Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Ruang Makan

6 min read

Ruang Makan Elegan

Ruang makan minimalis seperti apa yang suka ? simple, modern, klasik, atau mewah ? ❤ Pilih desain inspiratifnya disini.

Ruang Makan Minimalis – Desain ruang makan yang menawan pastinya membuat nafsu makan kamu terus bertambah. Kamu juga akan selalu tergoda untuk membuat menu-menu baru yang sehat dan variatif.

Dengan ruangan makan yang nyaman, kebersamaan keluarga akan semakin hangat karena setiap waktu bertemu di meja makan.

Nah, ingin tahu model ruang makan minimalis low-budget tapi tetap elegan dan mewah ? Kamu bisa contek beberapa inspirasi desain ruang makan dengan biaya minimalis yang sudah ruangarsitek kumpulkan berikut ini!

Desain Ruang Makan Minimalis

1. Sensasi Makan dengan 3 Bola Lampu

Ruang Makan

Tidak selamanya nuansa ruangan makan dihiasi dengan dinding dan penerangan yang benderang. Ada kalanya juga kamu bosan dan mengubah nuansa ruangan makan menjadi serba gelap, namun tetap dipasok pencahayaan cukup. Dengan 3 bola lampu, dijamin suasana makanmu menjadi menyenangkan.

Ruangan makan seperti ini biasanya digunakan untuk makan bersama anggota rapat tertutup. Pertemuan keluarga membahas hal penting juga bisa memanfaatkan ruangan makan seperti ini.

2. Candle Light Dinner Setiap Hari

Ruang Makan Minimalis

Tidak perlu jauh-jauh dan repot booking restoran untuk mendapatkan suasana romantis makan malam dengan hiasan lilin. Setiap hari kamu bisa menciptakan suasana tersebut dengan budget lebih murah di rumah. Kamu bisa lebih puas menikmati suasana romantis bersama pasangan di rumah.

Tidak ada batasan waktu ketika kamu memutuskan makan malam romantis di rumah. Kamu juga bebas memasak makanan yang kamu sukai dan menentukan sendiri seberapa banyak porsinya.

3. Makan dengan Pemandangan Alam

Ruang Makan Terbuka

Kamu bisa menikmati suasana makan sambil memandangi pemandangan halaman belakang rumah. Bukan hanya cocok untuk ruang kumpul bersama keluarga saat makan, namun desain meja makan di bawah ini juga cocok untuk tempat ngemil kamu saat siang hari.

Sambil ngemil, kamu bisa memperhatikan anak-anak yang senang bermain di halaman belakang. Kca besar yang diletakan membuat ruangan tidak kekurangan pencahayaan.

4. Nuansa Makan Mewah Setiap Hari

Ruang Makan Mewah

Sarapan hingga makan malam megah di rumah dijamin membuatmu selalu rindu ingin pulang. Terlebih jika kamu memiliki banyak saudara dan kerap berkumpul ketika waktu makan. Masakan ibu akan menjadi hal yang paling dinanti-nanti ketika waktu makan tiba.

Nuansa megah tidak hanya hadir dari meja makan, namun juga dari desain lampu gantung yang elegan. Berbagai furniture lainnya yang senada juga cocok untuk melengkapi ruangan.

5. Makan ala Warteg di Rumah

Ruang Makan Keluarga

Suka makan di warteg? tenang, kali ini kamu bisa mendapatkan suasana makan di bangku kayu warteg sepuasnya di rumah. Tidak membutuhkan material yang mahal, kamu cukup memanfaatkan kursi kayu untuk melengkapi suasana makan di rumah.

Makan tiga kali sehari akan lebih nikmat jika bersama-sama duduk di meja makan yang tersedia. Menu sederhana saja sudah mengakrabkan keluargamu.

6. Pemandangan Kota di Ruangan Makan

Ruang Makan Sederhana Minimalis

Jika kamu termasuk orang yang metropolis atau menyukai suasana kota, suasana makanmu akan lebih menyenangkan jika bisa melihat pemandangan kota. Gedung-gedung yang menjulang tinggi bisa kamu perhatikan di terik siang atau saat lampu-lampu menyala di kala malam.

Suasana ruangan makan seperti ini cocok jika kamu aplikasikan di apartemen. Beberapa orang justru bisa menghilangkan kantuk ketika menyaksikan pemandangan ibu kota.

7. Makan ala Kantin Kantor

Ruang Makan Cantik

Rindu suasana makan siang di kantor ketika masa lockdown belum usai? kamu bisa mendapatkan suasana makan ala kantin kantor dengan pemilihan berbagai furniture ruangan makan seperti di bawah ini. Mulai dari kursi, meja, hingga pemandangan mendukung suasana seperti di kantor.

Kamu bisa menikmati hiruk pikuk ibu kota dari ruangan ketika siang hari, menikmati alaminya ibu kota saat pagi hari,dan gemintang ibu kota tatkala malam hari.

8. Ruangan Makan Minimalis

Ruangan Makan Minimalis

Hobi memasak kamu bisa tersalurkan dengan baik jika kamu memilih desain meja makan di bawah ini. Menyatu dengan dapur, kamu bisa mudah menyajikan makanan lezat dan hangat untuk anggota keluarga. Desain meja makan seperti ini bisa menambah nafsu makan semakin meningkat.

Pasalnya, anggota keluarga akan menyaksikan aksi kamu membuat makanan secara langsung. Biasanya aroma makanan yang sedang dimasak akan membuat perut mudah bereaksi.

9. Meja Makan di Pojok

Ruang Makan Modern

Memiliki ruangan sempit untuk area meja makan bisa kamu manfaatkan di pojok ruangan. Area meja makan yang disengajakan menempel ke pojok ini tidak memfungsikan sebagian sisi meja. Anggota keluarga yang cocok dengan desain ini adalah keluarga kecil.

Minimal terdiri dari 2 anggota keluarga dan maksimal 3 orang untuk bisa duduk bersama satu meja menikmati makanan.

10. Meja Makan Lampu Gantung Rendah

Ruang Makan Klasik Modern

Bosan dengan desain lampu yang biasa? kamu bisa mencoba meletakkan lampu gantung rendah dengan desain di bawah ini. Ruangan makan dari gambar di bawah ini dibiarkan menyatu dengan ruang keluarga. Beberapa orang bisa makan dari area lain jika menginginkannya.

Tapi, akan lebih afdol jika kamu makan bersama di meja makan dan bersenda gurau tentang apa saja yang sudah dilakukan hari ini.

11. Meja Makan Nuansa Kayu

Ruang Makan Kecil

Ingin menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah? kamu bisa menggunakan meja makan dengan nuansa kayu untuk anggota keluarga. Dilengkapi dengan bola lampu hias di atasnya, dijamin suasana makan kamu akan semakin terasa hangat.

Terlebih ketika malam hari, lelah setelah beraktivitas bisa terbayar dengan bercerita bersama keluarga.

12. Makan Nyaman dengan Sofa

Ruang Makan Klasik

Siapa bilang area sofa hanya boleh diletakan di ruang tamu? kali ini kamu bisa mencoba desain anti mainstream yang meletakkan sofa di meja makan. Sambil makan, kamu bisa sambil memandangi pemandangan di luar rumah. Kamu pasti puas karena kaca yang terpasang cukup besar.

Memiliki ruangan makan seperti ini akan membuat kamu betah di rumah dan mengurangi nongkrong-nongkrong di cafe.

13. Meja Bundar Klasik

Ruang Makan Mewah Klasik

Dimulai dari bentuk meja, taplak meja, kursi makan, semuanya merupakan elemen furniture klasik yang banyak digunakan orang-orang zaman dulu.

Pemilihan lampu gantung, wallpaper dinding, dan hiasan dinding memberikan nilai seni tersendiri untuk menegaskan konsep klasik tersebut. Meskipun kesannya zaman dulu, namun nilai keindahan yang muncul dari desain ini sangat kental terasa.

14. Meja Makan Simple

Ruang Makan Modern Minimalis

Desain meja makan simple ini sangat cocok kamu letakan di apartemen. Tepat di sisi kaca besar, kamu bisa memandangi keadaan kota dari atas. Di bagian lain juga kamu bisa melihat berbagai aktivitas dan dapur, seperti orang sedang memasak, dan sebagainya.

Nuansa meja makan seperti ini dijamin membuat kamu ingin terus berlama-lama duduk di sana, menikmati sarapan sambil menyaksikan pemandangan kota.

15. Ruangan Makan dengan Kaca Besar

Ruang Makan Rumah Minimalis

Memiliki jumlah anggota keluarga cukup banyak dan memiliki kekuasaan cukup kaku di rumah, sangat cocok jika kamu memilih desain meja makan di bawah ini. Meja panjang yang ada di tengah kursi akan memisahkan anggota keluarga satu dan lainnya.

Penempatan lampu gantung di atas meja memberikan nilai keindahan tersendiri melengkapi area kaca jendela yang lebar di samping dan belakang.

16. Meja Makan Trendi

Ruang Makan Rumah Mewah

Meja makan seperti ini dibilang trendi karena pasti para milenial suka dengan desainnya. Corak tidak monoton, namun tidak berlebihan nampak jelas dari kursi makan. Penempatan lampu gantung simple di atas meja juga mendukung kesan modern elegan dari ruangan makan.

Tidak hanya itu, kombinasi 3 jenis kursi makan membuat kamu akan terus rindu untuk makan di ruangan makan ini.

17. Meja Makan Bersama Eyang

Ruang Makan Elegan

Kamu tinggal bersama eyang atau yang dituakan di rumah? Desain meja makan seperti di bawah ini jelas menunjukan kelas secara usia. Eyang bisa duduk di kursi empuk, sementara kamu dan anggota keluarga lainnya duduk di kursi yang diletakan di samping meja.

Penggunaan lampu dan lilin di atas meja makan berfungsi sebagai pencahayaan sekaligus hiasan yang indah.

18. Ruangan Makan Terbuka

Ruangan Makan Terbuka

Ruangan makan seperti ini bisa dibilangs ebagai ruangan makan terbuka karena tidak ada sekat antara ruangan makan dengan ruangan lainnya. Lampu gantung yang cantik memberikan fungsi utama sebagai sumber cahaya dan aksen hiasan di ruangan makan.

Duduk di meja makan seperti ini membuat kamu bebas meluaskan pandang sambil menikmati menu makanan lezat di meja.

19. Meja Makan Unik di Bawah Tangga

Desain Ruang Makan Unik

Desain meja makan seperti di bawah ini merupakan desain yang permanen, sulit dipindahkan. Tidak seperti meja makan pada biasanya, desain meja makan ini dibiarkan berada di bawah tangga. Tidak tepat ada di bawah tangga, namun seluruh anggota keluarga yang baru dari atas ruangan bisa melihatnya.

Aroma makanan akan mudah tercium begitu kamu turun langsung dari atas ruangan. Desain ini modern dan juga elegan.

20. Meja Makan di Ruang Keluarga

Gambar Ruang Makan Minimalis

Meletakan meja makan di ruang keluarga merupakan hal yang bisa kamu lakukan agar kebersamaan keluarga menjadi sangat akrab. Selepas makan, seluruh anggota keluarga bisa langsung menikmati kebersamaan di ruang keluarga.

Bahkan untuk beberapa kebiasaan, beberapa anggota bisa menikmati makanan sementara beberapa lainnya bisa duduk santai di ruang keluarga.

21. Meja Makan Face to Face

Meja Makan Face to Face

Desain meja makan seperti ini mengosongkan dua sisi untuk menciptakan kesan akrab seluruh anggota keluarga. Jika biasanya di dua sisi diletakan sofa khusus seperti sengaja diletakan untuk tetua, tidak dengan desain meja makan ini.

Akan sangat menyenangkan mengajak sepupu duduk bersama dan bersenda gurau sedikit ketika menikmati makanan.

22. Makan Sambil Nonton TV

Ruang Makan Sambil Nonton TV

Kamu bisa menikmati sarapan, makan siang, bahkan makan malam sambil menonton televisi di rumah. Keuntungannya jika kamu menyaksikan berita saat sarapan, kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi rute-rute jalanan yang macet.

Adanya siaran di televisi bisa menjadi bahan obrolan yang menyatukan kamu dengan anggota keluarga lainnya.

23. Kursi Makan Transparan Unik

Kursi Makan Transparan Unik

Pasti tidak terpikirkan olehmu membuat desain kursi makan transparan di rumah. Desain seperti ini cukup unik dan pasti disukai banyak generasi muda saat harus makan. Pemilihan penempatan meja makan di ruang terbuka merupakan hal positif karena kamu bisa meluaskan pandang.

Tapi, kursi makan transparan seperti ini harus sering dibersihkan untuk menjaga kebersihan dan keindahan.

24. Meja Makan Kayu Lampu Rendah

Contoh Desain Ruang Makan Minimalis

Desain di bawah ini juga tidak kalah unik, kamu tidak perlu membeli lampu gantung dengan desain rumit. Cukup gunakan lampu-lampu biasa menggunakan kabel untuk mempercantik penempatan lampu di ruangan. Namun, penemapatannya tetap membutuhkan ahli.

Lampu yang berada di atas meja makan memiliki fungsi untuk memberikan cahaya sekaligus mempercantik area meja makan.

25. Ruangan Makan yang Asri

Ruangan Makan yang Asri

Makan sambil menghirup udara segar sangat mungkin kamu lakukan jika menerapkan desain ruangan makan seperti di bawah ini. Kaca jendela yang ada di ruangan tidak hanya sebagai aksen, namun bisa kamu buka untuk jalan udara masuk.

Jika memiliki jumlah anggota keluarga cukup banyak di rumah, kamu bisa meniru desain meja makan di bawah ini.

26. Desain Meja Makan Simple

Inspirasi Desain Ruang Makan Minimalis

Desain di bawah ini cukup simple, kamu tidak membutuhkan taplak meja untuk menutupi meja makan. Namun, dari desain remajanya sendiri kamu pasti akan tertarik. Kursi yang dipilih bukan sofa, melainkan kursi besi biasa yang dapat kamu temukan dengan mudah.

Pemilihan set meja makan seperti ini memberikan keuntungan karena mudah sekali dibersihkan dari debu dan kotoran lainnya.

27. Kursi Makan ala Resto

Model Ruang Makan Minimalis

Makan dan berkumpul keluarga di restoran kerap menjadi pilihan untuk membicarakan hal penting dalam kelaurga. Padahal, kamu tidak perlu keluar rumah jika sudah menerapkan desain meja makan seperti di bawah ini.

Dua warna dinding yang dipilih akan menambah keindahan ruangan dan dijamin membuat kamu semakin ingin duduk berlama-lama di ruangan.

28. Meja Makan yang Nyaman

Desain Ruang Makan Simple Minimalis

Desain ruangan makan yang nyaman adalah kunci betahnya setiap anggota keluarga di rumah. Desain meja makan seperti di bawah ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul saat makan, namun juga bisa menjadi tempatmu mengerjakan tugas.

Mengisi otak dengan berbagai tugas dan mengisi perut dengan makanan lezat bisa kamu kerjakan dalam satu waktu.

29. Meja Makan Kayu di Lantai 2

Model Ruang Makan Minimalis Terbaru

Desain meja makan di bawah ini pasti kamu suka. Ada di lantai dua, dan berdiri di samping jendela kaca dengan pencahayaan bagus. Suasana makan bersama keluarga pasti akan semakin hangat. Kamu bisa meniru desain ini di rumahmu.

30. Meja Makan Masa Kini

Desain Model Ruang Makan Terbaru

Warna-warni kursi makan membuat tampilan set meja makan di bawah ini sangat dipilih oleh generasi muda. Colorful, kesan yang langsung muncul, mendobrak kesan klasik di meja makan saat berkumpul dengan orang yang lebih tua.

Berbagai desain ruangan makan di atas bisa menjadi inspirasi kamu untuk mengisi rumah atau apartemen. Dimulai desain yang hanya cocok menggunakan kursi serta desain ruangan yang cocok juga untuk kamu gunakan secara lesehan.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *