Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

25+ Desain Tangga Rumah Minimalis Unik & Nggak Ngebosenin

7 min read

Tangga Rumah – Ketersediaan lahan pembangunan yang cukup terbatas, membuat orang-orang memilih untuk membangun rumah dua lantai. Rumah dua lantai minimalis tetap harus terlihat cantik dan menarik.

Untuk itu, kamu perlu menambahkan desain tangga rumah yang menarik yang tidak hanya aman untuk dilewati, tapi juga bagus dari segi apapun.

Tangga rumah merupakan penghubung antara lantai satu dan lantai dua dalam sebuah rumah. Selain berfungsi, tangga rumah juga mengandung nilai estetika yang tak boleh dilewatkan.

Sehingga kamu bisa memilih beragam inspirasi desain untuk tangga rumah, yang sesuai dengan tema rumah kamu misalnya minimalis modern atau minimalis kontemporer.

Nah, supaya kamu mudah menentukan desain tangga yang cocok untuk rumah hunianmu. Berikut ini inspirasi model tangga rumah minimalis modern yang bisa kamu contek inspirasinya!

Desain Tangga Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

1. Tangga Berbahan Pelat Jaring

Tangga Rumah Minimalis

Ingin punya desain tangga yang tampilannya modern? Nah, kamu bisa coba model tangga seperti ini dengan bahan pelat jaring yang simpel.

Model tangga seperti ini cukup sederhana, aman dan nyaman digunakan. Nuansa coklat tua bisa menjadi pilihan yang akan membuat tampilan tangga rumah kamu semakin menawan.

2. Tangga Kayu Melingkar

Tangga Rumah Kayu

Disesuaikan dengan tema rumahnya yang alami, yang bagian lantainya menggunakan bahan kayu maka tangga rumah yang satu ini juga menggunakan tangga berbahan kayu dengan model melingkar. Bagian railing tangganya menggunakan bahan kaca transparan yang menutupi seluruh bagian tangga.

3. Tangga Tanpa Pegangan

Tangga Rumah Unik

Membuat tangga minimalis yang ukurannya pendek dan tidak terlalu tinggi, juga menjadi pilihan desain tangga yang modern. Apalagi tangga ini tidak menggunakan pegangan di sisi kanannya.

Biasanya model tangga seperti ini akan diaplikasikan ke dalam model rumah yang ukurannya kecil, tujuannya untuk meminimalisir ruangan supaya tidak terlalu sempit.

4. Railing Mencakup Partisi

Tangga Rumah Aluminium

Tangga rumah yang satu ini tidak menggunakan railing di bagian sisinya. Namun tetap ditambahkan partisi yang modelnya seperti jeruji penjara, dengan menggunakan bahan dari besi holo yang sederhana.

Pilihan warna yang gelap pada railing akan memberi kesan cukup kontras dengan ruangan yang dominan berwarna cerah.

5. Tangga Batu Alam

Tangga batu alam

Pijakan tangga yang berbahan batu alam juga bisa menjadi pilihan. Modelnya sederhana saja dan sama dengan desain tangga rumah yang lainnya.

Untuk bagian railingnya memanjang hingga ke lantai dua dan menjadi pagar balkon di lantai dua tersebut. Desain tangga seperti ini cocok untuk rumah kamu yang bernuansa alam, dengan ukuran yang cukup luas.

6. Tangga Kayu Minimalis

Tangga kayu minimalis

Membuat model tangga yang terbagi menjadi dua bagian, sehingga ada belokan di bagian tengahnya juga sering dipilih oleh masyarakat perkotaan.

Seperti pada tangga berbahan kayu yang satu ini, yang menghubungkan tangga dari lantai satu ke lantai dua kemudian ke lantai tiga.

7. Desain Tangga Mewah

Desain tangga mewah

Desain tangga rumah yang satu terbilang mewah karena bagian railingnya menggunakan warna silver yang tampak elegan.

Selain itu, bahan railing tangganya menggunakan bahan laser metal yang sedang kekinian atau sedang menjadi tren di bidang properti. Model pijakannya pun dibuat seperti menggantung dengan bahan kayu.

8. Tangga Dengan Kombinasi Taman

Tangga Untuk Rumah Minimalis

Dalam memilih model dan desain tangga yang modern, tidak hanya menggunakan bahan-bahan yang kuat dan sedang tren saja tapi kamu juga bisa menambahkan desain lainnya untuk mempercantik tangga.

Misalnya dengan menambahkan taman mungil dengan bebatuan di bagian bawah tangga supaya bagian itu tidak terlihat kosong.

9. Desain Tangga Kontemporer

Tangga Rumah Mewah

Desain tangga yang satu ini menggunakan konsep kontemporer yang sangat elegan. Pilihan warna putihnya juga mendukung tampilan tangga ini agar terlihat semakin memukau.

Desain railing tanggnya dibuat tinggi menjulang hingga ke bagian atas, ukurannya juga kecil dan berjarak. Sehingga bagian pijakannya seolah menggantung.

10. Tangga Kayu Sederhana

Tangga Rumah Sederhana

Masih dengan model tangga yang berbahan kayu, yang cantik, natural dan sederhana. Ukuran pijakan tangganya tidak terlalu tebal sehingga jumlahnya cukup banyak.

Bukan hanya sederhana tapi desain tangga kayu ini juga sangat minimalis dan bisa dilanjutkan ke lantai dua sebagai pagar balkon yang menarik.

11. Tangga Geometris

Ukuran Tangga Rumah 2 Lantai

Desain dari tangga rumah yang satu ini sangat futuristik. Karena mengusung desain geometris, baik di bagian dindingnya maupun di bagian samping tangga.

Pilihan warnanya juga sangat elegan, yaitu warna hitam yang dipadukan dengan warna coklat kayu yang sangat natural. Pijakan tangganya pun menggunakan bahan kayu dengan warna yang serupa.

12. Railing Tangga Berbahan Kaca

Tangga Rumah Tingkat

Dewasa ini, banyak rumah yang menggunakan bahan kaca yang transparan untuk bagian railingnya.

Karena model dan desain rumah seperti ini lebih simpel sekaligus juga elegan dengan sensasi yang menarik saat menaiki tangga tersebut. Railing tangga dibuat menyambung hingga ke lantai dua.

13. Tangga Klasik

Tangga klasik

Bisa kamu lihat bahwa desain tangga yang satu ini terlihat vintage dan klasik. Pilihan warna hijau tua yang agak pucatnya, mengingatkan kita pada desain rumah di zaman dahulu.

Selain itu bentuk railingnya juga sangat menarik dan unik, karena dibuat dengan bentuk menggembung di bagian tengahnya.

14. Tangga Kayu dengan Lekukan

Tangga Rumah Dari Kayu

Lekukan atau belokan yang terdapat pada tangga, sering kita temui di hampir setiap rumah yang berlantai dua. Bahan kayunya bukan hanya pada pijakannya saja, tapi juga split level yang menghubungkan lantai yang menuju ke arah tangga. Pada samping tangga terdapat partisi ruangan berbahan kayu yang berfungsi ganda sebagai tempat untuk menyimpan hiasan.

15. Tangga Dengan Lemari Buku

Tangga Rumah Modern

Terkadang orang bingung dengan ruangan kosong di bawah tangga, harus diisi dengan dengan ruangan apa. Tangga kayu gantung yang satu ini terlihat sangat unik dan menarik, karena di bagian bawah tangga terdapat ruangan kecil untuk membaca buku. Pada bagian dindingnya pun terdapat rak buku berbahan kayu, yang menutupi seluruh bagian dinding tersebut.

16. Tangga Bernuansa Putih

Tangga Rumah Tingkat Sederhana

Pemilihan warna putih yang dominan pada tangga ini juga menjadi tampilan yang elegan dan modern. Model dan desain tangganya biasa saja, terdapat split level yang menuju ke arah tangga.

Uniknya lagi, bagian bawah tangga dibuat rak yang juga berwarna putih yang fungsinya untuk menyimpan barang-barang misalnya koleksi buku atau tas.

17. Tangga Berkonsep Skandinavian

Tangga Rumah Dari Besi

Konsep serta desain skandinavian jug menjadi salah satu desain modern yang banyak digunakan pada desain interior rumah. Skandinavian menggunakan warna putih yang dominan seperti pada tangga ini.

Pada bagian pijakan tangganya terdapat pot bunga untuk mempercantik ruangan. Tambahkan juga lampu tempel dengan nuansa warm light di sekitar pot tersebut.

18. Tangga Bernuansa Kayu

Tangga Rumah Mewah Minimalis

Bahan kayu memang selalu menjadi pilihan atau andalam bagi hampir setiap orang. Apalagi tema keseluruhan ruangan di rumah ini juga menggunakan bahan kayu, baik di bagian lantai ataupun dindingnya.

Termasuk pada bagian tangganya yang semuanya menggunakan bahan kayu yang alami, natural dan tingkat keawetan yang cukup lama.

19. Tangga Minimalis Sederhana

Tangga minimalis sederhana

Tampilan minimalis yang terlihat pada tangga ini, terlihat dari ukurannya yang pendek dan kecil yang hanya cukup dilewati oleh satu orang saja.

Bukan itu saja, keseluruhan ruangan di rumah tersebut juga memang menggunakan konsep minimalis sederhana dengan tidak banyak tambahan furnitur atau aksen hiasan. Sehingga cocok dengan desain tangga seperti itu.

20. Tangga Berwarna Natural

Tangga Rumah Tingkat Minimalis

Karena menggunakan bahan kayu dan konsep minimalis sederhana sekaligus modern, maka warna yang dominan pada tangga ini terbilang natural tapi sangat enak dipandang.

Dinding berwarna putih di samping tangga, dipasangi hiasan tradisional yang menarik supaya bagian dinding di sekitar tangga tidak terlalu polos.

21. Tangga Dinding Bata

Tangga Rumah Lantai 2

Rumah yang satu ini menggunakan dinding berbahan bata yang tetap terlihat modern. Meskipun keseluruhan desainnya terbilang alamiah, tetapi konsep keseluruhan dari rumah ini sangat modern.

Sama halnya dengan desain tangganya yang sederhana dan menggunakan bahan kayu yang warnanya senada dengan warna dinding bata tersebut.

22. Tangga Kayu Elegan

Tangga kayu elegan

Kesan elegan pada sebuah rumah bisa ditunjukkan pada bagian desain tangga rumahnya. Desain yang natural pada tangga berbahan kayu, tetap bisa terlihat elegan dengan desain seperti ini.

Kombinasi railing berbahan kaca membuat tampilan tangga ini menjadi sangat elegan, dan penggunaannya lebih efektif dan efisien.

23. Model Tangga Lurus

Model tangga rumah lurus

Model atau desain tangga minimalis sederhana ini adalah lurus, yaitu tanpa lekukan, belokan atau tambahan aksen lainnya. Bagian dindingnya pun dibuat polos dengan warna putih.

Desain tangga seperti ini cocok buat kamu yang berkarakter sederhana, yang lebih menyukai konsep ruang yang tidak terlalu banyak detail seperti desain tangga tersebut.

24. Desain Tangga Simpel

Desain tangga rumah simpel

Desain tangga ini memang sangat simpel dan cukup minimalis. Lagi-lagi bahan kayu menjadi andalan, untuk bagian pijakan tangga. Karena bahan kayu memang lebih kuat tapi juga fleksibel.

Kayu mengandung serat yang kaya, sehingga menjadi motif yang alami pada sebuah tangga rumah. Itu sebabnya bahan kayu selalu berhasil mempercantik ruangan di rumah kamu.

25. Desain Tangga Modern

Desain tangga modern

Kemodernan suatu tangga bisa dilihat dari bentuk, pilihan warna, desain atau bahan pembuatannya. Tangga dengan bahan railing kaca terbilang cukup anti mainstream karena tak banyak orang yang mengusung bahan tersebut. Walaupun kebanyakan rumah di masyarakat perkotaan sudah menggunakan model tangga modern yang seperti ini.

Tips Membuat Desain Tangga Rumah

Tangga rumah merupakan salah satu elemen yang penting di dalam suatu rumah. Jangan menyepelekan desain tangga pada rumah, karena desain yang menarik pada tangga akan menambah nilai tersendiri pada desain eksterior rumahmu.

Berikut ini trik yang bisa kamu lakukan, dalam membuat tangga. Baik dalam rumah yang sempit atau untuk menambah kesan cantik pada suatu rumah :

1. Pahami Syarat Pada Desain Tangga

Pahami syarat pada desain tangga

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami dahulu bagaimana desain tangga pada sebuah rumah, terutama untuk rumah yang ukurannya kecil. Saat kamu memilih desain pada tangga rumah yang sempit, pastikan bahwa kamu sudah membuat tampilan visualnya lengang dan tidak terlihat sempit atau kecil.

Dalam suatu rumah yang ukurannya kecil, efektifitas ruangan menjadi hal yang utama. Untuk itu, pilih ruangan yang mudah dijangkau untuk tangga contohnya di ruang tengah atau ruang keluarga. Tambahkan alasan praktis dalam penempatan tangga tersebut.

2. Menetapkan Ide dan Desainnya

Menetapkan ide dan desainnya

Setelah itu, kamu bisa mulai menetapkan ide dalam membuat desainnya. Ingin desain yang bagaimana, bukan hanya mengandung nilai estetika yang baik tapi juga bagaimana keefektifan tangga tersebut di dalam rumah. Misalnya, kamu bisa memilih tangga yang merangkap sebagai rak buku.

Hal itu bisa menghemat tempat, sehingga kamu tak perlu menambahkan lemari atau rak buku di suatu ruangan di dalam rumah. Karena dengan adanya lemari atau rak tersebut, rumah akan tetap terlihat sempit dan juga sumpek. Lemari ini bisa juga dipakai untuk menyimpan barang-barang apa saja selain buku, yang penting bisa dimanfaatkan.

3. Tentukan Dimensi Anak Tangganya

Tentukan dimensi anak tangganya

Pada saat kamu membuat tangga, hal yang juga harus kamu perhatikan adalah sudut kemiringan tangga tersebut. Pada saat kamu menentukan sudut kemiringan tangga, maka Kamu juga dapat menentukan dimensi anak tangga tersebut. Misalnya bisa dilalui oleh berapa orang, lalu tingkat keamanannya bagi anak-anak bagaimana.

Hal-hal seperti ini mungkin terlihat sepele, tetapi harus tetap kamu pertimbangkan supaya keamanan dan kenyamanan tangga tersebut saat dilalui tetap menjadi yang utama. Bukan hanya itu, dimensi anak tangga yang tidak tepat bisa membuat rumah terlihat kebih sempit karena tidak sesuai.

4. Buat Desain Tangga yang Aman

Buat desain tangga yang aman

Jangan sembarangan memilih desain, misalnya yang tidak tentu keefektifannya karena kamu hanya melihat dari segi bagusnya saja atau sesuai dengan selera kamu saja. Karena, di luar itu semua kamu juga harus memerhatikan bagaimana tingkat keamanannya. Selain itu, akibat jatuh dari tangga bisa mengakibatkan hal yang fatal.

Bentuk dan ukuran semua anak tangganya dibuat sama, supaya lebih efektif. Permukaan pada bagian anak tangga serta lantainya usahakan menggunakan bahan yang anti slip. Pasang pegangan tangga yang juga dibuat dari bahan yang aman. Kemudian tentukan jarak antar anak tangga agar pas ketika dinaiki, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

5. Tingkatkan Keamanan Pada Tangga yang Desainnya Pendek

Tingkatkan keamanan pada tangga yang desainnya pendek

Ada orang yang senang dengan desain tangga yang agak tinggi tapi ada juga orang yang lebih senang dengan desain yang lebih pendek. Hal itu tidak menjadi masalah, selama kamu membuat desain tangga yang tidak membahayakan. Terutama untuk anak-anak atau untuk para lansia yang biasanya kesulitan saat menaiki tangga.

Kamu harus mempersiapkan ukurannya dengan sangat tepat. Membuat kemiringan yang pas di bagian pegangan tangga, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Karena biasanya saat seseorang menaiki/menuruni tangga akan berpegangan pada railingnya. Pilih warna kontras pada ujung anak tangga, supaya pengguna bisa melihat mana tangga terakhirnya.

6. Memilih Variasi Tangga yang Cukup Lebar

Memilih variasi tangga yang cukup lebar

Memilih variasi yang unik dan menarik pada desain tangga rumah, memang tidak mudah. Karena ada banyak hal yang juga menjadi pertimbangan dalam pembuatan tangga tersebut. Dalam membuat variasi pada tangga, bisa dengan pola yang menarik di bagian pijakannya.

Tentu setelah disesuaikan dengan ukuran ruangan di rumah ya. Misalnya kamu bisa membuat pola tangga vertikal, dengan beberapa ornamen khusus agar tangga rumahmu terlihat lebih variatif dan menarik.

7. Temukan Desain Yang Menarik Pada Railing

Temukan desain yang menarik pada railing

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam pembuatan bentuk railing. Nah, inilah saatnya buat kamu berkreasi dengan desain tangga rumah yang modern dan unik sekaligus. Kamu bisa mencoba railing yang berbentuk vertikal atau bentuk silang agar lebih fantastis. Temukan model kreatif lainnya lalu terapkan untuk desain tangga rumah pribadimu.

Desain yang cantik dan menarik untuk tangga rumah, tetap harus disesuaikan lagi ya ukurannya. Baik ukuran tangga ataupun ukuran ruangan rumahmu. Selamat mencoba.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Plafon Kayu

Bagas Kurnia Prasetyo
3 min read

Plafon GRC

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Jenis Plafon

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *