Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Pintu Kamar Mandi

6 min read

Pintu Kamar Mandi

Sedang mencari ide pintu kamar mandi ? Sebelum membeli, ada baiknya kamu tahu dulu kelebihan, kekurangan, harga, dan jenisnya disini.

Aktivitas mandi sekarang ini sudah mulai berkembang dari yang hanya sekadar untuk membersihkan badan menjadi cara untuk menghilangkan penat dan stress.

Selain memperlengkapi saat mandi dengan peralatan mandi yang menyenangkan, seperti wewangian aromaterapi, ruangan kamar mandi juga harus bisa mendukung suasana menyenangkan ini, termasuk pintu kamar mandi yang estetik.

Ada banyak jenis pintu untuk kamar mandi yang tentunya disesuaikan dengan desain dan kebutuhan pemilik rumah. Dari sekian banyak jenis, ada dua yang paling banyak digunakan, yaitu aluminium dan juga PVC.

Pintu Kamar Mandi Aluminium

Kelebihan Pintu Kamar Mandi Aluminium

  • Kinerja Terbaik : banyak testimonial mengatakan bahwa pintu aluminium cocok digunakan untuk hampir semua desain kamar mandi. Pintu ini juga tahan terhadap panas dan dingin sehingga bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor.

Dengan perpaduan antara ketahanan, harga dan juga desain yang unggul, maka tidak salah jika pintu jenis ini didapuk memiliki performa yang baik.

Maka tidak heran jika kamu bisa menemukan berbagai jenis pintu aluminium di toko offline maupun online.

  • Aman Untuk Lingkungan : material aluminium termasuk salah satu material yang tidak berbau sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, ketika terkena udara panas, aluminium jua tidak mengeluarkan zat racun sehingga ramah lingkungan.

Walaupun termasuk sebagai produk olahan, namun pintu ini minim sekali meninggalkan zat sisa dari proses pembuatannya.

  • Bernilai Seni : aluminium memiliki permukaan halus namun tampak seperti terdapat alur yang acak. Tampilan ini membuat pintu dengan bahan aluminium menjadi terkesan estetik. Bahan aluminium juga mudah dipadukan dengan material lainnya.

Motif yang disematkan di bidang aluminium juga sangat beragam, maka tidak jarang kamu bisa mendapatkan lebih dari seratus desain pintu aluminium untuk kamar mandi.

  • Warna Tahan Lama : Salah satu daya tarik dari penggunaan bahan aluminium terdapat pada ketahanan warnanya, apalagi ketika dipakai untuk kamar mandi yang notabene pasti sering terkena udara panas dan dingin yang konstan.
  • Tahan Terhadap Cuaca : selain ketahanan warnanya yang terbilang lama, bahan aluminium juga tahan terhadap perubahan suhu yang drastis, tidak mudah retak maupun renggang. Hal ini membuat pintu dengan material aluminium lebih awet
  • Pemasangan Mudah : bahan aluminium cukup ringan, sehingga tidak menyulitkan ketika hendak dipasang. Selain itu, karena bobotnya yang ringan tersebut, pintu yang terbuat dari aluminium tidak memerlukan banyak orang untuk memindahkannya sehingga lebih hemat tenaga dan waktu.
  • Harga Terjangkau : bahan aluminium lebih terjangkau dibandingkan dengan besi, makanya banyak orang menggunakan aluminium sebagai substitusi besi, walaupun hasilnya tentu sedikit berbeda. Karena harganya yang terjangkau, pintu jenis ini menjadi pintu populer yang digemari banyak pemilik rumah.

Kekurangan Pintu Kamar Mandi Aluminium

  • Rentan Goresan : walaupun aluminium termasuk bahan yang tahan terhadap perubahan suhu, namun sayangnya bahan ini tidak tahan terhadap goresan. Sehingga, ketika menggunakan pintu berbahan aluminium harus ekstra hati-hati, sekali gores maka akan meninggalkan bekas.
  • Mudah Penyok : berbeda dengan besi, bahan aluminium memang lebih mudah penyok. Hal ini dikarenakan material aluminium yang tipis serta cukup fleksibel untuk dibentuk. Dengan demikian, walaupun mudah dalam pemasangan, maka harus tetap hati-hati agar tidak rusak saat dipasang.
  • Berbunyi : salah satu kekurangan yang cukup populer untuk pintu berbahan aluminium adalah bunyinya yang nyaring ketika ditutup maupun dibuka. Oleh karena itu, jika kamu memiliki pintu aluminium, maka pengoperasiannya harus hati-hati.

Harga Pintu Kamar Mandi Aluminium

  1. Desain Sisir Standar Tanpa Kusen Ukuran 70 x 200 cm

Desain Sisir Standar Tanpa Kusen Ukuran 70 x 200 cm

Harga : Rp 489.999

  1. Desain Sisir Standar Dengan Kusen Ukuran 70 x 200 cm

Desain Sisir Standar Dengan Kusen Ukuran 70 x 200 cm

Harga : Rp 595.000.

  1. Desain Bukaan Kiri ukuran 80 x 210 cm

Desain Bukaan Kiri ukuran 80 x 210 cm

Harga : Rp 6.580.000

  1. Desain Double Half Glass Ukuran 70 x 200 cm

Desain Double Half Glass Ukuran 70 x 200 cm

Harga : Rp 1.475.000

  1. Desain Isi Spandrel Ukuran 70 x 200 cm

Desain Isi Spandrel Ukuran 70 x 200 cm

Harga : Rp 2.250.000

  1. Desain Pintu Panel 80 x 210 cm

Desain Pintu Panel 80 x 210 cm

Harga : Rp 2.350.000

  1. Desain Pintu Panel Dengan Powder Coating Ukuran 80 x 200 cm

Desain Pintu Panel Dengan Powder Coating Ukuran 80 x 200 cm

Harga : Rp 1.200.000

  1. Desain Serat Kayu Ukuran 70 x 200 cm

Harga : Rp 1.350.000

  1. Desain Weatherpro Set Kusen dan Handle Ukuran 700 x 200 cm

Desain Weatherpro Set Kusen dan Handle Ukuran 700 x 200 cm

Harga : Rp 1.600.500

  1. Desain Aluminium dan Kaca Merk ICEPOL Ukuran 700 x 200 cm

Desain Aluminium dan Kaca Merk ICEPOL Ukuran 700 x 200 cm

Harga : Rp 945.000

Pintu Kamar Mandi PVC

Kelebihan Pintu Kamar Mandi PVC

  • Ketahanan Teruji : walaupun terlihat ringan dan rapuh, sesungguhnya pintu PVC memiliki ketahanan yang serupa dengan kayu maupun logam. Bahkan pintu jenis ini bisa digunakan dalam kurun waktu tahunan dan tidak mudah patah.
  • Awet : Selain tidak mudah patah, pintu jenis ini juga kedap air sehingga tidak mudah mengalami korosi atau karat. Pintu dari bahan PVC juga bisa digunakan pada ruangan yang lembab tanpa menimbulkan jamur dan lapuk.
  • Desain Beragam dan Menarik : pintu dari bahan PVC mudah sekali dibentuk dan dicetak, sehingga mampu menghasilkan desain yang bermacam-macam. Hal ini menyebabkan ada ratusan model dan desain pintu berbahan PVC yang bisa kamu jumpai di pasaran.
  • Ringan dan Mudah Dipasang : berbeda dengan pintu logam atau kayu yang berat, pintu ini sangat ringan karena terbuat dari plastik berkualitas. Karenanya, jika kamu ingin memasang pintu ini sendirian, maka tidak akan kesulitan mengangkatnya.
  • Perawatan Mudah : karena pintu ini bebas dari karat dan jamur, maka kamu tidak perlu repot ketika akan membersihkan dan merawatnya. Cukup besihkan noda yang menempel dengan sabun dan sikat, maka permukaan PVC akan kembali bersih seperti semula.

Kekurangan Pintu Kamar Mandi PVC

  • Tidak Bisa Terpapar Sinar Matahari : karena terbuat dari plastik, maka pintu jenis ini rentan dengan sinar matahari. Jika terpapar dalam waktu yang cukup lama, maka warna dari pintu akan cepat memudar. Selain itu, plastik juga akan berkurang kelenturannya sehingga menjadi mudah retak.
  • Lebih Cocok Untuk Indoor : jika kamu berencana membuat kamar mandi luar, maka pintu jenis ini bukan pilihan terbaik. Selain sering terpapar sinar matahari, perubahan suhu yang drastis bisa membuat kualitas PVC berkurang.
  • Kurang Mewah : Desain pintu PVC memang cukup sederhana namun manis. Jadi jika kamu ingin menunjukkan kesan mewah, maka pintu dari bahan PVC bukan pilihan yang terbaik.

Harga Pintu Kamar Mandi PVC

  1. Desain Polos Dengan Kusen Ukuran 70 x 195 cm

Desain Polos Dengan Kusen Ukuran 70 x 195 cm

Harga : Rp 205.000

  1. Desain Minimalis atau ½ Kaca Dengan Kusen Ukuran 70 x 195 cm

Desain Minimalis atau « Kaca Dengan Kusen Ukuran 70 x 195 cm

Harga : Rp 850.000

  1. Desain Kaca Blur Kombinasi Handle Lux Ukuran 70 x 197 cm

Desain Kaca Blur Kombinasi Handle Lux Ukuran 70 x 197 cm

Harga : Rp 550.000

  1. Desain Sliding Door Ukuran 70 x 197 cm

Desain Sliding Door Ukuran 70 x 197 cm

Harga : Rp 990.000

  1. Desain Stiker Gold Jati dengan Cermin Ukuran 70 x 197 cm

Desain Stiker Gold Jati dengan Cermin Ukuran 70 x 197 cm

Harga : Rp 550.000

  1. Desain Kaca Kotak Tipe DSK Ukuran 70 x 195 cm

Desain Kaca Kotak Tipe DSK Ukuran 70 x 195 cm

Harga : Rp 244.800

  1. Desain Full Panel Merk Crystal Ukuran 70 x 195 cm Warna Putih

Desain Full Panel Merk Crystal Ukuran 70 x 195 cm Warna Putih

Harga : Rp 775.000

  1. Desain Tebal Warna Abu Merk Daimaru Ukuran 70 x 195 cm

Desain Tebal Warna Abu Merk Daimaru Ukuran 70 x 195 cm

Harga : Rp 190.000

  1. Desain Kaca Dobel Ukuran 70 x 195 cm

Desain Kaca Dobel Ukuran 70 x 195 cm

Harga : Rp 665.000

  1. Desain Heavy Duty Warna Abu Ukuran 70 x 195 cm

Desain Heavy Duty Warna Abu Ukuran 70 x 195 cm

Harga : Rp 525.000

7 Jenis Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaik

  1. Jenis Kaca Panel Dobel

Pintu Kamar Mandi Kaca Panel Dobel

Jika dilihat sekilas, maka jenis pintu semacam ini hampir sama dengan yang digunakan pada pintu depan atau pintu utama rumah.

Penggunaan kaca panel ganda dengan kaca buram memang membuat pemandangan di dalam kamar mandi tidak akan terlihat dari luar.

Tentunya hal ini menciptakan ruang privasi yang aman bagi penggunanya.

Selain rasa aman yang terjamin, kamu juga bisa merasakan nuansa mewah pada pintu kamar mandi yang satu ini.

Dengan kata lain, desain kaca panel ganda ini cocok untuk kamu yang ingin menciptakan desain minimalis tapi tanpa meninggalkan kesan lux, bahkan untuk ruangan kamar mandi sekalipun.

Kelebihan dari jenis pintu semacam ini adalah tebal dan tahan terhadap kelembaban serta suhu panas dan dingin. Jenis kaca dobel panel juga awet.

Namun demikian, harga untuk pintu kamar mandi semacam ini lumayan mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Jenis Aluminium

Pintu Kamar Mandi Aluminium

Model pintu semacam ini merupakan jenis yang paling banyak dijumpai di rumah hunian selain pintu jenis PVC. Hal ini dikarenakan pintu aluminium memiliki harga yang terjangkau.

Selain itu pintu ini juga terbilang awet, jadi kamu tidak perlu kerap kali mengganti pintu.

Selain itu, kamu bisa menggunakan pintu jenis aluminium untuk dalam maupun luar ruangan. Pintu ini juga tidak sukar dipasang dan memiliki desain yang beragam.

Namun, jenis aluminium memiliki kekurangan, salah satunya adalah mudah sekali tergores karena materialnya yang tipis.

Jika kamu menggunakan jenis pintu ini, maka usahakan area yang akan terkena air memiliki jarak yang cukup jauh dari pintu. Hal ini disebabkan pintu aluminium sangat rentan terkena karat.

Selain itu, pintu dari aluminium juga cukup berisik ketika dioperasikan.

Maka usahakan untuk selalu memberikan pelumas pada bagian engsel pintu sehingga kamu tidak perlu tenaga ekstra ketika membuka maupun menutup pintu.

Usahakan pula ada jarak antara kusen dengan pintu agar tidak terjadi gesekan yang menimbulkan bunyi berisik.

  1. Jenis Geser Dengan Kaca Es

Pintu Kamar Mandi Geser Dengan Kaca Es

Jenis satu ini hampir sama dengan jenis kaca panel dobel, hanya saja pemakaian kacanya hanya tunggal meskipun tetap sama-sama menggunakan kaca buram.

Pintu kaca sangat cocok digunakan untuk kamar mandi yang membutuhkan tambahan pencahayaan, sebab sinar bisa menembus kaca es tanpa memperlihatkan isi kamar mandi.

Jika kamu ingin menggunakan jenis sliding door semacam ini, maka pastikan ruang samping sekitar kamar mandi cukup luas, sehingga kenyamanan ketika akan membuka dan menutup pintu tidak akan terganggu.

  1. Jenis Dengan Frame

Pintu Kamar Mandi Dengan Frame

 

Selain bisa digunakan sebagai pintu utama kamar mandi, jenis frame semacam ini juga bisa digunakan sebagai pintu partisi antara area basah, seperti shower, dengan area kering, semacam wastafel.

Kamu bisa memilih jenis frame yang sesuai dengan desain kamar mandimu. Sedangkan untuk kaca, tentu saja kaca buram lebih tepat untuk bagian luar. Sedangkan untuk partisi, kamu bisa menggunakan kaca bening.

Untuk menghindarkan diri dari benturan dengan kaca, maka pastikan warna frame berbeda atau lebih mencolok dibandingkan dengan kaca yang digunakan.

Tanpa tambahan motif maupun stiker, jenis pintu dengan frame tetap bisa menimbulkan kesan minimalis yang manis.

  1. Jenis Geser Kayu

Pintu Kamar Mandi Geser Kayu

 

Salah satu material yang paling disukai oleh kebanyakan orang adalah kayu, begitu pula untuk penggunaan pada pintu di kamar mandi.

Selain terdapat pilihan kayu yang bervariasi, harga pintu kayu juga terjangkau, tergantung dari model dan jenis kayu yang digunakan.

Selain itu, penggunaan metode geser juga sangat cocok digunakan untuk semua jenis hunian, terutama untuk hunian mungil.

Hal ini dikarenakan model sliding tidak membutuhkan tempat yang luas untuk pergerakan buka-tutup.

Namun, kelemahan material kayu untuk kamar mandi yang rentan terhadap cuaca lembab adalah tumbuhnya jamur dan lapuk.

  1. Jenis Cermin

Pintu Kamar Mandi Cermin

Kamar mandi dan cermin memang seakan tidak dapat dipisahkan. Sebab, setiap orang yang habis mandi pasti ingin melihat penampilannya.

Atau banyak juga orang yang pergi ke kamar mandi bukan untuk mandi, namun untuk memperbaiki penampilan.

Maka dari itu, kehadiran cermin begitu penting, terlebih bagi kamu yang sangat suka berpose dan swafoto di dalam kamar mandi.

Dengan menggunakan model pintu cermin untuk kamar mandi, maka kamu tidak perlu menggunakan cermin biasa lagi, sehingga bisa menghemat tempat, biaya serta tenaga pemasangan.

Selain itu, dengan adanya cermin, maka dapat menciptakan ilusi mata, yaitu ruangan bisa terlihat lebih luas. Namun, jangan lupa untuk menambahkan penerangan yang cukup sehingga tetap bisa nyaman.

Kamu juga harus rajin membersihkan pintu cermin agar tidak bernoda. Sebab udara panas, uap air serta jamur bisa membuat kaca menjadi buram dan tidak bisa digunakan secara maksimal.

  1. Jenis Vinyl

Pintu Kamar Mandi Vinyl

Pintu dengan harga terjangkau namun memiliki ketahanan yang cukup lama adalah kelebihan dari pintu vinyl. Jenis ini jika dilihat sekilas hampir menyerupai pintu PVC.

Pintu ini juga ringan, sama seperti pintu aluminium, namun lebih tahan gores dan anti karat. Hal ini disebabkan pintu vinyl kedap terhadap air.

Keunggulan lain dari pintu vinyl adalah desainnya yang menarik dan sangat beragam. Pintu ini juga tidak berisik ketika dioperasikan.

Hampir semua desain kamar mandi cocok dengan pintu vinyl, karena pintu ini sangat luwes ketika dipadukan dengan jenis material lainnya.

Perawatannya juga sangat mudah, sebab tidak ada jamur, maupun noda membandel yang tahan berada di lapisan vinyl.

Namun, tetap saja pintu vinyl memiliki kekurangan. Satu kekurangan yang paling sering dijumpai oleh pengguna pintu vinyl adalah masalah pada engsel pintu yang sering lepas, demikian juga dengan handle atau pegangan pintu yang kurang kokoh.

Pintu kamar mandi memiliki arti yang tidak kalah penting dengan seisi ruangan kamar mandi, sebab pintu ini merupakan kesan pertama yang didapat sebelum masuk ke kamar mandi.

Dengan memilih pintu yang tepat, bukan hanya masalah ukuran tetapi juga kesesuaian dengan desain, maka kamu bisa membuat pengalaman mandimu menjadi lebih menyenangkan dan artistik.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

One Reply to “Pintu Kamar Mandi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *