Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Rumah Adat Sumatera Barat

3 min read

Rumah Adat Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga memiliki pakaian, tarian, budaya, dan rumah adat. Masyarakat Minang disebut sebagai masyarakat yang ulet dan gigih dalam berdagang.

Kamu pasti sering melihat banyak Rumah Makan Padang di mana-mana. Rumah adat Sumatera Barat menjadi salah satu ciri khas dari masyarakat Minang itu.

Provinsi Sumatera Barat ini termasuk salah satu provinsi yang maju loh di Indonesia. Terutama dalam bidang pendidikan Islamnya.

Masyarakat Minang bangga dengan asal usul mereka, sehingga mereka masih melestarikan berbagai peninggalan dari leluhurnya sampai sekarang. Hal itu terbukti dengan warisan rumah adatnya yang masih dijaga dan dilestarikan.

7 Jenis Rumah Adat Sumatera Barat

Rumah adat yang dikenal di Sumatera Barat adalah Rumah Gadang dengan bentuk yang unik dan menarik.

Tapi, masih banyak lagi jenis rumah adat lainnya di Sumatera Barat yang harus kamu ketahui. Berikut ini gambar rumah adat Sumatera Barat beserta penjelasannya masing-masing:

1. Gonjong Ampek Baanjuang

Gonjong Ampek Baanjuang
pengajar.co.id

Tipe dan model rumah adat yang satu ini memiliki tampilan yang sangat megah, dan menjadi bangunan yang wajib didirikan di area atau wilayah Luhak Nan Tigo.

Simbol adat dari masyarakat Sumatera Barat bisa kamu lihat dari Rumah Gonjong Ampek Baanjuang ini ya. Bukan hanya megah dan tampak mewah, tetapi rumah ini juga punya keunikannya sendiri.

Salah satu keunikannya yaitu adanya tambahan bangunan anjung yang ada di samping sebelah kiri dan juga bagian kanan bangunan. Biasanya untuk upacara adat pernikahan masyarakat Minang, menggunakan Anjung tersebut.

Bentuk dari Rumah Gonjong Ampek Baanjuang ini adalah persegi yang terus memanjang ke arah samping.

Pada bagian atap rumah adat ini juga terdapat empat gonjong yang sesuai dengan namanya yaitu ‘Ampek’ yang artinya empat. Terdapat tujuh buah ruangan di dalam Gonjong Ampek Baanjuang tersebut.

2. Gonjong Anam

Gonjong Anam
borneochannel.com

Bentuk dari Rumah adat Gonjong Anam hampir mirip dengan bentuk Rumah Gadang Gajah Mataram. Namun di beberapa tempat dan bagiannya sudah dimodifikasi lagi.

Keunikan dan hal yang berbeda dari Rumah Gonjong Anam ini adalah adanya tambahan ukiran khas Minangkabau di beberapa area rumah.

Dibandingkan dengan rumah adat Sumatera Barat yang lainnya, Rumah Gonjong Anam ini jauh lebih modern.

Biasanya tampilan rumah adat yang lainnya masih terlihat tradisional.

Bagian salangko atau penutup untuk kolong rumah, menjadi ciri dari kemodernan Rumah Gonjong Anam tersebut.

Biasanya, Rumah Gadang akan menggunakan anyaman bambu. Berbeda dengan Rumah Gonjong Anam yang menggunakan papan di bagian salangkonya.

Keunikan lainnya yaitu banyaknya jumlah jendela di rumah adat yang satu ini. Tujuannya adalah supaya pencahayaan alami dari luar rumah yang masuk ke dalam lebih banyak.

3. Gonjong Sibak Baju

Gonjong Sibak Baju
rimbakita.com

Sama halnya dengan Rumah Gonjong Anam yang memiliki kemiripan bentuk dengan Rumah Gadang Gajah Mataram, Rumah Gonjong Sibak Baju juga memiliki kesamaan struktur dengan Rumah Gadang Gajah Mataram.

Ciri khas yang berbeda dari Rumah Gonjong Sibak Baju ini adalah bentuknya yang mirip dengan bentuk belahan baju.

Itulah sebabnya disebut dengan Gonjong Sibak Baju karena belahan baju dalam bahasa Minang adalah sibak baju.

Bahan material pembuatan rumah ini yaitu dibuat dari kayu dan juga sasak.

4. Rumah Gadang Gajah Mataram

Rumah Gadang Gajah Mataram
rimbakita.com

Rumah adat yang satu ini menjadi jenis rumah yang tahan akan terpaan gempa.

Alasannya adalah terdapat 30 buah tiang penopang pada Rumah Gadang Gajah Mataram ini, sehingga bangunannya kokoh, kuat dan tahan akan guncangan apapun.

Jumlah tiang yang banyak tersebut juga menunjukkan bahwa rumah adat ini memerlukan biaya yang juga banyak, dalam pembangunannya.

Rumah Gadang ini terbilang sebagai Rumah adat Sumatera Barat yang mewah. Ada beberapa syarat yang harus dijalankan, pada saat membangun Rumah Gadang Gajah Mataram ini.

Salah satu syaratnya adalah arah Rumah Gadang ini harus mengarah ke utara. Sedangkan di bagian samping selatan, barat dan timurnya harus ditutupi dengan sasak.

Semua bangunan Rumah Gadang Gajah Mataram ini dibuat dari kayu yang kualitasnya baik. Contohnya beberapa jenis kayu juar, ruyung, dan juga surian.

Ciri lainnya dari Rumah Gadang yang mewah ini adalah adanya ukiran khas Minangkabau di beberapa bagian pintu kamarnya.

Itulah yang membuat Rumah Gadang Gajah Mataram tersebut jadi semakin indah.

5. Rumah Gadang Serambi Papek

Rumah Gadang Serambi Papek
rimbakita.com

Memiliki ciri khas yang khusus dan berbeda dari jenis Rumah adat Sumatera Barat yang lainnya, adalah Rumah Gadang Serambi Papek.

Ciri unik dari Rumah Gadang ini terlihat dari bagian pintu masuknya, yang ada di bagian belakang rumah.

Jika biasanya pintu masuk untuk tamu itu berada di depan atau muka rumah, pada Rumah Gadang ini letaknya ada di belakang.

Maka pada saat tamu berkunjung ke rumah ini harus masuk melalui pintu yang ada di belakang rumah.

Itulah sebabnya Rumah Gadang ini diberi nama Serambi Papek yang artinya belakang.

Jadi, bagian serambi rumah dari Rumah Gadang Serambi Papek ini juga ada di belakang. Aneh tapi unik banget ya.

Namun, zaman sudah semakin berkembang dan modern, sehingga pembangunan pintu di Rumah Gadang Serambi Papek ini ada pula yang dibangun di bagian depan.

Tapi sebenarnya makna dari penempatan pintu masuk di belakang ini apa sih?

Hal itu menunjukkan bahwa wanita menjadi sosok yang dominan di rumah tersebut.

Artinya pemilik Rumah Gadang Serambi Papek itu adalah wanita, jika bagian pintunya ada di belakang.

Sedangkan pihak lelaki di rumah itu hanya statusnya hanya menumpang saja. Baik sebagai suami ataupun sebagai menantu.

6. Rumah Gadang Batingkek (Bertingkat)

Rumah Gadang Batingkek (Bertingkat)
rimbakita.com

Masih ada lagi rumah adat lainnya di Sumatera Barat, yaitu Rumah Gadang Batingkek (Bertingkat).

Makna dari Rumah Gadang Batingkek ini adalah Rumah Gadang bertingkat jika dalam Bahasa Indonesia. Kenapa disebut begitu? Karena bagian gonjongnya memiliki beberapa tingkatan.

Biasanya, Rumah Gadang Batingkek (Bertingkat) ini bisa ditemukan di Kota Padang Sumatera Barat.

Namun sayangnya, Rumah Gadang yang satu ini sudah sulit ditemukan. Struktur bangunan pada Rumah Gadang Batingkek (Bertingkat) juga mirip loh dengan struktur bangunan Rumah Gadang Gajah Mataram.

7. Rumah Gadang Gonjong Limo

Rumah Gadang Gonjong Limo
rimbakita.com

Jika kamu datang ke Kota Payakumbuh, kamu akan mudah menemukan Rumah Gadang Gonjong Limo ini.

Bentuknya masih tradisional banget, tapi mirip dengan Rumah Gadang Gajah Mataram. Namun di bagian rumah adat yang satu ini, tidak terdapat anjung seperti rumah adat lainnya.

Terdapat penambahan gonjong baik di samping kiri atau kanan bangunan pada Rumah Gadang yang satu ini, dan itulah ciri khas dari rumah adat tersebut.

Seluruh rumah adat Sumatera Barat tersebut memiliki filosofi, sejarah dan keunikannya masing-masing. Setiap bagian yang dibangun pada rumahnya juga memiliki makna tersendiri. Itulah sebabnya Indonesia kaya akan budaya, karena rumah adatnya pun dibuat dengan makna yang mendalam.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *