Bagas Kurnia Prastyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat. Selamat membaca !

Yuk, Ikuti 5 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kekinian Ini

5 min read

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Mendekorasi ruang tamu minimalis terkadang menjadi hal yang gampang-gampang susah dilakukan. Meskipun berukuran kecil dan mungil, bukan berarti ruang tamu minimalis tak bisa tampil stylish dan fungsional.

Bahkan dengan pengaturan furniture yang tepat, ruang tamu minimalis tak hanya lebih menarik untuk dilihat tapi juga nyaman untuk siapapun yang berkunjung.

Lalu, bagaimana sih tips mendekorasi ruang tamu minimalis? Furniture apa saja yang boleh digunakan untuk ruangan berukuran mungil ini? Dan apa saja yang harus dilakukan untuk menjadikan ruang tamu minimalis lebih menarik?

Temukan semua jawabannya dalam artikel di bawah ini!

Tips & Trik Menata Ruang Tamu Minimalis

Ukuran ruang tamu yang kecil dan mungil bukanlah hambatan untuk kamu bisa menciptakan ruangan yang nyaman dan indah secara visual.

Supaya tak terjadi kesalahan, berikut tips & trik menata ruang tamu minimalis yang wajib kamu ketahui.

1. Pemilihan Furniture

Pilihan Furniture
pinterest

Untuk ruang tamu minimalis, pilih furniture yang ukurannya kecil seperti kursi tamu atau sofa minimalis. Selain itu, gunakan furniture yang benar-benar penting dan dibutuhkan saja.

Jangan berlebihan, karena furniture yang terlalu banyak akan membuat ruang tamu minimalis terasa penuh dan sesak. Tapi, menempatkan furniture terlalu sedikit juga dapat membuat ruang tamu minimalis terlihat kosong dan membosankan.

Untuk itu, sebaiknya tempatkan furniture yang penting saja dan tambahkan sedikit dekorasi supaya tampilannya terlihat seimbang dan menarik.

2. Warna Interior

Warna Interior
pinterest

Salah satu hal paling penting dalam menata ruang tamu minimalis adalah pemilihan warna yang tepat. Jangan anggap sepele masalah warna. Warna yang dipilih sangatlah berpengaruh terhadap kesan dan suasana yang dibawa untuk ruang tamu.

Biasanya, ruang tamu minimalis identik dengan warna-warna dasar seperti abu-abu dan putih yang dapat menonjolkan kesan bersih dan sederhana. Tapi, kamu juga bisa pilih warna yang terang untuk menciptakan suasana ceria pada ruang tamu minimalis.

3. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding
pinterest

Jika ukuran ruang tamu minimalis terlalu sempit untuk menambahkan dekorasi, kamu bisa manfaatkan area dinding sebaik mungkin. Daripada dibiarkan polos dan kosong, kamu bisa tempelkan hiasan dinding seperti foto, lukisan, dan rak gantung untuk menaruh pajangan.

Yang pasti jangan terlalu berlebihan sampai membuat dinding ruang tamu minimalis penuh dengan hiasan.

Pilihan Furniture dan Dekorasi untuk Ruang Tamu

Pemilihan furniture dan dekorasi yang tepat merupakan kunci utama untuk kenyamanan ruang tamu minimalis. Selain nyaman dan lebih menarik, furniture dan dekorasi juga dapat menjadikan ruangan terkesan lebih luas dan lapang. Nah, berikut beberapa pilihan furniture dan dekorasi yang cocok untuk menata ruang tamu minimalis.

Kursi Sofa

Sofa Ruang Tamu
pinterest

Sofa merupakan salah satu furniture wajib yang harus ada di ruang tamu minimalis. Dalam memilih sofa pun kamu tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya pas dengan konsep ruangan.

Pertama soal warna, pilihlah warna sofa yang senada atau tidak terlalu kontras dengan dinding ruang tamu minimalis.

Perhatikan juga bahan sofa yang lembut dan nyaman, supaya para tamu yang berkunjung jadi lebih betah duduk berlama-lama. Terakhir dan yang paling penting adalah ukuran. Karena ukuran ruang tamu minimalis itu kecil, jadi ukuran sofa haruslah sesuai agar tidak memenuhi ruangan.

Kamu bisa gunakan sofa satu dudukan atau dua dudukan, yang penting ukurannya pas dan tidak membuat ruang tamu minimalis terasa sesak.

Kursi Minimalis

Kursi Tamu
pinterest

Jika sofa minimalis masih kurang, kursi tambahan akan sangat berguna saat tamumu sedang banyak-banyaknya. Kamu bisa pilih kursi minimalis yang modelnya modern dan warnanya senada dengan sofa. Kursi seperti ini juga sekaligus berfungsi untuk estetika ruang tamu minimalis terlihat lebih seimbang.

Meja Tamu

Meja Tamu
pinterest

Selain kursi atau sofa, meja tentu menjadi furniture wajib yang harus ada di ruang tamu minimalis. Kehadiran meja bisa digunakan sebagai tempat meletakkan minuman dan cemilan untuk suguhan tamu yang berkunjung.

Ada beberapa jenis meja tamu atau coffee table yang bisa kamu pilih. Namun, meja berbahan dasar kayu jati dan marmer adalah pilihan terbaik. Supaya makin cantik, kamu bisa lengkapi meja dengan taplak bermotif atau dengan pot bunga yang indah.

Bantal Sofa

Bantal Sofa
pinterest

Sofa dan kursi tamu pasti tak lengkap rasanya tanpa kehadiran bantal sofa. Bukan hanya sekedar untuk dipeluk atau dijadikan sandaran saja, bantal sofa juga bisa menjadi elemen dekorasi yang simple dan praktis.

Cukup dengan memilih berbagai macam motif sarung yang sesuai, bantal sofa akan terlihat makin apik dan estetik. Sarung bantal sofa tidak harus memiliki warna yang sama dengan sofa. Kamu bisa pilih warna berbeda asal sesuai dengan gaya interior secara keseluruhan.

Karpet

Karpet
pinterest

Selain menjadi alas kaki supaya tak terkena dinginnya lantai, karpet juga bisa membawa suasana yang berbeda dalam ruang tamu minimalis. Karpet bisa menambah kesan estetik dan elegan, apalagi jika warna yang dipilih sesuai dengan konsep ruang tamu.

Selain itu, karpet juga bisa menjadi focal point ruangan berkat motifnya yang sangat beragam dan bentuknya yang unik seperti bulat dan persegi. Satu hal yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan karpet adalah bagaimana cara menjaga karpet agar tetap bersih.

Karena karpet sangat mudah terpapar debu dan kotoran, kamu bisa membersihkannya setiap seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner. Saat ini, ada banyak sekali toko online maupun offline yang menjual karpet dengan berbagai macam bentuk, motif, dan bahan.

Untuk pemilihan bahan, sebaiknya pilih jenis bahan yang ringan dan mudah dibersihkan.

Lampu Dekoratif

Lampu Dekoratif Ruang Tamu
pinterest

Selain berfungsi untuk menerangi ruangan, lampu dekoratif juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan. Jika ingin ruang tamu minimalismu lebih menarik, pilih model lampu dengan bentuk yang unik dan estetik seperti ini.

Jangan lupa tempatkan lampu di area yang strategis supaya dapat dilihat orang-orang.

Furniture Multifungsi

Furniture Multifungsi
dekoruma.com

Menggunakan furniture multifungsi bisa jadi salah satu solusi supaya ruang tamu minimalis tidak sempit dan sesak. Furniture multifungsi ini bisa berupa sofa bed, meja lipat, meja kopi berkompartemen, atau bahkan kursi lipat.

Kamu bisa pilih furniture multifungsi dengan spesifikasi ukuran dan detail sesuai keperluan. Selain menghemat ruangan, membeli furniture multifungsi juga dapat menghemat pengeluaran.

Wallpaper Dinding

Wallpaper Dinding
pinterest

Jangan biarkan dinding ruang tamumu tampil polos, bila perlu tempelkan wallpaper atau wall sticker agar lebih atraktif. Ada banyak sekali motif wallpaper yang beredar. Untuk itu pilihlah yang paling pas agar hasilnya makin sempurna.

Kamu bisa pilih warna wallpaper yang senada dengan furniture, atau yang warnanya kontras namun tidak berlebihan.

Untuk ruang tamu minimalis, sebaiknya tempel wallpaper di satu sisi dinding saja. Jangan tempel di semua sisi yang justru menjadikan ruang tamu tampak penuh.

Rak Dinding

Rak Dinding
pinterest

Rak dinding atau floating shelves merupakan salah satu dekorasi paling cocok untuk ruang tamu minimalis. Selain tidak memakan banyak ruang, rak dinding juga sangat efektif untuk meletakkan berbagai pajangan di interior ruang tamu.

Kamu bisa meletakkan pajangan berbobot ringan seperti bingkai foto, vas bunga, pernak-pernik lucu, dan barang-barang koleksi pribadi.

Tidak hanya fungsional, rak dinding juga menjadi dekorasi yang ramah dikantong. Tak perlu membeli, kamu bahkan bisa membuatnya sendiri.

Caranya sangat mudah, cukup potong kayu bekas sesuai ukuran yang diinginkan lalu pasang pada dinding menggunakan paku. Tapi jika kamu tak ingin ribet, ada banyak toko online yang menjual rak dinding dengan aneka model dan ukuran yang bisa dipilih sesuai selera.

Cermin

Cermin
pinterest

Cermin merupakan salah satu dekorasi yang paling efektif untuk ruang tamu minimalis. Cermin punya efek memantulkan cahaya yang bisa membuat ruang tamu minimalis terlihat lebih luas dan lapang.

Tapi, jangan sembarangan menggantungkan cermin di segala tempat. Kamu bisa tempatkan cermin berdekatan dengan sumber cahaya atau berseberangan dengan jendela. Besar kecilnya cermin juga penting, kamu bisa pilih satu cermin berukuran besar atau susun beberapa cermin kecil dalam ruangan.

Karena digunakan sebagai dekorasi, ada baiknya kamu pilih model cermin yang artistik untuk menyempurnakan visual ruang tamu minimalis.

Tanaman Hijau Hias

Tanaman Hijau Hias
pinterest

Menghadirkan tanaman hijau dalam dekorasi ruang tamu minimalis juga bisa jadi salah satu inspirasi. Tidak hanya indah dari segi visual, namun kehadiran tanaman didalam ruangan juga sangat baik untuk sirkulasi udara.

Dan yang pasti, tanaman hijau hias ini dapat menjadikan suasana ruang tamu minimalis lebih sejuk, segar, dan asri. Ada dua jenis tanaman hias yang bisa kamu letakkan di ruang tamu. Tanaman yang ditaruh dalam pot besar atau tanaman mini seperti sukulen.

Kesimpulan

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis
pinterest

Nah dari pembahasan di atas, sekarang kamu tahu kan apa saja furniture dan dekorasi yang cocok digunakan untuk ruang tamu minimalis.

Jika mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menata ruang tamu minimalis menjadi ruangan yang tak hanya rapi dan nyaman, tapi juga enak dipandang.

Bagas Kurnia Prastyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat. Selamat membaca !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
error: Konten ini dilindungi !!