Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Sekat Ruang Tamu

5 min read

Sekat Ruang Tamu

Sekat Ruang Tamu – Kebanyakan desain rumah tidak memberi sekat tembok di antara ruang tamu dan ruang lain, maka penggunaan sekat ruang tamu yang fleksibel kadang diperlukan.

Alih-alih merenovasi rumah, terdapat alternatif pilihan lainnya yaitu menggunakan sekat dari berbagai bahan yang unik bisa dijadikan pertimbangan untuk mempercantik rumah.

Pemilihan pembatas ruangan yang cocok bergantung pada desain rumah dan furnitur apa saja yang ada di dalam rumah.

Pemilihan dekorasi dinding serta lantai juga turut memberikan kesan menawan jika diselaraskan dengan pembatas ruangan di rumah.

Tentu saja pembatas atau sekat dalam ruangan juga punya nilai artistik tersendiri. Dengan begitu, nilai desain interior nya juga tidak asal-asalan, karena mempunyai nilai estetika tertentu.

Berikut ini adalah model sekat ruang tamu yang bisa kamu jadikan referensi.

Penggunaan pembatas ruangan menjadi pilihan paling tepat ketika rumah kamu didesain dengan ruangan yang luas melompong.

Tidak menggunakan tembok untuk memisahkan antara ruangan satu dengan lain merupakan keputusan tepat untuk meminimalisir jangka waktu pembangunan rumah.

Di bawah ini ada 15 inspirasi sekat ruangan yang memisahkan area ruang tamu dengan area ruangan rumah lainnya. Penasaran ?

Yuk intip inspirasinya dibawah ini!

1. Sekat Ruang Tamu dengan Desain Unik

Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

Sekat ruangan di bawah ini memiliki nilai estetik yang unik.

Berlokasi langsung setelah pintu utama, orang yang memasuki rumah akan langsung merasakan nilai unik pembatas ruangan. Bentuknya tidak tertutup, hanya menjadi pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lain.

Hal yang turut menjadi perbedaan adalah penggunaan lantai. Pada satu sisi, lantai cenderung polos sementara pada sisi lainnya lantai memiliki motif.

Sedikit pada bagian atap juga kamu bisa melihat perbedaan. Adanya aksen tanaman dalam rumah menambah kesan unik dari penggunaan pembatas ini.

2. Sekat Ruang Tamu Kayu dan Lukisan

Sekat Ruang Tamu Minimalis

Jika kamu memiliki ruang yang cukup luas, bisa menggunakan pembatas ruangan ini untuk memisahkan ruang tamu dan ruangan lainnya.

Tidak hanya memiliki fungsi utama untuk memisahkan dua ruangan, namun ada penambahan aksen lukisan pada pembatas yang memberikan hiasan unik.

Penggunaan pembatas ruangan ini akan lebih cocok jika dipadukan dengan lantai yang juga senada. Penyatuan warna juga menjadi kunci rumah terlihat selaras dan nampak sejuk.

Untuk kamu yang tidak begitu suka banyak aksen, bisa menggunakan contoh pembatas ruang ini untuk diaplikasikan.

Penggunaan pembatas ruangan dari kayu tebal ini tidak hanya bisa kamu letakkan di satu area.

Kamu bisa juga meletakkannya di area lain untuk menjadi jeda antara ruang gerak satu dan ruang gerak lain. Ketika ada tamu, pembatas ini memberikan sekat yang memadai.

3. Sekat Ruang Tamu Menggunakan Lemari

Lemari Sekat Ruang Tamu

Konsep minimalis adalah kata yang cocok untuk menggambarkan pembatas ruangan yang satu ini.

Warna putih juga menunjukkan eksan elegan kepada pemilik rumah. Pembatas ini cocok digunakan di apartemen karena menjadi pembeda antara ruang tidur dengan ruang tamu.

Perpaduan warna putih di setiap peralatan menambah kesan berkelas kepada pemilik rumah.

Risiko menerapkan warna serba putih di rumnah adalah kamu harus sering membersihkan area rumah. Jika telaten, tentu risiko ini bukan hal besar untuk menjadikan ruangan terkesan elegan dan berkelas.

4. Sekat Ruang Tamu Rolling Door

Lemari Sekat Ruang Tamu Minimalis

Rolling door yang digunakan untuk sekat ruangan ini bukan seperti rolling door pada toko-toko. Jika ditutup, kesan pembatas ruangan tidak akan nampak jelas.

Orang sekilas akan melihat pembatas tersebut sebagai tembok, padahal merupakan pembatas antara ruangan satu dan ruangan lainnya.

Nuansa putih bersih yang dipadukan dengan efek glossy memberikan nuansa mewah kepada seisi rumah. Penambahan aksen kayu pada lantai rumah juga turut menjadi nilai nyaman berada di rumah.

Perpaduan dengan berbagai furniture yang sepadan tidak kalah memberikan efek cantik.

Udah baca belum partisi ruangan yang bisa menambah efesiensi fungsi ruangan ? Cek yuk !

5. Pembatas Bermotif dan Fleksibel

Sekat Ruang Tamu Dari Kayu

Pembatas ruangan ini kaya akan motif yang bisa sekilas serupa dengan mozaik.

Salah satu sisi memberikan ruang fleksibel untuk peletakan televisi yang bisa diputar ke depan dan ke belakang. Jika ingin menonton televisi dari kasur, tinggal memutar posisi pembatas.

Jika ingin menonton televisi aeri sofa yang masih berada di dalam kamar, pembatas tinggal diputar ke arah lain.

Aksen menawan turut disuguhkan melalui dinding dan lantai yang seragam. Karpet yang senada menjadi penguat konsep ruangan mewah penuh aksen di rumahmu.

Pembatas ruangan ini lebih memberikan nilai hiasan, dibandingkan dengan fungsi utama untuk memisahkan ruangan.

Tidak heran jika area yang dicontohkan masih di kamar. Hanya membedakan antara kawasan kasur dengan kawasan sofa.

6. Sekat dari Kaca

Inspirasi Sekat Ruang Tamu

Pembatas dari kaca ini menutupi seluruh ruang, dari satu dinding ke dinding lainnya. Transparan dan tidak menutupi antar satu ruang dengan ruangan lain.

Kesan modern akan nampak jelas ketika kamu memasang pembatas dari kaca. Penggunaan kaca pada jendela luar turut menambah kesan elegan.

Pada gambar, kamu bisa melihat ruangan yang disekat adlahruang makan dengan ruangan lain.

Rumah yang luas sangat cocok dengan penempatan pembatas ruang ini. Pemberian lukisan besar juga menjadi aksen pelengkap untuk mempercantik ruangan di rumah.

7. Sekat Ruang Tamu Bernuansa Coklat Tua

Contoh Sekat Ruang Tamu Minimalis

Nuansa coklat tua dengan aksen persegi panjang di setiap sisi menjadi hiasan yang melengkapi kesan klasik elegan di rumah kamu. Pembatas ini tidak terletak dari satu dinding ke dinding lain, namun tetap jelas menjadi jeda antar ruangan.

Penggunaan lantai yang tidak terbagi-bagi akan sangat cocok dengan penggunaan pembatas ruang ini.

Atap yang rendah dan beraksen kayu dan berwarna coklat tua juga mendukung konsep rumah menawan. Tidak perlu satu warna untuk menghias ruangan dengan konsep ini.

8. Rolling Door Serba Putih

Sekat Ruang Tamu Modern

Pembatas ruangan yang satu ini bisa dialihfungsikan sebagai tembok. Orang-orang yang hanya sekilas melihat tidak akan sadar bahwa ada ruangan di balik rolling door.

Pembatas ruangan menyatu dengan dinding satu ke dinding lain. Bentuknya bersekat-sekat, seperti semua berupa pintu, padahal hanya beberapa yang bisa terbuka dan menjadi jalan keluar masuk.

Sekat ruangan ini menjulang tinggi hingga ke atap sehingga sangat cocok apabila ditempatkan di ruangan rumah yang luas.

Kamu bisa memadukan pembatas dengan lantai berwarna krem. Penambahan jendela dengan gorden senada lantai juga turut menambah kesan elegan.

9. Pembatas Ruang Simple dari Kayu

Model Lemari Sekat Ruang Tamu

Jika melihat gambar, pembatas ruangan ini seperti unfurnished atau konsep tidak selesai dipoles. Jarak antar aksen yang besar tidak menutupi ruangan satu dengan ruangan lain.

Namun, bentuk yang menjulang hingga ke atas dan cukup melebar ke samping menjadi gambaran jelas adanya ruangan yang disekat.

Setengah batas menggunakan sekat dan setengah lainnya dibiarkan terbuka untuk akses berjalan kaki.

Ruangan rumah yang cukup luas sangat cocok dengan konsep ini karena kamu bisa leluasa bergerak tanpa mengganggu orang di ruangan lain.

10. Pembatas dari Pintu Kaca

Gambar Sekat Ruang Tamu Minimalis

Pembatas ini menyatukan kaca jendela dengan kaca pintu. Untuk akses keluar masuk, kamu harus membuka pintu dan menutup pintu. Contoh yang ditampilkan adalah sekat di antara dua ruangan dengan dua tempat tidur berbeda.

Konsep yang ditawarkan terbilang klasik karena kamu dapat menemukan gaya jendela seperti itu pada rumah-rumah zaman dulu.

Kesan klasik juga bisa kamu temukan dari peletakan lantai yang senada dengan rumah zaman dulu.

11. Pembatas Kaca Lebar

Contoh Sekat Ruang Tamu

Pembatas ruangan ini terbentuk dari material kaca dengan perpaduan kayu dan membentuk jendela klasik seperti di rumah-rumah zaman dulu. Kayu-kayu tersebut menyentuh atap dan dilengkapi dengan gorden besar.

Gorden tersebut memanjang menutupi area pembatas yang berupa pintu. Berpadu dengan lantai klasik polos, kesan anti ribet dapat dengan mudah kamu lihat dari tampilan rumah ini.

Atap yang tinggi, dinding polos, dan sentuhan lukisan besar menambah kesan berkelas.

12. Pembatas Bernuansa Alam di Rumah

Gambar Sekat Ruang Tamu

Pembatas ruangan kali ini memadukan unsur alam berupa tanaman di dalam rumah.

Kamu bisa memilih tanaman asli atau tanaman plastik untuk memberikan kesan sejuk di ruangan. Jika menggunakan tanaman asli maka pasokan air harus terjaga.

Hal menarik dari pembatas ini ialah kamu bisa menyimpan kacamata pada pembatas tersebut. Jika kamu seorang pengguna kacamata, tentu hal ini sangat membantu.

Kesan mewah jelas ditampilkan melalui aksen pembatas yang unik.

13. Sekat Ruang Tamu Motif Bunga

Partisi Sekat Ruang Tamu

Konsep serba putih dengan sentuhan motif bunga pada pembatas menjadi hiasan rumah yang mewah, di samping fungsi utama untuk membatasi ruangan. Konsep seperti ini biasanya paling banyak digemari oleh para wanita yang memiliki sifat feminin.

Penambahan lampu berdiri yang klasik, lantai yang bernuansa kayu, serta perabotan yang berwarna putih turut menambah kemewahan di rumah.

Penambahan lampu gantung yang senada serta hiasan lemari yang eksotis menjadi daya tarik bagi setiap orang di dalam rumah.Untuk menggunakan pembatas ini, kamu harus mengeluarkan harga yang sepadan.

14. Sekat Ruang Tamu Bergaris

Sekat Ruang Tamu Mewah

Untuk kamu yang menyukai konsep sederhana, namun tetap elegan, pembatas model satu ini bisa menjadi pilihan. Pembatas ruangan ini hanya menempati sepertiga ruangan dan membiarkan ruangan lebih luas sebagai akses keluar masuk orang.

Ukuran pembatas cukup tinggi karena bisa menyentuh atap. Jika kamu memiliki atap yang serupa, penggunaan pembatas ini bisa menjadi alternatif.

Kamu bisa menerapkannya pada area antara ruang tamu dan ruang keluarga atau antara ruang keluarga dengan dapur.

15. Sekat Sekaligus Rak Buku

Rak Sekat Ruang Tamu

Untuk kamu yang hobi membaca, keterbatasan tempat menyimpan buku di rumah pasti menjadi permasalahan yang serius. Pasalnya, buku jadi berantakan dan beberapa pasti tidak terawat sehingga mudah rusak dimakan rayap.

Dengan memanfaatkan tempat buku sebagai pembatas ruangan, banyak hal positif bisa kamu dapatkan. Ruangan kamu akan tersekat dengan baik dan buku-buku kamu akan tertata dengan rapi.

Bukan hanya bisa menyimpan buku, tempat buku juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan hiasan atau pajangan.

Berbagai desain sekat ruang tamu di atas memiliki nilai estetik, di samping memiliki fungsi utama untuk memisahkan ruangan satu dengan lainnya.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki fungsi ganda, sebagai sekat dan sebagai tempat penyimpanan barang untuk memaksimalkan perabotan di rumah. Sebagai saran, pilihlah sekat ruang tamu yang tidak hanya mengutamakan segi estetika saja, namun juga fungsionalnya.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Plafon Kayu

Bagas Kurnia Prasetyo
3 min read

Plafon GRC

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Jenis Plafon

Bagas Kurnia Prasetyo
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *