Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Rumah Industrial Minimalis

2 min read

Rumah Industrial dengan Elemen Kayu

Saat ini, desain arsitektur industrial tengah menarik banyak perhatian. Tak hanya diterapkan pada interior kafe dan restoran, gaya industrial juga mulai dipilih menjadi konsep rumah atau hunian.

Desain rumah industrial memang lebih mengedepankan kenyamanan dan fungsionalitas. Meskipun nampak sederhana dari luar, namun ada banyak detail yang harus dipertimbangkan, mulai dari dekorasi, furniture, dinding, langit-langit, hingga material yang digunakan.

Gaya industrial umumnya diciptakan melalui beberapa material seperti batu bata ekspos, palet baja beton, plat stainless steel, dan cermin. Nah, bagi kamu yang ingin menerapkan gaya ini, berikut contoh desain rumah industrial yang bisa dijadikan referensi.

7 Inspirasi Desain Rumah Industrial Minimalis

1. Rumah Industrial dengan Batu Bata Ekspos

Rumah Industrial dengan Batu Bata Ekspos

Rumah gaya industrial identik dengan material dinding yang dibiarkan terekspos. Seperti contoh diatas, batu bata yang tetap mempertahankan warna aslinya mampu memberikan tampilan artistik yang berbeda.

Tak hanya unggul dalam segi tampilan, konsep rumah unfinished seperti ini juga lebih low budget. Selain harga materialnya yang ekonomis, kamu juga bisa memangkas biaya cat dinding atau dekorasi yang tidak penting.

2. Rumah Industrial dengan Lantai Semen Ekspos

Rumah Industrial dengan Lantai Semen Ekspos

Selain dinding ekspos, lantai ekspos juga menjadi kunci untuk menciptakan rumah gaya industrial yang murah. Pengaplikasian lantai semen seperti ini nyatanya mampu menampilkan hasil akhir yang praktis dan cukup menarik.

Daripada memasang lantai bermotif, kamu bisa gunakan lantai semen ekspos yang dilapisi dengan coating agar lantai tahan terhadap gesekan dan mudah dibersihkan, serta terlindungi dari kondisi lembab dan cuaca ekstrim.

3. Rumah Industrial dengan Interior Warna Hitam

Rumah Industrial dengan Interior Warna Hitam

Permainan warna juga sangat penting dalam membangun rumah gaya industrial. Seperti yang kita tahu, rumah industrial identik dengan warna-warna netral yang tegas seperti hitam, putih, abu-abu, dan coklat (kayu).

Seperti contoh diatas, kamu bisa kombinasikan dinding putih dengan interior warna hitam dan elemen kayu untuk menyeimbangkan ruangan agar tidak terlihat monoton.

Permainan warna hitam, putih, dan elemen kayu mampu menciptakan kesan maskulin pada ruangan namun tetap nyaman untuk dihuni.

4. Rumah Industrial dengan Dekorasi dan Furniture Besi

Rumah Industrial dengan Dekorasi dan Furniture Besi

Gaya Industrial pada zaman lama identik dengan furniture berbahan besi. Tak melulu soal hasil akhir besi yang bersinar, furniture besi dengan hasil akhir yang matte justru membawa kesan lebih rileks dan elegan pada hunian industrial.

Tidak harus besi, kamu juga bisa menggunakan furniture dengan material lain, seperti baja dan timah. Yang terpenting pilih warna bernada dingin, seperti hitam, abu-abu, dan warna tegas lainnya.

5. Rumah Industrial dengan Susunan Kabel dan Pipa Terbuka

Rumah Industrial dengan Susunan Kabel dan Pipa Terbuka

Konsep industrial memang unik dan menarik. Jika kebanyakan desain rumah mengutamakan tampilan yang rapi, desain industrial justru sebaliknya. Dimana susunan kabel dan pipa dibiarkan terbuka di dinding.

Biasanya, susunan kabel dirangkai dengan penutup pvc, lalu dibentuk sedemikian rupa untuk menjadi dekorasi yang unik dan memanjakan mata.

Tak hanya menarik dari segi tampilan, konsep seperti ini juga bisa mengurangi biaya pembobokan dinding untuk menyembunyikan rangkaian kabel seperti yang biasa dilakukan.

6. Rumah Industrial dengan Banyak Ruang Terbuka

umah Industrial dengan Banyak Ruang Terbuka

Salah satu ciri khas rumah industrial yaitu adanya ruang terbuka. Ruang terbuka tanpa sekat dapat memberikan kesan luas dan lega meskipun ukuran rumah tidak terlalu besar.

Seperti contoh rumah industrial minimalis 2 lantai di atas, tanpa adanya sekat dan dekorasi, rumah menjadi terlihat rapi dan elegan.

Penggunaan banyak kaca pada jendela dan pintu membuat pencahayaan alami masuk ke dalam rumah sehingga terlihat terang dan nyaman.

7. Rumah Industrial dengan Elemen Kayu

Rumah Industrial dengan Elemen Kayu

Kayu merupakan elemen wajib yang harus ada dalam sebuah rumah industrial. Kamu bisa menggunakan banyak furniture dan material kayu seperti meja, kursi, plafon, hingga tangga untuk menuju ke lantai 2.

Tak harus memakai kayu yang baru, pemakaian kayu berusia lama atau unfinished justru memberikan nilai tambah pada rumah industrial.

Nah, itulah beberapa contoh desain rumah industrial minimalis 1 lantai maupun 2 lantai yang dapat kamu pilih sebagai referensi. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :
                                 
       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *