Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

10 Desain Rumah Tropis Modern yang Unik & Menakjubkan!

9 min read

Rumah Tropis Modern

Rumah Tropis – Kalau kamu masih bingung memilih desain rumah impian, kamu bisa menerapkan desain rumah tropis yang modern yang pastinya nggak kalah artistik dengan desain rumah minimalis.

Indonesia adalah salah satu negara beriklim tropis, maka kamu sebagai penduduk Indonesia memilih desain rumah tropis tentu membutuhkan treatment khusus.

Hal ini untuk memastikan kalau rumah tropis yang akan kamu bangun nantinya nggak cuman bisa beradaptasi dengan cuaca dan iklim tapi tetap nyaman saat dihuni bersama keluarga tercinta.

Nah, sebagai contoh berikut inspirasi desain rumah tropis modern dari berbagai penjuru dunia yang juga pas kalau di terapkan di Indonesia. Simak yuk!

1. The Sun House di Singapura – Guz Architect

The Sun House Singapore

Rumah tropis modern pertama yang bisa kamu contek adalah The Sun House di Singapura – Guz Architect. Jika dilihat dari desainnya, ada berbagai macam tumbuhan yang ditanam di beberapa sudut ruang. Mulai dari di sisi samping kolam renang, di atap, hingga di sekitar rumah. Dengan adanya berbagai macam tumbuhan tersebut, akan memberikan kesejukan tersendiri bagi kamu.

Penambah kesejukan lainnya adalah adanya kolam renang dengan ukuran cukup luas. Adanya kolam renang ini bertujuan supaya kamu sebagai pemilik rumah bisa merasakan kesejukan dari air yang menggenang tersebut. Tidak hanya itu kamu juga bisa berenang ketika cuaca terasa sangat panas dan gerah, tanpa takut tersengat sinar matahari karena terhalang oleh pepohonan.

Bisa kamu perhatikan di samping kolam renang, terdapat ruang bersantai yang sangat sejuk. Kamu bisa duduk di ruangan bersantai tersebut, sambil menikmati pemandangan yang tersaji di sekitar rumah. Pastinya kamu akan betah bila berada di ruangan tersebut. Khususnya ketika siang hari yang pastinya udara terasa panas dan gerah, bila berada di daerah tropis.

Desain The Sun House di Singapura – Guz Architect memiliki manfaat bagi kamu sang pemilik rumah. Manfaat tersebut berupa kamu bisa menghemat pemakaian lampu ketika pagi hingga sore hari. Hal ini karena hampir di sudut tertentu, rumah ini menggunakan kaca yang mampu ditembus sinar matahari. Dengan begitu, kamu akan irit dalam menggunakan listrik.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain The Sun House di Singapura – Guz Architect, maka kamu harus berhati – hati ketika berenang. Hal ini karena pinggiran kolam renang tersebut, terbuat dari kaca. Bila kamu tidak berhati – hati, maka kemungkinan besar kamu akan tergores kaca tersebut dan akan melukai tangan kamu.

2. Villa Kontemporer di Bali – Word of Mouth Architecture

Rumah Tropis Bali

Rumah tropis modern kedua yang bisa dijadikan sebagai insprasi berikutnya adalah Villa Kontemporer di Bali – Word of Mouth Architecture. Bila dilihat dari desainnya, ada banyak sirkulasi udara yang akan terjadi. Hal ini karena antara bangunan rumah dengan taman, tidak ada sekat yang menghalangi proses sirkulasi udara. Dengan begitu, udara di dalam rumah akan terasa sejuk dan nyaman untuk kamu.

Pada desain Villa Kontemporer di Bali – Word of Mouth Architecture, terlihat bangunan rumah berbentuk persegi panjang. Itu artinya bila kamu berada di ruangan yang tempatnya berada di dalam, maka kamu akan tetap merasakan sejuknya udara yang masuk. Ditambah lagi dengan keadaan atap yang terbuka lebar, akan mempermudah udara masuk tanpa adanya hambatan.

Desain Villa Kontemporer di Bali – Word of Mouth Architecture memiliki banyak manfaat tersendiri bagi kamu sang pemilik rumah. Salah satu manfaatnya adalah hemat listrik. Dengan menggunakan desain ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan terlalu banyak lampu. Hal ini karena sinar matahari, akan mudah masuk ke dalam rumah tanpa ada sekat yang menghalanginya.

Kemudian di samping taman terdapat kolam renang yang akan menambah kesejukan di dalam rumah kamu. Bila kamu merasa udara sangat panas, maka kamu mendinginkan badan dengan cara berenang di samping rumah. Pastinya kamu akan merasa sejuk kembali, setelah berenang beberapa menit saja.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain Villa Kontemporer di Bali – Word of Mouth Architecture, maka harus berhati – hati. Khususnya ketika kamu memiliki anak – anak yang masih kecil. Usahakan jangan sampai kamu lepas pengawasan kepada anak kamu. Dikhawatirkan anak kamu bermain dan jatuh ke dalam kolam renang, yang akan membahayakan nyawa sendiri.

Selain itu bila kamu menggunakan desain Villa Kontemporer di Bali, kamu bisa menambah beberapa meter di bagian atap rumah. Hal ini bertujuan agar menambah kesejukan di dalam rumah. Bila kamu perhatikan desainnya, pasti ketika siang hari akan terasa panas di sekitar kursi gantung. Itu karena sinar matahari langsung masuk, tanpa ada atap yang menghalangi.

3. Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects

Gambar Rumah Tropis

Rumah tropis modern ketiga yang bisa digunakan adalah Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects. Bila dilihat dari desainnya, ada berbagai macam tanaman yang tumbuh di sekitar rumah. Dengan begitu kamu akan sering mendengar suara kicauan burung, ketika pagi hari. Pastinya kamu akan merasa sedang dan juga nyaman, bila berada di dalam rumah.

Keunikan selanjutnya dari desain Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects adalah minim penggunaan lampu. Bisa kamu lihat bahwa hampir di seluruh rumah memiliki ruang terbuka. Dengan begitu akan mempermudah cahaya untuk masuk ke dalam rumah. Namun kamu harus memasang setiap jendela dengan tirai, agar ketika siang hari kamu tidak kepanasan.

Bila kamu lihat dalam desain Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects, hampir setiap ruang tidak memiliki sekat. Dengan begitu, akan mempermudah proses sirkulasi udara di dalam rumah. Sehingga ketika siang hari udara di dalam rumah akan tetap terasa sejuk, meskipun cuaca di luar sangat panas. Pastinya kamu akan betah di dalam rumah.

Penambah kesejukan lainnya adalah adanya kolam renang dengan ukuran kecil. Kolam renang tersebut berada di depan rumah yang memiliki 2 lantai di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa berenang sambil menikmati pemandangan hutan yang ada di sekitar rumah kamu. Pastinya akan membuat mata dan pikiran kamu menjadi segar.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects, maka harus berhati – hati. Khususnya ketika terjadi hujan badai. Hal ini karena desain rumah seperti ini, rawan terkena banjir dan juga bencana longsor. Oleh sebab itu bila kamu ingin menggunakan desain rumah seperti ini, wajib memiliki perlindungan khusus untuk rumah kamu.

Perlindungan khusus yang bisa kamu lakukan adalah dengan gunakan tirai bambu di samping kanan, kiri, depan, dan belakang rumah. Dengan penggunaan tirai bambu ini, bisa menangkal panas matahari dan juga air hujan agar tidak masuk ke dalam rumah. Sehingga kamu dan juga keluarga bisa aman dari bahaya.

4. Villa Mia di Koh Samui, Thailand

Rumah Gaya Tropis

Rumah tropis modern keempat yang bisa digunakan adalah Villa Mia di Koh Samui, Thailand. Desain ini bisa kamu terapkan, ketika ingin membangun rumah di pinggiran pantai. Dengan begitu, kondisi rumah kamu menjadi sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Tidak hanya itu dengan menggunakan desain ini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai secara langsung.

Bila dilihat dari desain Villa Mia di Koh Samui, Thailand, terdapat beberapa tanaman yang tumbuh di sekitar rumah. Salah satunya adalah tanaman kelapa yang tumbuh di samping rumah. Dengan adanya beberapa tanaman tersebut, akan menciptakan suasana rindang dan sejuk di dalam rumah kamu. Pastinya bisa membuat kamu dan keluarga merasa betah di dalam rumah.

Bila kamu amati desain Villa Mia di Koh Samui, Thailand, terlihat di setiap ruang tidak ada sekat yang memisahkan dengan ruang lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mempermudah proses sirkulasi udara yang terjadi di dalam rumah. Dengan begitu angin yang berasal dari laut, akan mudah masuk ke dalam rumah. Sehingga kondisi rumah akan sejuk meski cuaca sedang panas.

Desain Villa Mia di Koh Samui, Thailand memiliki manfaat tersendiri bagi kamu sang pemilik rumah. Manfaat tersebut berupa hemat listrik. Dengan menggunakan desain ini, kamu tidak perlu menggunakan banyak lampu. Hal ini karena cahaya matahari akan mudah masuk ke dalam rumah kamu. Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan Air Conditioner ataupun kipas angin.

Penambah kesejukan lainnya adalah adanya kolam renang di samping rumah. Uniknya di dalam kolam renang tersebut, terdapat gazebo minimalis yang dilengkapi dengan sofa untuk bersantai. Sehingga ukuran kolam renang tersebut, mengikuti bentuk gazebo yang ada di tengahnya. Alhasil kolam renang yang harus kamu bangun, tidak terlalu luas.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects, maka harus berhati – hati. Khususnya ketika gelombang air laut mulai naik ke daratan. Oleh sebab itu sebelum kamu mulai membangun rumah, pikirkan terlebih dahulu dampak buruk yang akan terjadi. Dengan begitu, keadaan rumah kamu akan aman terlindungi.

5. The Tangga House di Singapura – Guz Architects Distort House

Rumah Tropis Modern

Rumah tropis modern kelima yang bisa digunakan adalah The Tangga House di Singapura – Guz Architects Distort House. Bila kamu perhatikan desain ini, ada berbagai macam tanaman yang tumbuh di sekitar rumah. Mulai di atap, di samping kolam renang, hingga di halaman rumah. Hal ini sangat bermanfaat untuk menciptakan rasa sejuk bagi penghuni rumah.

Penambah kesejukan lainnya adalah adanya kolam renang di belakang rumah. Adanya kolam renang ini bertujuan agar kamu sebagai pemilik rumah bisa merasakan kesejukan dari air yang menggenang tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berenang ketika cuaca terasa sangat panas. Dengan begitu kamu akan betah di rumah, meskipun cuaca sedang panas.

Pada sisi samping kolam, terdapat ruang untuk bersantai yang bisa kamu singgahi sambil menikmati pemandangan di sekitar rumah. Ruang untuk bersantai ini, sangat cocok disinggahi ketika pagi, sore, dan malam hari. Hal ini karena sinar matahari tidak akan sampai masuk ke ruangan ini. Bila kamu duduk di ruangan ini saat siang hari, pastinya kamu akan merasa gerah.

Keunikan dari desain rumah The Tangga House di Singapura – Guz Architects Distort House adalah minimnya sekat dari ruang ke ruang. Dengan begitu, akan mempermudah proses sirkulasi udara di dalam rumah. Sehingga keadaan rumah tidak akan terasa gerah, ketika siang hari yang sangat identik dengan cuaca panas.

Bila kamu amati desain The Tangga House di Singapura – Guz Architects Distort House, maka akan terlihat beberapa ruangan dari kejauhan. Hal ini karena setiap ruangan di rumah tersebut, minim adanya pembatas. Sehingga cahaya matahari akan mudah masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, kamu bisa irit dalam menggunakan listrik di rumah.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain The Tangga House di Singapura – Guz Architects Distort House, maka kamu harus berhati – hati ketika berenang. Hal ini karena pinggiran kolam renang tersebut, terbuat dari kaca. Bila kamu tidak berhati – hati, maka kemungkinan besar kamu akan tergores kaca tersebut dan akan melukai tangan kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga harus berhati – hati ketika memiliki anak – anak yang masih di bawah umur. Usahakan jangan sampai kamu lepas pengawasan kepada anak kamu. Dikhawatirkan anak kamu bermain dan jatuh ke dalam kolam renang, yang akan membahayakan nyawa sendiri.

6. Minimalistic Open Walls 1 Lantai

Rumah Tropis 1 Lantai

Rumah tropis modern keenam yang bisa digunakan adalah Minimalistic Open Walls. Desain ini bisa kamu terapkan, bila ingin memiliki rumah yang sejuk dan sederhana. Bisa kamu perhatikan dalam desain ini, terlihat sebuah ruang bersantai yang berdekatan dengan halaman rumah. Dengan begitu, kamu bisa menikmati pemandangan dari balik jendela.

Keunikan dari desain Minimalistic Open Walls adalah minimnya penggunaan listrik. Ketika pagi hingga sore hari, rumah kamu akan mendapatkan banyak pencahayaan dari luar. Selain itu dengan menggunakan desain ini, kamu tidak perlu lagi memasang Air Conditioner. Hal ini karena angin bisa bebas masuk, melalui jendela samping ruang bersantai ketika dibuka secara lebar.

Ketika malam hari, kamu bisa menggelar bakar – bakaran di halaman samping rumah bersama keluarga besar. Pastinya kegiatan ini menjadi meriah. Namun perlu kamu ingat bahwa sebelum Mulai bakar – bakar, kamu harus mencari posisi yang tepat. Hal ini bertujuan agar asapnya tidak masuk ke dalam rumah. Bila hal ini terjadi, maka udara di dalam rumah akan menjadi pengap.

7. MC1 House di Costa Rica – Robles Arquitectos

Rumah Iklim Tropis

Rumah tropis modern ketujuh yang bisa digunakan adalah MC1 House di Costa Rica – Robles Arquitectos. Desain ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan konsep rumah sederhana, namun memiliki suana sejuk dan rindang. Bisa kamu perhatikan bangunan rumah yang sangat sederhana, dengan penggunaan interior hitam dan putih.

Keunikan dari desain MC1 House di Costa Rica – Robles Arquitectos adalah minimnya penggunaan listrik. Bisa kamu lihat bahwa di sekeliling bangunan rumah, dipenuhi dengan kaca yang tembus pandang. Sehingga cahaya matahari, akan sangat mudah masuk ke dalam rumah kamu. Alhasil kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang, untuk membayar listrik.

Keunikan selanjutnya adalah tidak perlu menggunakan Air Conditioner ataupun kipas angin di dalam rumah. Hal ini karena angin akan sangat mudah masuk ke rumah kamu, melewati celah – celah ruang dan juga jendela yang terbuka lebar. Dengan begitu suasana di dalam rumah kamu menjadi sejuk dan segar, meskipun cuaca di luar sedang terik.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain MC1 House di Costa Rica – Robles Arquitectos, maka kamu harus berhati – hati dengan hewan berbahaya yang bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini karena di sekitar rumah kamu, penuh dengan berbagai jenis tanaman yang bisa dihinggapi hewan – hewan berbahaya. Mulai dari ular, kadal, nyamuk, kaki seribu, hingga kalajengking.

8. Chameleon House in Singapore

Rumah Urban Tropis

Rumah tropis modern kedelapan yang bisa digunakan adalah Chameleon House in Singapore. Desain ini bisa kamu gunakan, bila ingin membangun rumah dengan konsep modern, rindang, namun sederhana. Bisa kamu lihat bahwa di sekeliling bangunan rumah, dipenuhi dengan berbagai macam tanaman yang tumbuh di sekitar rumah, di pinggiran balkon, dan juga di atap.

Desain rumah Chameleon House in Singapore memiliki manfaat bagi kamu sang pemilik rumah. Manfaat tersebut berupa minimnya penggunaan lampu. Bisa kamu lihat dalam desain ini bahwa di sekeliling rumah, menggunakan jendela yang berukuran besar dan mudah dibuka secara lebar. Dengan begitu akan mempermudah cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Selain itu, desain rumah Chameleon House in Singapore juga bisa membuat kamu sang pemilik rumah tidak perlu menggunakan Air Conditioner ataupun kipas angin. Hal ini karena udara dan juga angin, akan mudah keluar masuk ke dalam rumah. Dengan begitu kamu tidak akan merasa gerah, meskipun cuaca sedang panas. Bahkan kamu juga akan hemat dalam membayar listrik.

Bila kamu tertarik dan ingin menggunakan desain Chameleon House in Singapore, kamu harus berhati – hati dengan hewan berbahaya yang dengan mudah masuk ke dalam rumah. Hal ini karena desain rumah ini, memiliki akses yang sangat mudah untuk dimasuki hewan tersebut. Mulai dari ular, kadal, kalajengking, burung, hingga kelelawar.

Selain berhati – hati dengan berbagai hewan berbahaya, kamu juga harus waspada ketika bermain di dekat balkon. Hal ini karena balkon yang ada dalam desain ini, terbuat dari kaca bening. Bila tangan kamu tergores kaca tersebut, pastinya akan melukainya. Tidak hanya itu bila kamu bersandar di balkon dan pecah, kamu bisa jatuh menuju ke semak – semak.

Baca juga: Rumah Panggung

9. Villa Tropis Modern di Paraty, Brazil

Desain Rumah Tropis

Rumah tropis modern kesembilan yang bisa digunakan adalah Villa Tropis Modern di Paraty, Brazil. Bila kamu lihat dalam desain ini, ada beberapa tanaman dan juga pohon yang tumbuh di beberapa sudut rumah. Mulai dari di halaman, di dekat kolam renang, dan juga di depan rumah. Dengan adanya beberapa tanaman ini, diharapkan menambah kesejukan di dalam rumah.

Penambah kesejukan lain adalah adanya kolam renang mewah di belakang rumah. Kolam renang ini tergolong cukup lebar. Kemudian di samping kolam renang terdapat beberapa kursi dan juga payung, yang bisa kamu gunakan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Dengan begitu, kamu tidak perlu jauh – jauh pergi ke pantai untuk berenang dan juga berjemur.

Desain Villa Tropis Modern di Paraty, Brazil memiliki ruang untuk bersantai yang berada di samping kolam renang. Ruangan tersebut dibuat tanpa adanya sekat di bagian depannya. Hal ini bertujuan agar udara dan juga angin, bisa bebas keluar masuk ke dalam ruang untuk bersantai tersebut. Pastinya kamu akan merasa betah bila berada di ruangan tersebut.

Jika kamu tertarik dan ingin menggunakan desain Villa Tropis Modern di Paraty, Brazil, kamu harus berhati – hati jika memiliki anak kecil. Usahakan jangan sampai lepas pengawasan.

Hal ini karena dikhawatirkan anak-anak bermain dan jatuh ke dalam kolam renang. Nah, kalau kamu tidak memiliki rencana berenang, usahakan jangan isi kolam renang tersebut.

Video Inspirasi Rumah Tropis

Sebagai tambahan referensi, kamu bisa tonton video inspirasi rumah tropis yang bisa kamu coba aplikasikan pada rumah hunian impianmu nantinya.

Kalau kamu bertempat tinggal di daerah tropis, kamu bisa mendesain rumah kamu agar memiliki suasana sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

Kamu bisa menerapkan salah satu desain rumah tropis modern dari beberapa inspirasi diatas, yang menurut kamu nyaman untuk dihuni.

Dengan begitu kamu dan keluarga bisa betah di dalam rumah, meskipun cuaca di luar sedang terik dan tidak bersahabat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya !

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Rumah Klasik

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Fasad Rumah

Bagas Kurnia Prasetyo
5 min read

Rumah Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *