Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Ruang Keluarga

7 min read

Interior Ruang Keluarga Rumah Minimalis

Rekomendasi desain ruang keluarga minimalis: ❤️sederhana, ❤️modern, ❤️lesehan, terbaik yang bikin keluarga makin harmonis. Cek yuk !


Desain ruang keluarga yang nyaman adalah salah satu kunci membuat penghuni rumah tetap nyaman dan betah tinggal di rumah.

Alih-alih beraktivitas di luar rumah, ada baiknya lebih banyak berada di dalam rumah untuk sekadar berkumpul atau bercerita tentang kegiatan masing-masing.

Ayah yang setiap hari sibuk bekerja bisa meluangkan waktu di hari libur untuk keluarga. Ibu yang setiap hari sibuk di rumah juga bisa rehat sebentar untuk berkumpul bersama keluarga.

Terlebih untuk anak-anak yang setiap hari sibuk di sekolah, ketika hari libur bisa merasakan kehangatan berkumpul bersama keluarga.

Polesan Desain interior di ruang keluarga yang sesuai dengan konsep bangunan rumah dan furniture di dalamnya akan memberikan kesan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Kamu bisa menghadirkan suasana hangat agar para anggota keluarga selalu betah tinggal di rumah saat hari libur tiba.

1. Minimalis

1. Minimalis Serba Putih

Ruang Keluarga Minimalis

Menciptakan nuansa minimalis di apartemen atau ruang untuk berkumpul bersama keluarga di lantai dua sangat memungkinkan.

Meskipun ruangannya tidak besar, namun kamu bisa mendesain ruangan menjadi enak dipandang. Kamu bisa menggunakan kaca besar yang langsung menghadap ke luar.

Suasana kumpul keluarga di rumah tidak akan monoton dan sebatas bersenda gurau di dalam ruangan.

Kamu dan seluruh keluargamu bisa menikmati pemandangan di luar ruangan, baik itu pemandangan alam atau hal lainnya. Banyak hal bisa diperhatikan dari ruangan ini.

2. Kreatif di Ruang Terbatas

Ruang Keluarga Sederhana

Ruang berkumpul bersama keluarga di bawah ini memiliki fungsi baik untuk bersantai minum teh dan membaca buku.

Nuansanya sederhana, namun tidak menghilangkan suasana hangat bagi para anggota keluarga. Beberapa konsep tempat duduk menambah kesan warna-warni unik di dalam ruangan.

3. Minimalis tapi Luas

Ruang Keluarga Terbuka

Melihat desain di bawah ini, kamu sama sekali tidak akan sadar jika ruangan tidak memiliki luas yang besar.

Pemberian kaca yang langsung menghadap ke halaman belakang rumah memberikan kesan luas di ruangan. Beberapa furnitur yang senada juga mendukung konsep minimalis di ruangan ini.

Dari ruang berkumpul keluarga, kamu bisa sekaligus menyaksikan acara malam hari di halaman belakang.

Para muda-mudi bisa bersenda gurau di luar rumah, sementara para orang tua bisa mengakrabkan diri di dalam rumah. Keduanya bisa berkumpul tanpa jeda meskipun dipisah kaca.

4. Minimalis Elegan

Ruang Keluarga Minimalis Modern

Pemilihan warna serba putih dengan ornamen karpet bulu memberikan nuansa nyaman kepada seisi penghuni rumah.

Kaca besar yang terpasang turut mendukung ruangan agar terkesan lebih luas dari aslinya. Pemilihan lantai kayu mendukung suasana nyaman dan tenang bagi para penghuni rumah.

5. Minimalis Modern

Desain Ruang Keluarga Minimalis

Ruang untuk keluarga bisa saja terbatas, namun jangan jadikan hal itu sebagai batas untuk memperindah ruangan.

Kamu bisa memilih sofa yang cantik untuk dipakai duduk. Penambahan lampu gantung rendah dari ruangan yang menyatu dengan dapur juga memberikan nuansa nyaman kepada seisi rumah.

6. Kumpul Sambil Baca Buku

Desain Ruang Keluarga

Konsep ruang berkumpul keluarga yang tidak biasa nampak jelas dari desain ruangan di bawah ini.

Pemilihan meja yang tidak memiliki kolong, memanfaatkan rak buku sebagai pembatas ruang, dan penempatan kursi berwarna oranye memberikan kesan anti mainstream di seisi ruangan.

Bukan hanya berfungsi sebagai ruang berkumpul keluarga, namun ruangan seperti ini juga sangat nyaman dijadikan tempat belajar bersama oleh anak-anak.

Jika memiliki anak remaja, ruangan sangat nyaman ini bisa dijadikan tempat berkumpul. Daripada nongkrong di luar, lebih baik di dalam rumah.

2. Mewah

1. Desain Atap yang Unik

Ruang Keluarga Mewah

Memiliki rumah yang luas dan megah merupakan keuntungan bagi kamu untuk mendesain ruang berkumpul keluarga secara maksimal.

Pada bagian atap, bahkan kamu bisa memvariasikan desain agar sebagian atap menjadi lebih rendah. Pemilihan lampu hias juga turut menambah nilai estetis ruangan.

Memiliki rumah megah merupakan keuntungan karena semua elemen bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Ketika rumah sudah didesain dengan berbagai furniture mahal, kamu harus menyiapkan budget untuk merawat ruangan agar tetap rapi, menawan, dan tidak mudah kumuh karena debu atau hal lainnya.

2. Mewah dengan Pencahayaan Alami

Ruang Keluarga Rumah Minimalis

Jika kamu termasuk orang yang suka membaca buku dan menyukai ruangan nyaman untuk menyalurkan hobi tersebut, desain di bawah ini bisa menjadi referensinya.

Kesan megah akan secara gamblang terpampang melalui pemilihan ukuran tv dan lukisan seukuran sama di atas tv.

3. Mewah dengan Bola Lampu Cantik

Ruang Keluarga Nyaman

Menciptakan suasana nyaman kepada seluruh anggota keluarga bukan hal sulit jika Anda memiliki rumah megah.

Desain sofa bisa beragam, namun semuanya menunjukan satu warna, yakni memberikan kesan elegan. Pemilihan lampu dan lukisan yang royal menambah cita rasa hangat di ruangan.

Desain ruang berkumpul keluarga seperti ini tidak akan membuat kamu kekurangan cahaya karena posisi kaca di samping ruangan akan memberikan cahaya cukup di siang hari.

Ketika malam hari, kamu dan keluarga bisa melihat gemintang di langit yang mempererat kebersamaan keluarga.

4. Desain Elegan

Ruang Keluarga Elegan

Kesan megah nampak jelas dari semua elemen interior ruangan yang ada dalam gambar di bawah ini.

Mulai dari interior yang tetap, seperti tangga dan dinding sampai dengan pemilihan furniture yang megah. Efek-efek lampu di sekitar ruangan memberikan kesan eksotis ke seluruh penjuru ruangan.

5. Ruangan Keluarga Pemusik

Gambar Ruang Keluarga Minimalis

Bagi kamu yang suka bermain piano, ruangan di bawah ini bisa menjadi ide desain di rumah.

Desain ruangan yang luas, pemilihan furniture tempat duduk yang beragam adalah keputusan tepat untuk menampung anggota keluarga dalam jumlah banyak. Bahkan rumah kamu bisa menjadi tempat berkumpulnya para saudara.

Ketika musim lebaran tiba, waktunya berkumpul bersama keluarga besar dari berbagai daerah.

Rumah kamu bisa menjadi destinasi utama para keluarga untuk berkumpul dan bersilaturahmi di hari yang fitri. Anak-anak juga pasti suka berkumpul dan berlarian di ruangan seperti di bawah ini.

6. Desain Menawan Antimainstream

Ruang Keluarga Cantik

Wanita yang mencintai kemegahan pasti sangat senang dengan desain rumah di bawah ini.

Aksen megah bukan hanya terlihat dari satu barang, namun merata dari lantai, dinding, hingga ke langit-langit. Tembok tidak dibiarkan polos, namun hadir dengan motif cantik senada dengan lampu gantung yang menawan.

3. Sederhana

1. Simple dengan Warna Netral

Ruang Keluarga Idaman

Menciptakan kesan nyaman tidak harus mengeluarkan uang banyak dan membuat dompet tiris karena membeli barang-barang mahal.

Memaksimalkan seluruh furniture yang ada adalah kunci penting kenyamanan di dalam rumah. Desain di bawah ini bisa menjadi referensi bagi ruangan kamu.

Jika seluruh barang dikeluarkan, ruangan ini hanya berupa kotak dengan atap yang tidak ada modifikasi. Namun, ide kreatif kamu bisa diasah dengan pemilihan furniture yang cantik dan tata letak yang efektif.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk menciptakan ruangan dengan suasana nyaman.

2. Favoritnya Millenial

Interior Ruang Keluarga Rumah Minimalis

Luas ruangan seadanya bisa dimaksimalkan melalui pemilihan sofa, lukisan, dan berbagai furniture lainnya yang menghiasi rumah.

Sekilas jika semua barang dikeluarkan, ruangan tersebut hanya berupa kotak biasa. Pada bagian langit-langit pun tidak tercipta kesan megah dan berlebihan.

Konsep desain ruangan keluarga di bawah ini sangat cocok jika ditujukan bagi generasi muda.

Pajangan dinding yang santai menambah suasana akrab bersama anggota keluarga. Bahkan teman-teman kamu juga tidak akan menolak jika diajak kumpul di rumahmu.

3. Sederhana yang Lega

Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

Satu hal yang membuat desain ruangan terbuka di bawah terkesan menawan adalah pemilihan desain yang tepat.

Lampu yang diterapkan di langit-langit rumah juga tidak berlebihan, namun memberikan kesan elegan dengan dibiarkan memanjang ke bawah. Konsep serba putih menambah rona nyaman di seisi rumah.

4. Ruangan Super Simple

Ruang Keluarga Kecil Minimalis

Desain ruang berkumpul keluarga di bawah tangga ini bisa menjadi inspirasi kamu di rumah.

Jika tidak memiliki banyak barang untuk ditempatkan di ruang berkumpul keluarga, kamu tetap bisa merasa nyaman dengan penempatan kaca besar. Kamu tetap bisa leluasa di tengah desain ruangan di bawah ini.

Menggunakan ruang di dekat tangga sebagai ruangan keluarga adalah pemanfaatan ruangan yang efektif.

Untuk kamu yang tidak rela ada ruang tersisa minim fungsi di rumah,sebaiknya mencoba desain ruangan di bawah ini. Jika kamu pasangan baru, ruangan seperti ini sangat nyaman untuk diaplikasikan di rumah.

5. Nuansa Megah di Ruangan Sederhana

Ruang Keluarga Mewah Minimalis

Memanfaatkan ruangan lantai 2 sebagai tempat berkumpul keluarga akan semakin sempurna jika kamu membiarkan kaca besar menggantikan dinding.

Dari ruangan atas, kamu bisa memandangi keindahan alam dan meluaskan pandang menyaksikan apa yang ada di luar rumah.

6. Desain Modern Simple

Ruang Keluarga Modern

Millenial sepertinya akan langsung jatuh cinta dengan desain ruang berkumpul keluarga modern di bawah ini.

Tidak monoton dengan menghadirkan sofa biasa di ruangan, namun kamu bisa duduk santai di kursi lain. Jika ingin sambil membaca buku, kamu bisa mengambilnya dari tumpukan di sisi lain.

4. Ukuran 3×3

1. Memaksimalkan Ruangan

Ruang Keluarga Unik

Desain ruang untuk berkumpul keluarga yang kecil tidak menjadi hambatan untuk membuat penampakan ruang bagi keluarga yang nyaman.

Justru dengan ruangan yang mini kamu bisa memaksimalkan fungsi barang, seperti pemilihan sofa, karpet, kabinet, dan furnitur lain yang tepat.

Sekarang sudah tidak ada lagi alasan rumah kamu tidak menarik hanya karena luas ruang berkumpul keluarga yang sempit.

Apa pun menjadi mungkin asalkan kamu terus mencari referensi desain ruangan yang cantik. Justru ruangan sempit membuat kamu mudah membersihkan barang-barang.

2. Cantik dengan Dua Tema Sofa

Ruang Keluarga Sederhana Minimalis

Pertimbangan untuk memilih sofa dengan dua konsep bisa menjadi ide cemerlang mendesain ruangan bagi berkumpulnya keluarga.

Ruangan yang dibiarkan tanpa sekat tidak akan nampak hanya memiliki ruang untuk keluarga yang tidak luas. Penambahan jendela di satu sisi akan memperluas visual ruangan.

3. Perpaduan Klasik dan Modern

Ruang Keluarga Klasik Modern

Kamu bisa berkumpul bersama keluarga sambil menikmati pemandangan di luar rumah melalui pemasangan jendela di satu sisi.

Pemilihan furniture seperti kursi yang beragam menambah citra keunikan di rumah. Belum lagi tambahan desain menawan dari lampu dan lukisan yang ditata rapi.

Beberapa hiasan tanaman buatan memberikan efek sejuk dan segar di dalam ruangan. Penempatan lampu yang unik di samping sofa membuat desain nampak unik dan tidak monoton.

Akan sangat menyenangkan jika kamu mengundang teman-teman agar dapat berkumpul di rumah.

4. Sederhana Menawan

Furniture Ruang Keluarga

Pemilihan karpet, sofa, meja, cermin, hingga berbagai elemen lainnya mendukung kesan menarik dari ruangan ini.

Konsepnya asal berkumpul, anggota keluarga bebas memilih lokasi dan posisi duduk masing-masing. Bahkan, jika di sofa penuh, bisa menggunakan karpet untuk lesehan.

Bukan hanya menarik untuk dijadikan ruang kumpul keluarga, namun ruangan dengan desain unik seperti ini juga sangat nyaman jika kamu gunakan untuk berkarya.

Misalkan kamu seorang penulis, pasti akan sangat nyaman menulis karya sambil ngemil dan minum teh di ruangan seperti ini.

5. Megah dengan Kaca Besar

Ruang KRuang Keluarga Terbuka Dan Minimaliseluarga Terbuka Dan Minimalis

Kesan sempit tidak akan nampak dari ruangan di bawah ini karena didukung oleh pemilihan jendela yang lebar dan besar.

Tirai yang hampir menyentuh lantai membuat ruangan terkesan lega. Sofa yang dipilih hanya satu baris, sementara lainnya berupa kursi berkonsep lain di atas lantai.

6. Warna-warni Kursi Duduk

Contoh Ruang Keluarga Modern

Konsep ruang untuk berkumpul keluarga ini tidak kalah menarik, memadukan berbagai model tempat duduk dengan elemen-elemen interior yang mendukung.

Terlihat jelas bahwa anggota keluarga yang bisa berkumpul di sini adalah anggota keluarga yang termuda hingga para orang tua.

5. Lesehan

1. Lesehan atau Duduk di Sofa

Ruang Keluarga Lesehan

Konsep ruangan untuk keluarga di bawah ini tidak sepenuhnya lesehan, namun kamu bisa berselonjor duduk di bawah dan membiarkan para orang tua duduk di atas.

Ruangan yang luas bahkan cukup untuk menjadi media anak-anak bermain sambil berlari, namun diawasi orang tua.

Ruangan yang besar memungkinkan kamu untuk mengambil spot uduk di mana saja.

Kamu bisa memilih untuk bersatu dengan obrolan para orang tua atau mengambil jarak dengan mengobrol bersama sepupu yang seumuran. Banyak hal bisa dilakukan di rumah ini.

2. Nuansa Villa di Rumah

Ruang Keluarga Klasik

Nuansa berlibur di vila bisa dengan mudah kamu dapatkan dengan pemilihan desain ruangan untuk keluarga di bawah ini.

Pemilihan sebagian atap yang dipercantik dengan desain kayu dan lampu seragam memberikan kesan kembali ke alam yang kental.

Siapa yang tidak ingin setiap harinya serasa sedang liburan di villa? Tentu hal ini menjadi sangat menyenangkan jika selalu bisa kamu temui di rumah.

Alih-alih membayar mahal berikut biaya perjalanan yang tidak murah, menciptakan suasana seperti di villa setiap hari cukup dari rumah saja bisa kamu lakukan.

3. Ruangan ala Eropa

Fungsi Ruang Keluarga

Memiliki rumah dengan desain kayu sangat memungkinkan bagi kamu untuk menciptakan ruangan yang hangat saat berkumpul bersama keluarga.

Penempatan perapian yang simple memberikan kesan hangat di tengah pilihan furnitur yang menyatu dengan alam.

4. Nuansa Barat Klasik

Ruang Keluarga Dan Ruang Makan

Pemilihan sofa dua warna dengan perapian yang dibiarkan menyala dan atap kayu rendah nampak hangat dari desain ruangan di bawah ini.

Kesan pedesaan muncul di rumah yang didesain dengan rapi ini. Tidak membutuhkan furniture mahal, hanya peletakan benda-benda yang tertata dengan rapi saja.

Desain rumah seperti ini membuat kamu berandai-andai sedang berada di Eropa. Rumah-rumah klasik ala Barat akan hadir setiap hari di rumah kamu, terutama ketika musim hujan tiba.

Bahkan saat mati lampu, ruang berkumpul keluarga seperti ini akan sangat dinanti-nanti banyak orang.

5. Romantis Setiap Hari

Gambar Desain Ruang Keluarga Klasik

Nuansa hangat jelas nampak dari desain rumah di bawah ini. Pencahayaan yang temaram saat senja memberikan kesan romantis dan merupakan momen tepat jika kamu manfaatkan bersama pasangan.

Bercerita banyak hal dengan anak-anak juga menambah keseruan berkumpul bersama keluarga.

Jika kamu baru menikah, suasana ruang untuk bertemu pasangan seperti ini akan selalu romantis setiap hari. Kelak, anak-anakmu pun akan sangat nyaman berada di suasana rumah seperti ini.

6. Ruangan Favorit Segala Usia

Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

Konsep ruang untuk berkumpul keluarga yang satu ini juga bisa menjadi inspirasi.

Kamu bisa menggunakan sofa untuk duduk atau menggunakan karpet di lantai untuk posisi duduk santai. Sambil minum teh atau membaca buku adalah kegiatan santai sore yang menyenangkan di rumah.

Konsep ruangan seperti apa yang diaplikasikan pada rumah kamu untuk berkumpul bersama keluarga?

Berbagai desain di atas lengkap dengan berbagai gaya ruang untuk keluarga di rumah. Bukan hanya memberikan kesan enak dipandang, namun desain yang tepat juga baik untuk kenyamanan.

Ruang Keluarga

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *