Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Pagar Stainless

3 min read

Pagar Stainless

Ingin memilih stainless steel untuk pagar rumah ? Intip dulu yuk plus minus memakai pagar stainless untuk rumah disini.

Untuk menjadikan rumah lebih indah tentunya diperlukan dekorasi dan juga desain yang bagus dan menawan.

Salah satunya dalam mendesain pagar rumah, selain itu kamu juga harus memilih material bahan pagar yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan rumah.

Kamu bisa mencoba pagar stainless dengan gaya menarik dan juga cocok digunakan di area dengan iklim yang cukup ekstrem.

7 Kelebihan Pagar Stainless

Banyak kelebihan yang dimiliki pagar bahan stainless ketika digunakan sebagai gerbang rumah.

Selain dari modelnya yang sangat digemari, bahan ini memang terkenal dengan ketahanannya terhadap korosi.

Meskipun bahan yang biasa digunakan sebagai pagar adalah pagar besi dan pagar kayu, tetapi bahan ini sekarang juga popular.

1. Sangat Kuat dan Tidak Mudah Rusak

Sangat kuat dan tidak mudah rusak
Pinterest.com

Bahan stainless memiliki daya tahan yang kuat, sehingga tidak akan cepat berubah bentuk.

Meskipun dalam cuaca yang cukup ekstrem seperti terkena paparan sinar matahari serta terkena hujan dalam waktu hingga bertahun-tahun.

Bahan stainless ini merupakan campuran dari baja yang sangat tahan karat karena sifatnya yang tidak rentan teroksidasi.

2. Tahan terhadap Karat

Tahan terhadap karat
Pinterest.com

Kelebihan lainnya, yaitu tahan terhadap karat. Bahan ini dilapisi dengan lebih dari 10 persen oksida chrome. Zat tersebutlah yang berfungsi sebagai pelindung stainless dari karat.

Sehingga, dalam perawatannya pun sangat mudah dan tidak memerlukan lapisan anti karat yang bisa membuat kamu lebih menghemat pengeluaran.

3. Perawatan yang Mudah

Perawatan yang mudah

Dalam perawatannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu membersihkan noda dan juga kerak-kerak yang menempel.

Biasanya akan muncul setelah beberapa bulan kemudian dari pemasangan.

Cara membersihkannya mudah saja, kamu hanya perlu menghilangkan noda minyak atau debu dengan lap basah dan air sabun. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya supaya tidak ada bekas.

4. Memberi Kesan Mewah

Memberi kesan mewah
Pinterest.com

Pada permukaannya bahan stainless ini memiliki warna khas perak dengan kilauan. Jadi, jika kamu memasangnya tanpa hiasan apapun sudah terlihat bagus.

Meskipun sangat gayanya minimalis tetapi tetap memberikan kesan yang mewah pada rumah. Jika belum puas kamu bisa menambahkan ukiran supaya terlihat lebih indah dan menawan.

5. Desain yang Kontemporer

Desain yang kontemporer
Pinterest.com

Perkembangan zaman akan mengubah setiap tren gaya baik dari bangunan ataupun eksteriornya. Tetapi, untuk pagar stainless ini kamu tidak perlu khawatir.

Karena desainnya selalu menjadi tren kapanpun tidak mengenal waktu. Kamu bisa memilih gaya pagar baik dengan susunan garis horizontal, vertikal ataupun diagonal.

6. Membuat Rumah Aman dan Nyaman

Membuat rumah aman dan nyaman
Pinterest.com

Bahan material stainless ini sulit untuk dirusak, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kemalingan ketika meninggalkan rumah.

Selain itu, gerbang ini akan memberikan kesan aman jika kamu menggunakan gaya pagar tinggi dengan bentuk garis horizontal. Apalagi, jika ditambahkan detail runcing pada puncak pagar rumah.

7. Tahan dalam Jangka Waktu yang Panjang

Tahan dalam jangka waktu yang panjang
Pinterest.com

Kelebihan berikutnya dari pagar berbahan stainless ini, yaitu ketahanannya yang bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Meski dalam cuaca yang susah ditebak dan terus menerus terguyur hujan, bahan stainless ini bisa tetap bertahan dan tidak rusak.

Selain itu, tidak seperti pagar besi bahan stainless ini bisa kamu gunakan di tempat dengan kemiringan yang curam sekalipun.

Baca juga:Pagar Minimalis

Kekurangan Menggunakan Pagar Stainless

Diantaranya banyaknya kelebihan, ada satu kekurangan yang dimiliki pagar bahan stainless ini. Jika dibandingkan dengan bahan pagar lainnya, bahan stainless ini memiliki harga yang cukup mahal.

Hal ini karena sifatnya yang anti korosi atau anti karat sehingga menjadikannya lebih awet daripada bahan besi. Biasanya kamu akan menemukannya dengan penjualan per meter.

Meski begitu, harga mahal ini akan terbayarkan dengan kemudahan merawatnya. Pagar stainless ini dapat kamu gunakan dalam waktu yang lama dengan kualitas yang tidak usah diragukan lagi.

Ketika memilih bahan pagar yang lebih murah, memang akan sangat ramah di dompet. Tetapi, ketahanan dan kualitasnya tidak bisa dibandingkan dengan pagar stainless.

Lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak demi mendapatkan kemudahan dikemudian hari.

Dengan begitu kamu bisa tenang dan tidak mengkhawatirkan pengeluaran besar mendatang dalam perawatannya.

Dengan menambahkan berbagai detail yang menarik, pagar yang kamu miliki akan terlihat lebih bagus dan unik dari biasanya.

Jenis Desain Menggunakan Pagar Stainless Steel

Banyak desain dan gaya yang bisa kamu terapkan pada pagar rumah dengan bahan stainless ini.

Karena, memang bahan ini mudah dibentuk dan diubah sesuai dengan keinginan tetapi dengan teknik yang tepat.

Ada banyak inspirasi yang bisa kamu angkat, mulai dari desain dengan pola hingga bentuk sederhana dengan tetap memberi kesan yang elegan. Berikut detail desainnya.

1. Model dengan Banyak Pola

Model Pagar Stainless dengan Banyak Pola

Desain yang pertama yaitu gaya gerbang dengan pintu di sebelah kiri atau kanan. Kamu bisa membentuknya dengan pagar tinggi atau yang pendek.

Sesuai dengan selera dan keinginan. Selain itu, kamu bisa meminta untuk ditambahkan ukiran bertemakan floral pada permukaan stainless. Dengan begitu, pagar mu akan terlihat lebih elegan dan cantik.

2. Model yang Minimalis

Model Pagar Stainless Minimalis

Selain itu, ada juga gaya minimalis yang bisa kamu pilih sebagai tema pagar rumahmu.

Banyak desain sederhana yang bisa kamu pilih, seperti desain geometris, horizontal atau vertikal dengan ukuran dan tinggi yang beragam.

Selain itu, kamu juga bisa memilih rongga besi yang ukurannya kecil supaya pagar terlihat lebih cantik.

3. Model dengan Corak Kotak-Kotak

Model Pagar Stainless
Pinterest.com

Jika rumah kamu bertema vintage atau retro dengan gaya tembok batu bata, kamu bisa menggunakan pagar stainless ini sebagai pendukung tema rumahmu.

Kamu bisa meminta untuk menggunakan pagar dengan pola kotak-kotak. Susunannya bisa diatur secara abstrak ataupun teratur. Tetapi, tetap harus ada celah udara untuk masuk.

4. Model Stainless Dipadukan dengan Kayu

Model Pagar Stainless Kombinasi Kayu
Pinterest.com

 

Kalau kamu penggemar kayu, jangan risau pagar dengan bahan stainless ini bisa dipadukan dengan bahan kayu. Sehingga penampilannya akan lebih bagus dan juga indah.

Selain itu, dengan memakai memadukannya dengan bahan kayu kamu bisa lebih menghemat biaya. Serta membuat suasana rumah atau halaman rumah menjadi lebih adem dan tenang.

5. Model Pagar dengan Gaya Balkon

Model Pagar Stainless Untuk Balkon
Pinterest.com

Pagar dengan bahan stainless tidak hanya bisa digunakan untuk pagar utama di depan rumah saja. Tetapi, kamu juga bisa menggunakannya untuk pagar balkon.

Dengan bentuk garis ulir dan tambahan aksen floral, balkon rumah kamu akan tampak lebih menawan. Selain itu, pemasangannya pun sangat praktis dan cepat

Pagar dengan bahan stainless ini memang terdapat kekurangan dan juga kelebihan. Tetapi, meskipun harganya sedikit tinggi, kualitas dan keawetannya tidak perlu lagi kamu ragukan.

Selain itu, banyak pula desain yang bisa kamu terapkan pada bahan stainless ini. Dengan penggunaan yang tepat dan keselarasan tema rumah, pagar kamu akan menjadi pelengkap yang sempurna.

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Pagar BRC

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Pagar Besi

Bagas Kurnia Prasetyo
9 min read

Pagar Bambu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *