari ruangan lainnya. 

Denah rumah yang seperti ini bisa jadi solusi jika saja anda memiliki lahan dengan bentuk yang memanjang.

5. Denah Rumah Mewah dengan Kolam Renang

Rumah Type 70 Mewah dengan Kolam Renang

Dengan kolam renang yang cukup luas, denah rumah ini sangat cocok untuk para keluarga menengah ke atas. 

Selain itu, rumah ini juga memiliki 4 kamar tidur luas dengan masing-masing kamar mandi di dalamnya. 

Dominasi warna putih membuat rumah terlihat semakin luas. Sedangkan sentuhan warna coklatnya memberi kesan hangat dan alami. 

6. Denah Rumah 1 Lantai

Denah Rumah Type 70 1 Lantai

Denah rumah type 70 1 lantai ini hanya memiliki 3 kamar tidur. Namun, setiap kamar tidur memiliki furniture yang lengkap dan kamar mandi pribadi.

Area ruang makan dan ruang keluarga dibuat menyatu dalam satu ruangan besar. Sedangkan dapur berada terpisah dan diapit oleh 2 kamar tidur. 

Denah rumah ini terlihat cukup apik dan rapi. Nuansa nya juga hangat dan sederhana karena menggunakan warna-warna netral yang tidak kontras. 

7. Denah Rumah 2 Lantai

Denah Rumah Type 70 2 Lantai

Rumah 2 lantai type 70 merupakan salah satu tipe rumah yang banyak diminati. Terutama untuk keluarga menengah dengan banyak anggota keluarga.

Denah rumah ini menempatkan semua kamar tidur di lantai atas. Sedangkan lantai bawah untuk area publik seperti dapur, ruang makan, ruang keluarga, dan ruang tamu.

Selain lebih luas dan lapang, denah rumah 2 lantai juga terlihat lebih mewah dan berkelas.

8. Denah Rumah Modern

Denah Rumah Type 70 Modern

Karena mengusung konsep modern, denah rumah type 70 ini juga menggunakan furniture yang modern dan terkini. 

Seperti sofa, kursi santai, model TV LED, dan shower berkaca transparan yang terlihat elegan.

Furniture yang digunakan pun kebanyakan berwarna hitam dan putih, meski masih ada sentuhan warna cerah lainnya. 

9. Denah Rumah Type 70 Sederhana

Denah Rumah Type 70 Sederhana

Berkonsep one space, denah rumah ini menyatukan fungsi dapur, meja makan, dan ruang keluarga yang sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu. 

Bentuk dapur yang sederhana membuat denah rumah yang satu ini lebih sederhana dibanding denah rumah yang lainnya. 

Meski begitu, keempat kamar memiliki ruang yang besar dan dilengkapi dengan built in closet serta kamar mandi luas yang cukup untuk ditempatkan bathup.

10. Denah Rumah Type 70 yang Terkesan Luas

Denah Rumah Type 70 yang Terkesan Luas

Denah rumah ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan rumah Jepang pada bagian depannya. 

Pintu utama disambut oleh lorong dengan ujung lorong yang langsung menuju ruang keluarga. Hal inilah yang membuat denah rumah type 70 terkesan lebih luas dan lega.

Yang lebih unik lagi, 2 dari 4 kamar yang ada memiliki private terrace meskipun ukurannya kecil. Sedangkan teras yang besar berada tepat di samping ruang keluarga dan hanya terpisahkan oleh dinding kaca. 

11. Denah Rumah 3 Kamar Tidur

Denah Rumah Type 70 3 Kamar Tidur

Karena hanya memiliki 3 kamar, setiap kamar pada denah rumah ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Selain memiliki kamar mandi dan toilet pribadi, furniture yang digunakan juga cukup lengkap, mulai dari double bed, lemari, TV LED, dan satu set meja kursi. 

Denah rumah ini didominasi warna putih sehingga menciptakan kesan bersih, rapi, dan natural. 

12. Denah Rumah 4 Kamar Tidur

Denah Rumah Type 70 4 Kamar Tidur

Kebanyakan, denah rumah type 70 memang diisi dengan 4 kamar bahkan lebih. Oleh karena itulah, denah rumah ini cukup banyak dicari terutama bagi keluarga yang memiliki banyak anggota. 

Meskipun memiliki 4 kamar, namun rumah ini tidak terasa sempit bahkan mengganggu ruang gerak.

13. Denah Rumah dengan 3 Teras

Denah Rumah Type 70 dengan 3 Teras

Satu teras berada di kamar utama, satunya lagi berada di samping ruang keluarga, dan yang terakhir berada di bagian samping rumah yang difungsikan untuk tempat santai. 

Penempatan ketiga teras ini sudah sangat pas. Apalagi yang berada di samping ruang keluarga dapat menambah space ruangan dan membuat udara yang masuk jadi lebih segar. 

14. Denah Rumah Open Space

Denah Rumah Type 70 Open Space

Denah rumah yang satu ini mengusung konsep one space dengan mengurangi sekat antar ruangan. Yang artinya ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan ruang tamu dibiarkan terbuka dan menyatu dalam satu ruangan besar. 

Meski begitu, denah rumah ini sama sekali tidak mengorbankan kenyamanan pada kamar tidurnya. Setiap kamar tidur tetap memiliki privasi yang terjaga. 

15. Denah Rumah Minimalis Type 70 4 Kamar

Denah Rumah Minimalis Type 70 4 Kamar

Denah rumah berikut ini sangat cocok untuk anda yang ingin membangun hunian dengan banyak kamar namun di atas lahan yang sempit. 

Meski tidak begitu besar, keempat kamarnya dilengkapi dengan kamar mandi pribadi dan walk in closet sehingga sangat nyaman ditempati. Untuk area publiknya sendiri menerapkan konsep one space supaya tidak memakan banyak lahan. 

16. Denah Rumah dengan Ruang Santai

Denah Rumah Type 70 dengan Ruang Santai

Denah rumah ini memiliki 5 kamar tidur. Dengan 3 kamar ukuran double bed dan 2 kamar ukuran single bed. Semua kamar berada di sudut rumah. Sedangkan bagian tengah dimanfaatkan untuk ruang publik.

Yang unik dari denah rumah ini adalah memiliki banyak ruang santai. Mulai dari teras di bagian depan, tempat berjemur di samping, dan tempat santai yang dipasangi hammock.

17. Denah Rumah Model Apartemen

Denah Rumah Type 70 Model Apartemen

Rumah ini bentuknya memanjang, dengan bagian depan dan belakang yang dijadikan teras atau taman. Suasana rumah ini sangat nyaman dan menyenangkan untuk semua orang.

Anda bahkan bisa melakukan piknik atau bbq party di depan rumah karena ukurannya yang luas.

18. Denah Rumah dengan Ruang Bermain

Denah Rumah Type 70 dengan Ruang Bermain

Denah rumah ini dilengkapi dengan ruang bermain yang akan membuat anak-anak betah di rumah. Denah rumah ini memiliki 4 kamar tidur. Uniknya, master bedroom terletak paling depan bersebelahan dengan pintu masuk.

Saat masuk ke dalam rumah, anda akan dihadapkan dengan lorong yang berujung pada ruang tamu dan ruang keluarga yang saling bersebelahan. 

19. Denah Rumah Mewah

Denah Rumah Type 70 Mewah

Jika anda punya budget besar, jangan sia-siakan dengan membangun rumah yang asal-asalan. Anda bisa membangun rumah mewah yang memiliki teras dan garasi luas serta kolam renang di bagian belakang. 

Setiap ruangan yang berdesain luxury semakin menambah kemewahan dari rumah ini.

20. Denah Rumah dengan Teras Memanjang

Denah Rumah Type 70 dengan Teras Memanjang

Denah rumah type ini memiliki desain yang sangat menarik. Jika biasanya teras berada tepat di pintu utama, rumah ini memiliki teras yang panjang dari ujung ke ujung. 

Teras ini bisa dijadikan tempat berkumpul atau sekedar duduk santai sambil menikmati secangkir kopi. 

21. Denah Rumah Tambahan Ruang Kerja

Denah Rumah Type 70 Tambahan Ruang Kerja

Nah, jika anda ingin membangun ruang kerja pribadi di dalam rumah, coba terapkan denah yang seperti ini. Denah rumah ini memiliki 4 kamar tidur dengan tambahan ruang kerja di bagian sudut.

Denah rumah ini juga sangat elegan dan modern apalagi dindingnya yang kebanyakan terbuat dari kaca. 

22. Denah Rumah Modern Klasik

Denah Rumah Type 70 Modern Klasik

Didominasi warna-warna earthy tone menjadikan denah rumah ini cukup klasik namun tetap modern. Rumah ini memiliki 3 kamar tidur ukuran double bed dan 1  kamar mandi besar untuk digunakan bersama. 

Yang menarik dari denah rumah ini adalah terdapat 4 teras kecil. Satu di depan, satu dibelakang, dan dua lainnya di samping kamar tidur. 

23. Denah Rumah dengan Rooftop

Denah Rumah Type 70 dengan Rooftop

Memiliki rooftop akan membuat rumah anda jadi lebih luas dan menyenangkan. Area rooftop juga bisa difungsikan untuk hal lain, seperti tempat bermain dan ruang santai untuk keluarga.

Denah rumah type 70 dengan rooftop ini sangat cocok bagi anda yang tinggal di perkotaan.

24. Rumah dengan Master Bedroom

Rumah Type 70 dengan Master Bedroom

Rumah type 70 ini memiliki satu master bedroom yang ukurannya sangat besar. Kamar mandinya juga sangat luas. Bahkan, di dalam kamar juga terdapat walk in closet mewah yang ukurannya tidak kalah besar. 

Jika anda menginginkan kamar tidur yang luas dan mewah seperti di hotel, denah rumah ini bisa dipilih. 

25. Denah Rumah dengan Garasi Luas

Denah Rumah Type 70 dengan Garasi Luas

Membangun rumah type 70 juga sangat memungkinkan untuk anda bisa memiliki garasi yang luas. Garasinya cukup untuk menampung 2 mobil bahkan lebih. 

Sudah pasti denah rumah ini sangat cocok bagi anda yang memiliki banyak kendaraan. 

26. Denah Rumah Light and Fun

Denah Rumah Type 70 Light and Fun

Denah rumah yang satu ini mengusung  warna-warna yang sangat lembut. Warna-warna lembut seperti hijau pastel dan coklat muda dapat membuat suasana rumah jadi lebih terang dan hidup.

Jika anda tidak suka warna-warna yang mencolok, coba aplikasikan warna seperti ini untuk rumah idaman anda. 

27. Denah Rumah Minimalis Type 70 Gaya Zen

Denah Rumah Minimalis Type 70 Gaya Zen

Rumah bergaya zen memang tengah populer belakangan ini. Selain tampilannya yang keren, rumah seperti ini juga sangat hangat dan nyaman dihuni. 

Apalagi jika warna yang digunakan adalah warna-warna earthy tone seperti coklat, beige, mustard dal lainnya.

28. Denah Rumah dengan 1 Mushola

Denah Rumah Type 70 dengan 1 Mushola

Membangun mushola atau ruang ibadah di dalam rumah juga patut menjadi pertimbangan. Mushola tidak harus dibuat tertutup. Anda bahkan bisa menyatukannya dengan ruang keluarga seperti denah rumah ini. 

Supaya aktivitas di mushola tidak terganggu, gunakan sekat dekoratif untuk menjadi pembatas antara mushola dan ruang keluarga. 

29. Denah Rumah Minimalis Type 70 3D

Denah Rumah Minimalis Type 70 3D

Denah rumah minimalis type 70 dengan konsep 3D ini sangat membantu anda menemukan rumah impian. Denah rumah ini memiliki 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak yang letaknya bersebelahan. 

Selain desain dan zonasi yang apik, furniture rumah ini juga sangat modern dan kekinian.

30. Denah Rumah Mewah dan Elegan

Denah Rumah Type 70 Mewah dan Elegan

Denah rumah type 70 berikut ini sangat cocok untuk keluarga kaya. Denah rumah yang mewah dan elegan ini dilengkapi dengan garasi luas, kolam renang, dan halaman depan yang lebar. 

Interior yang digunakan juga sangat berkelas, baik itu pada kamar tidur, ruang tamu, hingga bagian dapur.

31. Denah Rumah dengan 2 Kamar Anak

Denah Rumah Type 70 dengan 2 Kamar Anak

Sedikit berbeda dengan denah rumah type 70 lainnya, denah yang satu ini memiliki 2 kamar tidur anak. Semua kamar tidur anak diisi dengan dua single bed, sehingga setiap kamar bisa digunakan untuk 2 orang. 

Denah rumah seperti ini sangat cocok untuk anda yang punya anak kembar atau punya anak yang usianya hampir sama. 

32. Denah Rumah dengan Balkon di Setiap Kamar

Denah Rumah Type 70 dengan Balkon di Setiap Kamar

Denah rumah yang ini cukup unik karena memiliki balkon di setiap kamar. Bahkan bagian dapur juga diberi balkon yang hanya dibatasi dengan pintu kaca. 

Letak balkon yang berjejer menjadi salah satu hal paling menarik dari denah rumah type 70 ini.

33. Denah Rumah Ensuite Bathroom

Denah Rumah Type 70 Ensuite Bathroom

Denah rumah yang satu ini lebih mengutamakan kamar tidur dengan proporsinya. Setiap kamar berukuran double bed, memiliki kamar mandi pribadi dengan toilet duduk dan shower. 

Selain itu, ada juga teras-teras kecil yang sangat cocok untuk bersantai di sore hari. 

34. Denah Rumah dengan Area Publik Minimalis

Denah Rumah Type 70 dengan Area Publik Minimalis

Denah rumah ini berbentuk sederhana. Memiliki satu master bedroom dan dua kamar tambahan. Semua kamar berada di sudut rumah. Sedangkan di bagian tengah terdapat area publik dengan konsep one space. 

Area publik minimalis ini terdiri dari ruang keluarga, kitchen bar, dan meja makan. 

35. Denah Rumah dengan Desain Kamar Serupa

Denah Rumah Type 70 dengan Desain Kamar Serupa

Daripada bingung memikirkan desain yang beragam, kenapa tidak mengaplikasikan satu desain untuk semua ruangan? Setiap kamar bisa dibuat sama persis, bahkan dengan ukuran yang tidak jauh berbeda. 

Bukannya terlihat norak, denah rumah dengan desain kamar serupa justru terlihat apik dan sempurna.

Biaya Bangun Rumah Type 70

Biaya Bangun Rumah Type 70

Menghitung rancangan anggaran biaya (RAB) merupakan salah satu tahapan penting sebelum membangun rumah. Termasuk untuk rumah minimalis type 70.

Dengan menyusun RAB rumah type 70, kamu bisa menghitung estimasi biaya total yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut. Sebenarnya bisa saja membeli rumah type 70 yang sudah jadi. Namun, harga rumah minimalis type 70 sudah pasti cukup mahal apalagi rumah ini termasuk tipe hunian yang luas dan besar. 

Sebagai panduan untuk kamu yang berencana membangun rumah, berikut cara menghitung biaya bangun rumah type 70 yang mudah dilakukan : 

1. Biaya Beli Lahan

Misalnya kamu ingin membangun rumah type 70/120. Itu artinya kamu harus menyiapkan lahan seluas 120 m2

Asumsikan saja membeli tanah di lokasi yang strategis dengan harga 1,5 juta/m2, maka kamu harus mengeluarkan biaya 1,5 juta/m2 x 120 m2= 180 juta, untuk membeli lahan.

Harga tanah di setiap daerah tentu berbeda-beda tergantung lokasi dan kondisi. Jadi, perhitungan biaya di atas hanya sebagai contoh saja. 

2. Upah Tukang

Upah tukang bangunan juga berbeda-beda di setiap daerah. Namun, kita akan mengambil biaya rata-rata di pasaran sebagai sampel yang valid. 

Asumsikan saja upah tukang bangunan dengan sistem borongan adalah Rp 1.000.000 per meter persegi. Dan rumah yang ingin dibangun adalah rumah type 70. 

70 m2 x Rp 1.000.000 = Rp 70.000.000. Jadi, biaya yang harus kamu keluarkan yaitu sebesar 70 jutaan untuk menggaji tukang bangunan.

3. Biaya Bahan Material

Ada banyak sekali material yang harus kamu beli untuk membangun rumah. Seperti batu bata, semen, pasir, besi, kerikil, paku, genteng, kusen, pintu dan jendela. 

Itupun belum termasuk material finishing seperti keramik, cat tembok, cat minyak, plafon, teralis, dan lain sebagainya.

Nah, agar lebih mudah menghitung biaya bahan material untuk membangun rumah type 70, kamu bisa membuat tabel seperti di bawah ini :

Bahan Material Harga 
Semen Rp 8.000.000
PasirRp 5.000.000
Batu Bata Rp 10.000.000
Batu Kali/Kerikil Rp 2.000.000
Genteng Rp 7.350.000
Besi Beton Rp 3.000.000
Kayu Rp 6.000.000
Paku Rp 1.000.000
Seng Rp 2.500.000
Cat Minyak dan Cat Tembok Rp 1.600.000
Kusen Pintu dan Jendela Rp 5.000.000
TotalRp 48.450.000

4. Biaya Tak Terduga

Selain biaya di atas, kamu juga perlu menyiapkan budget tambahan untuk biaya tak terduga. Biaya tak terduga ini sangat diperlukan untuk jaga-jaga apabila ada tambahan kebutuhan yang lain. 

Tambahkan 10% dari keseluruhan biaya bangun rumah type 70 sebagai biaya tak terduga. Jumlah ini sudah sangat cukup untuk dana darurat nantinya.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :
                                 
       

One Reply to “Rumah Type 70”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *