Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.

Ikuti saya di:        

Artikel ini dibuat oleh tim konten Ruangarsitek. Jika ingin update referensi tentang desain rumah silahkan ikuti disini ruangarsitek.id.

Pagar Lipat

5 min read

Desain Pagar Lipat Minimalis

Memiliki lahan sempit kini bukanlah masalah besar, karena segala hal yang minimalis kini sedang naik daun, termasuk pagar lipat depan rumah. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa pagar adalah salah satu komponen yang tidak terlalu penting untuk hunian, namun anggapan ini kurang tepat.

Pada dasarnya, pagar adalah hal pertama yang kamu lihat sebelum memasuki sebuah rumah. Pagar yang bagus akan memberikan kesan menakjubkan pada tamu yang berkunjung, jika pagarnya saja sudah cantik pasti rumah di dalamnya juga cantik, kira-kira begitulah yang akan ada di pikiran para tamu.

7 Desain Pagar Lipat Minimalis Modern

Saat ini pagar lipat besi menjadi pilihan banyak orang, karena dianggap lebih praktis, harga terjangkau, serta bisa menghemat ruang. Perawatannya pun tidak sulit, kamu cukup membersihkannya dengan air dan lap jika kotor.

Jika sudah mulai berkarat kamu tinggal memoles ulang dengan cat, banyak sekali keunggulan yang bisa didapat. Buat kamu yang masih bingung memilih desain pagar, yuk cari inspirasi disini! Berikut ini beberapa contoh pagar yang bisa kamu pilih.

1. Pagar Lipat Modern dengan Aksen Unik

Pagar Lipat Modern dengan Aksen Unik
Pgimgs.com

Melihat gambarnya saja pasti sudah membuat kamu jatuh hati, apalagi jika memilikinya. Desain pagar modern ini sebenarnya cukup sederhana, hanya bermain dengan garis namun sudah terlihat sangat cantik.

Perpaduan warna hitam putih yang dipilihnya juga sangat mewakilkan kesan modern minimalis, jika tidak suka warna putih kamu bisa menggantinya dengan warna coklat kayu.

Meskipun terlihat sederhana, namun pola garis yang dibuat pun sebenarnya tidak sembarangan. Jika kamu memperhatikannya dengan teliti, ada pola zigzag yang dihasilkan dari pola garis tersebut.

Kamu bisa membuat kreasi garis sesuai selera, misalnya pola zigzag, pola gelombang,dan pola lainnya. Namun tetap perhatikan keamanannya, karena tetap saja sebuah pagar dibuat untuk keamanan rumah.

Motif floral sederhana juga bisa kamu pilh untuk model pagar ini, tidak perlu pusing memilih pola yang tepat, karena pola sederhana saja sudah bisa menghasilkan tampilan yang cantik.

Motif yang terlalu rumit justru akan menghilangkan kesan modern minimalis, juga dapat membuat budget yang kamu keluarkan menjadi lebih besar karena proses pembuatan yang semakin rumit.

2. Pagar Lipat Kayu Minimalis

Pagar Lipat Kayu
22lasers.com

Pagar kayu sudah digunakan sejak lama oleh orang-orang terdahulu, hingga kini pagar tersebut masih digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tampilan pagar kayu pun semakin maju sehingga muncul tampilan seperti pada gambar. Jika kamu menyukai tema alami, kamu bisa memilih pagar kayu seperti ini untuk melengkapi halaman rumah.

Tingginya bisa dibuat 1.5 hingga 2 meter, karena pagar ini lebih cocok dibuat tinggi sehingga privasi rumah lebih terjaga. Jika ingin lebih aman, kamu bisa menambahkan duri atau besi tajam di atasnya.

Tampilan dibuat tertutup dan aman. Aksen hitam di atas kayu muda, memberikan kesan modern pada pagar. Kamu tidak usah bingung lagi untuk memberikan aksen, karena itu saja sudah cukup.

Jika ingin terkesan lebih alami, berikan beberapa tanaman di sekitarnya ata bisa juga berupa pohon-pohon kecil. Agar bagian kayunya tetap mengkilap, kamu bisa memolesnya dengan cat berwarna coklat sesuai dengan warna aslinya.

Perawatan pagar kayu lebih sederhana karena tidak akan banyak debu yang menempel, apalagi jika sudah dipoles dengan cat kayu.

Pilihlah kayu yang kuat seperti kayu jati atau kayu uli, keduanya biasa digunakan untuk bahan bangunan dan terkenal sangat tahan lama. Saat musim hujan biasanya kayu akan memuai, pastikan kamu sudah memberikan lahan lebih antara besi penyangga dan kayu, agar tidak mudah rapuh.

3. Pagar Lipat Model Klasik

Model Pagar Lipat Klasik
Dekoruma.blog

Ingin memiliki rumah bertema klasik ternyata tidak sulit loh, salah satu gaya klasik yang bisa kamu terapkan dengan mudah yaitu pada pagar halaman depan. Seperti yang terlihat pada gambar, pagar yang hanya terbuat dari besi, serta dicat serupa dengan warna asli besinya yaitu hitam, sudah bisa mewakilkan kesan modern dan klasik sekaligus.

Lahan dan bahan terbatas kini tidak menjadi hambatan untuk kamu berkreasi, semuanya tentu bisa dilakukan bahkan dengan lahan sempit.

Perawatannya pun lebih mudah, kamu hanya perlu membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel minimal seminggu sekali. Serta mengecat ulang jika terdapat karat, biasanya dilakukan 6 bulan sekali.

Namun jika kamu memilih kualitas terbaik, warnanya tidak akan mudah pudar serta tidak akan mudah berkarat. Bisa kamu lihat pada gambar, bahwa tema klasik yang diusung yaitu klasik sederhana.

Sehingga tidak perlu banyak ornamen yang ditambahkan, pagar seperti ini akan cocok ditempatkan pada tema apapun.

Meskipun klasik, pagar model ini masih banyak dipilih orang-orang hingga sekarang. Jika sudah merasa bosan dengan tema klasik, kamu bisa mengubah catnya dengan warna putih atau abu-abu, dan tampilannya akan terlihat seperti modern minimalis.

Besi yang biasa digunakan untuk pagar klasik yaitu besi tempa, karena besi ini lebih mudah untuk dibuat motif yang sering dipakai orang dahulu.

4. Pagar Lipat Kombinasi

Pagar Lipat Kombinasi
Dekoruma.blog

Selanjutnya ada pagar lipat dengan material kombinasi, yaitu dari kayu dan besi, terlihat sangat unik bukan? Kedua material dibagi secara merata sehingga tidak ada material yang lebih dominan.

Kamu bisa melihat bagian bawahnya terbuat dari kayu yang disusun rapi, kemudian bagian atasnya terbuat dari besi yang dicat hitam sehingga terlihat elegan.

Tampilan pagar seperti ini bisa mewakilkan kesan modern dan tradisional sekaligus, bentuknya yang unik dan warna tajamnya tidak membuat pagar terkesan kumuh atau ketinggalan zaman.

Pagar ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai kesan elegan. Namun kamu juga harus memilih kayu dengan kualitas tinggi, agar tahan lama meskipun diterjang cuaca buruk.

Salah satu jenis kayu berkualitas, yaitu kayu ulin karena tahan di segala cuaca serta cara perawatannya yang tidak terlalu rumit. Kamu bisa menambahkan roda pada pagar, agar lebih memudahkan saat membuka dan menutupnya.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin membuat kombinasi pagar dorong dengan pagar lipat, hal itu akan lebih memudahkan dan meminimalisir kerusakan besi.

Pagar seperti ini akan lebih cocok ditempatkan di lahan yang luas, agar lebar dan tingginya pun sesuai dengan gambar sehingga tampilannya sempurna.

Selain terlihat unik, pagar ini juga memiliki keamanan yang cukup, karena di bagian atasnya dilengkapi benda tajam agar tidak ada orang yang bisa memanjatnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan pagar ini?

5. Pagar Lipat Bermotif

Pagar Lipat Bermotif
youtube.com

Gaya arsitektur rumah saat ini sudah semakin berkembang pesat, ide kreatif semakin banyak bemunculan untuk menciptakan sudut rumah yang indah.

Begitu juga dengan pagar rumah yang satu ini, meskipun dibuat di lahan yang cukup terbatas, namun kreasi yang ditumpahkan tentunya tidak terbatas. Kamu bisa melihat pada gambar, ada bagian pagar yang dibuat dengan motif cantik.

Agar kesan monoton dapat dihilangkan, kamu bisa membuat desain pagar seperti pada gambar. Tidak perlu membuat yang rumit, karena beberapa garis sederhana pun sudah bisa membuat pagar terlihat cantik.

Kamu bisa menambahkan material baja pada bagian yang akan diberi motif, karena baja dapat mempertegas garis sehingga membuat tampilan semakin hidup dan cantik.

Jangan lupa untuk memilih warna yang cocok untuk memoles pagar yang sudah diberi pola dan motif. Jika bingung memilih warna apa yang akan digunakan, sebaiknya cari aman saja dengan memilih warna hitam putih.

Buat warna putih menjadi dominan, sedangkan warna hitam sebagai pelengkapnya. Gunakan cat dengan kualitas terbaik, agar warnanya mengkilap dan hasilnya semakin cantik.

6. Pagar Lipat Minimalis Elegan

Pagar Lipat Mewah Minimalis
pinterest.com

Pagar yang satu ini sedikit berbeda dengan beberapa pagar sebelumnya, karena pagar ini mengusung tema elegan dan minimalis.

Seperti yang bisa kamu lihat, ada beberapa aksen yang diberi warna hitam untuk memberikan kesan elegan. Selain itu, di bagian tengahnya diberi aksen kayu yang terkesan minimalis berwarna coklat muda.

Perpaduan warna hitam, colat kayu natural tentu sangat cocok untuk pagar ini. Pagar ini dibuat tidak terlalu tinggi, agar bisa menjaga tema minimalisnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk membuat suatu desain yang minimalis kamu tidak memerlukan banyak aksen. Cukup satu atau dua saja, dengan perpaduan warna yang tidak terlalu mecolok agar kesan elegan masih bisa didapat.

Pagar seperti ini juga bisa kamu gunakan di lahan yang terbatas, kamu bisa memperkecil lipatannya menjadi 3 hingga 2 lipatan. Atau jika lahan rumah kamu lebih luas, pagar ini akan semakin cocok jika dibuat lebih lebar dan tinggi.

Jangan lupa juga untuk menyimpan pohon atau beberapa tanaman hijau di sekitarnya, untuk memberikan kesan alami.

7. Pagar Lipat Putih Modern

Pagar Lipat Putih
pinterest.com

Pagar lipat berwarna putih bisa disebuat sebagai pagar sejuta umat, karena kebanyakan orang yang ingin mengusung tema modern minimalis, mereka memilih pagar seperti ini di rumahnya. Jika kamu perhatikan, tampilan pagar ini memang sangat sederhana. Namun bisa menjadi lebih cantik jika dirawat dengan baik.

Pagar ini juga dilengkapi dengan roda untuk memudahkan keluar masuk mobil, sangat fleksible bukan? Agar tampilannya tidak terlalu putih polos, kamu bisa berkreasi di bagian lantainya.

Seperti pada gambar, pemilihan lantai abu-abu sangat cocok dengan pagar putih sehingga tidak memberikan kesan monoton.

Jika kamu ingin inovasi yang berbeda, coba berikan aksen batu cantik dan lembut di bagian lantainya. Pemilihan warna aksesnnya boleh warna abu-abu atau hitam, sebaiknya jangan memilih warna di luar itu karena kesan modernnya tidak akan terlihat.

Pastikan juga kondisi pagarnya tetap bersih dan bebas karat, berikan kanopi di atas pagar jika ingin perlindungan lebih.

Pagar dengan material besi memang menjadi pilihan tepat, banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari keawetan, kemudahan perawatan, harga, serta banyak variasi yang bisa dipilih. Banyak variasi model pagar minimalis yang bisa kamu pilih sesuai dengan model dan budget yang kamu punya.

Pagar lipat dengan roda tentunya akan lebih memudahkan kegiatan keluar masuk rumah, pilihlah kualitas terbaik agar lebih awet dan meminimalisir kerusakan.

Baca Juga :

Bagas Kurnia Prasetyo Hi! I'am Interior Designer @ Ruangarsitek, Senang belajar banyak tentang bisnis & properti. Lover of food, games, words, and cat.
Artikel Lainnya :

Pagar Kayu

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

Tanaman Pagar

Bagas Kurnia Prasetyo
7 min read

One Reply to “Pagar Lipat”

  1. Pingback: Pagar Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *